| www.unesa.ac.id | pdpt.unesa.ac.id

KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231

KAMPUS LIDAH WETAN
Jl. Lidah Wetan, Surabaya
info@unesa.ac.id

SOSIOLOGI ANTROPOLOGI 2011-Sylabus
FileName : SOSIOLOGI ANTROPOLOGI 2011-Sylabus.ppt
FileType : application/vnd.ms-powerpoint
FileSize : 273 KB
Download



Plain Text Preview

SOSIOLOGI ANTROPOLOGI PENDIDIKAN DRS. ARI WAHYUDI,M.Si. FIP UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Kontak : 081330129333 email:ari_plb65@yahoo.com Alamat: Sarirejo III/10-12 Mojosari Mojokerto DESKRIPSI MATA KULIAH Mahasiswa memahami dan mendalami tentang sosiologi antropologi sebagai ilmu social, sosiologi antropologi pendidikan sebagai ilmu terapan, obyek dan kajian sosiologi antropologi, masyarakat dan pranata social, system kekerabatan, ruang lingkup dan kajian antropologi, kajian antropologi dalam perkembangan kebudayaan Indonesia, perubahan social budaya dan perubahan social budaya dalam Era Modernisasi Globalisasi. BUKU WAJIB DIBACA: Damsar,2011. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Koentjaraningrat . 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta : Rineka Cipta Koentjaraningrat . 1997. sejarah Teori Antropologi Jilid I & II. Jakarta : UI-Press Suhanaji dkk, 2008. Sosiologi Antropologi Pendidikan. Surabaya: Unipress Spradley,James P .1997. Metode Etnografi. Yogyakarta:Tiara Wacana BUKU ANJURAN: Koentjaraningrat . 1984. Kebudayaan Jawa. Jakarta: Balai Pustaka Veeger,K.J. 1993. realitas Sosial.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Tema Diskusi kelas: Masyarakat dan Sosialisasi --> Klp 1 dan 2 Struktur, Peran, Status dan Sistem Sosial --> Klp 3 dan 4 Kebudayaan dan Pendidikan --> Klp 5 dan 6 Pendidikan Multikultural --> klp 7 dan 8 Kepribadian dan Pendidikan --> Klp 9 dan 10 Dinamika masyarakat dan Kebudayaan --> klp 11 dan 12 Sistem kekerabatan dan keluarga --> Klp 13 dan 14 Sistem Religi dan kepercayaan dlm Masyarakat --> Klp 15 dan 16 Pokok-pokok Etnografi --> Budaya Lokal Buku penunjang: Koentjaraningrat . 1984. Kebudayaan Jawa. Jakarta: Balai Pustaka Veeger,K.J. 1993. realitas Sosial.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Pengertian Antropologi: Anthropos (latin)--> Manusia Logos (Yunani)--> daya pikir/ilmu ? Ilmu yg mempelajari umat manusia sebagai makhluk masyarakat ? Ruth Benedict Koentjaraningrat Ilmu yg mempelajari makhluk anthropos atau manusia Lanjutan ...pengertian! Willian A Havilland--> suatu studi tentang manusia yg berusaha menyusun generalisasi yg bermanfaat tentang manusia dan perilakunya dan untuk memperoleh pengertian yg lengkap tentang keanekaragaman manusia Ariyono Suyono ? suatu ilmu yg berusaha mencapai pengertian ttg makhluk manusia dgn mempelajari aneka warna bentuk fisik, kepribadian, masyarakat dan kebudayaannya. Simpulan: ILMU PENGETAHUAN YG MEMPELAJARI MANUSIA, BAIK MANUSIA DITINJAU DARI SEGI FISIK (BENTUK FISIK, CIRI-CIRI TUBUH DAN PERKEMBANGANNYA) MAUPUN MANUSIA DITINJAU DARI SOSIO BUDAYANYA (PERILAKU, SISTEM SOSIAL DAN PERKEMBANGAN BUDAYANYA) Benedict -->Concern: Sifat khusus badani dan cara produksi Tradisi Nilai-nilai yang membuat pergaulan hidup yang satu berbeda dari pergaulan hidup lainnya Alur Skematis Antropologi SPESIALISASI DALAM ANTROPOLOGI ANTROPOLOGI EKONOMI --> Spesialisasi Antropologi Pertama ? R Firth (1930) mengembangkan gejala-gejala ekonomi pedesaan, penumpukan modal, pengerahan tenaga, sistem produksi serta pemasaran hasil pertanian dan perikanan yang dilakukan secara lokal di Oceania dan Malaysia. SETELAH PD II --> MUNCUL BERBAGAI SPESIALIASI Antropologi Pembangunan --> Menggunakan metode-metode, konsep dan teori antropologi untuk mempelajari masalah-masalah yang menyangkut pembangunan masyarakat desa, masalah sikap petani,dsb. Antropologi Pendidikan --> Seiring dgn pembangunan masyarakat -butuh pendidikan Kajian Antropologi Pendidikan: Antropologi Pendidikan --> Cabang spesialisasi yang termuda ? bahkan ada yg mengatakan belum mrpkan spesialisasi yang resmi Kajian antropologi pendidikan : > enkulturasi > sosialisasi > transmisi kebudayaan Frans Boas (antropolog Amerika) --> pentingnya meneliti dan mengkaji pendidikan sekolah dlm transmisi dan perubahan kebudayaan. Enkulturasi: Pattern for behaviour --> Pattern of behaviour Tokoh Antropologi Pendidikan: Margareth Mead --> Meneliti: Peranan sekolah dlm transmisi dan perubahan kebudayaan pada masy sederhana dan masy pedesaan M. Fortes ? Meneliti: Transmisi kebudayaan suku Talensi (Talleland - Ghana Utara) dari generasi tua ke generasi muda yg terjadi dalam interaksi antar kerabat ? Bukunya" Social and Psychological Aspects of Education in Talleland (1934) TW Williams --> Meneliti: Transmisi kebudayaan yg berlangsung scr tradisional melalui proses sosialisasi dlm masy pra industri pd suku bgs Indian Papago di Negara bagian Arizona AS GD Splindler ? Meneliti- serupa pada masy suku bgs Manonimi di neg bag Florida JD Herzog ? Meneliti: Cross cultural ? membuat hipotesis bahwa bentuk RT (keluarga inti, keluarga luas atau matrifokal) berpengaruh pada kuat lemahnya kemandirian anak yg tumbuh dlm lingkungan tersebut. Herzog --> berkesimpulan: > transmisi kebudayaan berfungsi untuk menambah kemandirian anak yg tdk didptnya dari proses sosialisasi dlm batas RT keluarga luas > Transmisi kebudayaan paling banyak berkorelasi dgn keluarga inti > Para wanita yg tdk terikat kesibukan dlm mata pencaharian hidup dpt turut membantu memberi perhatian kpd penyempurnaan proses pertumbuhan anak. Y Cohen --> Meneliti: Pendidikan di sekolah dlm masy multietnik ? Simpulannya: (1) pendidikan sekolah hanya ada dlm masy bernegara, (2) pendidikan sekolah membentuk orientasi universal yg mendorong murid untuk memperhatikan hal-hal di luar kebudayaan sendiri, (3) pendidikan sekolah yg memang biasanya diatur oleh negara mrpk alat kuat untuk membentuk identitas nasional dan orientasi ke kebudayaan nasional. Antropologi Pendidikan sbg disiplin ilmu Terjadi pada pertengahan abad 20, ketika dilaksanakan Konferensi Antropologi Pendidikan yg berorientasi pada perubahan sosial di negara-negara yg baru merdeka, khususnya pendidikan sistem persekolahan (karya GD Splindler,1954) Konferensi memberi rekomendasi pada setiap pemerintahan untuk mendanai penelitian antroplogi pendidikan di sekolah. Penelitian Antropologi Pendidikan di Indonesia: David Radclife (1971) --> Pendidikan ala Ki Hajar Dewantara yg berkaitan dengan perubahan sosial Hildred Geertz (1983) ? orientasi pola pengasuhan anak pada keluarga jawa dlm konteks demokrasi Jane Belo (1986) ? Pola pembelajaran budaya wayang pd masy bali yg berorientasi tradisi lokal Bidang Garapan Antropologi Pendidikan: Inkulturasi, sosialisasi dan transmisi kebudayaan Studi tentang Cross cultural dan pola pengasuhan anak Pola pewarisan nilai-nilai sosial budaya Hubungan timbal balik antara pendidikan sekolah dengan perubahan sosial budaya Budaya belajar dlm upaya mengembangkan kehidupan PERKEMBANGAN ANTROPOLOGI Fase 1 : Sebelum 1800 --> Kedatangan orang Eropa di Asia- Afrika dan Amerika Fase 2 : Pertengahan Abad 19 --> Pengintegrasian semua bahan pengetahuan Fase 3 : Awal abad 20 --> Negara Penjajah di Eropa memantapkan kekuasaannya di daerah jajahannya Fase 4 : Sesudah tahun 1930 --> Antropologi Berkembang sangat luas Fase Pertama: Penduduk pribumi -Afrika-Asia-Amerika mendapat pengaruh negara eropa barat (misionaris) Etnografi --> menjadi perhatian org Eropa Muncul sikap kaum terpelajar Eropa yang bertentangan dgn penduduk pribumi 3 Sikap Kaum Terpelajar Eropa: Anggapan bahwa orang-orang tersebut sebenarnya bukan manusia sungguh-sungguh, melainkan manusia liar keturunan iblis (savage - primitive) Masy. Pribumi mrpk contoh masy. Yg masih murni blm mengenal kejahatan Keanehan bgs pribumi (adat-istiadat, benda kebudayaannya) dpt dimanfaatkan untuk percontohkan. Fase Kedua abad -19: 1860 --> lahir Antropologi ? mengklasifikasikan berbagai kebudayaan di dunia dlm berbagai tingkat evolusi Antropologi bersifat akademis ? Tujuannya "mempelajari masy dan kebudayaan primitif dgn maksud mendapat pengertian tentang tingkat-tingkat kuno dlm sejarah evolusi dan sejarah penyebaran kebudayaan manusia di muka bumi" Fase ketiga (Awal abad 20) Antropologi menjadi ilmu praktis Mempelajari masy dan kebudayaan suku-suku bgs di luar eropa untuk kepentingan pemerintah kolonial dan mendapat pengertian ttg masy modern yg kompleks Masy di luar Eropa blm sekompleks masy eropa Fase keempat (Sesudah Th 1930) Antropologi berkembang sangat luas, baik mengenai: > Ketelitian bahan pengetahuan, maupun > Ketajaman metode ilmiah Ada perubahan yang sangat mendasar, yaitu: > Timbul rasa antipati thd kolonialisme sesudah PD II > Hilangnya bangsa-bangsa primitif (bgs asli) Sasaran penelitian Antropologi th 1930 tidak lagi hanya suku-suku bgs primitif yang tinggal di benua-benua di luar eropa saja --> beralih ke suku-suku bgs di daerah pedesaan di eropa sendiri (seperti suku Soami, Flam, Lapp, Albania, Irlandia) dan penduduk di beberapa kota kecil di Amerika Serikat (seperti Middletown, Jonesville dll). Tujuan antropologi menjadi tujuan akademikal dan tujuan praktis. > Tujuan akademikal : mencapai pengertian tentang makhluk manusia pd umumnya dgn mempelajari aneka warna bentuk fisiknya, masy dan kebudayaanya > Tujuan praktisnya: mempelajari manusia dlm aneka warna masy suku bgs guna membangun masy suku bgs itu sendiri.