| www.unesa.ac.id | pdpt.unesa.ac.id

KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231

KAMPUS LIDAH WETAN
Jl. Lidah Wetan, Surabaya
info@unesa.ac.id

Silabus GBRP-Konsep Dasar IPS 1
FileName : Silabus GBRP-Konsep Dasar IPS 1.doc
FileType : application/msword
FileSize : 145 KB
Download



Plain Text Preview

KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : GBRP-64324321 GARIS-GARIS BESAR RENCANA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/SKS : Konsep Dasar IPS 1 / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324321 Prasyarat : Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah Konsep Dasar IPS SD ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang konsep dasar IPS sebagai landasan kajian yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi geografi, sosiologi, antropologi, ekonomi, sejarah, politik, keterampilan dan nilai-nilai. Mata kuliah ini meliputi hakekat dan karakteristik pendidikan IPS, cakupan konsep-konsep dasar geografi, sosiologi, antropologi, ekonomi, sejarah, politik, Pengembangan keterampilan dasar IPS, individu dan masyarakat dalam proses sosial budaya, negara dan pemerintahan, Aturan-aturan dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara, manusia dan lingkungan, pengaruh budaya luar terhadap budaya Indonesia, perjuangan Bangsa Indonesia untuk mencapai Kemerdekaan, Perekonomian Indonesia, Pembangunan di Indonesia. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memahami konsep esensial displin ilmu-ilmu sosial untuk dikembangkan dalam kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI). Buku Wajib : 1. N. Supriatna, S. Mulyani, dan A.Rokhayati. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bahan Belajar Mandiri Universitas Pendidikan Indonesia. UPI Press Bandung. 2. Sapriya, D. Sundawa, dan I. Masyitoh. (2007). Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS SD. Bahan Belajar Mandiri Universitas Pendidikan Indonesia. UPI Press Bandung. 3. Sapriya, T. Istianti, dan E. Zulkifli. (2007). Pengembangan Pendidikan IPS SD. Bahan Belajar Mandiri Universitas Pendidikan Indonesia. UPI Press Bandung. 4. Udin.S. Winataputra. (2002). Materi Pembelajaran IPS SD. Puat Penerbitan Universitas Terbuka. 5. Bank, James A. (1990). Teaching Strategies for The Social Studies-Inquiry, Valuing, and Decision Making. Longman New York and London 6. Skeel, Dorothy J. (1995). Elementery Social Studies-Challenges for Tomorrow's World. Harcourt Brace College Publishers 7. Woolever, R and Scott, K.P. (1988). Active Learning in Social studies-Promoting Cognitive and Social Growth. Scott, Foresman and Company Boston London. 8. Somantri, Nu'man. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Rosda. 9. Sumaatmadja, Nursid.(2005). Konsep Dasar IPS. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka. 10. Suhanaji & Subroto, T. Waspodo. (2004). Pendidikan IPS. Surabaya: Insan Cendikia. 11. Subroto, T. Waspodo & Suhanaji. (2005). Pengetahuan Dasar Ilmu-Ilmu Sosial. Surabaya: Insan Cendikia Pertemuan Ke Kompetensi Materi Kegiatan Pembelajaran Indikator Kompetensi Rujukan 1-2 Mendeskripsikan pengertian, tujuan, karakteristik, ruang lingkup, serta kedudukan ilmu-ilmu sosial dalam IPS 1. Beberapa pengertian IPS dari para pakar/ahli 2. Tujuan pendidikan IPS 3. Ruang lingkup pendidikan IPS 4. Kedudukan dan hubungan antara ilmu-ilmu sosial dengan IPS 1. Brainstorming 2. Pemberian Informasi 3. Strategi bertanya (questioning) 4. Tanya jawab 5. Penugasan 1. Mahasiswa mampu mengkonstruk kembali pengertian pendidikan IPS 2. Mahasiswa mampu merumuskan tujuan pendidikan IPS 3. Mahasiswa mampu mengorganisasikan kembali ruang lingkup pendidikan IPS 4. Mahasiswa mampu menyimpulkan kedudukan ilmu-ilmu sosial dalam IPS 3 Mencakup uraian tentang pengertian dan rasionalisasi kajian sejarah untuk pembelajaran di SD, aplikasi konsep dasar kajian sejarah dalam pembelajaran IPS SD, problematika, strategi dan implikasi kajian sejarah dalam pembelajaran IPS SD 1. Pengertian sejarah 1. Konsep dasar sejarah 2. Contoh aplikatif penerapan konsep dasar sejarah 3. Peranan sejarah dalam pembelajaran IPS SD 1. Pendekatan konsep 2. Strategi Bertanya 3. Tanya jawab 4. Penugasan 5. Investigasi kelompok 1. Mahasiswa mampu mengungkapkan kembali pengertian sejarah 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep dasar sejarah 3. Mahasiswa mampu menunjukan contoh-contoh aplikasi konsep dasar sejarah dalam kehidupan sehari-hari 4. Mahasiswa mampu merumuskan kembali implikasi kajian sejarah dalam pembelajaran di SD 5. Mahasiswa mampu menyimpulkan peranan sejarah dalam IPS 4 Mencakup uraian tentang (1) pemahaman peristiwa sejarah Bangsa Indonesia dan situs-situs peninggalan sejarah (zaman prasejarah, menjelaskan pengaruh budaya Hindu, Budha dan Islam serta budaya Barat pada budaya bangsa Indonesia; (2) pemahaman sejarah kebangkitan nasional dalam mencapai kemerdekaan Bangsa Indonesia (menceritakan proses munculnya kebangkitan nasional Bangsa Indonesia, menyebutkan organisasi sosial dan politik pada masa Kebangkitan Nasional, menjelaskan makna Sumpah Pemuda bagi perjuangan mencapai kemerdekaan, menjelaskan perjuangan mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Republik Indonesia. 1. Periodesasi masa prasejarah 2. Periodesasi zaman pengaruh Hindu-Budha 3. Periodesasi Zaman Islam 4. Periodesasi Masa kekuasaan Belanda 5. Periodesasi Kebangkitan nasional 6. Periodesasi zaman kemerdekaan 1. Pendekatan konsep 2. Keterampilan proses 3. Tanya jawab 4. Penugasan 5. FGD 1. Mahasiswa mampu mengungkapkan kembali kronologis masuknya pengaruh Hindu-Budha dan Islam di Indonesia, masa kekuasaan Belanda, era kebangkitan nasional dan zaman perjuangan. 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi contoh penerapan konsep dasar sejarah dalam kronologis masing-masing periode sejarah. 3. Mahasiswa mampu merumuskan kembali implikasi kajian periodesasi sejarah dalam pembelajaran di SD 4. Mahasiswa mampu menyimpulkan peranan dan kandungan nilai periodesasi sejarah dalam pembelajaran IPS 5 Mendeskripsikan pengertian, konsep dasar, ruang lingkup, pendekatan dan perkembangan paradigma, objek material dan objek formal geografi serta kontribusinya dalam IPS 1. 1. Beberapa pengertian geografi dari para pakar/ahli 2. Konsep dasar geografi 3. Pendekatan dan perkembangan paradigma geografi 4. Objek material dan objek formal geografi 5. Peranan bahan kajian sosial (geografi) dalam IPS 1. Pemberian Informasi 2. Strategi bertanya (questioning) 3. Tanya jawab 4. Deduktif-induktif 5. Penugasan 1. Mahasiswa mampu merumuskan pengertian geografi 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep dasar/esensial kajian geografi 3. Mahasiswa mampu mengklasifikasikan pendekatan dan perkembangan paradigma geografi 4. Mahasiswa mampu membedakan objek material dan objek formal geografi 5. Mahasiswa mampu menyimpulkan peranan/kontribusi geografi dalam IPS 6 Mencakup pemahaman tentang kenampakan alam dan gejala alam yang mempe ngaruhinya (menjelaskan pengertian kenampakan alam, menyebutkan macam-macam gejala alam, menyebutkan macam-macam kenampakan alam, menjelaskan pengaruh kenampakan alam pada sosial budaya masyarakat setempat. 1. Analisis gejala kenampakan alam 2. Faktor penyebab dan dampak gejala alam dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia 3. Penerapan pendekatan analisis gejala alam (5 W 1 H) 1. Pemberian Informasi 2. Strategi bertanya (questioning) 3. Tanya jawab 4. Deduktif-induktif 5. Penugasan 1. Mahasiswa mampu menganalisis gejala kenampakan alam 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi Faktor penyebab dan dampak gejala alam dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia 3. Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan analisis gejala alam (5 W 1 H) 7 Mencakup uraian tentang pengertian dan rasionalisasi kajian ekonomi dalam pembelajaran di SD, konsep dasar bahan kajian ekonomi (perilaku ekonomi dan kesejahteraan) dalam pembelajaran IPS SD, problematika, strategi dan implikasi kajian ekonomi dalam pembelajaran IPS SD 1. 1. Pengertian ekonomi 2. Konsep dasar ekonomi 3. Persoalan dan implikasi kajian ekonomi 4. Kedudukan dan peranan kajian ekonomi dalam pembelajaran IPS SD 1. Pendekatan konsep 2. Deduktif-induktif 3. Strategi Bertanya 4. Tanya jawab 5. Inkuiri 1. Mahasiswa mampu mengungkapkan kembali pengertian ekonomi 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep dasar ekonomi 3. Mahasiswa mampu menunjukan contoh-contoh aplikasi konsep dasar ekonomi dalam kehidupan sehari-hari 4. Mahasiswa mampu merumuskan kembali implikasi kajian ekonomi dalam pembelajaran di SD 5. Mahasiswa mampu menyimpulkan peranan ekonomi dalam IPS 8 Mencakup uraian tentang (1) pemahaman berbagai madzhab sistem ekonomi meliputi sosialisme, liberalisme, campuran, kerakyatan, pancasila dan ekonomi islam (menjelaskan macam-macam sistem ekonomi, menyebutkan ciri-ciri ekonomi masing-masing sistem ekonomi, mengidentifikasi pikiran-pikiran pokok serta kelemahaman dan kelebihan masing-masing sistem ekonomi, tokoh pendukung masing-masing sistem ekonomi; (2) menjelaskan peranan kegiatan ekonomi di era globalisasi 1. Sistem ekonomi yang berkembang di dunia (sistem ekonomi liberalisme, sosialisme, campuran, kerakyatan, pancasila dan sistem ekonomi islam) 2. Peranan perekonomian global dan nasional 1. Pendekatan konsep 2. Strategi Bertanya 3. Tanya jawab 4. Presentasi 5. Fokus Group Discusion (FGD) 1. Mahasiswa mampu menyebutkan masing-masing sistem ekonomi di dunia 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri masing-masing mazhab sistem ekonomi 3. Mahasiswa mampu mengklasifikasikan pikiran-pikiran penting dari masing-masing sistem ekonomi 4. Mahasiswa mampu membedakan masing-masing sistem ekonomi dan menunjukan kelebihan serta kelemahan masing-masing 5. Mahasiswa mampu merumuskan kembali peranan kegiatan ekonomi di era globalisasi 6. Mahasiswa mampu menyimpulkan pengaruh perekonomian global terhadap perekonomian nasional 9 UTS 10 Mendeskripsikan pengertian sosiologi, konsep dasar sosiologi, definisi masalah sosial, klasifikasi masalah sosial, peranan sosiologi dalam pembelajaran IPS 1. Pengertian sosiologi 2. Konsep dasar sosiologi 3. Definisi dan klasifikasi masalah-masalah sosial 4. Peranan sosiologi dalam pembelajaran IPS 1. Pendekatan konsep 2. Tanya jawab 3. Studi Kasus 4. Reasoning and Problem Solving 5. Penugasan 1. Mahasiswa mampu mengungkapkan kembali pengertian sosiologi 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep dasar sosiologi 3. Mahasiswa mampu merumuskan kembali definisi masalah sosial 4. Mahasiswa mampu mengklasifikasikan masalah-masalah sosial 5. Mahasiswa mampu menyimpulkan peranan sosiologi dalam IPS 11 Mencakup uraian tentang (1) pemahaman fenomena sosial dan perkembangan masyarakat (menjelaskan fenomena aktual yang berkembang di masyarakatnya, menyebab faktor penyebab dan dampak yang ditimbulkan dari gejala sosial, merumuskan strategi dan alternatif pemecahan penanganan masalah sosial 1. Berbagai gejala/fenomena sosial yang menjadi isu-isu aktual 2. Analisis faktor penyebab dan dampak gejala sosial dan pengaruhnya terhadap kualitas kehidupan interaksi manusia Analisis SWOT 1. Pembelajaran kooperatif (FGD) 2. Decision Making 3. Keterampilan Berpikir 4. Strategi bertanya (questioning) 1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai gejala/fenomena sosial 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi faktor penyebab dan dampak yang ditimbulkan dari gejala sosial 3. Mahasiswa mampu merumuskan strategi dan alternatif pemecahan dalam mengatasi persoalan yang ditimbulkan dari gejala sosial 4. Mahasiswa mampu menyimpulkan implikasi kajian gejala-gejala sosial dalam pembelajaran IPS SD 12 Mendeskripsikan pengertian antropologi, konsep dasar antropologi, unsur-unsur kebudayaan, peranan antropologi dalam pembelajaran IPS 1. Pengertian antropologi 2. Konsep dasar antropologi 3. Unsur-unsur kebudayaan 4. Peranan antrolopogi dalam IPS 1. Pendekatan konsep 2. Deduktif-induktif 3. Tanya jawab 4. Penugasan 1. Mahasiswa mampu mengungkapkan kembali pengertian antropologi 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep dasar antropologi 3. Mahasiswa mampu menganalisis unsur-unsur kebudayaan 4. Mahasiswa mampu menyimpulkan peranan antropologi dalam IPS 13 Mencakup uraian tentang (1) pemahaman fenomena dinamika budaya dan perkembangan masyarakat (menjelaskan fenomena aktual terkait dinamika budaya beserta perubahanya yang berkembang di masyarakat, (2) pemahaman pluralistik etnis dan budaya Bangsa Indonesia (menjelaskan pengertian etnis dan suku bangsa, menjelaskan wawasan multikultural bagi warga negara yang demokratis, menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan pluralistik bangsa Indonesia) 1. Berbagai gejala/fenomena sosial yang menjadi isu-isu aktual 2. Analisis faktor penyebab dan dampak gejala sosial dan pengaruhnya terhadap kualitas kehidupan interaksi manusia Analisis SWOT 1. Pendekatan pembelajaran berbasis masalah 2. Strategi bertanya (questioning) 1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai gejala/fenomena sosial dan budaya 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi faktor penyebab dan dampak yang ditimbulkan dari gejala sosial dan budaya 3. Mahasiswa mampu merumuskan strategi dan alternatif pemecahan dalam mengatasi persoalan yang ditimbulkan dari gejala sosial dan budaya 4. Mahasiswa mampu menyimpulkan implikasi kajian gejala-gejala sosial dan budaya dalam pembelajaran IPS SD 14 Mencakup uraian tentang pengertian politik dan pemerintahan, konsep dasar kajian politik dan pemerintahan seperti sistem demokrasi, sistem pemerintahan, struktur politik dan pemerintahan 1. Pengertian politik dan pemerintahan 2. Konsep dasar kajian politik dan pemerintahan 3. Unsur-unsur politik dan pemerintahan 4. Peranan kajian politik dan pemerintahan dalam IPS 1. Pendekatan konsep 2. Tanya jawab 3. Studi kasus 4. Penugasan 1. Mahasiswa mampu mengungkapkan kembali pengertian politik dan pemerintahan 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep dasar politik dan pemerintahan 3. Mahasiswa mampu menganalisis unsur-unsur dalam politik dan pemerintahan 4. Mahasiswa mampu menyimpulkan peranan kajian politik dan pemerintahan dalam IPS 15 Mencakup uraian tentang pemahaman sistem pemerintahan menurut UUD 1945, struktur politik dan pemerintahan menurut UUD 1945 serta menjelaskan pelaksanaan sistem pemerintahan berdasarkan prinsip clean government dan good government 1. Sistem Pemerintahan menurut UUD 1945 2. Struktur politik dan pemerintahan menurut UUD 1945 3. Lembaga-lembaga politik dalam sistem ketatanegaraan negara RI 4. Prinsip-prinsip clean government dan good government 1. Pembelajaran inquiry dan discovery 2. Keterampilan Berpikir 3. Strategi bertanya (questioning) 1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian masing lembaga-lembaga politik dalam sistem ketatanegaraan negara RI 2. Mahasiswa mampu menjelaskan rasionalisasi latar belakang pembentukan masing-masing lembaga politik dalam sistem ketatanegaraan negara RI 3. Mahasiswa mampu menganalisis tugas, fungsi, wewenang, kedudukan dan peranan masing-masing lembaga politik 4. Mahasiswa mampu mengevaluasi secara kritis terkait dengan kinerja masing-masing lembaga politik dalam sistem ketatanegaraan negara RI 16 Mencakup uraian tentang keseluruhanan materi yang telah dibahas dan menyimpulkan secara utuh dan menyeluruh konsep-konsep esensial ilmu sosial dan implikasinya dalam pembelajaran IPS di SD Review materi pembelajaran konsep dasar IPS (pertemuan 1 s.d 15) 1. Refleksi 2. Strategi bertanya (questioning) 3. Tanya jawab 4. Deduktif-induktif 1. Mahasiswa mampu mengkonstruk kembali hakikat dan rasionalisasi pendidikan IPS di jenjang pendidikan dasar (SD/MiI) 2. Mahasiswa mampu merumuskan secara utuh dan menyeluruh konsep dasar IPS ke dalam pengembangan pendidikan IPS 3. Mahasiswa mampu mengorganisasikan kembali ruang lingkup kajian sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi dan politik-pemerintahan dalam pengembangan pendidikan IPS di SD 4. Mahasiswa mampu menyimpulkan kedudukan ilmu-ilmu sosial dan peranan konsep dasar IPS dalam pengembangan pendidikan IPS