| www.unesa.ac.id | pdpt.unesa.ac.id

KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231

KAMPUS LIDAH WETAN
Jl. Lidah Wetan, Surabaya
info@unesa.ac.id

SAP-Penataan Sanggul Tradisional
FileName : SAP-Penataan Sanggul Tradisional.doc
FileType : application/msword
FileSize : 228 KB
Download



Plain Text Preview

KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-63424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Tata Rias Mata Kuliah/ SKS : Penataan Sanggul Tradisional / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 63424306 Pertemuan Ke : 1 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mengenal perkembangan sanggul Tradisional Indonesia B. Indikator 1. Mengidentifikasi dan menganalisa perkem bangan sanggul tradisional di Indonesia 2. Mengidentifikasi berbagai macam sanggul tradsional Indonesia C. Materi Perkembangan Sanggul Tradisional Indonesia Perkembangan Sanggul Tradisional Indonesia D. Pendekatan/Model/Metode 1. Model Pembelajaran : Model Pembelajaran Langsung (MPL) 2. Metode Pembelajaran : Ceramah, Penugasan. E. Langkah-Langkah Pembelajaran F. Media/Sumber Belajar Power point dan hand out G. Penilaian Kognitif KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-63424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Tata Rias Mata Kuliah/ SKS : Penataan Sanggul Tradisional / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 63424306 Pertemuan Ke : 2 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mengenal berbagai macam alat, bahan, acessories sanggul tradisional Indonesia B. Indikator Mengidentifikasi berbagai alat, bahan serta accessories yang digunakan untuk sanggul tradisional Indonesia C. Materi Pengenalan alat, bahan dan acessories D. Pendekatan/Model/Metode 1. Model Pembelajaran : Model Pembelajaran Langsung (MPL) 2. Metode Pembelajaran : Ceramah, Penugasan. E. Langkah-Langkah Pembelajaran F. Media/Sumber Belajar Power point dan hand out G. Penilaian Kognitif KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-63424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Tata Rias Mata Kuliah/ SKS : Penataan Sanggul Tradisional / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 63424306 Pertemuan Ke : 3 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Membuat Sanggul Tradisional di Pulau Jawa B. Indikator Mampu membuat dan menata sanggul dari Pulau Jawa: 1. Membuat sanggul Yogya, Ukel Tekuk 2. Menata rambut (membuat sunggaran) sanggul Yogya C. Materi Sanggul Tradisional Pulau Jawa D. Pendekatan/Model/Metode 1. Model Pembelajaran : Model Pembelajaran Langsung (MPL) 2. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demonstrasi, Penugasan. E. Langkah-Langkah Pembelajaran F. Media/Sumber Belajar Power point dan Handout G. Penilaian Kognitif dan Psikomotor (Rubrik Kerja) KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-63424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Tata Rias Mata Kuliah/ SKS : Penataan Sanggul Tradisional / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 63424306 Pertemuan Ke : 4 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Membuat Sanggul Tradisional di Pulau Jawa B. Indikator Mampu membuat dan menata sanggul dari Pulau Jawa: 1. Membuat sanggul Solo, Ukel Konde 2. Menata rambut (membuat sunggaran) sanggul Solo Ukel Konde C. Materi Sanggul Tradisional Pulau Jawa D. Pendekatan/Model/Metode 1. Model Pembelajaran : Model Pembelajaran Langsung (MPL) 2. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demonstrasi, Penugasan. E. Langkah-Langkah Pembelajaran F. Media/Sumber Belajar Power point dan Handout G. Penilaian Kognitif dan Psikomotor (Rubrik Kerja) KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-63424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Tata Rias Mata Kuliah/ SKS : Penataan Sanggul Tradisional / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 63424306 Pertemuan Ke : 5 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Membuat Sanggul Tradisional di Pulau Jawa B. Indikator Mampu membuat dan menata sanggul dari Pulau Jawa: 1. Membuat sanggul Jawa Barat dan Banten, Sanggul Ciwidey dan Nyimas Gamparan 2. Menata rambut (membuat sunggaran) sanggul Jawa Barat dan Sanggul Banten, Sanggul Ciwidey dan Nyimas Gamparan C. Materi Sanggul Tradisional Pulau Jawa D. Pendekatan/Model/Metode 1. Model Pembelajaran : Model Pembelajaran Langsung (MPL) 2. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demonstrasi, Penugasan. E. Langkah-Langkah Pembelajaran F. Media/Sumber Belajar Power point dan Handout G. Penilaian Kognitif dan Psikomotor (Rubrik Kerja) KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-63424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Tata Rias Mata Kuliah/ SKS : Penataan Sanggul Tradisional / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 63424306 Pertemuan Ke : 6 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Membuat Sanggul Tradisional di Pulau Jawa B. Indikator Mampu membuat dan menata sanggul dari Pulau Jawa: 1. Membuat sanggul Jawa Timur (Madura) dan DKI Jakarta (Cepol 2. Menata rambut (membuat sunggaran) sanggul Jawa Timur (Madura) dan Sanggul DKI Jakarta (Cepol) C. Materi Sanggul Tradisional Pulau Jawa D. Pendekatan/Model/Metode 1. Model Pembelajaran : Model Pembelajaran Langsung (MPL) 2. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demonstrasi, Penugasan. E. Langkah-Langkah Pembelajaran F. Media/Sumber Belajar Power point dan Handout G. Penilaian Kognitif dan Psikomotor (Rubrik Kerja) KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-63424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Tata Rias Mata Kuliah/ SKS : Penataan Sanggul Tradisional / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 63424306 Pertemuan Ke : 7 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Membuat Sanggul Tradisional di Pulau Sumatera B. Indikator Mampu membuat dan menata sanggul dari Pulau Sumatera: 1. Membuat sanggul Aceh (Sempol Gampang Kemang), Sanggul Sum-Ut (Timpus) 2. Menata rambut sanggul Aceh (Sempol Gampang Kemang), Sanggul Sumatera Utara (Timpus C. Materi Sanggul Tradisional Pulau Sumatera D. Pendekatan/Model/Metode 1. Model Pembelajaran : Model Pembelajaran Langsung (MPL) 2. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demonstrasi, Penugasan. E. Langkah-Langkah Pembelajaran F. Media/Sumber Belajar Power point dan Handout G. Penilaian Kognitif dan Psikomotor (Rubrik Kerja) KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-63424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Tata Rias Mata Kuliah/ SKS : Penataan Sanggul Tradisional / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 63424306 Pertemuan Ke : 8 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Pemahaman Materi sebelumnya B. Indikator Mampu menjawab semua pertanyaan dengan benar C. Materi Materi Terdahulu. D. Pendekatan/Model/Metode 1. Model Pembelajaran : Model Pembelajaran Langsung (MPL) 2. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demonstrasi, Penugasan. E. Langkah-Langkah Pembelajaran Handout dan Power Point F. Media/Sumber Belajar G. Penilaian Kognitif dan Psikomotor (Rubrik Kerja) KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-63424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Tata Rias Mata Kuliah/ SKS : Penataan Sanggul Tradisional / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 63424306 Pertemuan Ke : 9 Alokasi Waktu : H. Kompetensi Membuat Sanggul Tradisional di Pulau Sumatera I. Indikator Mampu membuat dan menata sanggul dari Pulau Sumatera: 1. Membuat Sanggul Sum-Bar (Lipek Pandan), Sanggul Bengkulu (Sanggul Sikek), dan Sanggul Riau (Siput Ekor Kera) 2. Menata rambut sanggul Sum-Bar (Lipek Pandan), Sanggul Bengkulu (Sanggul Sikek), dan Sanggul Riau (Siput Ekor Kera) J. Materi Sanggul Tradisional Pulau Sumatera K. Pendekatan/Model/Metode 3. Model Pembelajaran : Model Pembelajaran Langsung (MPL) 4. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demonstrasi, Penugasan. L. Langkah-Langkah Pembelajaran M. Media/Sumber Belajar Power point dan Handout N. Penilaian Kognitif dan Psikomotor (Rubrik Kerja) KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-63424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Tata Rias Mata Kuliah/ SKS : Penataan Sanggul Tradisional / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 63424306 Pertemuan Ke : 10 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Membuat Sanggul Tradisional di Pulau Sumatera B. Indikator Mampu membuat dan menata sanggul dari Pulau Sumatera: 1. Membuat Sanggul Sumatera Selatan (Gelung Malang), dan Lampung (Belatung Gelang) 2. Menata rambut sanggul Sumatera Selatan (Gelung Malang), dan Lampung (Belatung Gelang) C. Materi Sanggul Tradisional Pulau Sumatera D. Pendekatan/Model/Metode 1. Model Pembelajaran : Model Pembelajaran Langsung (MPL) 2. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demonstrasi, Penugasan. E. Langkah-Langkah Pembelajaran F. Media/Sumber Belajar Power point dan Handout G. Penilaian Kognitif dan Psikomotor (Rubrik Kerja) KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-63424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Tata Rias Mata Kuliah/ SKS : Penataan Sanggul Tradisional / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 63424306 Pertemuan Ke : 11 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Membuat Sanggul Tradisional di Pulau Sulawesi dan Bali B. Indikator Mampu membuat dan menata sanggul dari Pulau Sulawesi dan Bali: 1. Membuat Sanggul Sul-Ut (Pingkan), Sul-Teng/Toli-Toli (Pungut Tetembu), dan Sul-Tra/Kendari (Timu Tinambe) 2. Menata rambut sanggul Sul-Ut (Pingkan), Sul-Teng/Toli-Toli (Pungut Tetembu), dan Sul-Tra/Kendari (Timu Tinambe) C. Materi Sanggul Tradisional Pulau Sulawesi dan Bali D. Pendekatan/Model/Metode 1. Model Pembelajaran : Model Pembelajaran Langsung (MPL) 2. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demonstrasi, Penugasan. E. Langkah-Langkah Pembelajaran F. Media/Sumber Belajar Power point dan Handout G. Penilaian Kognitif dan Psikomotor (Rubrik Kerja) KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-63424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Tata Rias Mata Kuliah/ SKS : Penataan Sanggul Tradisional / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 63424306 Pertemuan Ke : 12 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Membuat Sanggul Tradisional di Pulau Sulawesi dan Bali B. Indikator Mampu membuat dan menata sanggul dari Pulau Sulawesi dan Bali: 1. Membuat Sanggul dari Sul-Sel (Simpolong Tattong), dan Sanggul Bali (Pusung Tagel) 2. Menata rambut sanggul dari Sul-Sel (Simpolong Tattong), dan Sanggul Bali (Pusung Tagel C. Materi Sanggul Tradisional Pulau Sulawesi dan Bali D. Pendekatan/Model/Metode 1. Model Pembelajaran : Model Pembelajaran Langsung (MPL) 2. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demonstrasi, Penugasan. E. Langkah-Langkah Pembelajaran F. Media/Sumber Belajar Power point dan Handout G. Penilaian Kognitif dan Psikomotor (Rubrik Kerja) KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-63424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Tata Rias Mata Kuliah/ SKS : Penataan Sanggul Tradisional / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 63424306 Pertemuan Ke : 13 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Membuat Sanggul Tradisional di Pulau Kalimantan B. Indikator Mampu membuat dan menata sanggul dari Pulau Kalimantan: 1. Membuat Sanggul dari Kal-Tim (Gelong Tali Kuantan), dan Kal-Sel (Sanggul Rangkap) 2. Menata rambut sanggul dari Kal-Tim (Gelong Tali Kuantan), dan Kal-Sel (Sanggul Rangkap) C. Materi Sanggul Tradisional Pulau Kalimantan D. Pendekatan/Model/Metode 1. Model Pembelajaran : Model Pembelajaran Langsung (MPL) 2. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demonstrasi, Penugasan. E. Langkah-Langkah Pembelajaran A.Pendahuluan No. Kegiatan Penialian oleh pengamat 1 2 3 4 1. 2. Memotivasi siswa dengan menayangkan gambar-gambar Sanggul Tradisional Kalmantan, memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan sanggul tradisional Kalimantan melalui bantuan media benda asli dan power point. (fase 1 MPL) Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan yang meliputi pengertian sanggul tradisional Kalimantan. (fase 1) B. Inti No. Kegiatan Penilaian oleh pengamat 1 2 3 4 1 2 3 1 2 3 1 2 3 Mendeskripsikan Sanggul Traduisional Kalimantan (fase 2 MPL) Mengidentifikasikan sanggul Tradisional Kalimantan. (fase 2 MPL) Mengidentifikasikan masalah-masalah penataan sanggul tradisional. (fase 2 MPL) Mendemonstrasikan cara mengidentifikasi Sanggul Kalimantan. (fase 2 MPL) Membimbing siswa satu persatu dalam mengidentifikasi sangul Kalimantan. (fase 3 MPL) Mengecek pemahaman siswa satu persatu dalam mengidentifikasi sanggul Tradisional Kalimantan. (fase 4 MPL) Mendemonstrasikan cara membentuk sanggul Kalimantan. (fase 2 MPL) Membimbing siswa satu persatu dalam membentuk sanggul. (fase 3 MPL) Mengecek pemahaman siswa satu persatu dalam membuat sanggul.. (fase 4 MPL). Pengayaan Materi Guru memberikan latihan lanjutan dengan memberikan tugas membuka web untuk mendapatkan pemahaman sanggul Kalimantan lebih lanjut. C. Penutup No. Kegiatan Penilaian oleh pengamat 1 2 3 4 1 Bersama siswa merangkum pelajaran dengan cara menjelaskan teknik membentuk sanggul.. 2 Menginformasikan materi pada pertemuan berikut tentang sanggul di pulai Kalimantan daerah lainnya. F. Media/Sumber Belajar Power point dan Handout G. Penilaian Kognitif dan Psikomotor (Rubrik Kerja) KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-63424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Tata Rias Mata Kuliah/ SKS : Penataan Sanggul Tradisional / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 63424306 Pertemuan Ke : 14 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Membuat Sanggul Tradisional di Pulau Kalimantan B. Indikator Mampu membuat dan menata sanggul dari Pulau Kalimantan: 1. Membuat Sanggul dari Kal-Teng/Dayak (Jambul Lipet), dan Kal-Bar/Ketapang (Sanggul Dendeng) 2. Menata rambut sanggul dari Kal-Teng/Dayak (Jambul Lipet), dan Kal-Bar/Ketapang (Sanggul Dendeng) C. Materi Sanggul Tradisional Pulau Kalimantan D. Pendekatan/Model/Metode 1. Model Pembelajaran : Model Pembelajaran Langsung (MPL) 2. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demonstrasi, Penugasan. E. Langkah-Langkah Pembelajaran F. Media/Sumber Belajar Power point dan Handout G. Penilaian Kognitif dan Psikomotor (Rubrik Kerja) KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-63424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Tata Rias Mata Kuliah/ SKS : Penataan Sanggul Tradisional / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 63424306 Pertemuan Ke : 15 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Membuat Sanggul Tradisional di Indonesia Timur B. Indikator Mampu membuat dan menata sanggul dari Indonesia Timur: 1. Membuat Sanggul dari NTB (Samuu Mbanta), NTT/Sika (Sanggul Lenggeng), dan Maluku Utara (sanggul Ekor Burung) 2. Menata rambut sanggul dari NTB (Samuu Mbanta), NTT/Sika (Sanggul Lenggeng), dan Maluku Utara (sanggul Ekor Burung) C. Materi Sanggul Tradisional NTB, NTT, dan Maluku Utara D. Pendekatan/Model/Metode 1. Model Pembelajaran : Model Pembelajaran Langsung (MPL) 2. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demonstrasi, Penugasan. E. Langkah-Langkah Pembelajaran F. Media/Sumber Belajar Power point dan Handout G. Penilaian Kognitif dan Psikomotor (Rubrik Kerja) KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-63424306 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Tata Rias Mata Kuliah/ SKS : Penataan Sanggul Tradisional / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 63424306 Pertemuan Ke : 16 Alokasi Waktu : A. Kompetensi UAS B. Indikator C. Materi D. Pendekatan/Model/Metode . E. Langkah-Langkah Pembelajaran F. Media/Sumber Belajar Power point dan Handout G. Penilaian Kognitif dan Psikomotor (Rubrik Kerja)