| www.unesa.ac.id | pdpt.unesa.ac.id

KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231

KAMPUS LIDAH WETAN
Jl. Lidah Wetan, Surabaya
info@unesa.ac.id

Silabus GBRP-Pendidikan IPS SD
FileName : Silabus GBRP-Pendidikan IPS SD.doc
FileType : application/msword
FileSize : 148.5 KB
Download



Plain Text Preview

KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : GBRP-64324231 GARIS-GARIS BESAR RENCANA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/SKS : Pendidikan IPS SD / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 64324231 Prasyarat : Deskripsi Mata Kuliah : Buku Wajib : Pertemuan Ke Kompetensi Materi Kegiatan Pembelajaran Indikator Kompetensi Rujukan 1-2 Mendeskripsikan pengertian, tujuan, karakteristik, ruang lingkup, serta kedudukan ilmu-ilmu sosial dalam IPS Hakekat dan Paradigma Pembelajaran IPS SD 1. Brainstorming 2. Pemberian Informasi 3. Strategi bertanya (questioning) 4. Tanya jawab 5. Penugasan 1. Mahasiswa mampu mengkonstruk kembali pengertian pendidikan IPS 2. Mahasiswa mampu merumuskan tujuan pendidikan IPS 3. Mahasiswa mampu mengorganisasikan kembali ruang lingkup pendidikan IPS 4. Mahasiswa mampu menyimpulkan kedudukan ilmu-ilmu sosial dalam IPS 3 Mendeskripsikan struktur kurikulum IPS SD, standar kompetensi bahan kajian IPS SD, dimensi materi IPS yang meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap/nilai. 1. Struktur kurikulum mata pelajaran IPS SD 2. Standar kompetensi (standar isi) bahan kajian social 3. Dimensi pembelajaran IPS Pemberian Informasi; Diskusi; Tanya jawab; Penugasan 1. Mahasiswa mampu mengungkapkan kembali struktur kurikulum IPS SD 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi SK bahan kajian IPS SD 3. Mahasiswa mampu mengorganisasikan kembali SK dan KD mata pelajaran IPS SD 4. Mahasiswa mampu merumuskan dimensi-dimensi pengembangan materi IPS SD 4 Mencakup uraian tentang karakteristik metodologi pembelajaran IPS SD dengan memperkenalkan berbagai model, pendekatan, strategi, metode yang relevan dengan usia dan kebutuhan jenjang pendidikan dasar. 1. Karakteristik model pembelajaran IPS SD 2. Karakteristik pendekatan pembelajaran IPS SD 3. Karakteristik metode pembelajaran IPS SD 4. Karakteristik strategi dan teknik pembelajaran IPS SD 1. Pendekatan konsep 2. Strategi Bertanya 3. Tanya jawab 4. Penugasan 5. Investigasi kelompok 1. Mahasiswa mampu karakteristik metodologi pembelajaran IPS SD 2. Mahasiswa mampu membedakan antara model, pendekatan, metode, strategi dalam pembelajaran IPS 3. Mahasiswa mampu menunjukan contoh-contoh model, pendekatan, metode, strategi pembelajaran IPS di SD 4. Mahasiswa mampu merumuskan rasionalisasi dan implikasi penerapan metodologi pembelajaran IPS SD 5 Mencakup uraian tentang hakekat, karakteristik pendekatan konstruktistik, kedudukan siswa dan peran guru dalam pendekatan pembelajaran konstruktistik, serta prosedur dan fase-fase penerapan dalam pembelajaran IPS SD Landasan filosofis, teoritis dan praktis pendekatan konstruktivistik 1. Pendekatan konsep 2. Keterampilan proses 3. Tanya jawab 4. Presentasi 5. FGD 1. Mahasiswa mampu mengungkapkan hakekat pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran IPS SD 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi karakteristik pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran IPS SD. 3. Mahasiswa mampu merumuskan prosedur penerapan pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran IPS SD 4. Mahasiswa mampu menyimpulkan implikasi penerapan pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran IPS SD 6 Mencakup uraian tentang hakekat, karakteristik, komponen, kelebihan dan kelemahan pendekatan pembelajaran kontekstual di SD serta langkah-langkah dan implementasi pendekatan kontekstual dalam pembelajaran IPS SD Landasan filosofis, teoritis dan praktis pendekatan kontekstual 1. Pendekatan konsep 2. Keterampilan proses 3. Tanya jawab 4. presentasi 5. FGD 1. Mahasiswa mampu mengungkapkan hakekat pendekatan kontekstual dalam pembelajaran IPS SD 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi karakteristik pendekatan kontekstual dalam pembelajaran IPS SD. 3. Mahasiswa mampu merumuskan prosedur penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran IPS SD 4. Mahasiswa mampu menyimpulkan implikasi penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran IPS SD 7 Mencakup uraian tentang kemampuan proses dalam pembelajaran IPS SD yang terdiri dari kemampuan mengumpulkan informasi, kemampuan mengolah dan memanfaatkan informasi. Pengembangan kemampuan proses melalui inquiry, proses pemecahan masalah serta pengembangan dimensi keterampilan lainnya dalam pembelajaran IPS SD Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPS SD 1. Pendekatan konsep 2. Keterampilan proses 3. Presentasi 4. Tanya jawab 1. Mahasiswa mampu menjelaskan kembali rasionalisasi kemampuan proses dalam pembelajaran IPS SD 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi karakteristik kemampuan proses dalam pembelajaran IPS SD. 3. Mahasiswa mampu merumuskan prosedur penerapan pendekatan keterampilan/kemampuan proses dalam pembelajaran IPS SD 4. Mahasiswa mampu menyimpulkan implikasi penerapan kemampuan proses dalam pembelajaran IPS SD 8 Mencakup uraian tentang hakekat pengajaran nilai, pendekatan pendidikan nilai serta dimensi pengembangan nilai dan sikap dalam pembelajaran IPS SD Pengajaran/Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran IPS SD 1. Pendekatan konsep 2. Pendekatan induktif 3. Pendekatan klarifikasi nilai 4. Studi kasus 5. Tanya jawab 1. Mahasiswa mampu menjelaskan hakekat pengajaran/pendidikan nilai dalam pembelajaran IPS SD 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi pendekatan-pendekatan pengajaran nilai dalam pembelajaran IPS SD. 3. Mahasiswa mampu merumuskan prosedur penerapan pendekatan pengajaran nilai dalam pembelajaran IPS SD 4. Mahasiswa mampu menyimpulkan implikasi penerapan pendekatan pengajaran nilai dalam pembelajaran IPS SD 9 UTS 10 Mencakup uraian tentang karakteristik metodologi pembelajaran IPS SD dengan memperkenalkan berbagai model-model pembelajaran yang relevan dengan usia dan kebutuhan jenjang pendidikan dasar. Model-model pembelajaran IPS SD. Materi perkuliahan ini meliputi uraian tentang konsep, karakteristik, ciri-ciri, prinsip-prinsip serta aplikasinya dalam pembelajaran IPS SD diantaranya (1) model pembelajaran integrated learning; (2) model pembelajaran kooperatif; (2) Model Penelitian Sosial; (3) Model Penelitian Jurisprudential; (4) Model Problem Based Instruction (PBI); (5) Model Problem Based Learning (PBL); (6) Model Inquiry Training; (7) Model Group Inverstigation 1. Pendekatan konsep 2. Tanya jawab 3. Fokus Group Discussion 1. Mahasiswa mampu menyebutkan model-model pembelajaran IPS di SD 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi karakteristik masing-masing model-model dalam pembelajaran IPS SD. 3. Mahasiswa mampu merumuskan prosedur penerapan masing-masing model-model dalam pembelajaran IPS SD 4. Mahasiswa mampu menyimpulkan implikasi penerapan model-model dalam pembelajaran IPS SD 11 Mencakup uraian tentang berbagai sumber pembelajaran yang dapat digunakan dalam pengembangan pendidikan IPS meliputi sumber belajar cetak, elektronik, dan lingkungan baik lingkungan sosial, alam, maupun buatan serta upaya pemanfaatan dan pengembangan media pembelajaran IPS SD Media dan sumber pembelajaran IPS SD kelas awal 1. Ekspositori 2. Tanya jawab 3. Pendekatan konsep 4. Penugasan 1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi media dan sumber pembelajaran yang relevan dalam pembelajaran IPS SD 2. Mahasiswa mampu mengklasifikasikan berbagai sumber dan media pembelajaran dalam pembelajaran IPS SD 3. Mahasiswa mampu membedakan karakteristik media pembelajaran IPS SD 4. Mahasiswa mampu merumuskan prosedur pemanfaatan media dan sumber pembelajaran IPS SD kelas awal 5. Mahasiswa mampu menyimpulkan kedudukan dan peranan media dan sumber pembelajaran dalam pengembangan pembelajaran IPS SD kelas awal 12 Mencakup uraian tentang penerapan konsep dan prosedur penilaian IPS SD di kelas awal, yang meliputi: prinsip dasar penilaian, kaidah penulisan soal uraian, pengembangan soal tingkat kemampuan kognitif (hafalan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis dan evaluasi), langkah-langkah penyusunan tes, pengembangan indikator soal, pengukuran kemampuan berpikir kritis yang disesuaikan dengan usia dan tingkat kebutuhan peserta didik siswa SD 1. Prinsip-prinsip dasar penilaian IPS SD 2. Kaidah-kaidah penulisan soal uraian IPS SD 3. Langkah-langkah penyusunan tes dan indikator pengembangan soal 4. Prosedur penyusunan dan pengembangan soal-soal pengukuran kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah 1. Pendekatan konsep 2. Strategi Bertanya 3. Deduktif-induktif 4. Diskusi (FGD) 5. Tanya jawab 6. Penugasan 1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi prinsip-prinsip dasar penilaian pembelajaran IPS SD 2. Mahasiswa mampu merumuskan kaidah-kaidah penulisan soal uraian dalam pembelajaran IPS SD 3. Mahasiswa mampu mengidetifikasi langkah-langkah penyusunan tes dan indikator pengembangan soal 4. Mahasiswa mampu membuat soal-soal yang berorientasi pada pengukuran pengembangan tingkat kemampuan kognitif dan berpikir kritis yang disesuaikan dengan menentukan cakupan dan urutan bahan ajar IPS SD 13 Mencakup uraian tentang prinsip-prinsip umum, fungsi, prosedur, dan teknik penilaian (1) model penilaian berbasis kelas; (2) model penilaian portofolio; dan (3) model penilaian autentik dalam pembelajaran IPS SD 1. Model Penilaian Berbasis Kelas dalam pembelajaran IPS SD kelas awal 2. Model Penilaian Portofolio dalam pembelajaran IPS SD kelas awal 3. Model Penilaian Autentik dalam pembelajaran IPS SD kelas awal. 1. Pembelajaran kooperatif jenis jigsaw 2. Keterampilan proses 3. Keterampilan berpikir 4. Strategi bertanya (questioning) 1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi prinsip umum dan fungsi penerapan model penilaian berbasis kelas, model penilaian portofolio; dan model penilaian autentik dalam pembelajaran IPS SD kelas awal. 2. Mahasiswa mampu merumuskan langkah-langkah pengembangan model penilaian berbasis kelas, model penilaian portofolio; dan model penilaian autentik dalam pembelajaran IPS SD kelas awal. 3. Mahasiswa mampu menyimpulkan rasionalisasi peranan model penilaian berbasis kelas, model penilaian portofolio; dan model penilaian autentik dalam pembelajaran IPS SD kelas awal. 14 Mendeskripsikan sebaran tema-tema pembelajaran IPS SD pada kelas awal dan kelas lanjut Tema-tema Pembelajaran IPS SD 1. Pemberian Informasi 2. Strategi bertanya (questioning) 3. Tanya jawab 4. Penugasan 1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi sebaran tema pembelajaran IPS SD di kelas awal 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi sebaran tema pembelajaran IPS SD di kelas lanjut 3. Mahasiswa mampu merumuskan tujuan pendidikan IPS berdasarkan sebaran tema 4. Mahasiswa mampu mengorganisasikan sebaran tema ke dalam kompetensi pembelajaran IPS SD 15 Mendeskripsikan rasionaliasi pembelajaran multikultural, konsep dasar multikultural, arah dan tujuan pembelajaran multikultural, dan implikasi pembelajaran multikultural dalam pendidikan IPS di SD Hakekat dan Paradigma Pembelajaran IPS SD 1. Pemberian Informasi 2. Problem possing 3. Problem solving 4. Pendekatan konsep 5. Strategi bertanya (questioning) 6. Tanya jawab 1. Mahasiswa mampu mengemukakan kembali rasionalisasi pembelajaran multikultural 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep dasar yang melandasai pembelajaran multikultural 3. Mahasiswa mampu mengkonstruk arah dan tujuan pembelajaran multicultural 4. Mahasiswa mampu menyimpulkan implikasi pembelajaran multikultural dalam pendidikan IPS SD 16 Mereview keseluruhan materi perkuliahan mulai dari pertemuan awal sampai terakhir untuk memberikan pemahaman secara komprehensif perkuliahan Pendidikan IPS SD. Review Perkuliahan Pendidikan IPS SD 1. Brainstorming 2. Tanya jawab 3. Strategi bertanya (questioning) 4. Tanya jawab 1. Mahasiswa mampu mengemukakan kembali gagasan pokok tiap materi perkuliahan 2. Mahasiswa mampu konsep kunci pembelajaran pendidikan IPS SD 3. Mahasiswa mampu mengkonstruk kembali implikasi pembelajaran IPS terhadap siswa sekolah dasar 4. Mahasiswa mampu menyimpulkan orientasi pembelajaran IPS SD