| www.unesa.ac.id | pdpt.unesa.ac.id

KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231

KAMPUS LIDAH WETAN
Jl. Lidah Wetan, Surabaya
info@unesa.ac.id

SAP-Pendidikan IPS Kelas Awal
FileName : SAP-Pendidikan IPS Kelas Awal.doc
FileType : application/msword
FileSize : 450 KB
Download



Plain Text Preview

KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324314 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Pendidikan IPS Kelas Awal / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324314 Pertemuan Ke : 1-2 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mencakup uraian tentang struktur kurikulum dan standar kompetensi bahan kajian IPS SD kelas 1 s/d 3, dimensi dan jenis materi materi IPS yang meliputi pengetahuan (fakta, konsep, prinsip dan generalisasi), keterampilan dan sikap/nilai serta pembelajaran tematik yang berorientasi pada model pembelajaran kontekstual dengan penilaian berbasis polio. B. Indikator 1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi struktur kurikulum dan standar kompetensi bahan kajian IPS SD kelas awal 2. Mahasiswa mampu mengkonstruk dimensi dan jenis materi IPS 3. Mahasiswa mampu merumuskan dimensi pengetahuan, keterampilan dan sikap/nilai pembelajaran IPS 4. Mahasiswa mampu menyimpulkan pembelajaran tematik yang berorientasi pada model prinsip-prinsip pembelajaran kontekstual dengan penilaian berbasis polio C. Materi 1. Struktur kurikulum dan standar kompetensi bahan kajian IPS SD Kelas Awal 2. Dimensi pembelajaran dan jenis materi IPS 3. Prinsip-prinsip pembelajaran tematik D. Pendekatan/Model/Metode 1. Brainstorming 2. Pemberian Informasi 3. Strategi bertanya (questioning) 4. Tanya jawab 5. Penugasan E. Langkah-Langkah Pembelajaran Tahap Kegiatan: 1. Persiapan: a. Menyampaikan ucapan salam b. Menciptakan kondisi kelas c. Memperkenalkan diri dan berusaha mengenal mahasiswa d. Menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai e. Menjelaskan manfaat bahan pembelajaran f. Menggali pengalaman belajar dan pengetahuan awal berkenaan dengan lingkup materi yang akan dikaji g. Menyiapkan sarana yang diperlukan 2. Pelaksanaan/Penyajian a. Penyajian materi tentang struktur kurikulum, standar kompetensi bahan kajian IPS SD, dimensi pembelajaran dan jenis materi serta prinsip-prinsip pembelajaran tematik dalam bentuk paparan, tanya jawab, pengembangan strategi bertanya, memberikan penguatan dan membangun pemahaman melalui proses eksploratif, elaboratif, dan konfirmatorik. 3. Penutup a. Menyimpulkan materi yang dibahas b. Melakukan assesment dan penilaian hasil belajar c. Penjelasan tugas pengayaan yang harus dilaksanakan d. Menyampaikan ucapan salam perpisahan F. Media/Sumber Belajar Overhead projector; LCD Projector, Personal computer/laptop, White board, Hand-Out Jurnal dan buku-buku yang relevan G. Penilaian Instrumen Penilaian: 1. Sebutkan dan jelaskan apa saja standar kompetensi bahan kajian IPS SD! 2. Sebutkan dan jelaskan dimensi pembelajaran apa yang terkandung dalam IPS SD! 3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan fakta, konsep, prinsip dan prosedur? 4. Berikan contoh masing tiga jenis materi fakta, konsep, prinsip dan prosedur dalam pembelajaran IPS! 5. Kemukakan kembali apa saja prinsip pembelajaran tematik dan orientasi pengembangannya dalam pembelajaran di kelas awal? Tugas Pengayaan: Buatlah enam kelompok. Selanjutnya cari dokumen standar isi mata pelajaran IPS SD baik dari media offline maupun online. Kemudian identifikasilah dan analisis hal berikut ini: 1. Apa saja sebaran Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran IPS SD? 2. Berdasarkan pemikiran kelompok Anda, termasuk jenis materi yang termuat dalam setiap SK dan KD tersebut! Sertakan pula alasannya! 3. Klasifikasikan sebaran SK, KD, dan jenis materi tersebut dalam bentuk matrik! Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya! KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324314 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Pendidikan IPS Kelas Awal / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324314 Pertemuan Ke : 3 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mencakup uraian tentang keterampilan memilih dan mengembangkan bahan ajar yang meliputi prinsip-prinsip pemilihan dan pengembangan bahan ajar, langkah-langkah pemilihan dan pengembangan bahan ajar, penentuan cakupan dan urutan bahan ajar serta proses pemilihan materi bahan ajar (pokok bahasan IPS kelas awal) B. Indikator 1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi prinsip-prinsip pemilihan dan pengembangan bahan ajar 2. Mahasiswa mampu merumuskan langkah-langkah pemilihan dan pengembangan bahan ajar 3. Mahasiswa mampu menentukan cakupan dan urutan bahan ajar IPS SD 4. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan proses pemilihan dan pengembangan bahan ajar IPS SD 5. Mahasiswa mampu menyimpulkan prosedur pemilihan dan pengembangan bahan ajar (analisis bahan IPS SD) C. Materi 1. Prinsip-prinsip pemilihan dan pengembangan bahan ajar 2. Langkah-langkah pemilihan dan pengembangan bahan ajar 3. Cakupan dan urutan bahan ajar IPS SD 4. Proses pemilihan dan pemilihan bahan ajar IPSPengertian sejarah D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan konsep 2. Strategi Bertanya 3. Tanya jawab 4. Penugasan 5. Investigasi kelompok E. Langkah-Langkah Pembelajaran Tahap Kegiatan: 1. Persiapan: a. Menyampaikan ucapan salam b. Menciptakan kondisi kelas c. Memperkenalkan diri dan berusaha mengenal mahasiswa d. Menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai e. Menjelaskan manfaat bahan pembelajaran f. Menghubungkan bahan kajian dengan materi sebelumnya g. Menggali pengalaman belajar dan pengetahuan awal berkenaan dengan lingkup materi yang akan dikaji h. Menyiapkan sarana yang diperlukan 2. Pelaksanaan/Penyajian a. Sesuai dengan tugas pengayaan yang telah dikerjakan melalui group investigation, setiap kelompok diminta mengidentifikasi dan menganalisis sebaran SK dan KD serta jenis materi dalam setiap SK dan KD yang terdapat dalam standar isi mata pelajaran IPS SD b. Melalui pengarahan, mahasiswa difasilitasi untuk menyimak langkah -langkah dalam menerapkan proses pemilihan dan pengembangan bahan ajar. Setiap kelompok selanjutnya mengembangkan proses pemilihan dan pengembangan bahan ajar dengan cara menganalisis dokumen kurikulum standar isi serta mengklasifikasinanya dalam bentuk matrik c. Melalui kegiatan Focus Group Discussion (FGD), mahasiswa dipastikan terlibat penuh dan bertanggungjawab dalam menganalisis dan merumuskan penerapan prosedur pemilihan dan pengembangan bahan ajar d. Pada tahap akhir, mahasiswa membandingkan hasil analisisnya antar kelompok untuk saling memberikan masukan dan catatan untuk dibahas bersama 3. Penutup a. Menyimpulkan materi yang dibahas b. Melakukan assesment dan penilaian hasil belajar c. Penjelasan tugas pengayaan yang harus dilaksanakan d. Menyampaikan ucapan salam perpisahan F. Media/Sumber Belajar Overhead projector; LCD Projector, Personal computer/laptop, White board, Hand-Out Jurnal dan buku-buku yang relevan G. Penilaian Instrumen Penilaian: 1. Sebutkan dan jelaskan prinsip-prinsip pemilihan dan pengembangan bahan ajar? 2. Kemukakan bagaimana langkah-langkah proses pemilihan dan pengembangan bahan ajar? 3. Mengapa bahan ajar perlu memiliki cakupan dan disusun berdasarkan urutan penyajian? 4. Jelaskan prosedur memilih dan mengembangkan bahan ajar IPS SD Kelas Awal? 5. Bagaimana cara membedakan jenis materi yang termasuk ke dalam fakta, konsep, prinsip dan prosedur.Berikan contohnya dalam bentuk kompetensi dasar? KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324314 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Pendidikan IPS Kelas Awal / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324314 Pertemuan Ke : 4 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mencakup uraian tentang keterampilan pengemasan dan pengembangan model pembelajaran yang berpusat pada siswa sesuai tingkat kelas dan kebutuhannya dengan memperhatikan prinsip-prinsip dan prosedur pemilihan dan pengembangan bahan ajar B. Indikator 1. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip pemilihan dan pengembangan bahan ajar ke dalam perangkat pembelajaran IPS SD kelas awal 2. Mahasiswa mampu merancang perangkat pembelajaran yang berpusat pada siswa sesuai dengan tingkat kelas dan kebutuhannya 3. Mahasiswa mampu mengorganisasikan komponen-komponen pembelajaran ke dalam RPP yang berorientasi pada pembelajaran aktif, kreatif dan mendorong rasa ingin tahu siswa SD kelas awal C. Materi 1. Komponen-komponen pengembangan perangkat pembelajaran 2. Prinsip-prinsip pengembangan perangkat pembelajaran aktif dan kreatif 3. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran yang berpusat pada siswa D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan kooperatif jenis jigsaw 2. Strategi bertanya (questioning) E. Langkah-Langkah Pembelajaran Tahap Kegiatan: 1. Persiapan: a. Menyampaikan ucapan salam b. Menciptakan kondisi kelas c. Menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai d. Menjelaskan manfaat bahan pembelajaran e. Menggali pengalaman belajar dan menghubungkan bahan kajian dengan materi sebelumnya f. Menyiapkan sarana yang diperlukan 2. Pelaksanaan/Penyajian a. Membentuk kelompok terdiri dari 4 - 8 orang secara heterogen b. Menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatifnya berbeda yaitu: a. Tugas individu : 6 tugas (A, B, C, D, E, F) b. Tugas kelompok : 6 tugas kelompok c. Meminta mahasiswa menemui kelompok lain yang mempunyai tugas yang sama untuk belajar bersama untuk menjadi ahli informasi dan merencanakan memberikan informasi pada kelompoknya masing-masing d. Memintas mahasiswa untuk kembali pada kelompok kooperatifnya semula untuk berbagi informasi mengerjakan tugas kelompoknya e. Meminta anggota kelompok untuk menginformasikan hasil tugas kelompok sekaligus tanggapan dari anggota kelompok semua f. Dosen memfasilitasi jika mahasiswa mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi mis-informasi kepada kelompoknya dalam bentuk paparan, tanya jawab, pengembangan strategi bertanya, memberikan penguatan dan membangun pemahaman melalui proses eksploratif, elaboratif, dan konfirmatorik. 3. Penutup a. Menyimpulkan materi yang dibahas b. Melakukan assesment dan penilaian hasil belajar c. Penjelasan tugas pengayaan yang harus dilaksanakan d. Menyampaikan ucapan salam perpisahan F. Media/Sumber Belajar LCD Projector, Personal computer/laptop, White board, Hand-Out, CD interaktif Jurnal dan buku-buku yang relevan G. Penilaian 1. Penilaian kognitif (terlampir) melalui tes 2. Penilaian apektif (terlampir) melalui observasi 3. Penilaian tugas Jawablah pertanyaan berikut ini. 1. Komponen apa saja yang harus termuat dalam pemilihan dan pengembangan bahan ajar? 2. Prinsip-prinsip apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih dan mengembangkan bahan ajar? Jelaskan masing-masing dan berikan contoh yang relevan dengan pembelajaran IPS SD 3. Bagaimana karakteristik pembelajaran yang berpusat pada siswa? 4. Mengapa perangkat pembelajaran yang dikembangkan harus berorientasi pada pembelajaran aktif, kreatif dan menumbukan rasa ingin tahu siswa? Kelompok: Aspek yang dinilai Skor Disiplin Tanggungjawab Partisipasi Kerjasama Peduli 1 (anggota......) 2 (anggota......) 3 (anggota......) 4 (anggota......) 5 (anggota......) 6 (anggota......) Kriteria: 3 = Baik 2 = Cukup 1 = Kurang INSTRUMEN PENILAIAN PERANGKAT PEMBELAJARAN No Komponen Penilaian Saran perbaikan KOMPONEN KELAYAKAN ISI 3 2 1 A. CAKUPAN MATERI 1 Keluasan Materi 2 Kedalaman Materi B. AKURASI MATERI 1 Kebenaran dan ketepatan fakta/konsep 2 Kebenaran dan ketepatan teori, prinsip, hukum 3 Kebenaran dan ketepatan proses/metode ilmiah C.KEMUTAKHIRAN 1 Materi sesuai dengan perkembangan ilmu 2 Keterkinian fitur (contoh-contoh) D. MENGANDUNG WAWASAN PRODUKTIVITAS 1 Menumbuhkan semangat inovasi 2 Menumbuhkan semangat kreativitas E. MERANGSANG KEINGINTAHUAN 1 Menumbuhkan rasa ingin tahu 2 Mendorong untuk mencari informasi lebih jauh F. MENGEMBANGKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) 1 Mengembangkan kecakapan akademik/vokasional 2 Mengembangkan kecakapan psikomotorik 3 Mengembangkan kecakapan sosial/karakter II. KOMPONEN KEBAHASAAN 1 Pesan yang disampaikan mudah dipahami dan langsung dipahami peserta didik 2 Struktur kalimat efektif 3 Kebakuan istilah 4 Salah ketik III. KOMPONEN PENYAJIAN 1 Keruntutan sajian konsep 2 Kesesuaian ilustrasi (teks, gambar, tabel) dengan materi yang disajikan 3 Menuliskan rujukan/sumber pada setiap kutipan gambar, tabel, teks, dan lampiran 4 Menuliskan identitas pada setiap tabel, gambar, teks, dan lampiran IV. PENYAJIAN PEMBELAJARAN 1 Berpusat pada peserta didik 2 Merangsang keterlibatan dan partisipasi peserta didik untuk belajar mandiri dan kelompok 3 Menyajikan contoh-contoh dari lingkungan lokal/pengalaman sehari-hari 4 Merangsang berpikir kritis, kreatif, dan inovatif serta pemecahan masalah 5 Penyajian bersifat komunikatif-interaktif 6 Menciptakan umpan balik untuk dievaluasi KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324314 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Pendidikan IPS Kelas Awal / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324314 Pertemuan Ke : 5 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mencakup uraian tentang keterampilan dalam mengimplementasikan rancangan pembelajaran sebagai bahan ke dalam praktek simulasi pembelajaran yang disesuaikan dengan pokok-pokok bahasan IPS di kelas satu SD B. Indikator 1. Mahasiswa mampu menerapkan perangkat pembelajaran ke dalam simulasi pembelajaran pokok bahasan IPS SD kelas satu 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi tingkat ketercapaian pelaksanaan simulasi pembelajaran melalui kegiatan refleksi 3. Mahasiswa mampu mengevaluasi kekurangan dan kelebihan pelaksanaan simulasi pembelajaran 4. Mahasiswa mampu merumuskan kendala yang dihadapi serta upaya perbaikan untuk penyempurnaan perbaikan pelaksanaan pembelajaran 5. Mahasiswa mampu menyimpulkan pentingnya penerapan prinsip-prinsip dan prosedur pemilihan dan pengembangan bahan ajar dalam implementasi pembelajaran IPS SD kelas satu C. Materi 1. Tema pembelajaran IPS SD kelas satu 2. Perangkat pembelajaran IPS SD kelas satu D. Pendekatan/Model/Metode 1. Simulasi 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Refleksi E. Langkah-Langkah Pembelajaran Tahap Kegiatan: 1. Persiapan: a. Menyampaikan ucapan salam b. Menciptakan kondisi kelas c. Memperkenalkan diri dan berusaha mengenal mahasiswa d. Menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai e. Menjelaskan manfaat bahan pembelajaran f. Menghubungkan bahan kajian dengan materi sebelumnya g. Menggali pengalaman belajar dan pengetahuan awal berkenaan dengan lingkup materi yang akan dikaji h. Menyiapkan sarana yang diperlukan 2. Pelaksanaan/Penyajian a. Melalui pengarahan, dosen mempersilahkan kelompok simulator untuk tampil sementara kelompok mahasiswa pengamat difasilitasi untuk mengamati pelaksanaan simulasi dengan sebaik-baiknya. b. Sesuai dengan perangkat pembelajaran yang telah disiapkan sebelumnya, kelompok simulator diminta menyiapkan segala sarana yang dibutuhkan serta mengkondisikan kelas agar kondusif. c. Selesai simulasi, kelompok pengamat diminta memberikan masukan dan catatan yang ditujukan kelompok simulator berdasarkan instrumen penilaian simulasi praktek pembelajaran yang telah dibagikan sebelumnya. d. Pada tahap akhir, dosen dan mahasiswa melakukan refleksi bersama, berbagai catatan baik dari dosen maupun kelompok pengamat dimaksudkan sebagai masukan bagi kelompok penyaji sekaligus kelompok simulator yang akan tampil berikutnya untuk perbaikan dan penyempurnaan. 3. Penutup a. Menyimpulkan materi yang dibahas b. Melakukan assesment dan penilaian hasil belajar c. Penjelasan tugas pengayaan yang harus dilaksanakan d. Menyampaikan ucapan salam perpisahan F. Media/Sumber Belajar Overhead projector; LCD Projector, Personal computer/laptop, White board, Hand-Out, alat peraga pembelajaran G. Penilaian Instrumen Penilaian: Petunjuk: berikan penilaian kompetensi praktek mengajar dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran selama proses pembelajaran berlangsung dengan cara memberi skor sesuai dengan skor maksimum pada kolom yang telah disediakan! Item Kompetensi Yang Dinilai Skor ? A Perencanaan Pembelajaran 1 2 3 1 Kelengkapan dan ketepatan rumusan kompetensi dasar dan indikator 2 Relevansi materi dengan kompetensi dasar 3 Perorganisasian materi pembelajaran 4 Pemilihan strategi/metode pembelajaran 5 Penentuan langkah-langkah pembelajaran 6 Sumber/media belajar sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai 7 Pencerminan rencana pembelajaran yang inovatif, kreatif, produktif dan menyenangkan 8 Pendekatan asesmen dan evaluasi hasil belajar sesuai dengan indikator tahapan pembelajaran 9 Rincian alokasi waktu sesuai dengan tahapan pembelajaran 10 Penggunaan tata bahasa yang baik dan benar Jumlah B Kegiatan Pembelajaran 1 Mampu menarik perhatian ke fokus kegiatan pembelajaran 2 Mengemukakan kompetensi pembelajaran 3 Mempu menerapkan strategi dan metode pembelajaran 4 Melakuakan apersepsi 5 Ketepatan waktu yang dialokasikan 6 Mampu menggunakan media/sumber belajar yang tepat 7 Mampu melaksanakan pembelajaran dalam urutan yang logis/sistematis 8 Menguasai materi pembelajaran 9 Mampu mengaitkan materi pembelajaran dengan konteks/lingkungan 10 Kemampuan menyajikan materi sesuai dengan kompetensi pembelajaran 11 Melaksanakan asesmen dan penilaian hasil belajar 12 Membuat rangkuman materi pembelajaran 13 Melaksanakan tindak lanjut (arahan, tugas, ksegiatan melibatkan peserta didik dan pengayaan) 14 Mampu menyesuaikan gaya belajar mahasiswa Jumlah C Kepribadian 1 Berkomunikasi secara efektif 2 Bersikap objektif, bijaksana, jujur, dan terbuka 3 Menunjukan keteladanan 4 Menunjukan sikap empaty kepada mahasiswa 5 Menunjukan antusias/semangat dalam pembelajaran 6 Mengembangkan tanggung jawab pada diri mahasiswa 7 Mengembangkan rasa percaya diri mahasiswa 8 Mengembangkan kreativitas dan kemandirian mahasiswa 9 Menciptakan dan menegakan aturan pembelajaran Jumlah Skor Total KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324314 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Pendidikan IPS Kelas Awal / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324314 Pertemuan Ke : 6 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mencakup uraian tentang keterampilan dalam mengimplementasikan rancangan pembelajaran sebagai bahan ke dalam praktek simulasi pembelajaran yang disesuaikan dengan pokok-pokok bahasan IPS di kelas dua SD B. Indikator 1. Mahasiswa mampu menerapkan perangkat pembelajaran ke dalam simulasi pembelajaran pokok bahasan IPS SD kelasdua 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi tingkat ketercapaian pelaksanaan simulasi pembelajaran melalui kegiatan refleksi 3. Mahasiswa mampu mengevaluasi kekurangan dan kelebihan pelaksanaan simulasi pembelajaran 4. Mahasiswa mampu merumuskan kendala yang dihadapi serta upaya perbaikan untuk penyempurnaan perbaikan pelaksanaan pembelajaran 5. Mahasiswa mampu menyimpulkan pentingnya penerapan prinsip-prinsip dan prosedur pemilihan dan pengembangan bahan ajar dalam implementasi pembelajaran IPS SD kelas dua C. Materi Tema pembelajaran IPS SD kelas dua & Perangkat pembelajaran IPS SD kelas dua D. Pendekatan/Model/Metode 1. Simulasi 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Refleksi E. Langkah-Langkah Pembelajaran Tahap Kegiatan: 1. Persiapan: i. Menyampaikan ucapan salam j. Menciptakan kondisi kelas k. Memperkenalkan diri dan berusaha mengenal mahasiswa l. Menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai m. Menjelaskan manfaat bahan pembelajaran n. Menghubungkan bahan kajian dengan materi sebelumnya o. Menggali pengalaman belajar dan pengetahuan awal berkenaan dengan lingkup materi yang akan dikaji p. Menyiapkan sarana yang diperlukan 2. Pelaksanaan/Penyajian a. Melalui pengarahan, dosen mempersilahkan kelompok simulator untuk tampil sementara kelompok mahasiswa pengamat difasilitasi untuk mengamati pelaksanaan simulasi dengan sebaik-baiknya. b. Sesuai dengan perangkat pembelajaran yang telah disiapkan sebelumnya, kelompok simulator diminta menyiapkan segala sarana yang dibutuhkan serta mengkondisikan kelas agar kondusif. c. Selesai simulasi, kelompok pengamat diminta memberikan masukan dan catatan yang ditujukan kelompok simulator berdasarkan instrumen penilaian simulasi praktek pembelajaran yang telah dibagikan sebelumnya. d. Pada tahap akhir, dosen dan mahasiswa melakukan refleksi bersama, berbagai catatan baik dari dosen maupun kelompok pengamat dimaksudkan sebagai masukan bagi kelompok penyaji sekaligus kelompok simulator yang akan tampil berikutnya untuk perbaikan dan penyempurnaan. 3. Penutup a. Menyimpulkan materi yang dibahas b. Melakukan assesment dan penilaian hasil belajar c. Penjelasan tugas pengayaan yang harus dilaksanakan d. Menyampaikan ucapan salam perpisahan F. Media/Sumber Belajar Overhead projector; LCD Projector, Personal computer/laptop, White board, Hand-Out, alat peraga pembelajaran G. Penilaian Instrumen Penilaian: Petunjuk: berikan penilaian kompetensi praktek mengajar dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran selama proses pembelajaran berlangsung dengan cara memberi skor sesuai dengan skor maksimum pada kolom yang telah disediakan! Item Kompetensi Yang Dinilai Skor ? A Perencanaan Pembelajaran 1 2 3 1 Kelengkapan dan ketepatan rumusan kompetensi dasar dan indikator 2 Relevansi materi dengan kompetensi dasar 3 Perorganisasian materi pembelajaran 4 Pemilihan strategi/metode pembelajaran 5 Penentuan langkah-langkah pembelajaran 6 Sumber/media belajar sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai 7 Pencerminan rencana pembelajaran yang inovatif, kreatif, produktif dan menyenangkan 8 Pendekatan asesmen dan evaluasi hasil belajar sesuai dengan indikator tahapan pembelajaran 9 Rincian alokasi waktu sesuai dengan tahapan pembelajaran 10 Penggunaan tata bahasa yang baik dan benar Jumlah B Kegiatan Pembelajaran 1 Mampu menarik perhatian ke fokus kegiatan pembelajaran 2 Mengemukakan kompetensi pembelajaran 3 Mempu menerapkan strategi dan metode pembelajaran 4 Melakuakan apersepsi 5 Ketepatan waktu yang dialokasikan 6 Mampu menggunakan media/sumber belajar yang tepat 7 Mampu melaksanakan pembelajaran dalam urutan yang logis/sistematis 8 Menguasai materi pembelajaran 9 Mampu mengaitkan materi pembelajaran dengan konteks/lingkungan 10 Kemampuan menyajikan materi sesuai dengan kompetensi pembelajaran 11 Melaksanakan asesmen dan penilaian hasil belajar 12 Membuat rangkuman materi pembelajaran 13 Melaksanakan tindak lanjut (arahan, tugas, ksegiatan melibatkan peserta didik dan pengayaan) 14 Mampu menyesuaikan gaya belajar mahasiswa Jumlah C Kepribadian 1 Berkomunikasi secara efektif 2 Bersikap objektif, bijaksana, jujur, dan terbuka 3 Menunjukan keteladanan 4 Menunjukan sikap empaty kepada mahasiswa 5 Menunjukan antusias/semangat dalam pembelajaran 6 Mengembangkan tanggung jawab pada diri mahasiswa 7 Mengembangkan rasa percaya diri mahasiswa 8 Mengembangkan kreativitas dan kemandirian mahasiswa 9 Menciptakan dan menegakan aturan pembelajaran Jumlah Skor Total KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324314 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Pendidikan IPS Kelas Awal / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324314 Pertemuan Ke : 7 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mencakup uraian tentang keterampilan dalam mengimplementasikan rancangan pembelajaran sebagai bahan ke dalam praktek simulasi pembelajaran yang disesuaikan dengan pokok-pokok bahasan IPS di kelas tiga SD B. Indikator 1. Mahasiswa mampu menerapkan perangkat pembelajaran ke dalam simulasi pembelajaran pokok bahasan IPS SD kelas tiga 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi tingkat ketercapaian pelaksanaan simulasi pembelajaran melalui kegiatan refleksi 3. Mahasiswa mampu mengevaluasi kekurangan dan kelebihan pelaksanaan simulasi pembelajaran 4. Mahasiswa mampu merumuskan kendala yang dihadapi serta upaya perbaikan untuk penyempurnaan perbaikan pelaksanaan pembelajaran 5. Mahasiswa mampu menyimpulkan pentingnya penerapan prinsip-prinsip dan prosedur pemilihan dan pengembangan bahan ajar dalam implementasi pembelajaran IPS SD kelas satu C. Materi Tema pembelajaran IPS SD kelas tiga & Perangkat pembelajaran IPS SD kelas tiga D. Pendekatan/Model/Metode 1. Simulasi 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Refleksi E. Langkah-Langkah Pembelajaran Tahap Kegiatan: 1. Persiapan: a. Menyampaikan ucapan salam b. Menciptakan kondisi kelas c. Memperkenalkan diri dan berusaha mengenal mahasiswa d. Menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai e. Menjelaskan manfaat bahan pembelajaran f. Menghubungkan bahan kajian dengan materi sebelumnya g. Menggali pengalaman belajar dan pengetahuan awal berkenaan dengan lingkup materi yang akan dikaji h. Menyiapkan sarana yang diperlukan 2. Pelaksanaan/Penyajian a. Melalui pengarahan, dosen mempersilahkan kelompok simulator untuk tampil sementara kelompok mahasiswa pengamat difasilitasi untuk mengamati pelaksanaan simulasi dengan sebaik-baiknya. b. Sesuai dengan perangkat pembelajaran yang telah disiapkan sebelumnya, kelompok simulator diminta menyiapkan segala sarana yang dibutuhkan serta mengkondisikan kelas agar kondusif. c. Selesai simulasi, kelompok pengamat diminta memberikan masukan dan catatan yang ditujukan kelompok simulator berdasarkan instrumen penilaian simulasi praktek pembelajaran yang telah dibagikan sebelumnya. d. Pada tahap akhir, dosen dan mahasiswa melakukan refleksi bersama, berbagai catatan baik dari dosen maupun kelompok pengamat dimaksudkan sebagai masukan bagi kelompok penyaji sekaligus kelompok simulator yang akan tampil berikutnya untuk perbaikan dan penyempurnaan. 3. Penutup a. Menyimpulkan materi yang dibahas b. Melakukan assesment dan penilaian hasil belajar c. Penjelasan tugas pengayaan yang harus dilaksanakan d. Menyampaikan ucapan salam perpisahan F. Media/Sumber Belajar Overhead projector; LCD Projector, Personal computer/laptop, White board, Hand-Out, alat peraga pembelajaran G. Penilaian Instrumen Penilaian: Petunjuk: berikan penilaian kompetensi praktek mengajar dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran selama proses pembelajaran berlangsung dengan cara memberi skor sesuai dengan skor maksimum pada kolom yang telah disediakan! Item Kompetensi Yang Dinilai Skor ? A Perencanaan Pembelajaran 1 2 3 1 Kelengkapan dan ketepatan rumusan kompetensi dasar dan indikator 2 Relevansi materi dengan kompetensi dasar 3 Perorganisasian materi pembelajaran 4 Pemilihan strategi/metode pembelajaran 5 Penentuan langkah-langkah pembelajaran 6 Sumber/media belajar sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai 7 Pencerminan rencana pembelajaran yang inovatif, kreatif, produktif dan menyenangkan 8 Pendekatan asesmen dan evaluasi hasil belajar sesuai dengan indikator tahapan pembelajaran 9 Rincian alokasi waktu sesuai dengan tahapan pembelajaran 10 Penggunaan tata bahasa yang baik dan benar Jumlah B Kegiatan Pembelajaran 1 Mampu menarik perhatian ke fokus kegiatan pembelajaran 2 Mengemukakan kompetensi pembelajaran 3 Mempu menerapkan strategi dan metode pembelajaran 4 Melakuakan apersepsi 5 Ketepatan waktu yang dialokasikan 6 Mampu menggunakan media/sumber belajar yang tepat 7 Mampu melaksanakan pembelajaran dalam urutan yang logis/sistematis 8 Menguasai materi pembelajaran 9 Mampu mengaitkan materi pembelajaran dengan konteks/lingkungan 10 Kemampuan menyajikan materi sesuai dengan kompetensi pembelajaran 11 Melaksanakan asesmen dan penilaian hasil belajar 12 Membuat rangkuman materi pembelajaran 13 Melaksanakan tindak lanjut (arahan, tugas, ksegiatan melibatkan peserta didik dan pengayaan) 14 Mampu menyesuaikan gaya belajar mahasiswa Jumlah C Kepribadian 1 Berkomunikasi secara efektif 2 Bersikap objektif, bijaksana, jujur, dan terbuka 3 Menunjukan keteladanan 4 Menunjukan sikap empaty kepada mahasiswa 5 Menunjukan antusias/semangat dalam pembelajaran 6 Mengembangkan tanggung jawab pada diri mahasiswa 7 Mengembangkan rasa percaya diri mahasiswa 8 Mengembangkan kreativitas dan kemandirian mahasiswa 9 Menciptakan dan menegakan aturan pembelajaran Jumlah Skor Total KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324314 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Pendidikan IPS Kelas Awal / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324314 Pertemuan Ke : 8 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mencakup uraian tentang prinsip-prinsip dan prosedur pengemasan perangkat pembelajaran tematik yang disesuaikan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar serta materi pokok pembelajaran IPS Kelas Awal B. Indikator 1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi prinsip-prinsip pengembangan pembelajaran tematik di kelas awal 2. Mahasiswa mampu merumuskan langkah-langkah pengembangan pembelajaran tematik 3. Mahasiswa mampu menerapkan prosedur pembelajaran tematik ke dalam perangkat pembelajaran IPS SD kelas awal 4. Mahasiswa mampu merancang perangkat pembelajaran tematik yang berpusat pada siswa sesuai dengan tingkat kelas dan kebutuhannya 5. Mahasiswa mampu mengorganisasikan prinsip dan prosedur pembelajaran tematik ke dalam RPP yang berorientasi pada pembelajaran aktif, kreatif dan mendorong rasa ingin tahu siswa SD kelas awal C. Materi 1. Prinsip-prinsip pengembangan pembelajaran tematik 2. Langkah-langkah pengembangan pembelajaran tematik 3. Prosedur penerapan pengembangan perangkat pembelajaran tematik D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan kooperatif jenis jigsaw 2. Strategi bertanya (questioning) E. Langkah-Langkah Pembelajaran Tahap Kegiatan: 1. Persiapan: a. Menyampaikan ucapan salam b. Menciptakan kondisi kelas c. Menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai d. Menjelaskan manfaat bahan pembelajaran e. Menggali pengalaman belajar dan menghubungkan bahan kajian dengan materi sebelumnya f. Menyiapkan sarana yang diperlukan 2. Pelaksanaan/Penyajian a. Penyajian materi tentang prinsip-prinsip pembelajaran tematik, langkah-langkah pembelajaran tematik dan prosedur pengembangan perangkat pembelajaran tematik yang berpusat pada siswa dan bernuansa PAKEM melalui paparan, tanya jawab. b. Meminta mahasiswa terlibat penuh secara aktif dalam kelompok untuk merumuskan dan merangcang penerapan prinsip-prinsip dan langkah-langkah pembelajaran tematik ke dalam perangkat pembelajaran c. Melalui pengarahan dan bimbingan, perangkat pembelajaran yang dirancang mahasiswa diorientasikan bernuansa PAKEM dan berpusat pada siswa d. Dosen memfasilitasi jika mahasiswa mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi mis-informasi kepada kelompoknya dalam bentuk paparan, tanya jawab, pengembangan strategi bertanya, memberikan penguatan dan membangun pemahaman melalui proses eksploratif, elaboratif, dan konfirmatorik. 3. Penutup a. Menyimpulkan materi yang dibahas b. Melakukan assesment dan penilaian hasil belajar c. Penjelasan tugas pengayaan yang harus dilaksanakan d. Menyampaikan ucapan salam perpisahan F. Media/Sumber Belajar LCD Projector, Personal computer/laptop, White board, Hand-Out, CD interaktif Jurnal dan buku-buku yang relevan G. Penilaian 1. Penilaian kognitif (terlampir) melalui tes 2. Penilaian apektif (terlampir) melalui observasi 3. Penilaian tugas Jawablah pertanyaan berikut ini. 1. Apa yang dimaksud dengan pendekatan pembelajaran tematik? 2. Prinsip-prinsip apa saja yang harus diperhatikan dalam mengembangkan pembelajaran tematik? 3. Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah menerapkan pembelajaran tematik di SD kelas awal? 4. Bagaimana karakteristik pembelajaran tematik yang berpusat pada siswa? 5. Mengapa perangkat pembelajaran tematik yang dikembangkan harus berorientasi pada pembelajaran aktif, kreatif dan menumbukan rasa ingin tahu siswa? KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324314 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Pendidikan IPS Kelas Awal / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324314 Pertemuan Ke : 9 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324314 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Pendidikan IPS Kelas Awal / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324314 Pertemuan Ke : 10 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324314 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Pendidikan IPS Kelas Awal / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324314 Pertemuan Ke : 11 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324314 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Pendidikan IPS Kelas Awal / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324314 Pertemuan Ke : 12 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324314 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Pendidikan IPS Kelas Awal / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324314 Pertemuan Ke : 13 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324314 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Pendidikan IPS Kelas Awal / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324314 Pertemuan Ke : 14 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324314 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Pendidikan IPS Kelas Awal / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324314 Pertemuan Ke : 15 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324314 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Pendidikan IPS Kelas Awal / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324314 Pertemuan Ke : 16 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ......