| www.unesa.ac.id | pdpt.unesa.ac.id

KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231

KAMPUS LIDAH WETAN
Jl. Lidah Wetan, Surabaya
info@unesa.ac.id

SAP-Teknologi Pengolahan Hewani
FileName : SAP-Teknologi Pengolahan Hewani.doc
FileType : application/msword
FileSize : 369 KB
Download



Plain Text Preview

KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-44413211 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : D-3 Tata Boga Mata Kuliah/ SKS : Teknologi Pengolahan Hewani / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 44413211 Pertemuan Ke : 1 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Dasar Mampu mengelompokkan bahan pangan hewani B. Indikator Menjelaskan pengelompokkan bahan makanan hewani C. Tujuan Pembelajaran 1. Kognitif produk a. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat mengelompokkan dengan benar bahan pangan hewani. b. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan dengan benar pengelompokkan bahan pangan hewani. 2. Afektif a. Karakter Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada mahasiswa dinilai pengamat membuat kemajuan menunjukkan perilaku berkarakter meliputi: kejujuran; peduli; dan tanggung jawab b. Ketrampilan Sosial Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada mahasiswa menunjukan perilaku sosial melalui bertanya, menyumbang ide/berpendapat, menjadi pendengar yang baik, dan mampu berkomunikasi dengan temannya D. Materi Pengelompokkan bahan makanan hewani (lihat hand out halaman ...) E. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan / Model : Pembelajaran Kooperatif 2. Metode: Ceramah, Diskusi, dan Tanya jawab F. Langkah-Langkah Pembelajaran No Kegiatan Dinilai oleh pengamat Dilakukan Penilaian Ya Tidak 1 2 3 4 1 PENDAHULUAN 1.1 Memotifasi mahasiswa dengan memberi pertanyaan/ Issu yang berhubungan dengan bahan pangan hewani dan pengolahannya 1.2 Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan meliputi : pengelompokkan bahan pangan hewani, sifat-sifat bahan pangan hewani dan peluang pengawetan dan pengolahannya. 2 INTI 2.1 Mengorientasikan mahasiswa pada isu pengawetan dan pengolahan bahan pangan hewani 2.2 Mengorganisasikan mahasiwa dalam kelompok belajar untuk mendiskusikan tentang pengelompokkan bahan pangan hewani, sifat-sifat bahan pangan hewani dan peluang pengawetan dan pengolahannya. 2.3 Mengarahkan mahasiwa untuk berbagi jawaban / berbagai ide tentang materi jika isu telah di identifikasikan dan di rumuskan dalam laporan kelompok dalam bentuk makalah 2.4 Meminta pada kelompok untuk mempresen-tasikan hasilnya dengan seluruh kelas 2.5 Meminta respon mahasiswa lain dalam kelas untuk menanggapi kelompok yang presentasi 2.6 Mengambil kesimpulan proses presentasi 3 PENUTUP 3.1 Bersama mahasiswa merangkum pelajaran dengan mempertegas tentang materi yang telah di presentasikan 3.2 Menginfomasikan tugas elaborasi buku sumber tentang sifat-sifat dan nilai gizi bahan pangan hewani dan kualitas bahan hewani yang baik untuk pertemuan berikutnya. G. Media/Sumber Belajar 1. Media : - LCD dan Power Point - Papan Tulis/White Board 2. Sumber Belajar : a. Desrosier, W. 1988. Teknologi Pengawetan Pangan. UI Press. Jakarta. b. Mountney, GJ and W.A.Gould. 1988. Practical Food Microbiology and Technology. Third Edition. Van Nostrand Reinhold Company. New York. c. Potter, N.N. 1995. Food Science. Chapman & Hall. New York. H. Penilaian 1. Tes Tulis : Lihat lampiran KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-44413211 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : D-3 Tata Boga Mata Kuliah/ SKS : Teknologi Pengolahan Hewani / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 44413211 Pertemuan Ke : 2 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Dasar Mampu memilih bahan pangan hewani yang berkulaitas baik B. Indikator 1. Menjelaskan sifat-sifat bahan pangan hewani. 2. Menjelaskan nilai gizi bahan pangan hewani 3. Menjelaskan kualitas bahan pangan hewani yang baik 4. Memilih bahan pangan hewani yang berkualitas baik C. Tujuan Pembelajaran 1. Kognitif produk a. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan sifat-sifat bahan pangan hewani dengan benar. b. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan nilai gizi bahan pangan hewani dengan benar. c. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan kualitas bahan pangan hewani yang baik dengan benar. d. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat memilih bahan pangan hewani yang berkualitas baik dengan benar. 2. Afektif a. Karakter Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada mahasiswa dinilai pengamat membuat kemajuan menunjukkan perilaku berkarakter meliputi: kejujuran; peduli; dan tanggung jawab b. Ketrampilan Sosial Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada mahasiswa menunjukan perilaku sosial melalui bertanya, menyumbang ide/berpendapat, menjadi pendengar yang baik, dan mampu berkomunikasi dengan temannya D. Materi Karakterisasi dan kualitas bahan pangan hewani (lihat hand out halaman .....) E. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan / Model : Pembelajaran Kooperatif dan Pembelajaran Langsung 2. Metode: Ceramah, Diskusi, dan Tanya jawab F. Langkah-Langkah Pembelajaran No Kegiatan Dinilai oleh pengamat Dilakukan Penilaian Ya Tidak 1 2 3 4 1 PENDAHULUAN 1.1 Memotifasi mahasiswa dengan memberi pertanyaan/ Issu yang berhubungan dengan karakterisasi dan kualitas bahan pangan hewani 1.2 Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan meliputi: sifat-sifat dan nilai gizi bahan pangan hewani, serta kualitas bahan pangan hewani. 2 INTI 2.1 Mengorientasikan mahasiswa pada karakteri-sasi dan kualitas bahan pangan hewani yang meliputi: sifat-sifat dan nilai gizi bahan pangan hewani, serta kualitas bahan pangan hewani. 2.2 Mengorganisasikan mahasiwa dalam kelompok belajar untuk mendiskusikan tentang sifat-sifat dan nilai gizi bahan pangan hewani, serta kualitas bahan pangan hewani. 2.3 Mengarahkan mahasiswa untuk berbagi jawaban / berbagai ide tentang materi jika isu telah di identifikasikan dan di rumuskan dalam laporan kelompok dalam bentuk makalah 2.4 Meminta pada kelompok untuk mempresenta-sikan hasil diskusi dengan seluruh kelas 2.5 Meminta Respon mahasiswa lain dalam kelas untuk menanggapi kelompok yang presentasi dan menyajikan hasil praktek 2.6 Mengambil kesimpulan proses presentasi dan kegiatan praktek 3 PENUTUP 3.1 Bersama mahasiswa merangkum pelajaran dan mengevaluasi hasil praktek dengan mempertegas tentang materi yang telah di presentasikan 3.2 Menginfomasikan tugas elaborasi buku sumber tentang pengawetan dan pengolahan daging untuk pertemuan berikutnya. G. Media/Sumber Belajar 1. Media : - LCD dan Power Point - Papan Tulis/White Board - Bahan dan Alat Praktek 2. Sumber Belajar : a. Desrosier, W. 1988. Teknologi Pengawetan Pangan. UI Press. Jakarta. b. Mountney, GJ and W.A.Gould. 1988. Practical Food Microbiology and Technology. Third Edition. Van Nostrand Reinhold Company. New York. c. Purnomo, H. 1995. Ilmu Pangan (Terjemahan). UI Press. Jakarta. d. Potter, N.N. 1995. Food Science. Chapman & Hall. New York. H. Penilaian 1. Tes Tulis : Lihat lampiran 2. Lembar Penilaian Praktek KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-44413211 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : D-3 Tata Boga Mata Kuliah/ SKS : Teknologi Pengolahan Hewani / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 44413211 Pertemuan Ke : 3, 4 dan 5 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Dasar Mampu melakukan pengawetan dan pengolahan daging B. Indikator 1. Menjelaskan jenis-jenis daging 2. Menjelaskan macam-macam teknik pengawetan daging 3. Menjelaskan macam-macam teknik pengolahan daging 4. Menjelaskan langkah-langkah pengawetan daging 5. Menjelaskan langkah-langkah pengolahan daging C. Tujuan Pembelajaran 1. Kognitif produk a. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan jenis-jenis daging dengan benar. b. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan macam-macam teknik pengawetan daging dengan benar. c. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan macam-macam teknik pengolahan daging dengan benar. d. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan langkah-langkah pengawetan daging dengan benar. e. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan langkah-langkah pengolahan daging dengan benar. f. Terampil melakukan macam-macam teknik pengawetan daging. g. Terampil melakukan macam-macam teknik pengolahan daging. 2. Afektif a. Karakter Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada mahasiswa dinilai pengamat membuat kemajuan menunjukkan perilaku berkarakter meliputi: kejujuran; peduli; dan tanggung jawab b. Ketrampilan Sosial Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada mahasiswa menunjukan perilaku sosial melalui bertanya, menyumbang ide/berpendapat, menjadi pendengar yang baik, dan mampu berkomunikasi dengan temannya D. Materi Pengawetan dan pengolahan daging E. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan / Model : Pembelajaran Kooperatif dan langsung 2. Metode: Ceramah, Diskusi, praktek dan Tanya jawab F. Langkah-Langkah Pembelajaran No Kegiatan Dinilai oleh pengamat Dilakukan Penilaian Ya Tidak 1 2 3 4 1 PENDAHULUAN 1.1 Memotifasi mahasiswa dengan memberi pertanyaan/ Issu yang berhubungan dengan pengawetan dan pengolahan daging. 1.2 Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan meliputi: jenis-jenis daging, macam-macam teknik pengawetan dan pengolahan daging, langkah-langkah pengawetan dan pengolahan daging. 2 INTI 2.1 Mengorientasikan mahasiswa pada pengawetan dan pengolahan daging. 2.2 Mengorganisasikan mahasiwa dalam kelompok belajar untuk mendiskusikan tentang jenis-jenis daging, macam-macam teknik pengawetan dan pengolahan daging, langkah-langkah pengawetan dan pengolahan daging. 2.3 Mengorganisasikan mahasiwa dalam kelompok belajar untuk praktek pengawetan dan pengolahan daging. 2.4 Mengarahkan mahasiswa untuk berbagi jawaban / berbagai ide tentang materi jika isu telah di identifikasikan dan di rumuskan dalam laporan kelompok dalam bentuk makalah 2.5 Meminta pada kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi dan hasil prakteknya dengan seluruh kelas 2.6 Meminta Respon mahasiswa lain dalam kelas untuk menanggapi kelompok yang presentasi dan mengambil kesimpulan proses presentasi 3 PENUTUP 3.1 Bersama mahasiswa merangkum pelajaran dan mengevaluasi hasil praktek dengan mempertegas tentang materi yang telah di presentasikan 3.2 Menginfomasikan tugas elaborasi buku sumber tentang pengawetan dan pengolahan susu untuk didiskusikan pada pertemuan berikutnya. G. Media/Sumber Belajar 1. Media : - LCD dan Power Point - Papan Tulis/White Board - Bahan dan Alat Praktek 2. Sumber Belajar : a. Desrosier, W. 1988. Teknologi Pengawetan Pangan. UI Press. Jakarta. b. Mountney, GJ and W.A.Gould. 1988. Practical Food Microbiology and Technology. Third Edition. Van Nostrand Reinhold Company. New York. c. Purnomo, H. 1995. Ilmu Pangan (Terjemahan). UI Press. Jakarta. d. Potter, N.N. 1995. Food Science. Chapman & Hall. New York. e. Winarno, F.G. 1987. Enzim Pangan. Gramedia. Jakarta. f. _________ . 1987. Pengantar Teknologi Pangan. Gramedia. Jakarta. g. _________ . 1997. Kimia Pangan dan Gizi. Gramedia. Jakarta. H. Penilaian 1. Tes Tulis : Lihat lampiran 2. Lembar Penilaian Praktek KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-44413211 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : D-3 Tata Boga Mata Kuliah/ SKS : Teknologi Pengolahan Hewani / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 44413211 Pertemuan Ke : 6 dan 7 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Dasar Mampu melakukan pengawetan dan pengolahan susu B. Indikator A. Menjelaskan macam-macam teknik pengawetan susu B. Menjelaskan macam-macam teknik pengolahan susu C. Menjelaskan langkah-langkah pengawetan susu D. Menjelaskan langkah-langkah pengolahan susu C. Tujuan Pembelajaran 1. Kognitif produk a. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan macam-macam teknik pengawetan susu dengan benar. b. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan macam-macam teknik pengolahan susu dengan benar. c. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan langkah-langkah pengawetan susu dengan benar. d. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan langkah-langkah pengolahan susu dengan benar. e. Terampil melakukan macam-macam teknik pengawetan susu. f. Terampil melakukan macam-macam teknik pengolahan susu. 2. Afektif a. Karakter Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada mahasiswa dinilai pengamat membuat kemajuan menunjukkan perilaku berkarakter meliputi: kejujuran; peduli; dan tanggung jawab b. Ketrampilan Sosial Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada mahasiswa menunjukan perilaku sosial melalui bertanya, menyumbang ide/berpendapat, menjadi pendengar yang baik, dan mampu berkomunikasi dengan temannya D. Materi Pengawetan dan pengolahan susu E. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan / Model : Pembelajaran Kooperatif dan langsung 2. Metode: Ceramah, Diskusi, praktek dan Tanya jawab F. Langkah-Langkah Pembelajaran No Kegiatan Dinilai oleh pengamat Dilakukan Penilaian Ya Tidak 1 2 3 4 1 PENDAHULUAN 1.1 Memotifasi mahasiswa dengan memberi pertanyaan/ Issu yang berhubungan dengan pengawetan dan pengolahan susu. 1.2 Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan meliputi: macam-macam teknik pengawetan dan pengolahan susu, langkah-langkah pengawetan dan pengolahan susu. 2 INTI 2.1 Mengorientasikan mahasiswa pada pengawetan dan pengolahan susu. 2.2 Mengorganisasikan mahasiwa dalam kelompok belajar untuk mendiskusikan tentang macam-macam teknik pengawetan dan pengolahan susu, langkah-langkah pengawetan dan pengolahan susu. 2.3 Mengorganisasikan mahasiwa dalam kelom-pok belajar untuk praktek pengawetan dan pengolahan susu. 2.4 Mengarahkan mahasiswa untuk berbagi jawaban / berbagai ide tentang materi jika isu telah di identifikasikan dan di rumuskan dalam laporan kelompok dalam bentuk makalah 2.5 Meminta pada kelompok untuk mempresenta-sikan hasil diskusi dan hasil prakteknya dengan seluruh kelas 2.6 Meminta Respon mahasiswa lain dalam kelas untuk menanggapi kelompok yang presentasi dan mengambil kesimpulan proses presentasi 3 PENUTUP 3.1 Bersama mahasiswa merangkum pelajaran dan mengevaluasi hasil praktek dengan mempertegas tentang materi yang telah di presentasikan 3.2 Menginfomasikan tugas elaborasi buku sumber tentang pengawetan dan pengolahan telur untuk didiskusikan pada pertemuan berikutnya. G. Media/Sumber Belajar 1. Media : - LCD dan Power Point - Papan Tulis/White Board - Bahan dan Alat Praktek 2. Sumber Belajar : a. Desrosier, W. 1988. Teknologi Pengawetan Pangan. UI Press. Jakarta. b. Mountney, GJ and W.A.Gould. 1988. Practical Food Microbiology and Technology. Third Edition. Van Nostrand Reinhold Company. New York. c. Purnomo, H. 1995. Ilmu Pangan (Terjemahan). UI Press. Jakarta. d. Potter, N.N. 1995. Food Science. Chapman & Hall. New York. e. Winarno, F.G. 1987. Enzim Pangan. Gramedia. Jakarta. f. _________ . 1987. Pengantar Teknologi Pangan. Gramedia. Jakarta. g. _________ . 1997. Kimia Pangan dan Gizi. Gramedia. Jakarta. H. Penilaian 1. Tes Tulis : Lihat lampiran 2. Lembar Penilaian Praktek KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-44413211 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : D-3 Tata Boga Mata Kuliah/ SKS : Teknologi Pengolahan Hewani / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 44413211 Pertemuan Ke : 9 dan 10 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Dasar Mampu melakukan pengawetan dan pengolahan telur B. Indikator 1. Menjelaskan macam-macam teknik pengawetan telur 2. Menjelaskan macam-macam teknik pengolahan telur 3. Menjelaskan langkah-langkah pengawetan telur 4. Menjelaskan langkah-langkah pengolahan telur C. Tujuan Pembelajaran 1. Kognitif produk a. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan macam-macam teknik pengawetan telur dengan benar. b. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan macam-macam teknik pengolahan telur dengan benar. c. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan langkah-langkah pengawetan telur dengan benar. d. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan langkah-langkah pengolahan telur dengan benar. e. Terampil melakukan macam-macam teknik pengawetan telur. f. Terampil melakukan macam-macam teknik pengolahan telur. 2. Afektif a. Karakter Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada mahasiswa dinilai pengamat membuat kemajuan menunjukkan perilaku berkarakter meliputi: kejujuran; peduli; dan tanggung jawab b. Ketrampilan Sosial Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada mahasiswa menunjukan perilaku sosial melalui bertanya, menyumbang ide/berpendapat, menjadi pendengar yang baik, dan mampu berkomunikasi dengan temannya D. Materi Pengawetan dan pengolahan telur E. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan / Model : Pembelajaran Kooperatif dan langsung 2. Metode: Ceramah, Diskusi, praktek dan Tanya jawab F. Langkah-Langkah Pembelajaran No Kegiatan Dinilai oleh pengamat Dilakukan Penilaian Ya Tidak 1 2 3 4 1 PENDAHULUAN 1.1 Memotifasi mahasiswa dengan memberi pertanyaan/ Issu yang berhubungan dengan pengawetan dan pengolahan telur. 1.2 Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan meliputi: macam-macam teknik pengawetan dan pengolahan telur, langkah-langkah pengawetan dan pengolahan telur. 2 INTI 2.1 Mengorientasikan mahasiswa pada pengawetan dan pengolahan telur. 2.2 Mengorganisasikan mahasiwa dalam kelompok belajar untuk mendiskusikan tentang macam-macam teknik pengawetan dan pengolahan telur, langkah-langkah pengawetan dan pengolahan telur. 2.3 Mengorganisasikan mahasiwa dalam kelom-pok belajar untuk praktek pengawetan dan pengolahan telur. 2.4 Mengarahkan mahasiswa untuk berbagi jawaban / berbagai ide tentang materi jika isu telah di identifikasikan dan di rumuskan dalam laporan kelompok dalam bentuk makalah 2.5 Meminta pada kelompok untuk mempresenta-sikan hasil diskusi dan hasil prakteknya dengan seluruh kelas 2.6 Meminta Respon mahasiswa lain dalam kelas untuk menanggapi kelompok yang presentasi dan mengambil kesimpulan proses presentasi 3 PENUTUP 3.1 Bersama mahasiswa merangkum pelajaran dan mengevaluasi hasil praktek dengan mempertegas tentang materi yang telah di presentasikan 3.2 Menginfomasikan tugas elaborasi buku sumber tentang pengawetan dan pengolahan kulit untuk didiskusikan pada pertemuan berikutnya. G. Media/Sumber Belajar 1. Media : - LCD dan Power Point - Papan Tulis/White Board - Bahan dan Alat Praktek 2. Sumber Belajar : a. Desrosier, W. 1988. Teknologi Pengawetan Pangan. UI Press. Jakarta. b. Mountney, GJ and W.A.Gould. 1988. Practical Food Microbiology and Technology. Third Edition. Van Nostrand Reinhold Company. New York. c. Purnomo, H. 1995. Ilmu Pangan (Terjemahan). UI Press. Jakarta. d. Potter, N.N. 1995. Food Science. Chapman & Hall. New York. e. Winarno, F.G. 1987. Enzim Pangan. Gramedia. Jakarta. f. _________ . 1987. Pengantar Teknologi Pangan. Gramedia. Jakarta. g. _________ . 1997. Kimia Pangan dan Gizi. Gramedia. Jakarta. H. Penilaian 3. Tes Tulis : Lihat lampiran 4. Lembar Penilaian Praktek KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-44413211 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : D-3 Tata Boga Mata Kuliah/ SKS : Teknologi Pengolahan Hewani / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 44413211 Pertemuan Ke : 11 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Dasar Mampu melakukan pengawetan dan pengolahan kulit B. Indikator 1. Menjelaskan macam-macam bentuk pengawetan kulit 2. Menjelaskan macam-macam bentuk pengolahan kulit 3. Menjelaskan langkah-langkah pengawetan kulit 4. Menjelaskan langkah-langkah pengolahan kulit C. Tujuan Pembelajaran 1. Kognitif produk a. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan macam-macam bentuk pengawetan kulit dengan benar. b. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan macam-macam bentuk pengolahan kulit dengan benar. c. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan langkah-langkah pengawetan kulit dengan benar. d. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan langkah-langkah pengolahan kulit dengan benar. e. Terampil melakukan macam-macam bentuk pengawetan kulit. f. Terampil melakukan macam-macam bentuk pengolahan kulit. 2. Afektif a. Karakter Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada mahasiswa dinilai pengamat membuat kemajuan menunjukkan perilaku berkarakter meliputi: kejujuran; peduli; dan tanggung jawab b. Ketrampilan Sosial Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada mahasiswa menunjukan perilaku sosial melalui bertanya, menyumbang ide/berpendapat, menjadi pendengar yang baik, dan mampu berkomunikasi dengan temannya D. Materi Pengawetan dan pengolahan kulit E. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan / Model : Pembelajaran Kooperatif dan langsung 2. Metode: Ceramah, Diskusi, praktek dan Tanya jawab F. Langkah-Langkah Pembelajaran No Kegiatan Dinilai oleh pengamat Dilakukan Penilaian Ya Tidak 1 2 3 4 1 PENDAHULUAN 1.1 Memotifasi mahasiswa dengan memberi pertanyaan/ Issu yang berhubungan dengan pengawetan dan pengolahan kulit. 1.2 Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan meliputi: bentuk-bentuk pengawetan dan pengolahan kulit, langkah-langkah pengawetan dan pengolahan kulit. 2 INTI 2.1 Mengorientasikan mahasiswa pada pengawetan dan pengolahan kulit. 2.2 Mengorganisasikan mahasiwa dalam kelompok belajar untuk mendiskusikan tentang bentuk-bentuk pengawetan dan pengolahan kulit, langkah-langkah pengawetan dan pengolahan kulit. 2.3 Mengorganisasikan mahasiwa dalam kelom-pok belajar untuk praktek pengawetan dan pengolahan kulit. 2.4 Mengarahkan mahasiswa untuk berbagi jawaban / berbagai ide tentang materi jika isu telah di identifikasikan dan di rumuskan dalam laporan kelompok dalam bentuk makalah 2.5 Meminta pada kelompok untuk mempresenta-sikan hasil diskusi dan hasil prakteknya dengan seluruh kelas 2.6 Meminta Respon mahasiswa lain dalam kelas untuk menanggapi kelompok yang presentasi dan mengambil kesimpulan proses presentasi 3 PENUTUP 3.1 Bersama mahasiswa merangkum pelajaran dan mengevaluasi hasil praktek dengan mempertegas tentang materi yang telah di presentasikan 3.2 Menginfomasikan tugas elaborasi buku sumber tentang pengawetan dan pengolahan ikan untuk didiskusikan pada pertemuan berikutnya. G. Media/Sumber Belajar 1. Media : - LCD dan Power Point - Papan Tulis/White Board - Bahan dan Alat Praktek 2. Sumber Belajar : a. Desrosier, W. 1988. Teknologi Pengawetan Pangan. UI Press. Jakarta. b. Mountney, GJ and W.A.Gould. 1988. Practical Food Microbiology and Technology. Third Edition. Van Nostrand Reinhold Company. New York. c. Purnomo, H. 1995. Ilmu Pangan (Terjemahan). UI Press. Jakarta. d. Potter, N.N. 1995. Food Science. Chapman & Hall. New York. e. Winarno, F.G. 1987. Enzim Pangan. Gramedia. Jakarta. f. _________ . 1987. Pengantar Teknologi Pangan. Gramedia. Jakarta. g. _________ . 1997. Kimia Pangan dan Gizi. Gramedia. Jakarta. H. Penilaian 1. Tes Tulis : Lihat lampiran 2. Lembar Penilaian Praktek KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-44413211 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : D-3 Tata Boga Mata Kuliah/ SKS : Teknologi Pengolahan Hewani / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 44413211 Pertemuan Ke : 12 dan 13 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Dasar Mampu melakukan pengawetan dan pengolahan ikan B. Indikator 1. Menjelaskan jenis produk perikanan 2. Menjelaskan macam-macam teknik pengawetan ikan 3. Menjelaskan macam-macam teknik pengolahan ikan 4. Menjelaskan langkah-langkah pengawetan ikan 5. Menjelaskan langkah-langkah pengolahan ikan C. Tujuan Pembelajaran 1. Kognitif produk a. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan jenis produk perikanan dengan benar. b. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan macam-macam teknik pengawetan ikan dengan benar. c. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan macam-macam teknik pengolahan ikan dengan benar. d. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan langkah-langkah pengawetan ikan dengan benar. e. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan langkah-langkah pengolahan ikan dengan benar. f. Terampil melakukan macam-macam bentuk pengawetan ikan. g. Terampil melakukan macam-macam bentuk pengolahan ikan. 2. Afektif a. Karakter Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada mahasiswa dinilai pengamat membuat kemajuan menunjukkan perilaku berkarakter meliputi: kejujuran; peduli; dan tanggung jawab b. Ketrampilan Sosial Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada mahasiswa menunjukan perilaku sosial melalui bertanya, menyumbang ide/berpendapat, menjadi pendengar yang baik, dan mampu berkomunikasi dengan temannya D. Materi Pengawetan dan pengolahan ikan E. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan / Model : Pembelajaran Kooperatif dan langsung 2. Metode: Ceramah, Diskusi, praktek dan Tanya jawab F. Langkah-Langkah Pembelajaran No Kegiatan Dinilai oleh pengamat Dilakukan Penilaian Ya Tidak 1 2 3 4 1 PENDAHULUAN 1.1 Memotifasi mahasiswa dengan memberi pertanyaan/ Issu yang berhubungan dengan pengawetan dan pengolahan ikan. 1.2 Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan meliputi: jenis produk perikanan, macam-macam teknik pengawetan dan pengolahan ikan, langkah-langkah pengawetan dan pengolahan ikan. 2 INTI 2.1 Mengorientasikan mahasiswa pada pengawetan dan pengolahan ikan. 2.2 Mengorganisasikan mahasiwa dalam kelompok belajar untuk mendiskusikan tentang jenis produk perikanan, macam-macam teknik pengawetan dan pengolahan ikan, langkah-langkah pengawetan dan pengolahan ikan. 2.3 Mengorganisasikan mahasiwa dalam kelom-pok belajar untuk praktek pengawetan dan pengolahan ikan. 2.4 Mengarahkan mahasiswa untuk berbagi jawaban / berbagai ide tentang materi jika isu telah di identifikasikan dan di rumuskan dalam laporan kelompok dalam bentuk makalah 2.5 Meminta pada kelompok untuk mempresenta-sikan hasil diskusi dan hasil prakteknya dengan seluruh kelas 2.6 Meminta Respon mahasiswa lain dalam kelas untuk menanggapi kelompok yang presentasi dan mengambil kesimpulan proses presentasi 3 PENUTUP 3.1 Bersama mahasiswa merangkum pelajaran dan mengevaluasi hasil praktek dengan mempertegas tentang materi yang telah di presentasikan 3.2 Menginfomasikan tugas elaborasi buku sumber tentang pengawetan dan pengolahan ikan untuk didiskusikan pada pertemuan berikutnya. G. Media/Sumber Belajar 1. Media : - LCD dan Power Point - Papan Tulis/White Board - Bahan dan Alat Praktek 2. Sumber Belajar : a. Desrosier, W. 1988. Teknologi Pengawetan Pangan. UI Press. Jakarta. b. Mountney, GJ and W.A.Gould. 1988. Practical Food Microbiology and Technology. Third Edition. Van Nostrand Reinhold Company. New York. c. Purnomo, H. 1995. Ilmu Pangan (Terjemahan). UI Press. Jakarta. d. Potter, N.N. 1995. Food Science. Chapman & Hall. New York. e. Winarno, F.G. 1987. Enzim Pangan. Gramedia. Jakarta. f. _________ . 1987. Pengantar Teknologi Pangan. Gramedia. Jakarta. g. _________ . 1997. Kimia Pangan dan Gizi. Gramedia. Jakarta. H. Penilaian 1. Tes Tulis : Lihat lampiran 2. Lembar Penilaian Praktek KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-44413211 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : D-3 Tata Boga Mata Kuliah/ SKS : Teknologi Pengolahan Hewani / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 44413211 Pertemuan Ke : 14 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Dasar Mampu melakukan pengawetan dan pengolahan hasil samping ikan B. Indikator 1. Menjelaskan jenis produk hasil samping perikanan 2. Menjelaskan macam-macam teknik pengawetan hasil samping ikan 3. Menjelaskan macam-macam teknik pengolahan hasil samping ikan 4. Menjelaskan langkah-langkah pengawetan hasil samping ikan 5. Menjelaskan langkah-langkah pengolahan hasil samping ikan C. Tujuan Pembelajaran 1. Kognitif produk a. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan jenis produk hasil samping perikanan dengan benar. b. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan macam-macam teknik pengawetan hasil samping ikan dengan benar. c. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan macam-macam teknik pengolahan hasil samping ikan dengan benar. d. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan langkah-langkah pengawetan hasil samping ikan dengan benar. e. Secara mandiri tanpa membuka buku ajar mahasiswa dapat menjelaskan langkah-langkah pengolahan hasil samping ikan dengan benar. f. Terampil melakukan macam-macam bentuk pengawetan hasil samping ikan. g. Terampil melakukan macam-macam bentuk pengolahan hasil samping ikan. 2. Afektif a. Karakter Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada mahasiswa dinilai pengamat membuat kemajuan menunjukkan perilaku berkarakter meliputi: kejujuran; peduli; dan tanggung jawab b. Ketrampilan Sosial Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada mahasiswa menunjukan perilaku sosial melalui bertanya, menyumbang ide/berpendapat, menjadi pendengar yang baik, dan mampu berkomunikasi dengan temannya D. Materi Pengawetan dan pengolahan hasil samping ikan E. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan / Model : Pembelajaran Kooperatif dan langsung 2. Metode: Ceramah, Diskusi, praktek dan Tanya jawab F. Langkah-Langkah Pembelajaran No Kegiatan Dinilai oleh pengamat Dilakukan Penilaian Ya Tidak 1 2 3 4 1 PENDAHULUAN 1.1 Memotifasi mahasiswa dengan memberi pertanyaan/ Issu yang berhubungan dengan pengawetan dan pengolahan hasil samping ikan. 1.2 Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan meliputi: jenis produk hasil samping perikanan, macam-macam teknik pengawetan dan pengolahan hasil samping ikan, langkah-langkah pengawetan dan pengolahan hasil samping ikan. 2 INTI 2.1 Mengorientasikan mahasiswa pada pengawetan dan pengolahan hasil samping ikan. 2.2 Mengorganisasikan mahasiwa dalam kelompok belajar untuk mendiskusikan tentang jenis produk hasil samping perikanan, macam-macam teknik pengawetan dan pengolahan hasil samping ikan, langkah-langkah pengawetan dan pengolahan hasil samping ikan. 2.3 Mengorganisasikan mahasiwa dalam kelom-pok belajar untuk praktek pengawetan dan pengolahan hasil samping ikan. 2.4 Mengarahkan mahasiswa untuk berbagi jawaban / berbagai ide tentang materi jika isu telah di identifikasikan dan di rumuskan dalam laporan kelompok dalam bentuk makalah 2.5 Meminta pada kelompok untuk mempresenta-sikan hasil diskusi dan hasil prakteknya dengan seluruh kelas 2.6 Meminta Respon mahasiswa lain dalam kelas untuk menanggapi kelompok yang presentasi dan mengambil kesimpulan proses presentasi 3 PENUTUP 3.1 Bersama mahasiswa merangkum pelajaran dan mengevaluasi hasil praktek dengan mempertegas tentang materi yang telah di presentasikan 3.2 Menginfomasikan tugas praktek individu pengawetan dan pengolahan bahan pangan hewani sesuai dengan proposal yang telah dibuat untuk pertemuan berikutnya. G. Media/Sumber Belajar 1. Media : - LCD dan Power Point - Papan Tulis/White Board - Bahan dan Alat Praktek 2. Sumber Belajar : a. Desrosier, W. 1988. Teknologi Pengawetan Pangan. UI Press. Jakarta. b. Mountney, GJ and W.A.Gould. 1988. Practical Food Microbiology and Technology. Third Edition. Van Nostrand Reinhold Company. New York. c. Purnomo, H. 1995. Ilmu Pangan (Terjemahan). UI Press. Jakarta. d. Potter, N.N. 1995. Food Science. Chapman & Hall. New York. e. Winarno, F.G. 1987. Enzim Pangan. Gramedia. Jakarta. f. _________ . 1987. Pengantar Teknologi Pangan. Gramedia. Jakarta. g. _________ . 1997. Kimia Pangan dan Gizi. Gramedia. Jakarta. H. Penilaian 1. Tes Tulis : Lihat lampiran 2. Lembar Penilaian Praktek KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-44413211 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : D-3 Tata Boga Mata Kuliah/ SKS : Teknologi Pengolahan Hewani / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 44413211 Pertemuan Ke : 15 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Dasar Terampil melakukan pengawetan dan pengolahan bahan pangan hewani B. Indikator Secara individu terampil melakukan pengawetan dan pengolahan bahan pangan hewani, sesuai dengan proposal yang dibuat C. Tujuan Pembelajaran 1. Kognitif produk a. Secara individu terampil melakukan pengawetan bahan pangan hewani, sesuai dengan proposal yang dibuat. b. Secara individu terampil melakukan pengolahan bahan pangan hewani, sesuai dengan proposal yang dibuat. 2. Afektif a. Karakter Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada mahasiswa dinilai pengamat membuat kemajuan menunjukkan perilaku berkarakter meliputi: kejujuran; peduli; dan tanggung jawab b. Ketrampilan Sosial Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada mahasiswa menunjukan perilaku sosial melalui bertanya, menyumbang ide/berpendapat, menjadi pendengar yang baik, dan mampu berkomunikasi dengan temannya D. Materi - E. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan / Model : Pembelajaran Kooperatif dan langsung 2. Metode: praktek dan tanya jawab F. Langkah-Langkah Pembelajaran No Kegiatan Dinilai oleh pengamat Dilakukan Penilaian Ya Tidak 1 2 3 4 1 PENDAHULUAN 1.1 Mengoreksi proposal praktek yang telah dibuat oleh masing-masing mahasiswa. 1.2 Mengecek persiapan bahan dan alat masing-masing mahasiswa, sesuai dengan proposal 2 INTI 2.1 Mengorientasikan mahasiswa pada proses praktek individu sesuai dengan proposal masing-masing. 2.2 Mengorganisasikan mahasiwa dalam proses praktek secara individu. 2.3 Mengarahkan mahasiswa untuk melakukan pengamatan hasil prakteknya dan hasil praktek temannya. 2.4 Mengarahkan mahasiswa untuk membuat laporan praktek secara individu 3 PENUTUP 3.1 Mengingatkan mahasiswa untuk mengumpulkan semua tugas dan laporan praktek paling lambat saat UAS 3.2 Menginfomasikan bahan UAS. G. Media/Sumber Belajar 1. Media : - Bahan dan Alat Praktek 2. Sumber Belajar : Proposal praktek. H. Penilaian Lembar Penilaian Praktek