| www.unesa.ac.id | pdpt.unesa.ac.id

KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231

KAMPUS LIDAH WETAN
Jl. Lidah Wetan, Surabaya
info@unesa.ac.id

PENGERTIAN SBM (Pert 1)
FileName : PENGERTIAN SBM (Pert 1).pptx
FileType : application/octet-stream
FileSize : 666.73 KB
Download



Plain Text Preview

PENGERTIAN STRATEGI BELAJAR MENGAJAR Heryanto Nur Muhammad Strategi Belajar Mengajar Pola-pola umum kegiatan guru dan anak didik yang meliputi : * mengidentifikasi serta menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku dan kepribadian anak didik sebagaimana diharapkan. Strategi Belajar Mengajar * Memilih sistem pendekatan belajar mengajar berdasarkan aspirasi dan pandangan hidup masyarakat. Strategi Belajar Mengajar * Memilih dan menetapkan prosedur, metode, dan teknik belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan oleh guru dalam menunaikan kegiatan mengajarnya. Strategi Belajar Mengajar * Menetapkan norma-norma dan batas minimal keberhasilan atau kriteria serta standar keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam melakukan evaluasi. Komponen SBM Ranah Hukum dan Kebijakan. UUD 1945 dan Pancasila UU Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional UU No. 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional Komponen SBM 2. Kurikulum Kurikulum 1975 Kurikulum 1984 (CBSA) kurikulum 1994 kurikulum Berbasis Kompetensi (Suplemen) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Komponen SBM 3. Dokumen Dalam Pembelajaran a. Kalender Pendidikan. b. Silabus c. RPP Lengkap (LKS, Lb. Penilaian, Lb. Pengamatan). d. Daftar Presensi. e. Media Pembelajaran. Komponen SBM 4. Pendekatan Dalam Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Modifikasi Olahraga Komponen SBM 5. MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION (MODEL PEMBELAJARAN Langsung). KOOPERATIF LEARNING (MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF) PROBLEM BASED INSTRUCTION (PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH). INOVASI UNESA 2007-1 Komponen SBM 6. GAYA MENGAJAR GURU (TEACHING STYLE) Command, Practice, Reciprocal, Self-check, Inclusion, Discovery, Divergent, Individual, Learner's Initiated, Self-teaching. Komponen SBM 7. METODE-METODE MENGAJAR ceramah, proyek, eksperimen, tugas dan resitasi, diskusi, demonstrasi, problem solving, tanya jawab, latihan. Komponen SBM 8. GAYA BELAJAR SISWA AUDIO VISUAL KINESTHETIC