| www.unesa.ac.id | pdpt.unesa.ac.id

KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231

KAMPUS LIDAH WETAN
Jl. Lidah Wetan, Surabaya
info@unesa.ac.id

Silabus GBRP-SBM Penjas
FileName : Silabus GBRP-SBM Penjas.doc
FileType : application/msword
FileSize : 3.23 MB
Download



Plain Text Preview

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRAGA Kampus Unesa Lidah Wetan Surabaya 60213 fax. 7532759 Tlp : 7532571 GARIS GARIS BESAR RENCANA PERKULIAHAN 1. Jurusan : Pendidikan Olahraga 2. Program Studi : S1 Penjaskesrek 3. Mata Kuliah : Strategi Belajar Mengajar 4. Kode Mata Kuliah : 46424209 5. SKS : 2 SKS 5. Dosen : Heryanto Nur M, S.Pd. M.Pd. 6. Prasyarat :Telah mengikuti mata kuliah dasar- dasar pendidikan jasmani. 7. Diskripsi Matakuliah : Mata Kuliah Strategi Belajar mengajar memberikan bekal pada mahasiswa tentang pengetahuan umum Dedaktik Metodik dalam PBM, menguasai Interaksi Belajar Mengajar, terampil mengunakan media dan metode pembelajaran dan menguasai pengelolaan kelas. 8. Buku Sumber : a. A.M., Sardiman, 1994, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, PT Rajawali Grafindo persada. b. Bucher, Charles A. dan A. Wuest, Deborah, 1995, Foundations of Physical Education and Sport ,twelefth edition, New York, Mosby. c. Ewell, Peter T., dan Lisensky Robert P.,1988 Assessing Institutional Effectiveness, Redirecting the Self-Study Proses. Colorado, NCHMSPublications Department, P.O. Drawer P, Builder. d. Enkoswara, 1984, Dasar Dasar Metodologi Pengajaran, Jakarta, Bina Aksara. e. Marland, Michael, 1990, Seni mengelole kelas, Semarang, Dahara Price. f. Marzano, Robert J., Pickering, Debra, Mctghe Jay, Assessing Student Outcomess , Alexsandria, Virginia, Assosiatian for supervision. g. Universitas Terbuka, 1991, Materi Pokok Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kenbudayaan, Proyek Penataran Guru SD setara DII, Bagian Penataran Guru Pendidikan Jasmani SD setara DII. 7. Media Pembelajaran : a. AVA b. Transparansi, c. Alat Peraga. 8. Bentuk dan Waktu Evaluasi : a.. Evaluasi Proses : dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. Bentuknya : Asesmen Kinerja b. Evaluasi Akhir : dilakukan pada akhir suatu pokok bahasan. Bentuknya : Tes Tulis dan Asesmen Kinerja, 9. Tugas : a. Memberikan tugas pada mahasiswa secara kelompok untuk membuat artikel serta mempresentasikannya didepan kelas. b. Memberikan tugas pada mahasiswa secara kelompok untuk membuat model pembelajaran pendidikan jasmani. Pertemuan Acara Perkuliahan Aktivitas Kepustakaan 1 Jenis-jenis Pengelolaan Kelas Pemaparan, Diskusi dan Tugas b,e,g 2 Dimensi Pengelolaan Kelas Paparan, Tugas Diskusi b, d, e, g 3 Pengelolaan kelas dalam pengajaran secara khusus Diskusi, Pemaparan, Tanya jawab b, d, e, g 4 Pengelolaan Kelas dalam pengajaran Pendidikan jasmani Praktek, Diskusi, Tanya jawab A,b,c,d,e,f,g 5 Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas : 1. Pendekatan perubahan tingkah- laku Praktek, Diskusi, Tanya jawab A,b,c,d,e,f,g 6 Pendekatan Iklim Sosio-Emosional dan Pendekatan Proses Kelompok Praktek, Diskusi, Tanya jawab A,b,c,d,e,f,g 7 Interaksi Belajar Mengajar dan Mekanisme Belajar mengajar Praktek, Diskusi, Tanya jawab A,b,c,d,e,f,g 8 UTS Tes Tulis 9 Faktor-faktor yang mempengaruhi Proses belajar mengajar Praktek, Diskusi, Tanya jawab A,b,c,d,e,f,g 10 Interaksi antar Pribadi Praktek, Diskusi, Tanya jawab A,b,c,d,e,f,g 11 Metode interaksi Belajar Mengajar Secara Individu dan Kelompok. Pemaparan, Diskusi, Tanya-jawab A,b,c,d,e,f,g 12 Pengertian Dasar Media Pendidikan dan Peranan Media Pendidikan dan Organisasi Administrasi Media pendidikan Jasmani Praktek, Diskusi, Tanya-jawab b, d, e, g 13 Model-Model Pembelajaran dalam pendidikan Jasmani Paparan, Diskusi, dan Tugas b, d, e, g 14 Model-Model Pembelajaran dalam pendidikan Jasmani Paparan, Diskusi, dan Tugas b, d, e, g 15 Klasifikasi dan Jenis-jenis Media Pendidikan Jasmani Pemaparan, Diskusi, tanya-jawab b, d, e, g 16 Studi Masyarakat dan Pemilihan Media Pendidikan Pemaparan, Diskusi, tanya-jawab A,b,c,d,e,f,g Mengetahui, Dosen Pembina MK Drs. H. Subagyo, M.Pd. NIP. 196810071993031003