| www.unesa.ac.id | pdpt.unesa.ac.id

KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231

KAMPUS LIDAH WETAN
Jl. Lidah Wetan, Surabaya
info@unesa.ac.id

SAP-Perbandingan Sistem Administrasi Negara
FileName : SAP-Perbandingan Sistem Administrasi Negara.doc
FileType : application/msword
FileSize : 208 KB
Download



Plain Text Preview

KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Perbandingan Sistem Administrasi Negara / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424306 Pertemuan Ke : 1 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa memahami pendahuan dari Perbandingan Sistem Administrasi Negara (PSAN) B. Indikator Mahasiswa dapat : 1. Menjelaskan arti analisis kebijakan publik 2. Menjelaskan ruang lingkup analisis kebijakan publik 3. Menjelaskan tujuan analisis kebijakan publik 4. Menjelaskan karakteristik analisis kebijakan publik C. Materi Pengertian PSAN, Ruang lingkup PSAN, perkembangan PSAN, kebutuhan lahirnya PSAN, Tujuan PSAN. D. Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran langsung E. Langkah-Langkah Pembelajaran 1. Menjelaskan garis besar dan tujuan lingkup mata kuliah PSAN demikian rupa sehingga standard kompetensi tercapai 2. Menjelaskan ruang lingkup dan perlunya mata kuliah PSAN 3. menjelaskan materi 4. Mengadakan tanya jawab 5. Menugaskan mahasiswa untuk membaca materi berikutnya F. Media/Sumber Belajar 1. Laptop, LCD dan handout 2. Heady, Farrel. 2001. Public Administration A Comparative Perspective. Marcel Dekker inc. New York 3. Sukarna, 1983. Administrasi Negara Perbandingan 2. Alumni. Bandung 4. Kadarwati, Tri. 1988. Administrasi Negara Perbandingan. Karunika. Jakarta. G. Penilaian Non test dan tugas baca KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Perbandingan Sistem Administrasi Negara / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424306 Pertemuan Ke : 2 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu memahami pendekatan-pendekatan PSAN. B. Indikator Mahasiswa dapat : 1. Menjelaskan pendekatan falsafah. 2. Menjelaskan pendekatan politik. 3. Menjelaskan pendekatan sistem. 4. Menjelaskan pendekatan adminsitrasi dan konstitusi. C. Materi Pendekatan-pendekatan pada PSAN : pendekatan falsafah, pendekatan politik, pendekatan sistem, pendekatan administrasi dan konstitusi. D. Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran langsung E. Langkah-Langkah Pembelajaran 1. Review materi minggu sebelumnya 2. Menjelaskan materi 3. Mengadakan tanya jawab 4. Menugaskan mahasiswa untuk mencari deskripsi sistem administrasi negara dari berbagai negara berdasarkan pendekatan-pendekatan PSAN 5. Menugaskan mahasiswa untuk membaca materi berikutnya F. Media/Sumber Belajar 1. Laptop, LCD dan handout. 2. Heady, Farrel. 2001. Public Administration A Comparative Perspective. Marcel Dekker inc. New York 3. Sukarna, 1982. Administrasi Negara Perbandingan 2. Alumni. Bandung 4. Kadarwati, Tri. 1988. Administrasi Negara Perbandingan. Karunika. Jakarta. 5. Syafiie, Inu Kencana dan Andi Azikin. 2008. Perbandingan Pemerintahan. Refika Aditama. Bandung. G. Penilaian Non test, test tertulis dan tugas baca KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Perbandingan Sistem Administrasi Negara / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424306 Pertemuan Ke : 3 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa memahami hubungan PSAN dengan Administrasi Negara B. Indikator Mahasiswa dapat: 1. Menjelaskan sasaran PSAN 2. Menjelaskan pengertian sistem 3. Menjelaskan pengertian administrasi negara 4. Menjelaskan pengertian Sistem administrasi negara 5. Menjelaskan peranan sistem adminsitrasi negara 6. Menguraikan hal-hal yang dibandingkan pada PSAN 7. Menguraikan pokok bahasan PSAN C. Materi Sasaran PSAN, pengertian sistem, pengertian Administrasi Negara, Pengertian Sistem administrasi Negara, peranan Sistem Administrasi Negara, hal-hal yang dibandingkan pada PSAN, pokok perhatian PSAN D. Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran langsung E. Langkah-Langkah Pembelajaran 1. Review materi minggu sebelumnya 2. Menjelaskan materi 3. Mengadakan tanya jawab 4. Menugaskan mahasiswa untuk membaca materi berikutnya F. Media/Sumber Belajar 1. Laptop, LCD dan handout. 2. Heady, Farrel. 2001. Public Administration A Comparative Perspective. Marcel Dekker inc. New York 3. Kadarwati, Tri. 1988. Administrasi Negara Perbandingan. Karunika. Jakarta. G. Penilaian Non test dan tugas baca KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Perbandingan Sistem Administrasi Negara / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424306 Pertemuan Ke : 4 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa memahami hubungan PSAN dengan Perbandingan Ilmu Politik B. Indikator Mahasiswa dapat: 1. Menguraikan relevansi ilmu sejarah dengan perbandingan ilmu politik. 2. Menguraikan relevansi ilmu sejarah dengan PSAN. 3. Menguraikan relevansi perbandingan ilmu politik dengan PSAN C. Materi Relevansi Ilmu Sejarah dengan Perbandingan Ilmu Politik, relevansi Ilmu Sejarah dengan PSAN, relevansi Perbandingan Ilmu Politik dengan PSAN D. Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran langsung E. Langkah-Langkah Pembelajaran 1. Review materi minggu sebelumnya 2. Menjelaskan materi 3. Mengadakaa tanya jawab 4. Menugaskan mahasiswa untuk membaca materi berikutnya F. Media/Sumber Belajar 1. Laptop, LCD dan handout 2. Heady, Farrel. 2001. Public Administration A Comparative Perspective. Marcel Dekker inc. New York 3. Kadarwati, Tri. 1988. Administrasi Negara Perbandingan. Karunika. Jakarta 4. Siagian, Sondang P. 2008. Filsafat Administrasi. Bumi Aksara. Jakarta. G. Penilaian Non test dan tugas baca KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Perbandingan Sistem Administrasi Negara / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424306 Pertemuan Ke : 5 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa memahami birokrasi sebagai subjek analisis PSAN B. Indikator Mahasiswa dapat: 1. Menjelaskan pengertian birokrasi 2. Menguraikan tipe-tipe ideal birokrasi. 3. Menguraikan kecenderungan dalam birokrasi. C. Materi Pengertian birokrasi, tipe-tipe ideal birokrasi, kecenderungan dalam birokrasi D. Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran langsung E. Langkah-Langkah Pembelajaran 1. Review materi minggu sebelumnya 2. Menjelaskan materi 3. Mengadakan tanya jawab 4. Menugaskan mahasiswa untuk membaca materi berikutnya F. Media/Sumber Belajar 1. Laptop, LCD dan handout. 2. Heady, Farrel. 2001. Public Administration A Comparative Perspective. Marcel Dekker inc. New York 3. Kadarwati, Tri. 1988. Administrasi Negara Perbandingan. Karunika. Jakarta 4. Albrow, Martin. 2007. Birokrasi. Tiara Wacana. Yogyakarta G. Penilaian Non test dan tugas baca KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Perbandingan Sistem Administrasi Negara / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424306 Pertemuan Ke : 6 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu memahami metodologi perbandingan B. Indikator Mahasiswa dapat: 1. Menjelaskan metode tradisional PSAN 2. Menguraikan pergeseran ke arah pola metodologi modern : normatif menuju empiris, ideografis menuju nomotetis dan non ekologis menuju ekologis C. Materi Metodologi tradisional PSAN, pergeseran-pergeseran pola pendekatan ke arah pola metodologi modern : normatif menuju empiris, ideografis menuju nomotetis dan non ekologis menuju ekologis. D. Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran langsung E. Langkah-Langkah Pembelajaran 1. Review materi minggu sebelumnya 2. Menjelaskan materi 3. Mengadakan tanya jawab 4. Menugaskan mahasiswa untuk membaca materi berikutnya F. Media/Sumber Belajar 1. Laptop, LCD dan handout 2. Heady, Farrel. 2001. Public Administration A Comparative Perspective. Marcel Dekker inc. New York 3. Kadarwati, Tri. 1988. Administrasi Negara Perbandingan. Karunika. Jakarta. 4. Rigss, Fred W. 1988. Administrasi Negara-Negara Berkembang Teori Masyarakat Prismatis. Rajawali Pers. Jakarta G. Penilaian Non test dan tugas baca KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Perbandingan Sistem Administrasi Negara / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424306 Pertemuan Ke : 7 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu memahami metodologi perbandingan B. Indikator Mahasiswa dapat: 1. Menjelaskan metodologi modern pada PSAN melalui pendekatan perilaku dan pendekatan silang budaya C. Materi Metodologi modern PSAN dengan pendekatan perilaku dan pendekatan silang budaya D. Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran langsung E. Langkah-Langkah Pembelajaran 1. Review materi minggu sebelumnya 2. Menjelaskan materi 3. Mengadakan tanya jawab 4. Menugaskan mahasiswa untuk membaca materi berikutnya F. Media/Sumber Belajar 1. Laptop, LCD dan handout 2. Heady, Farrel. 2001. Public Administration A Comparative Perspective. Marcel Dekker inc. New York 3. Kadarwati, Tri. 1988. Administrasi Negara Perbandingan. Karunika. Jakarta. 4. Rigss, Fred W. 1988. Administrasi Negara-Negara Berkembang Teori Masyarakat Prismatis. Rajawali Pers. Jakarta G. Penilaian Non test dan tugas baca untuk Ujian tengah Semester KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Perbandingan Sistem Administrasi Negara / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424306 Pertemuan Ke : 8 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan Ujian Tengah Semester berdasarkan materi yang telah disampaikan sebelumnya. B. Indikator Mampu menjawab pertanyaan Ujian Tengah Semester dari materi yang sudah diberikan C. Materi 1. Pendahuan dari Perbandingan Sistem Administrasi Negara (PSAN) 2. Pendekatan-pendekatan PSAN. 3. Hubungan PSAN dengan Administrasi Negara 4. Hubungan PSAN dengan Perbandingan Ilmu Politik 5. Birokrasi sebagai subjek analisis PSAN 6. Metodologi perbandingan D. Pendekatan/Model/Metode Paper and pencil test E. Langkah-Langkah Pembelajaran 1. Menjelaskan tata tertib dalam mengikuti Ujian Tengah Semester 2. Membagi soal untuk dijawab mahasiswa dengan waktu yang sudah ditentukan. 3. Mengawasi jalannya Ujian Tengah Semester F. Media/Sumber Belajar 1. Lembar soal dan lembar jawaban G. Penilaian Jawaban Ujian Tengah Semester KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Perbandingan Sistem Administrasi Negara / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424306 Pertemuan Ke : 9 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Perbandingan Sistem Administrasi Negara / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424306 Pertemuan Ke : 10 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Perbandingan Sistem Administrasi Negara / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424306 Pertemuan Ke : 11 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Perbandingan Sistem Administrasi Negara / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424306 Pertemuan Ke : 12 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Perbandingan Sistem Administrasi Negara / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424306 Pertemuan Ke : 13 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Perbandingan Sistem Administrasi Negara / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424306 Pertemuan Ke : 14 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Perbandingan Sistem Administrasi Negara / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424306 Pertemuan Ke : 15 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Perbandingan Sistem Administrasi Negara / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424306 Pertemuan Ke : 16 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ......