| www.unesa.ac.id | pdpt.unesa.ac.id

KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231

KAMPUS LIDAH WETAN
Jl. Lidah Wetan, Surabaya
info@unesa.ac.id

SAP-Konsep Dasar IPS 1
FileName : SAP-Konsep Dasar IPS 1.doc
FileType : application/msword
FileSize : 450 KB
Download



Plain Text Preview

KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324321 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Konsep Dasar IPS 1 / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324321 Pertemuan Ke : 1-2 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mendeskripsikan pengertian, tujuan, karakteristik, ruang lingkup, serta kedudukan ilmu-ilmu sosial dalam IPS B. Indikator 1. Mahasiswa mampu mengkonstruk kembali pengertian pendidikan IPS 2. Mahasiswa mampu merumuskan tujuan pendidikan IPS 3. Mahasiswa mampu mengorganisasikan kembali ruang lingkup pendidikan IPS 4. Mahasiswa mampu menyimpulkan kedudukan ilmu-ilmu sosial dalam IPS C. Materi 1. Beberapa pengertian IPS dari para pakar/ahli 2. Tujuan pendidikan IPS 3. Ruang lingkup pendidikan IPS 4. Kedudukan dan hubungan antara ilmu-ilmu sosial dengan IPS D. Pendekatan/Model/Metode 1. Brainstorming 2. Pemberian Informasi 3. Strategi bertanya (questioning) 4. Tanya jawab 5. Penugasan E. Langkah-Langkah Pembelajaran Langkah-langkah Perkuliahan Tahapan Kegiatan Kegiatan Awal/ Pendahuluan (10 menit) * Menyampaikan ucapan salam * Menciptakan kondisi kelas * Memperkenalkan diri dan berusaha mengenal mahasiswa * Menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai * Menyampaikan kontrak kuliah sesuai dengan indikator dan tujuan pembelajaran * Menjelaskan manfaat bahan pembelajaran * Apersepsi, terkait dengan pengetahuan dan pengalaman awal berkenaan dengan lingkup materi yang akan dikaji * Menyiapkan sarana yang diperlukan Kegiatan Inti (120 menit) * Dosen menyajikan materi tentang hakikat pendidikan IPS dalam bentuk paparan, tanya jawab, pengembangan strategi bertanya, memberikan penguatan dan membangun pemahaman melalui proses eksploratif, elaboratif, dan konfirmatorik. * Membentuk kelompok-kelompok kecil untuk melakukan diskusi terbatas (Focus Group Discuss), dan memberi pertanyaan untuk bahan diskusi pada mahasiswa tentang "Rasional Pendidikan IPS di SD" * Dosen mengomentari hasil FGD dengan memberikan arahan dan penguatan materi * Mahasiswa diberi kesempatan untuk menanggapi hasil diskusi dan pemantapan materi dosen. Kegiatan Akhir/ Penutup (20 menit) * Dosen menyimpulkan paparan materi kuliah yang telah disampaikan * Dosen dan mahasiswa mengemukakan refleksi tentang perkuliahan yang telah dilaksanakan. * Penjelasan tugas pengayaan yang harus dilaksanakan F. Media/Sumber Belajar 1. Alat dan media : Laptop dan LCD 2. Sumber : a. Hasan, Said Hamid. (1996). Pendidikan Ilmu Sosial. Jakarta: Dirjen. Dikti, Depdikbud RI. b. N. Supriatna, S. Mulyani, dan A.Rokhayati. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bahan Belajar Mandiri Universitas Pendidikan Indonesia. UPI Press Bandung. c. Skeel, Dorothy J. (1995). Elementery Social Studies-Challenges for Tomorrow's World. Harcourt Brace College Publishers d. Somantri, Nu'man. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Rosda. e. Sumaatmadja, Nursid.(2005). Konsep Dasar IPS. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka. f. Subroto, T. Waspodo & Suhanaji. (2005). Pengetahuan Dasar Ilmu-Ilmu Sosial. Surabaya: Insan Cendikia G. Penilaian Instrumen Penilaian: 1. Kemukakan salah satu pengertian pendidikan IPS! 2. Sebutkan dan jelaskan dimensi yang menjadi tujuan pendidikan IPS? 3. Jelaskan apa saja yang menjadi lingkup bahan kajian pendidikan IPS di SD? 4. Apa persamaan dan perbedaan antara ilmu-ilmu sosial dan IPS? Tugas Pengayaan: Buatlah enam kelompok. Sesuai urutan, kelompok 1 diminta mendownload BSE (buku sekolah elektronik) kelas satu di website www.depdiknas.go.id, kelompok dua mendownload kelas dua dan demikian seterusnya hingga kelompok enam. Kemudian identifikasilah dan analisis hal berikut ini: 1. Apa saja sebaran tema yang diajarkan pada tingkatan kelas tersebut? 2. Berdasarkan pemikiran kelompok Anda, apa tujuan pembelajaran IPS yang hendak dicapai dari sebaran tema-tema tersebut! 3. Mengapa hal itu harus diajarkan dan apa manfaat yang dapat diperoleh dari pembelajaran tersebut? Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya! KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324321 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Konsep Dasar IPS 1 / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324321 Pertemuan Ke : 3 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mencakup uraian tentang pengertian dan rasionalisasi kajian sejarah untuk pembelajaran di SD, aplikasi konsep dasar kajian sejarah dalam pembelajaran IPS SD, problematika, strategi dan implikasi kajian sejarah dalam pembelajaran IPS SD B. Indikator 1. Mahasiswa mampu mengungkapkan kembali pengertian sejarah 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep dasar sejarah 3. Mahasiswa mampu menunjukan contoh-contoh aplikasi konsep dasar sejarah dalam kehidupan sehari-hari 4. Mahasiswa mampu merumuskan kembali implikasi kajian sejarah dalam pembelajaran di SD 5. Mahasiswa mampu menyimpulkan peranan sejarah dalam IPS C. Materi 1. . Pengertian sejarah 2. Konsep dasar sejarah 3. Contoh aplikatif penerapan konsep dasar sejarah 4. Peranan sejarah dalam pembelajaran IPS SD D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan konsep 2. Strategi Bertanya 3. Tanya jawab 4. Penugasan 5. Investigasi kelompok E. Langkah-Langkah Pembelajaran Tahap Kegiatan: 1. Persiapan (10 menit): a. Menyampaikan ucapan salam b. Menciptakan kondisi kelas c. Memperkenalkan diri dan berusaha mengenal mahasiswa d. Menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai e. Menjelaskan manfaat bahan pembelajaran f. Menghubungkan bahan kajian dengan materi sebelumnya g. Menggali pengalaman belajar dan pengetahuan awal berkenaan dengan lingkup materi yang akan dikaji h. Menyiapkan sarana yang diperlukan 2. Pelaksanaan/Penyajian (120 menit): a. Penyajian materi tentang konsep dasar sejarah, apliksi konsep sejarah dalam kehidupan sehari-hari, rasionalisasi kajian sejarah dalam pembelajaran di SD, problematika pembelajaran materi sejarah serta implikasi kajian materi sejarah dalam pembelajaran IPS SD dalam bentuk paparan, tanya jawab melalui proses eksploratif, elaboratif, dan konfirmatorik. 3. Penutup (20 menit): a. Menyimpulkan materi yang dibahas b. Melakukan assesment dan penilaian hasil belajar c. Penjelasan tugas pengayaan yang harus dilaksanakan d. Menyampaikan ucapan salam perpisahan a. F. Media/Sumber Belajar Buku-buku relevan, jurnal, G. Penilaian Instrumen Penilaian: 1. Jelaskan kembali apa pengertian sejarah? 2. Sebutkan dan jelaskan konsep dasar sejarah yang bersifat esensial dan relevan dengan pembelajaran di SD! 3. Berikan 5 contoh bentuk penerapan konsep dasar sejarah yang aplikatif dalam kehidupan sehari-hari? 4. Jelaskan rasionalisasi kajian sejarah dalam pembelajaran di SD! 5. Apa implikasi kajian sejarah bagi pembelajaran IPS SD? Tugas untuk pertemuan selanjutnya Petunjuk kegiatan: 1. Pilihlah salah satu periodesasi sejarah dibawah ini: * Masa prasejarah * Zaman pengaruh Hindu-Budha * Zaman Islam * Masa kekuasaan Belanda * Kebangkitan nasional, dan * Zaman Kemerdekaan 2. Lakukan kegiatan penyelidikan sejarah secara berkelompok dengan memanfaatkan berbagai sumber sejarah (sumber benda, sumber tertulis, atau sumber lisan) 3. Berikan analisis dan uraian kronologis dari tema diambil dengan berbagai dukungan referensi/literatur yang relevan 4. Selanjutnya tugas diupload di pgsd elearning Tugas Kelompok 1. Identifikasilah hal-hal berikut dibawah ini: a. Para pelaku sejarah/tokoh pejuang yang terlibat dalam peristiwa tersebut b. Urutan waktu secara kronologis (penanggalan tarikh/masehi) c. Tempat-tempat penting yang berakitan dengan peristiwa tersebut d. Bukti fisik peninggalan sejarah dari peristiwa tersebut 2. Masing-masing kelompok memberikan uraian tentang: a. Bagaimana kronologis peristiwa tersebut pada waktu yang lalu (the past)? b. Apa relevansi/manfaat yang dapat diambil dari peristiwa tersebut jika dikaitkan dengan waktu sekarang (the present)? c. Berdasarkan pelajaran tersebut, apa usaha yang perlu dipersiapkan untuk waktu yang akan datang (the future)? 3. Kemukakan analisis kelompok anda berdasarkan dari tema diambil sebagai berikut: b. Mengapa peristiwa itu terjadi dan alasan-alasan apa yang mendasari suatu peristiwa? c. Kandungan nilai-nilai/makna dari peristiwa tersebut untuk dikembangkan pada saat sekarang? Ditinjau dari aspek tujuan pembelajaran, apa orientasi kajian kelompok anda terhadap upaya pembentukan sikap dan perilaku sejarah pada siswa SD? KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324321 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Konsep Dasar IPS 1 / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324321 Pertemuan Ke : 4 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mencakup uraian tentang (1) pemahaman peristiwa sejarah Bangsa Indonesia dan situs-situs peninggalan sejarah (zaman prasejarah, menjelaskan pengaruh budaya Hindu, Budha dan Islam serta budaya Barat pada budaya bangsa Indonesia; (2) pemahaman sejarah kebangkitan nasional dalam mencapai kemerdekaan Bangsa Indonesia (menceritakan proses munculnya kebangkitan nasional Bangsa Indonesia, menyebutkan organisasi sosial dan politik pada masa Kebangkitan Nasional, menjelaskan makna Sumpah Pemuda bagi perjuangan mencapai kemerdekaan, menjelaskan perjuangan mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Republik Indonesia. B. Indikator 1. Mahasiswa mampu mengungkapkan kembali kronologis masuknya pengaruh Hindu-Budha dan Islam di Indonesia, masa kekuasaan Belanda, era kebangkitan nasional dan zaman perjuangan. 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi contoh penerapan konsep dasar sejarah dalam kronologis masing-masing periode sejarah. 3. Mahasiswa mampu merumuskan kembali implikasi kajian periodesasi sejarah dalam pembelajaran di SD 4. Mahasiswa mampu menyimpulkan peranan dan kandungan nilai periodesasi sejarah dalam pembelajaran IPS C. Materi 1. Periodesasi masa prasejarah 2. Periodesasi zaman pengaruh Hindu-Budha 3. Periodesasi Zaman Islam 4. Periodesasi Masa kekuasaan Belanda 5. Periodesasi Kebangkitan nasional 6. Periodesasi zaman kemerdekaan D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan konsep 2. Keterampilan proses 3. Tanya jawab 4. Penugasan 5. FGD E. Langkah-Langkah Pembelajaran Tahap Kegiatan: 1. Persiapan (10 menit): a. Menyampaikan ucapan salam b. Menciptakan kondisi kelas c. Memperkenalkan diri dan berusaha mengenal mahasiswa d. Menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai e. Menjelaskan manfaat bahan pembelajaran f. Menghubungkan bahan kajian dengan materi sebelumnya g. Menggali pengalaman belajar dan pengetahuan awal berkenaan dengan lingkup materi yang akan dikaji h. Menyiapkan sarana yang diperlukan 2. Pelaksanaan/Penyajian (120 menit): a. Sesuai dengan tugas pengayaan yang telah dikerjakan melalui group investigation, setiap kelompok diminta memberikan penyajian hasil akhir pada kelompok lainnya melalui media presentasi Ms. Power point. b. Melalui pengarahan, mahasiswa difasilitasi untuk menyimak langkah -langkah kelompok penyaji dalam mendefinisikan/memformulasikan masalah, membuat rumusan, mengajukan hipotesis, merencanakan bagaimana mengumpulkan data dengan memanfaatkan penelurusan secara online (internet) dan offline (perpustakaan). c. Melalui kegiatan diskusi dan tanya jawab, mahasiswa dipastikan terlibat penuh dan bertanggungjawab dalam menganalisis dan mengolah informasi yang telah dipresentasikan oleh kelompok penyaji. d. Kegiatan tanya jawab dilakukan melalui proses eksploratif, elaboratif, dan konfirmatorik. e. Pada tahap akhir, mahasiswa membandingkan penemuan-penemuan dan perspektif-perspektif dan mendiskusikan persamaan dan perbedaannya. 3. Penutup (20 menit): a. Menyimpulkan materi yang dibahas b. Melakukan assesment dan penilaian hasil belajar c. Penjelasan tugas pengayaan yang harus dilaksanakan d. Menyampaikan ucapan salam perpisahan F. Media/Sumber Belajar 1. LCD Projector, Notebook, White board, Hand-Out 2. Jurnal dan buku-buku yang relevan a. Sumaatmadja, Nursid.(2005). Konsep Dasar IPS. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka. b. Bank, James A. (1990). Teaching Strategies for The Social Studies-Inquiry, Valuing, and Decision Making. Longman New York and London c. Skeel, Dorothy J. (1995). Elementery Social Studies-Challenges for Tomorrow's World. Harcourt Brace College Publishers d. Woolever, R and Scott, K.P. (1988). Active Learning in Social studies-Promoting Cognitive and Social Growth. Scott, Foresman and Company Boston London. G. Penilaian Instrumen Penilaian: 1. Para pelaku sejarah/tokoh pejuang yang terlibat dalam peristiwa tersebut 2. Urutan waktu secara kronologis (penanggalan tarikh/masehi) 3. Tempat-tempat penting yang berakitan dengan peristiwa tersebut 4. Bukti fisik peninggalan sejarah dari peristiwa tersebut 5. Bagaimana kronologis peristiwa tersebut pada waktu yang lalu (the past), waktu sekarang (the present) dan waktu yang akan datang (the future)? Observasi : Lembar Pengamatan terlampir. Kriteria Penilaian. No Nama Wakil Kelompok Aspek Yang Dinilai Skor Nilai A B C D E Aspek Yang Dinilai Pedoaman Penskoran Presentasi A. Penguasan Materi B. Logika/argumentasi C. Kerjasama Kelompok D. Keaktifan E. Tanggapan *Skor 5 = sangat baik *Skor 4 = baik *Skor 3 = sedang *Skor 2 = kurang *Skor 1 = sangat kurang Skor yang diperoleh Penentuan Nilai Tugas / Diskusi: Nilai = ---------------------------- x 100 Skor maksimal 2 tes + 1 tugas Penentuan Nilai Tugas / Diskusi: Nilai = -------------------------- 3 Kriteria skor nilai: Sangat Baik (A) = 80 ke atas Baik (B) = 66 - 79 Cukup (C) = 56 - 65 Kurang (D) = 40 - 55 Sangat Kurang(E) = 0 - 39 LEMBAR OBSERVASI KETERAMPILAN BAHASA LISAN NO ASPEK YA TIDAK 1 Menggunakan kosakata yang tepat 2 Mengucapkan kata-kata secara tepat 3 Melaporkan peristiwa atau ide/gagasan 4 Mengkomunikasikan alasan secara rasional 5 Menyampaikan prediksi 6 Menyampaikan proyeksi 7 Meminta bantuan keputusan kelompok 8 Kompromi dan meminta persetujuan dengan yang lain 9 Merundingkan dengan teman yang lain 10 Menyakinkan pihak lain 11 Mendebat suatu sudut pandang 12 Menyampaikan usulan keputusan kelompok 13 Memberikan laporan lisan 14 Menggunakan catatan secara efektif ketika membuat laporan lisan 15 Bermain peran 16 Menjawab pertanyaan secara tepat 17 Mengajukan pertanyaan yang relevan 18 Berbicara secara efektif (artikulasi yang baik, nada suara yang cukup dan disertai ekspresi 19 Terlibat dalam diskusi kelas (mengambil giliran, mendengarkan penjelasan yang lain, berbicara secara jelas. Sumber: Woolever, R and Scott, K.P. (1988). Active Learning in Social studies-Promoting Cognitive and Social Growth. Scott, Foresman and Company Boston London. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324321 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Konsep Dasar IPS 1 / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324321 Pertemuan Ke : 5 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mendeskripsikan pengertian, konsep dasar, ruang lingkup, pendekatan dan perkembangan paradigma, objek material dan objek formal geografi serta kontribusinya dalam IPS B. Indikator 1. Mahasiswa mampu merumuskan pengertian geografi 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep dasar/esensial kajian geografi 3. Mahasiswa mampu mengklasifikasikan pendekatan dan perkembangan paradigma geografi 4. Mahasiswa mampu membedakan objek material dan objek formal geografi 5. Mahasiswa mampu menyimpulkan peranan/kontribusi geografi dalam IPS C. Materi 1. Mahasiswa mampu merumuskan pengertian geografi 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep dasar/esensial kajian geografi 3. Mahasiswa mampu mengklasifikasikan pendekatan dan perkembangan paradigma geografi 4. Mahasiswa mampu membedakan objek material dan objek formal geografi 5. Mahasiswa mampu menyimpulkan peranan/kontribusi geografi dalam IPS D. Pendekatan/Model/Metode E. Pemberian Informasi F. Strategi bertanya (questioning) G. Tanya jawab H. Deduktif-induktif I. Penugasan J. Langkah-Langkah Pembelajaran Tahap Kegiatan: 1. Persiapan (10 menit): a. Menyampaikan ucapan salam b. Menciptakan kondisi kelas c. Menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai d. Menjelaskan manfaat bahan pembelajaran e. Menggali pengalaman belajar dan menghubungkan bahan kajian dengan materi sebelumnya f. Menyiapkan sarana yang diperlukan 2. Pelaksanaan/Penyajian (120 menit): a. Melalui penyajian materi dan penayangan CD interaktif tentang kedudukan dan peranan geografi dalam IPS dalam bentuk paparan, tanya jawab, pengembangan strategi bertanya, memberikan penguatan dan membangun pemahaman melalui proses eksploratif, elaboratif, dan konfirmatorik. 3. Penutup (20 menit) a. Menyimpulkan materi yang dibahas b. Melakukan assesment dan penilaian hasil belajar c. Penjelasan tugas pengayaan yang harus dilaksanakan d. Menyampaikan ucapan salam perpisahan K. Media/Sumber Belajar 1. LCD Projector, Notebook, White board, Hand-Out 2. Jurnal dan buku-buku yang relevan a. Sumaatmadja, Nursid.(2005). Konsep Dasar IPS. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka. b. Bank, James A. (1990). Teaching Strategies for The Social Studies-Inquiry, Valuing, and Decision Making. Longman New York and London c. Skeel, Dorothy J. (1995). Elementery Social Studies-Challenges for Tomorrow's World. Harcourt Brace College Publishers d. Woolever, R and Scott, K.P. (1988). Active Learning in Social studies-Promoting Cognitive and Social Growth. Scott, Foresman and Company Boston London L. Penilaian Instrumen Penilaian: 1. Apa yang dimaksud persamaan dan perbedaan gejala geosfer dalam salah satu pengertian gegrafi! 2. Sebutkan dan jelaskan 10 konsep esensial geografi?kemukakan pula konsep dasar lain yang sangat penting untuk diajarkan pada siswa sekolah dasar? 3. Apa perbedaan dan persamaan pendekatan keruangan dan kewilayahan? 4. Jelaskan pengaruh cuaca dan iklim terhadap kehidupan manusia di muka bumi? 5. Aspek apa yang hendak disumbangkan oleh kajian geografi dalam pengembangan pendidikan IPS? Tugas Pengayaan (kelompok): Pilihlah salah satu fenomena atau gejala alam yang sering terjadi di Indonesia (sesuaikan dengan materi IPS SD. Lalu jawablah pertanyaan berikut ini. 1. Apa (what) gejala alam tersebut? 2. Siapa (who) siapa saja yang kena dampak dari gejala tersebut?jika gejala alam tersebut disebabkan oleh manusia, siapa saja pihak yang harus bertanggungjawab? 3. Kapan (when) terjadinya? 4. Dimana (where) kejadian tersebut berlangsung? 5. Kenapa (why) kejadian tersebut dapat terjadi? 6. Bagaimana (how) proses kejadian berlangsung?jelaskan kronologisnya 7. Kemukakan apa upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kejadian tersebut? 8. Jelaskan bagaimana hubungan antara manusia, tempat dan lingkungan dalam kejadian tersebut? Gunakan tradisi pendekatan yang dikembangkan dalam kajian geografi! KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324321 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Konsep Dasar IPS 1 / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324321 Pertemuan Ke : 6 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mencakup pemahaman tentang kenampakan alam dan gejala alam yang mempe ngaruhinya (menjelaskan pengertian kenampakan alam, menyebutkan macam-macam gejala alam, menyebutkan macam-macam kenampakan alam, menjelaskan pengaruh kenampakan alam pada sosial budaya masyarakat setempat. Indikator B. Indikator 1. Mahasiswa mampu mengkonstruk kembali berbagai gejala/fenomena alam 2. Mahasiswa mampu merumuskan 5 W 1 H dari gejala alam (What, Who, Where, When, Why, dan How) 3. Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai faktor penyebab dan dampak yang ditimbulkan dari gejala alam 4. Mahasiswa mampu menyimpulkan pengaruh gejala alam terhadap kehidupan manusia C. Materi 1. Analisis gejala kenampakan alam 2. Faktor penyebab dan dampak gejala alam dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia 3. Penerapan pendekatan analisis gejala alam (5 W 1 H) D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pembelajaran kooperatif jenis jigsaw 2. Keterampilan proses 3. Keterampilan berpikir 4. Strategi bertanya (questioning) E. Langkah-Langkah Pembelajaran Tahap Kegiatan: 1. Persiapan (10 menit): a. Menyampaikan ucapan salam b. Menciptakan kondisi kelas c. Menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai d. Menjelaskan manfaat bahan pembelajaran e. Menggali pengalaman belajar dan menghubungkan bahan kajian dengan materi sebelumnya f. Menyiapkan sarana yang diperlukan 2. Pelaksanaan/Penyajian (120 menit): a. Membentuk kelompok terdiri dari 4-6 orang secara heterogen b. Menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatifnya berbeda yaitu: a. Tugas individu : 6 tugas (A, B, C, D, E, F) b. Tugas kelompok : 6 tugas kelompok c. Meminta mahasiswa menemui kelompok lain yang mempunyai tugas yang sama untuk belajar bersama untuk menjadi ahli informasi dan merencanakan memberikan informasi pada kelompoknya masing-masing d. Memintas mahamahasiswa untuk kembali pada kelompok kooperatifnya semula untuk berbagi informasi mengerjakan tugas kelompoknya e. Meminta anggota kelompok untuk menginformasikan hasil tugas kelompok sekaligus tanggapan dari anggota kelompok semua f. Dosen memfasilitasi jika mahasiswa mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi mis-informasi kepada kelompoknya dalam bentuk paparan, tanya jawab, pengembangan strategi bertanya, memberikan penguatan dan membangun pemahaman melalui proses eksploratif, elaboratif, dan konfirmatorik. 3. Penutup (20 menit): a. Menyimpulkan materi yang dibahas b. Melakukan assesment dan penilaian hasil belajar c. Penjelasan tugas pengayaan yang harus dilaksanakan d. Menyampaikan ucapan salam perpisahan F. Media/Sumber Belajar LCD Projector, Notebook, White board, Hand-Out, CD interaktif Jurnal dan buku-buku yang relevan G. Penilaian 1. Penilaian kognitif (terlampir) melalui tes 2. Penilaian apektif (terlampir) melalui observasi 3. Penilaian tugas Jawablah pertanyaan berikut ini. 1. Apa (what) gejala alam tersebut? 2. Siapa (who) siapa saja yang kena dampak dari gejala tersebut?jika gejala alam tersebut disebabkan oleh manusia, siapa saja pihak yang harus bertanggungjawab? 3. Kapan (when) terjadinya? 4. Dimana (where) kejadian tersebut berlangsung? 5. Kenapa (why) kejadian tersebut dapat terjadi? 6. Bagaimana (how) proses kejadian berlangsung?jelaskan kronologisnya 7. Kemukakan apa upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kejadian tersebut? 8. Jelaskan bagaimana hubungan antara manusia, tempat dan lingkungan dalam kejadian tersebut? Gunakan tradisi pendekatan yang dikembangkan dalam kajian geografi LEMBAR OBSERVASI KETERAMPILAN KERJASAMA DAN PARTISIPASI Kelompok :____________________ Nama anggota :____________________ ________________________ ____________________ ________________________ NO ASPEK YA TIDAK 1 Membangun empati 2 Menerima pandangan orang lain 3 Saling mengingatkan sesama teman sebaya 4 Mengidentifikasi situasi ke dalam keputusan bersama 5 Membuat keputusan kolektif secara demokratis 6 Kompromi 7 Memilih 8 Melaksanakan keputusan bersama 9 Mengambil peran 10 Kerjasama 11 Berbagi 12 Bertindak sebagai pemimpin kelompok 13 Bertindak sebagai anggota kelompok 14 Berkontribusi terhadap pekerjaan kelompok 15 Berbagi tugas secara adil 16 Mambuat aturan 17 Mengikuti aturan 18 Menerima sebuah konsekuensi secara sepenuh hati KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324321 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Konsep Dasar IPS 1 / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324321 Pertemuan Ke : 7 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mencakup uraian tentang pengertian dan rasionalisasi kajian ekonomi dalam pembelajaran di SD, konsep dasar bahan kajian ekonomi (perilaku ekonomi dan kesejahteraan) dalam pembelajaran IPS SD, problematika, strategi dan implikasi kajian ekonomi dalam pembelajaran IPS SD B. Indikator 1. Mahasiswa mampu mengungkapkan kembali pengertian ekonomi 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep dasar ekonomi 3. Mahasiswa mampu menunjukan contoh-contoh aplikasi konsep dasar ekonomi dalam kehidupan sehari-hari 4. Mahasiswa mampu merumuskan kembali implikasi kajian ekonomi dalam pembelajaran di SD 5. Mahasiswa mampu menyimpulkan peranan ekonomi dalam IPS C. Materi 1. Pengertian ekonomi 2. Konsep dasar ekonomi 3. Persoalan dan implikasi kajian ekonomi 4. Kedudukan dan peranan kajian ekonomi dalam pembelajaran IPS SD D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan konsep 2. Deduktif-induktif 3. Strategi Bertanya 4. Tanya jawab 5. Inkuiri E. Langkah-Langkah Pembelajaran Tahap Kegiatan: 1. Persiapan (10 menit): a. Menyampaikan ucapan salam b. Menciptakan kondisi kelas c. Memperkenalkan diri dan berusaha mengenal mahasiswa d. Menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai e. Menjelaskan manfaat bahan pembelajaran f. Menghubungkan bahan kajian dengan materi sebelumnya g. Menggali pengalaman belajar dan pengetahuan awal berkenaan dengan lingkup materi yang akan dikaji h. Menyiapkan sarana yang diperlukan 2. Pelaksanaan/Penyajian (120 menit): a. Penyajian materi tentang konsep dasar ekonomi, aplikasi konsep ekonomi dalam kehidupan sehari-hari, rasionalisasi kajian ekonomi dalam pembelajaran di SD, permasalahan ekonomi serta implikasi kajian materi ekonomi dalam pembelajaran IPS SD dalam bentuk paparan, tanya jawab melalui proses eksploratif, elaboratif, dan konfirmatorik. 3. Penutup (20 menit) a. Menyimpulkan materi yang dibahas b. Melakukan assesment dan penilaian hasil belajar c. Penjelasan tugas pengayaan yang harus dilaksanakan d. Menyampaikan ucapan salam perpisahan F. Media/Sumber Belajar LCD Projector, Notebook, White board, Hand-Out Jurnal dan buku-buku yang relevan G. Penilaian Instrumen Penilaian: 1. Jelaskan kembali apa pengertian ekonomi? 2. Sebutkan dan jelaskan konsep dasar ekonomi yang bersifat esensial dan relevan dengan pembelajaran di SD! 3. Berikan 5 contoh bentuk penerapan konsep dasar ekonomi yang aplikatif dalam kehidupan sehari-hari? 4. Jelaskan rasionalisasi kajian ekonomi dalam pembelajaran di SD! 5. Apa implikasi kajian ekonomi bagi pembelajaran IPS SD? Tugas untuk pertemuan selanjutnya Tugas Kelompok (1) 1. Pilihlah salah satu bahasan dibawah ini: * Sistem ekonomi sosialisme * Sistem ekonomi liberalisme * Sistem ekonomi campuran * Sistem ekonomi kerakyatan * Sistem ekonomi pancasila * Sistem ekonomi Islam 2. Lakukan studi literatur secara berkelompok dengan memanfaatkan berbagai sumber (online maupun offline) 3. Selanjutnya tugas diupload di pgsd elearning Tugas Kelompok (2) Carilah informasi biografi beserta hasil-hasil pemikiran orang-orang terkemuka dalam bidang ekonomi di bawah ini: * Adam smith * Friedrich Engels * Karl Marx * John Stuart Mill * John Maynard Keynes Tugas Individu Carilah pengertian konsep-konsep dasar ekonomi di bawah ini! KONSEP * Kelangkaan sumberdaya (scarcity) * Produsen * Jumlah permintaan * Jumlah penawaran * Kebutuhan ekonomi * Konsumsi * Gaji/pendapatan * Keahlian khusus * Pembeli dan penjual * Produksi * Barang publik * Tabungan * Pasar * Penyewaan * Peluang harga * Pajak * Pengangguran * Sistem ekonomi * Kemiskinan * Barter * Pertumbuhan ekonomi * Sumberdaya produksi * Sumberdaya alam * Distribusi pendapatan * Modal sumberdaya manusia * Pertukaran harga * Produktivitas * Ketergantungan * Barang dan jasa * Persaingan pasar * Konsumen * Pembagian kerja * Bank * Uang * Keuntungan * Harga, biaya dan pendapatan * Monopoli dan oligopoli * Hak milik tanah * Pembayaran/transfer * Pendapatan * Wirausaha * Koperasi * Lembaga keuangan * Inflasi * Gross national product (GNP) * Resesi ekonomi * Defresi ekonomi * Peraturan/regulasi pemerintah KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324321 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Konsep Dasar IPS 1 / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324321 Pertemuan Ke : 8 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mencakup uraian tentang (1) pemahaman berbagai madzhab sistem ekonomi meliputi sosialisme, liberalisme, campuran, kerakyatan, pancasila dan ekonomi islam (menjelaskan macam-macam sistem ekonomi, menyebutkan ciri-ciri ekonomi masing-masing sistem ekonomi, mengidentifikasi pikiran-pikiran pokok serta kelemahaman dan kelebihan masing-masing sistem ekonomi, tokoh pendukung masing-masing sistem ekonomi; (2) menjelaskan peranan kegiatan ekonomi di era globalisasi Indikator ...... B. Indikator 1. Mahasiswa mampu menyebutkan masing-masing sistem ekonomi di dunia 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri masing-masing mazhab sistem ekonomi 3. Mahasiswa mampu mengklasifikasikan pikiran-pikiran penting dari masing-masing sistem ekonomi 4. Mahasiswa mampu membedakan masing-masing sistem ekonomi dan menunjukan kelebihan serta kelemahan masing-masing 5. Mahasiswa mampu merumuskan kembali peranan kegiatan ekonomi di era globalisasi 6. Mahasiswa mampu menyimpulkan pengaruh perekonomian global terhadap perekonomian nasional C. Materi Sistem ekonomi yang berkembang di dunia (sistem ekonomi liberalisme, sosialisme, campuran, kerakyatan, pancasila dan sistem ekonomi islam) Peranan perekonomian global dan nasional D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan konsep 2. Strategi Bertanya 3. Tanya jawab 4. Presentasi 5. Fokus Group Discusion (FGD) E. Langkah-Langkah Pembelajaran Tahap Kegiatan: 1. Persiapan (10 menit): a. Menyampaikan ucapan salam b. Menciptakan kondisi kelas c. Memperkenalkan diri dan berusaha mengenal mahasiswa d. Menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai e. Menjelaskan manfaat bahan pembelajaran f. Menghubungkan bahan kajian dengan materi sebelumnya g. Menggali pengalaman belajar dan pengetahuan awal berkenaan dengan lingkup materi yang akan dikaji h. Menyiapkan sarana yang diperlukan 2. Pelaksanaan/Penyajian (120 menit): a. Sesuai dengan tugas pengayaan yang telah dikerjakan melalui group investigation, setiap kelompok diminta memberikan penyajian hasil akhir pada kelompok lainnya melalui media presentasi Ms. Power point. b. Melalui pengarahan, mahasiswa difasilitasi untuk menyimak langkah -langkah kelompok penyaji dalam mendefinisikan/memformulasikan masalah, membuat rumusan, mengajukan hipotesis, merencanakan bagaimana mengumpulkan data dengan memanfaatkan penelurusan secara online (internet) dan offline (perpustakaan). c. Melalui kegiatan diskusi dan tanya jawab, mahasiswa dipastikan terlibat penuh dan bertanggungjawab dalam menganalisis dan mengolah informasi yang telah dipresentasikan oleh kelompok penyaji. d. Kegiatan tanya jawab dilakukan melalui proses eksploratif, elaboratif, dan konfirmatorik. e. Pada tahap akhir, mahasiswa membandingkan penemuan-penemuan dan perspektif-perspektif dan mendiskusikan persamaan dan perbedaannya. 3. Penutup (20 menit): a. Menyimpulkan materi yang dibahas b. Melakukan assesment dan penilaian hasil belajar c. Penjelasan tugas pengayaan yang harus dilaksanakan d. Menyampaikan ucapan salam perpisahan F. Media/Sumber Belajar LCD Projector, Laptop, White board, Hand-Out Jurnal dan buku-buku yang relevan G. Penilaian Instrumen Penilaian: 1. Jelaskan pokok pikiran serta kelebihan dan kelemahan sistem ekonomi sosialisme? 2. Jelaskan pokok pikiran serta kelebihan dan kelemahan sistem ekonomi liberalisme? 3. Jelaskan pokok pikiran serta kelebihan dan kelemahan sistem ekonomi campuran? 4. Jelaskan pokok pikiran serta kelebihan dan kelemahan sistem ekonomi kerakyatan? 5. Jelaskan pokok pikiran serta kelebihan dan kelemahan sistem ekonomi pancasila? 6. Jelaskan pokok-pokok pikiran serta kelebihan dan kelemahan sistem ekonomi Islam? 7. Berdasarkan pemikiran anda, bagaimana pengaruh perekonomian global pengaruhnya terhadap kegiatan perekonomian nasional? LEMBAR OBSERVASI KETERAMPILAN BAHASA LISAN NO ASPEK YA TIDAK 1 Menggunakan kosakata yang tepat 2 Mengucapkan kata-kata secara tepat 3 Melaporkan peristiwa atau ide/gagasan 4 Mengkomunikasikan alasan secara rasional 5 Menyampaikan prediksi 6 Menyampaikan proyeksi 7 Meminta bantuan keputusan kelompok 8 Kompromi dan meminta persetujuan dengan yang lain 9 Merundingkan dengan teman yang lain 10 Menyakinkan pihak lain 11 Mendebat suatu sudut pandang 12 Menyampaikan usulan keputusan kelompok 13 Memberikan laporan lisan 14 Menggunakan catatan secara efektif ketika membuat laporan lisan 15 Bermain peran 16 Menjawab pertanyaan secara tepat 17 Mengajukan pertanyaan yang relevan 18 Berbicara secara efektif (artikulasi yang baik, nada suara yang cukup dan disertai ekspresi 19 Terlibat dalam diskusi kelas (mengambil giliran, mendengarkan penjelasan yang lain, berbicara secara jelas. Sumber: Woolever, R and Scott, K.P. (1988). Active Learning in Social studies-Promoting Cognitive and Social Growth. Scott, Foresman and Company Boston London. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324321 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Konsep Dasar IPS 1 / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324321 Pertemuan Ke : 10 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mendeskripsikan pengertian sosiologi, konsep dasar sosiologi, definisi masalah sosial, klasifikasi masalah sosial, peranan sosiologi dalam pembelajaran IPS B. Indikator 1. Mahasiswa mampu mengungkapkan kembali pengertian sosiologi 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep dasar sosiologi 3. Mahasiswa mampu merumuskan kembali definisi masalah sosial 4. Mahasiswa mampu mengklasifikasikan masalah-masalah sosial 5. Mahasiswa mampu menyimpulkan peranan sosiologi dalam IPS C. Materi 1. Pengertian sosiologi 2. Konsep dasar sosiologi 3. Definisi dan klasifikasi masalah-masalah sosial 4. Peranan sosiologi dalam pembelajaran IPS D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan konsep 2. Tanya jawab 3. Studi Kasus 4. Reasoning and Problem Solving 5. Penugasan E. Langkah-Langkah Pembelajaran Tahap Kegiatan: 1. Persiapan (10 menit): a. Menyampaikan ucapan salam b. Menciptakan kondisi kelas c. Memperkenalkan diri dan berusaha mengenal mahasiswa d. Menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai e. Menjelaskan manfaat bahan pembelajaran f. Menghubungkan bahan kajian dengan materi sebelumnya g. Menggali pengalaman belajar dan pengetahuan awal berkenaan dengan lingkup materi yang akan dikaji h. Menyiapkan sarana yang diperlukan 2. Pelaksanaan/Penyajian (120 menit): a. Penyajian materi tentang konsep dasar sosiologi serta masalah-masalah yang berkaitan dengan kajian sosial dan kebudayaan dalam bentuk paparan, tanya jawab melalui proses eksploratif, elaboratif, dan konfirmatorik. 3. Penutup (20 menit): a. Menyimpulkan materi yang dibahas b. Melakukan assesment dan penilaian hasil belajar c. Penjelasan tugas pengayaan yang harus dilaksanakan d. Menyampaikan ucapan salam perpisahan F. Media/Sumber Belajar LCD Projector, Notebook, White board, Hand-Out Jurnal dan buku-buku yang relevan G. Penilaian Instrumen Penilaian: 1. Jelaskan kembali pengertian sosiologi? 2. Sebutkan dan jelaskan konsep dasar sosiologi yang relevan dengan pembelajaran di SD! 3. Berikan 5 contoh fenomena yang menjadi masalah sosial dewasa ini? 4. Sebutkan dan jelaskan unsur-unsur penyebab terjadinya munculnya kkonflik sosial! 5. Apa implikasi kajian sosiologi bagi pembelajaran IPS SD? Tugas untuk pertemuan selanjutnya PERTANYAAN-PERTANYAAN UNTUK BAHAN DISKUSI (KAJIAN SOSIOLOGI&ANTROPOLOGI-IPS) Petunjuk kegiatan: 4. Pilihlah salah satu tema dibawah dibawah ini: * Kenakalan dan budaya kekerasan dikalangan anak-remaja (seperti: gank motor, pemerasan, dll) * Pengangguran dan Kemiskinan * Perilaku merusak diri (penggunaan alkohol, narkoba, sek bebas, dll) * Konflik antara suku/tawuran pelajar-mahasiswa * Kejahatan (konvensional atau cybercrime) * ................................................... 5. Lakukan kegiatan penyelidikan terhadap fenomena sosial tersebut secara berkelompok dengan memanfaatkan berbagai sumber (online maupun offline) 6. Berikan deskripsi secara kuantitaif (buat dalam bentuk tabel, diagram, grafik, peta,dll) dan kualitatif dengan berbagai dukungan data-informasi dan referensi yang relevan 7. Selanjutnya tugas diupload di pgsd elearning Tugas Kelompok Identifikasilah hal-hal berikut dibawah ini: a. Definisi/pengertian dari masalah yang diajukan b. Faktor penyebab atau faktor pendukung terjadinya masalah tersebut c. Dampak yang diakibatkan dari masalah tersebut d. Memprediksi, kemungkinan apa yang akan terjadi jika masalah tersebut masih atau tetap terjadi dan tidak segera diatasi e. Alternatif pemecahan masalah apa yang ditawarkan untuk mengatasi masalah tersebut f. Konsep dasar sosiologi apa saja yang terkait dengan pembahasan masalah yang sedang dikaji g. Ditinjau dari aspek tujuan pembelajaran, apa kandungan sikap/nilai yang dapat dikembangkan terhadap sikap dan perilaku pada siswa SD? KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324321 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Konsep Dasar IPS 1 / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324321 Pertemuan Ke : 11 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mencakup uraian tentang (1) pemahaman fenomena sosial dan perkembangan masyarakat (menjelaskan fenomena aktual yang berkembang di masyarakatnya, menyebab faktor penyebab dan dampak yang ditimbulkan dari gejala sosial, merumuskan strategi dan alternatif pemecahan penanganan masalah sosial B. Indikator Mencakup uraian tentang (1) pemahaman fenomena sosial dan perkembangan masyarakat (menjelaskan fenomena aktual yang berkembang di masyarakatnya, menyebab faktor penyebab dan dampak yang ditimbulkan dari gejala sosial, merumuskan strategi dan alternatif pemecahan penanganan masalah sosial C. Materi Mencakup uraian tentang (1) pemahaman fenomena sosial dan perkembangan masyarakat (menjelaskan fenomena aktual yang berkembang di masyarakatnya, menyebab faktor penyebab dan dampak yang ditimbulkan dari gejala sosial, merumuskan strategi dan alternatif pemecahan penanganan masalah sosial D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pembelajaran kooperatif (FGD) 2. Decision Making 3. Keterampilan Berpikir 4. Strategi bertanya (questioning) E. Langkah-Langkah Pembelajaran Tahap Kegiatan: 1. Persiapan (10 menit): a. Menyampaikan ucapan salam b. Menciptakan kondisi kelas c. Menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai d. Menjelaskan manfaat bahan pembelajaran e. Menggali pengalaman belajar dan menghubungkan bahan kajian dengan materi sebelumnya f. Menyiapkan sarana yang diperlukan 2. Pelaksanaan/Penyajian a. Membagi mahasiswa menjadi enam kelompok yang terdiri antara 4-6 orang. Selanjutnya setiap kelompok diminta memilih topik yang berkaitan dengan masalah sosial dan kebudayaan untuk diselidiki. Pemilihan topik/masalah harus relevan dengan bahan kajian kompetensi IPS SD. b. Melalui pengarahan, mahasiswa dibantu untuk mendefinisikan/memformulasikan masalah, membuat rumusan, mengajukan hipotesis, merencanakan bagaimana mengumpulkan data dengan memanfaatkan penelurusan secara online (internet) dan offline (perpustakaan). c. Mahasiswa dipastikan terlibat penuh dan bertanggungjawab untuk menganalisis dan mengolah informasi yang telah mereka kumpulkan untuk dipresentasikan pada kelompok lain. d. Meminta mahasiswa untuk memberikan penyajian hasil akhir. e. Pada tahap akhir, mahasiswa membandingkan penemuan-penemuan dan perspektif-perspektif dan mendiskusikan persamaan dan perbedaannya. 3. Penutup a. Menyimpulkan materi yang dibahas b. Melakukan assesment dan penilaian hasil belajar c. Penjelasan tugas pengayaan yang harus dilaksanakan d. Menyampaikan ucapan salam perpisahan F. Media/Sumber Belajar LCD Projector, Notebook, White board, Hand-Out, CD interaktif Jurnal dan buku-buku yang relevan G. Penilaian 1. Penilaian kognitif (terlampir) melalui tes 2. Penilaian apektif (terlampir) melalui observasi 3. Penilaian tugas Jawablah pertanyaan berikut ini. 1. Definisikan apa masalahnya! 2. Faktor penyebab atau faktor pendukung terjadinya masalah tersebut! 3. Dampak yang diakibatkan dari masalah tersebut! 4. Prediksi, kemungkinan apa yang akan terjadi jika masalah tersebut masih atau tetap terjadi dan tidak segera diatasi! 5. Alternatif pemecahan masalah apa yang ditawarkan untuk mengatasi masalah tersebut! 6. Konsep dasar sosiologi apa saja yang terkait dengan pembahasan masalah yang sedang dikaji? 7. Ditinjau dari aspek tujuan pembelajaran, apa kandungan sikap/nilai yang dapat dikembangkan terhadap sikap dan perilaku pada siswa SD? LEMBAR OBSERVASI KETERAMPILAN NILAI NO ASPEK YA TIDAK 1 Mengemukakan alternatif berikut konsekuensinya 2 Memilih alternatif 3 Menghargai pilihan alternatif 4 Menetapkan/melaksanakan alternatif yang dipilih 5 Mengidentifikasi nilai 6 Mengidentifikasi sumber nilai 7 Mengidentifikasi konflik nilai 8 Menyusun nilai dari susunan yang terpenting 9 Membedakan pertanyaan nilai dari pertanyaan pengetahuan 10 Menyediakan fakta untuk mendukung atau menyangkal sebuah keputusan/pendapat nilai 11 Menbuat keputusan moral 12 Memutuskan sebagai sesuatu yang baik atau buruk 13 Menyetujui atau menyanggah 14 Memutuskan sebagai sesuatu yang indah atau jelek Sumber: Woolever, R and Scott, K.P. (1988). Active Learning in Social studies-Promoting Cognitive and Social Growth. Scott, Foresman and Company Boston London. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324321 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Konsep Dasar IPS 1 / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324321 Pertemuan Ke : 12 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mendeskripsikan pengertian antropologi, konsep dasar antropologi, unsur-unsur kebudayaan, peranan antropologi dalam pembelajaran IPS B. Indikator 1. Mahasiswa mampu mengungkapkan kembali pengertian antropologi 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep dasar antropologi 3. Mahasiswa mampu menganalisis unsur-unsur kebudayaan 4. Mahasiswa mampu menyimpulkan peranan antropologi dalam IPS C. Materi 1. Pengertian antropologi 2. Konsep dasar antropologi 3. Unsur-unsur kebudayaan 4. Peranan antrolopogi dalam IPS D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan konsep 2. Deduktif-induktif 3. Tanya jawab 4. Penugasan E. Langkah-Langkah Pembelajaran Tahap Kegiatan: 1. Persiapan (10 menit): a. Menyampaikan ucapan salam b. Menciptakan kondisi kelas c. Memperkenalkan diri dan berusaha mengenal mahasiswa d. Menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai e. Menjelaskan manfaat bahan pembelajaran f. Menghubungkan bahan kajian dengan materi sebelumnya g. Menggali pengalaman belajar dan pengetahuan awal berkenaan dengan lingkup materi yang akan dikaji h. Menyiapkan sarana yang diperlukan 2. Pelaksanaan/Penyajian (120 menit): a. Penyajian materi tentang konsep dasar sosiologi dan antropologi serta masalah-masalah yang berkaitan dengan kajian sosial dan kebudayaan dalam bentuk paparan, tanya jawab melalui proses eksploratif, elaboratif, dan konfirmatorik. 3. Penutup (20 menit): a. Menyimpulkan materi yang dibahas b. Melakukan assesment dan penilaian hasil belajar c. Penjelasan tugas pengayaan yang harus dilaksanakan d. Menyampaikan ucapan salam perpisahan F. Media/Sumber Belajar LCD Projector, Notebook, White board, Hand-Out Jurnal dan buku-buku yang relevan G. Penilaian Instrumen Penilaian: 1. Jelaskan kembali pengertian antropologi? 2. Sebutkan dan jelaskan konsep dasar antropologi yang relevan dengan pembelajaran di SD! 3. Berikan 5 contoh fenomena yang menjadi masalah degradasi nilai-nilai budaya dewasa ini? 4. Sebutkan dan jelaskan unsur-unsur pembentuk kebudayaan! 5. Apa implikasi kajian antropologi bagi pembelajaran IPS SD? Tugas untuk pertemuan selanjutnya PERTANYAAN-PERTANYAAN UNTUK BAHAN DISKUSI (KAJIAN ANTROPOLOGI-IPS) Tugas Kelompok 1. Pilih satu suku atau etnis yang terdapat di Indonesia (pastikan setiap kelompok memilih suku/etnis yang berbeda) 2. Kemudian identifikasi unsur-unsur kebudayaannya (seperti perkakas, rumah/tempat tinggal, pakaian, seni, dan lain sebagainya) 3. Lengkapi tugas tersebut dengan gambar yang relevan (buat dalam bentuk poster yang menarik) Tugas Individu KONSEP * Budaya * Ciri-ciri budaya (culture traits) * Keluarga batih (nuclear family) * Artefak * Tahapan perkembangan teknologi * Difusi * Tradisi * Rumah adat * Masyarakat agraris * Kebutuhan dasar manusia * Keyakinan agama * Masyarakat industri * Tradisi perkawinan * Perubahan budaya * Ras/etnis suku bangsa * Perkakas * Pakaian * Nilai * Bahasa * Adat istiadat * Upacara * Wilayah budaya * Pola tempat tinggal * Aktivitas pekerjaan * Masyarakat nomaden * Masyarakat pertanian * Makanan * Perhiasan tubuh * Pola hubungan kekeluargaan * Aturan warisan * Pembagian kerja * Pantangan/larangan * Enkulturasi * Bentuk-bentuk kesenian * Akulturasi Selanjutnya tugas diupload di pgsd elearning KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324321 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Konsep Dasar IPS 1 / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324321 Pertemuan Ke : 13 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mencakup uraian tentang (1) pemahaman fenomena dinamika budaya dan perkembangan masyarakat (menjelaskan fenomena aktual terkait dinamika budaya beserta perubahanya yang berkembang di masyarakat, (2) pemahaman pluralistik etnis dan budaya Bangsa Indonesia (menjelaskan pengertian etnis dan suku bangsa, menjelaskan wawasan multikultural bagi warga negara yang demokratis, menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan pluralistik bangsa Indonesia) B. Indikator 1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai gejala/fenomena sosial dan budaya 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi faktor penyebab dan dampak yang ditimbulkan dari gejala sosial dan budaya 3. Mahasiswa mampu merumuskan strategi dan alternatif pemecahan dalam mengatasi persoalan yang ditimbulkan dari gejala sosial dan budaya 4. Mahasiswa mampu menyimpulkan implikasi kajian gejala-gejala sosial dan budaya dalam pembelajaran IPS SD C. Materi 1. Berbagai gejala/fenomena sosial yang menjadi isu-isu aktual 2. Analisis faktor penyebab dan dampak gejala sosial dan pengaruhnya terhadap kualitas kehidupan interaksi manusia 3. Analisis SWOT D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan pembelajaran berbasis masalah 2. Strategi bertanya (questioning) E. Langkah-Langkah Pembelajaran Tahap Kegiatan: 1. Persiapan (10 menit): a. Menyampaikan ucapan salam b. Menciptakan kondisi kelas c. Menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai d. Menjelaskan manfaat bahan pembelajaran e. Menggali pengalaman belajar dan menghubungkan bahan kajian dengan materi sebelumnya f. Menyiapkan sarana yang diperlukan 2. Pelaksanaan/Penyajian (120 menit) a. Membagi mahasiswa menjadi enam kelompok yang terdiri antara 4-6 orang. Selanjutnya setiap kelompok diminta memilih topik yang berkaitan dengan masalah sosial dan kebudayaan untuk diselidiki. Pemilihan topik/masalah harus relevan dengan bahan kajian kompetensi IPS SD. b. Melalui pengarahan, mahasiswa dibantu untuk mendefinisikan/memformulasikan masalah, membuat rumusan, mengajukan hipotesis, merencanakan bagaimana mengumpulkan data dengan memanfaatkan penelurusan secara online (internet) dan offline (perpustakaan). c. Mahasiswa dipastikan terlibat penuh dan bertanggungjawab untuk menganalisis dan mengolah informasi yang telah mereka kumpulkan untuk dipresentasikan pada kelompok lain. d. Meminta mahasiswa untuk memberikan penyajian hasil akhir. e. Pada tahap akhir, mahasiswa membandingkan penemuan-penemuan dan perspektif-perspektif dan mendiskusikan persamaan dan perbedaannya. 3. Penutup (20 menit): a. Menyimpulkan materi yang dibahas b. Melakukan assesment dan penilaian hasil belajar c. Penjelasan tugas pengayaan yang harus dilaksanakan d. Menyampaikan ucapan salam perpisahan F. Media/Sumber Belajar LCD Projector, Notebook, White board, Hand-Out, CD interaktif Jurnal dan buku-buku yang relevan G. Penilaian 1. Penilaian kognitif (terlampir) melalui tes 2. Penilaian keterampilan berpikir (terlampir) melalui observasi 3. Penilaian tugas Jawablah pertanyaan berikut ini. 1. Apa pengertian dasar budaya? 2. Bagaimana peranan budaya dapat berfungsi secara utuh dan menyeluruh? 3. Bagaimana budaya mempengaruhi kepribadian seseorang dalam suatu kelompok? 4. Bagaimana budaya hadir mempengaruhi hubungan antara individu yang satu dengan yang lainnya? 5. Bagaimana budaya berkembang dan berubah? 6. Apa saja cara dalam keseluruhan kebudayaan manusia yang memiliki kesamaan (kebudayaan universal) LEMBAR OBSERVASI KETERAMPILAN BERPIKIR Kelompok :____________________ Nama anggota :____________________ ________________________ ____________________ ________________________ NO ASPEK YA TIDAK 1 Menayakan pertanyaan relevan dan tepat 2 Mengklasifikasian objek atau data 5 Menginterpretasikan data 6 Menganalisis data 7 Meringkas data 8 Mensintesiskan data 9 Mengevaluasi 10 Membuat kesimpulan dari data 12 Membuat keputusan sendiri secara rasional 13 Membuat keputusan kelompok secara demokratis 14 Menemukan penyimpangan 15 Menemukan teknik untuk mempengaruhi dan menyakinkan tentang gagasan yang dimiliki 16 Mendefinisikan istilah secara tepat 19 Membedakan pernyataan fakta dari pernyataan opini 22 Membentuk konsep 23 Membentuk generalisasi 25 Mengenali asumsi yang keliru 26 Menemukan sumber yang dapat dipercaya 27 Mengidentifikasi ambigu pernyataan tuntutan yang samar Sumber: Woolever, R and Scott, K.P. (1988). Active Learning in Social studies-Promoting Cognitive and Social Growth. Scott, Foresman and Company Boston London. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324321 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Konsep Dasar IPS 1 / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324321 Pertemuan Ke : 14 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mencakup uraian tentang pengertian politik dan pemerintahan, konsep dasar kajian politik dan pemerintahan seperti sistem demokrasi, sistem pemerintahan, struktur politik dan pemerintahan B. Indikator 1. Mahasiswa mampu mengungkapkan kembali pengertian politik dan pemerintahan 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep dasar politik dan pemerintahan 3. Mahasiswa mampu menganalisis unsur-unsur dalam politik dan pemerintahan 4. Mahasiswa mampu menyimpulkan peranan kajian politik dan pemerintahan dalam IPS C. Materi 1. Pengertian politik dan pemerintahan 2. Konsep dasar kajian politik dan pemerintahan 3. Unsur-unsur politik dan pemerintahan 4. Peranan kajian politik dan pemerintahan dalam IPS D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan konsep 2. Tanya jawab 3. Studi kasus 4. Penugasan E. Langkah-Langkah Pembelajaran Tahap Kegiatan: 1. Persiapan (10 menit): a. Menyampaikan ucapan salam b. Menciptakan kondisi kelas c. Memperkenalkan diri dan berusaha mengenal mahasiswa d. Menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai e. Menjelaskan manfaat bahan pembelajaran f. Menghubungkan bahan kajian dengan materi sebelumnya g. Menggali pengalaman belajar dan pengetahuan awal berkenaan dengan lingkup materi yang akan dikaji h. Menyiapkan sarana yang diperlukan 2. Pelaksanaan/Penyajian (120 menit): a. Penyajian materi tentang konsep dasar politik dan pemerintahan serta masalah-masalah yang berkaitan dengan kajian kritis tentang praktek politik dan pemerintahan nasional dalam bentuk paparan, tanya jawab melalui proses eksploratif, elaboratif, dan konfirmatorik. 3. Penutup (20 menit) a. Menyimpulkan materi yang dibahas b. Melakukan assesment dan penilaian hasil belajar c. Penjelasan tugas pengayaan yang harus dilaksanakan d. Menyampaikan ucapan salam perpisahan F. Media/Sumber Belajar LCD Projector, Notebook, White board, Hand-Out Jurnal dan buku-buku yang relevan G. Penilaian Instrumen Penilaian: 1. Jelaskan kembali pengertian politik dan pemerintahan? 2. Sebutkan dan jelaskan konsep dasar politik dan pemerintahan yang relevan dengan pembelajaran di SD! 3. Sebutkan unsur-unsur yang terdapat dalam politik dan pemerintahan!Berikan lima contoh lembaga politik dalam sistem ketatanegaraan nasional saat ini? 4. Apa implikasi kajian politik dan pemerintahan bagi pembelajaran IPS SD? Tugas untuk pertemuan selanjutnya PERTANYAAN-PERTANYAAN UNTUK BAHAN DISKUSI (KAJIAN POLITIK DAN PEMERINTAHAN-IPS) Tugas Kelompok Pilihlah salah satu lembaga politik/pemerintahan dibawah ini: 1. Presiden dan Wakil Presiden 2. MPR dan DPR 3. Mahkamah Konstitusi (MK) 4. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 5. Partai Politik (parpol) 6. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bersama kelompok anda, jawablah pertanyaan-pertanyaaan dibawah ini! 1. Berikan definisi yang lengkap dan jelas dari lembaga tersebut! 2. Mengapa lembaga tersebut diperlukan dalam struktur ketatanegaraan/pemerintahanan negara Republik Indonesia? 3. Bagaimana tugas, fungsi, wewenang, kedudukan dan peranan lembaga tersebut dalam sistem ketatanegaraan kita! 4. Berdasarkan pemikiran kelompok Anda, bagaimana kinerja lembaga tersebut dewasa ini? Sertai dengan data-data yang mendukung dan relevan! Tugas Individu KONSEP * Kekuasaan * Masyarakat * Negara * Kebebasan politik * Aturan mayoritas * Proses pengambilan keputusan * Hukum * Legislatif * Unit politik * Pemilihan * Pajak * Diskriminasi * Otokrasi * Monarki * Diktator * Ideologi * Komunisme * Kapitalisme * Kelas sosial * Lembaga * Nilai * Kebebasan * Kelompok minoritas * pemerintahan * organisasi * bangsa * tanggungjawab * keputusan politik * hak asasi manusia * partai politik * aturan * pemimpin politik * kelompok agama * perubahan sosial * keputusan politik * perubahan sosial * kelompok penekan/kepentingan * demokrasi * oligarki * konstitusi * nasionalisme * sosialisme * propaganda * kebijakan publik * keadilan * kesetaraan * kekuatan militer * warganegara sipil Selanjutnya tugas diupload di pgsd elearning KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324321 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Konsep Dasar IPS 1 / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324321 Pertemuan Ke : 15 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mencakup uraian tentang pemahaman sistem pemerintahan menurut UUD 1945, struktur politik dan pemerintahan menurut UUD 1945 serta menjelaskan pelaksanaan sistem pemerintahan berdasarkan prinsip clean government dan good government B. Indikator 1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian masing lembaga-lembaga politik dalam sistem ketatanegaraan negara RI 2. Mahasiswa mampu menjelaskan rasionalisasi latar belakang pembentukan masing-masing lembaga politik dalam sistem ketatanegaraan negara RI 3. Mahasiswa mampu menganalisis tugas, fungsi, wewenang, kedudukan dan peranan masing-masing lembaga politik 4. Mahasiswa mampu mengevaluasi secara kritis terkait dengan kinerja masing-masing lembaga politik dalam sistem ketatanegaraan negara RI C. Materi 1. Sistem Pemerintahan menurut UUD 1945 2. Struktur politik dan pemerintahan menurut UUD 1945 3. Lembaga-lembaga politik dalam sistem ketatanegaraan negara RI 4. Prinsip-prinsip clean government dan good government D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pembelajaran inquiry dan discovery 2. Keterampilan Berpikir 3. Strategi bertanya (questioning) E. Langkah-Langkah Pembelajaran Tahap Kegiatan: 1. Persiapan (10 menit): a. Menyampaikan ucapan salam b. Menciptakan kondisi kelas c. Menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai d. Menjelaskan manfaat bahan pembelajaran e. Menggali pengalaman belajar dan menghubungkan bahan kajian dengan materi sebelumnya f. Menyiapkan sarana yang diperlukan 2. Pelaksanaan/Penyajian (120 menit): a. Membagi mahasiswa menjadi enam kelompok yang terdiri antara 4-6 orang. Selanjutnya setiap kelompok diminta memilih topik yang berkaitan dengan kajian politik dan pemerintahan untuk diselidiki. Pemilihan topik/masalah harus relevan dengan bahan kajian kompetensi IPS SD. b. Melalui pengarahan, mahasiswa dibantu untuk mendefinisikan/memformulasikan masalah, membuat rumusan, mengajukan hipotesis, merencanakan bagaimana mengumpulkan data dengan memanfaatkan penelurusan secara online (internet) dan offline (perpustakaan). c. Mahasiswa dipastikan terlibat penuh dan bertanggungjawab untuk menganalisis dan mengolah informasi yang telah mereka kumpulkan untuk dipresentasikan pada kelompok lain. d. Meminta mahasiswa untuk memberikan penyajian hasil akhir. e. Pada tahap akhir, mahasiswa membandingkan penemuan-penemuan dan perspektif-perspektif dan mendiskusikan persamaan dan perbedaannya. 3. Penutup (20 menit): a. Menyimpulkan materi yang dibahas b. Melakukan assesment dan penilaian hasil belajar c. Penjelasan tugas pengayaan yang harus dilaksanakan d. Menyampaikan ucapan salam perpisahan F. Media/Sumber Belajar LCD Projector, Notebook, White board, Hand-Out, Jurnal dan buku-buku yang relevan G. Penilaian 1. Penilaian kognitif (terlampir) melalui tes 2. Penilaian keterampilan berpikir (terlampir) melalui observasi 3. Penilaian tugas Jawablah pertanyaan berikut ini. 1. Berikan definisi yang lengkap dan jelas dari lembaga tersebut! 2. Mengapa lembaga tersebut diperlukan dalam struktur ketatanegaraan/pemerintahanan negara Republik Indonesia? 3. Bagaimana tugas, fungi, wewenang, kedudukan dan peranan lembaga tersebut dalam sistem ketatanegaraan kita! 4. Berdasarkan pemikiran kelompok Anda, bagaimana kinerja lembaga tersebut dewasa ini? Sertai dengan data-data yang mendukung dan relevan! LEMBAR OBSERVASI KETERAMPILAN BERPIKIR Kelompok :____________________ Nama anggota :____________________ ________________________ ____________________ ________________________ NO ASPEK YA TIDAK 1 Menayakan pertanyaan relevan dan tepat 2 Mengklasifikasian objek atau data 5 Menginterpretasikan data 6 Menganalisis data 7 Meringkas data 8 Mensintesiskan data 9 Mengevaluasi 10 Membuat kesimpulan dari data 12 Membuat keputusan sendiri secara rasional 13 Membuat keputusan kelompok secara demokratis 14 Menemukan penyimpangan 15 Menemukan teknik untuk mempengaruhi dan menyakinkan tentang gagasan yang dimiliki 16 Mendefinisikan istilah secara tepat 19 Membedakan pernyataan fakta dari pernyataan opini 22 Membentuk konsep 23 Membentuk generalisasi 25 Mengenali asumsi yang keliru 26 Menemukan sumber yang dapat dipercaya 27 Mengidentifikasi ambigu pernyataan tuntutan yang samar Sumber: Woolever, R and Scott, K.P. (1988). Active Learning in Social studies-Promoting Cognitive and Social Growth. Scott, Foresman and Company Boston London. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324321 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Konsep Dasar IPS 1 / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324321 Pertemuan Ke : 16 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mencakup uraian tentang keseluruhanan materi yang telah dibahas dan menyimpulkan secara utuh dan menyeluruh konsep-konsep esensial ilmu sosial dan implikasinya dalam pembelajaran IPS di SD B. Indikator 1. Mahasiswa mampu mengkonstruk kembali hakikat dan rasionalisasi pendidikan IPS di jenjang pendidikan dasar (SD/MiI) 2. Mahasiswa mampu merumuskan secara utuh dan menyeluruh konsep dasar IPS ke dalam pengembangan pendidikan IPS 3. Mahasiswa mampu mengorganisasikan kembali ruang lingkup kajian sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi dan politik-pemerintahan dalam pengembangan pendidikan IPS di SD 4. Mahasiswa mampu menyimpulkan kedudukan ilmu-ilmu sosial dan peranan konsep dasar IPS dalam pengembangan pendidikan IPS C. Materi Review materi pembelajaran konsep dasar IPS (pertemuan 1 s.d 15) D. Pendekatan/Model/Metode 1. Refleksi 2. Strategi bertanya (questioning) 3. Tanya jawab 4. Deduktif-induktif E. Langkah-Langkah Pembelajaran Langkah-langkah Perkuliahan Tahapan Kegiatan Kegiatan Awal/ Pendahuluan (10 menit) * Menyampaikan ucapan salam * Apersepsi, terkait dengan serangkaian pengetahuan dan pengalaman seluruh proses dan hasil perkuliahan Kegiatan Inti (120 menit) * Dosen berusaha menggali pengetahuan, pemahaman serta pengalaman mahasiswa terkait proses pembelajaran dan hasil yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan melalui penggunaan strategi bertanya (teknik konvergen, divergen, probing, promting), curah gagasan, tanya jawab, memberikan penguatan dan membangun pemahaman melalui proses eksploratif, elaboratif, dan konfirmatorik. * Mahasiswa diberi kesempatan menyampaikan usulan, saran secara kritis sebagian bagian dari upaya perbaikan dan penyempurnaan pelaksaan perkuliahan untuk kajian rumpun ke IPS-an dimasa yang akan datang * Dosen mengakomodir dan menanggapi secara serius usulan mahasiswa sebagai input untuk perbaikan, bahan pertimbangan dan penyempurnaan mata kuliah " konsep dasar IPS" Kegiatan Akhir/ Penutup (20 menit) * Untuk terakhir kalinya, dosen memberi penguatan terhadap pentingnya pemahaman dan penguasaan konsep dasar IPS sebagai pintu masuk (entry point) untuk mengkaji lebih jauh tentang kajian atau mata kuliah rumpun ke IPS-an * Dosen memberikan gambaran singkat tentang kisi-kisi bahan Ujian Akhir Semester * Dosen mengucapkan salam perpisahan F. Media/Sumber Belajar 1. Alat dan media : Laptop dan LCD 2. Sumber : a. Hasan, Said Hamid. (1996). Pendidikan Ilmu Sosial. Jakarta: Dirjen. Dikti, Depdikbud RI. b. N. Supriatna, S. Mulyani, dan A.Rokhayati. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bahan Belajar Mandiri Universitas Pendidikan Indonesia. UPI Press Bandung. c. Skeel, Dorothy J. (1995). Elementery Social Studies-Challenges for Tomorrow's World. Harcourt Brace College Publishers d. Somantri, Nu'man. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Rosda. e. Sumaatmadja, Nursid.(2005). Konsep Dasar IPS. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka. f. Subroto, T. Waspodo & Suhanaji. (2005). Pengetahuan Dasar Ilmu-Ilmu Sosial. Surabaya: Insan Cendikia G. Penilaian