| www.unesa.ac.id | pdpt.unesa.ac.id

KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231

KAMPUS LIDAH WETAN
Jl. Lidah Wetan, Surabaya
info@unesa.ac.id

SAP-Administrasi Perkantoran
FileName : SAP-Administrasi Perkantoran.doc
FileType : application/msword
FileSize : 204.5 KB
Download



Plain Text Preview

KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424309 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Administrasi Perkantoran / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424309 Pertemuan Ke : 1 Alokasi Waktu : Standar Kompetensi : Mata Kuliah ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa dalam memahami pengertian administrasi perkantoran, ruang lingkup dan tujuan administrasi perkantoran, kegiatan dalam kantor, prosedur perkantoran, membuat tata ruang, memerinci tta usaha perlengkapan kantor, tata usaha kearsipan serta membuat tata persuratan dinas dan non dinas Kompetensi Dasar : Mahasiswa mampu memahami administrasi perkantoran Indikator : Mendeskripsikan administrasi perkantoran ditinjau dari segi ontologi, epstomologi dan aksiologi I. Tujuan Pembelajaran : 1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian dan ruang lingkup serta materi administrasi perkantoran 2. Mahasiswa dapat menjelaskan kerangka berpikir dan metode dalam administrasi perkantoran 3. Mahasiswa dapat menjelaskan tujuan administrasi perkantoran II. Materi Pembelajaran : Administrasi Perkantoran sebagai ilmu pengetahuan : 1. Pengertian administrasi perkantoran 2. Ruang lingkup administrasi perkantoran 3. Materi administrasi perkantoran 4. Kerangka berpikir administrasi perkantoran 5. Metode administrasi perkantoran 6. Tujuan administrasi perkantoran III. Metode Pembelajaran : Pembelajaran langsung IV. Langkah-Langkah Pembelajaran : A. Kegiatan Awal : Memotivasi mahasiswa dengan menyampaikan kegunaan mempelajari administrasi perkantoran B. Kegiatan Inti : 1. Menjelaskan administrasi perkantoran ditinjau dari ontologi yaitu pengertian, ruang lingkup dan materi administrasi perkantoran 2. Menjelaskan administrasi perkantoran ditinjau dari epistomologi yaitu kerangka berpikir dan metode dalam administrasi perkantoran 3. Menjelaskan administrasi perkantoran ditinjau dari aksiologi yaitu tujuan dari administrasi perkantoran C. Kegiatan Akhir : Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa kemudian memberi jawaban atas pertanyaan mahasiswa serta memberi tugas baca untuk materi selanjutnya V. Alat/Bahan/Sumber : LCD dan Laptop sera Hand Out Komaruddin. 1993. Manajemen Kantor, Teori dan Praktek, Trigenda Karya, Bandung Moekijat.1997. Administrasi Perkantoran, Mandar Maju, Bandung Suparjati.1999. tata Usaha dan Kearsipan, Kanisius, Yogyakarta VI. Penilaian : Non test dan tugas baca KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424309 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Administrasi Perkantoran / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424309 Pertemuan Ke : 2 Alokasi Waktu : Standar Kompetensi : Mata Kuliah ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa dalam memahami pengertian administrasi perkantoran, ruang lingkup dan tujuan administrasi perkantoran, kegiatan dalam kantor, prosedur perkantoran, membuat tata ruang, memerinci tta usaha perlengkapan kantor, tata usaha kearsipan serta membuat tata persuratan dinas dan non dinas Kompetensi Dasar : Mahasiswa mampu memahami kegiatan dalam kantor Indikator : 1. Mengidentifikasi kegiatan kantor 2. Mendeskripsikan arti pekerjaan kantor 3. Menguraikan tentang tata usaha I. Tujuan Pembelajaran :1. Mahasiswa dapat menguraikan macam-macam kegiatan kantor berdasarkan beberapa pendapat para ahli 2. Mahasiswa dapat menjelaskan tujuan kantor 3. Mahasiswa dapat menjelaskan fungsi kantor 4. Mahasiswa dapat menjelaskan peranan tata usaha 5. Mahasiswa dapat menguraikan ciri-ciri tata usaha II. Materi Pembelajaran : Kagiatan dalam kantor : 1. Macam-macam kegiatan kantor 2. Arti pekerjaan kantor 3. Tujuan kantor 4. Fungsi kantor 5. Peranan tata usaha 6. Ciri-ciri tata usaha III. Metode Pembelajaran : Pembelajaran langsung IV. Langkah-Langkah Pembelajaran : A. Kegiatan Awal : Mengulang secara ringkas materi minggu sebelumnya dan memotivasi mahasiswa melalui tanya jawab tentang kegiatan kantor B. Kegiatan Inti : 1. Menjelaskan macam-macam kegiatan kantor berdasar beberapa pendapat para ahli. 2. Melakukan tanya jawab dengan mahasiswa tentang kegiatan kantor yang utama dan kegiatan kantor tambahan 3. Mengeksploitasi pengetahuan mahasiswa tentang arti pekerjaan kantor, tujuan dan fungsi dari kantor 4. Menjelaskan peranan tata usaha dan ciri-ciri tata usaha 5. Mengeksploitasi pengetahuan mahasiswa tentang pengertian dan macam-macam warkat 6. Membahas jawaban dari mahasiswa C. Kegiatan Akhir : 1. Memberi kesempatan bertanya pada mahasiswa 2. Memberi jawaban atas pertanyaam mahasiswa 3. Memberi tugas baca untuk materi selanjutnya V. Alat/Bahan/Sumber : LCD dan Laptop sera Hand Out Komaruddin. 1993. Manajemen Kantor, Teori dan Praktek, Trigenda Karya, Bandung Moekijat.1997. Administrasi Perkantoran, Mandar Maju, Bandung Suparjati.1999. tata Usaha dan Kearsipan, Kanisius, Yogyakarta VI. Penilaian : Non test dan tugas baca Pertanyaan : 1. Bedakan kegiatan kantor yang utama dan kegiatan kantor tambahan ! 2. Jelaskan tentang pengertian warkat serta jelaskan macam-macam warkat ! 3. Adakah perbedaan dan persamaan antara kantor dengan bengkel ! PEDOMAN OBSERVASI Data ini untuk mencatat kualitas proses partisipasi Arti angka-angka : 5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang. NO NAMA SISWA SKOR Keaktifan Bertanya Keaktifan Menjawab Memberi Saran Sikap Rata-rata 1. 2. 3. 4. 5. Jumlah Skor KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424309 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Administrasi Perkantoran / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424309 Pertemuan Ke : 3 Alokasi Waktu : Kompetensi Dasar : Mahasiswa mampu memahami prosedur administrasi perkantoran Indikator : 1. Mendeskripsikan prosedur perkantoran 2. Menganalisis aspek-aspek administrasi perkantoran I. Tujuan Pembelajaran : 1. Mahasiswa dapat menjelaskan prosedur perkantoran 2. Mahasiswa dapat menjelaskan pentingnya prosedur perkantoran 3. Mahasiswa dapat menjelaskan tujuan prosedur perkantoran 4. Mahasiswa dapat menguraikan prinsip prosedur perkantoran 5. Mahasiswa dapat menganalisis aspek dalam administrasi perkantoran II. Materi Pembelajaran : Prosedur kantor 1. Pengertian prosedur perkantoran 2. Pentingnya prosedur perkantoran 3. Tujuan prosedur perkantoran 4. Prinsip prosedur perkantoran 5. Aspek dalam administrasi perkantoran III. Metode Pembelajaran : Pembelajaran langsung IV. Langkah-Langkah Pembelajaran : A. Kegiatan Awal : Mengulang materi sebelumnya dengan memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa apabila ada yang belum mengerti dan memotivasi mahasiswa untuk mempelajari prosedur asministrasi perkantoran B. Kegiatan Inti : 1. Menjelaskan pengertian prosedur perkantoran 2. Menjelaskan pentingnya prosedur perkantoran dalam suatu kantor. 3. Menjelaskan tujuan prosedur perkantoran 4. Melakukan tanya jawab tentang prinsip prosedur perkantoran 5. Mengajak berdiskusi tentang aspek-aspek dalam administrasi perekantoran C. Kegiatan Akhir : 1. Memberi kesempatan bertanya pada mahasiswa. 2. Memberikan jawaban atas pertanyaan mahasiswa 3. Memberi tugas baca untuk materi selanjutnya V. Alat/Bahan/Sumber : LCD dan Laptop Komaruddin. 1993. Manajemen Kantor, Teori dan Praktek, Trigenda Karya, Bandung Moekijat.1997. Administrasi Perkantoran, Mandar Maju, Bandung Suparjati.1999. tata Usaha dan Kearsipan, Kanisius, Yogyakarta VI. Penilaian : Non test dan tugas baca Pertanyaan : Kenyataan yang ada prosedur diartikan menghambat penyelesaian kantor. Bagaimana tanggapan saudara bahwa dalam suatu kantor penting adanya prosedur kantor, padahal kemnyataan yang adaselama ini prosedur justru menghambat penyelesaian kantor ! KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424309 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Administrasi Perkantoran / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424309 Pertemuan Ke : 4 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424309 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Administrasi Perkantoran / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424309 Pertemuan Ke : 5 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424309 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Administrasi Perkantoran / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424309 Pertemuan Ke : 6 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424309 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Administrasi Perkantoran / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424309 Pertemuan Ke : 7 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424309 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Administrasi Perkantoran / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424309 Pertemuan Ke : 8 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424309 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Administrasi Perkantoran / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424309 Pertemuan Ke : 9 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424309 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Administrasi Perkantoran / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424309 Pertemuan Ke : 10 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424309 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Administrasi Perkantoran / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424309 Pertemuan Ke : 11 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424309 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Administrasi Perkantoran / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424309 Pertemuan Ke : 12 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424309 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Administrasi Perkantoran / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424309 Pertemuan Ke : 13 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424309 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Administrasi Perkantoran / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424309 Pertemuan Ke : 14 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424309 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Administrasi Perkantoran / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424309 Pertemuan Ke : 15 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424309 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Administrasi Perkantoran / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424309 Pertemuan Ke : 16 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ......