| www.unesa.ac.id | pdpt.unesa.ac.id

KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231

KAMPUS LIDAH WETAN
Jl. Lidah Wetan, Surabaya
info@unesa.ac.id

Silabus GBRP-Perkembangan & Belajar Motorik
FileName : Silabus GBRP-Perkembangan & Belajar Motorik.doc
FileType : application/msword
FileSize : 62 KB
Download



Plain Text Preview

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN SILABUS Jurusan : Pendidikan Olahraga Program Studi : S1 Penjaskesrek Mata Kuliah : Perkembangan dan Belajar Gerak Dosen Pembina : 1. Nanik Indahwati, S.Pd., M.Or 2. Anung Priambodo, S.Pd., M.Psi. T. Semester/TA : Gasal (2011/2012) SKS : 2 SKS, Teori Deskripsi Matakuliah : Pemahaman dan penguasaan hakikat perkembangan gerak manusia, keterlibatan unsur-unsur yang mendukung pencapaian penguasaan gerak serta peningkatan keterampilan gerak (skill). Untuk selanjutnya mampu menyusun model-model pembelajaran gerak dalam pendidikan jasmani yang mampu meningkatkan kualitas gerak. Kompetensi : 1. Memahami pengertian gerak dan berbagai klasifikasi (jenis) gerak 2. Memahami tahapan perkembangan gerak anak dari bayi sampai remaja 3. Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan gerak manusia 4. Memahami prinsip-prinsip pembelajaran keterampilan gerak 5. Menyusun model-model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas gerak Kepustakaan : 1. Cech, D & Martin, S. Functional Movement Development Across the Life Span. Philadelpia. W.B. Saunders Company 2. Hurlock, E. 1995. Perkembangan Anak jilid 1. Jakarta: Erlangga. 3. Kiram Y.1992. Belajar Motorik. Jakarta: Dirjen Dikti, Depdikbud. 4. Magill, R.A, 2001. Motor Learning Concepts and Applications. Mc Graw-Hill Int. 5. Mutohir, T.C & Gusril. 2004. Perkembangan Motorik pada masa anak-anak. Jakarta: Dirjen Olahraga, Depdiknas. 6. Papalia, D, Olds, S.W, & Feldman, R.D. 2001. Human Development.Mc Graw-Hill Int 7. Payne, V.G & Isaacs, L.D. 1999. Human Motor Development.A lifespan Approach. California. Mayfield Publishing Company 8. Santrock J.W.2007.Child Development. (Perkembangan Anak. Alih bahasa : Mila dan Anna). Jakarta: Erlangga. 9. Strand & Wilson. 1993. Assessing Sport Skills. The United States of Amerika.Human Kinetics Publishers. 10. Laszlo & Bairstow. 1985. Perceptual Motor Behaviour. Developmental Assesment and Therapy. Great Britain by Mackays of Chatham Ltd. Media Pembelajaran : 1. Hand Oud, LCD, alat peraga 2. Gambar dan video pembelajaran gerak Tugas: 1. Mencari tulisan/artikel terkait materi 2. Melakukan observasi dan membuat laporan tentang perkembangan gerak anak 3. Menyusun model pembelajaran gerak pada kelas tertentu Penilaian: Mahasiswa yang kehadirannya kurang dari 8x tatap muka dan atau pernah melakukan perbuatan tercela dalam perkuliahan ini (seperti memberi data bohong dan mengganggu kelancaran jalannya perkuliahan) maka nilai yang ada hangus (dianggap tidak ada). Sedangkan untuk mahasiswa lainnya, penilaian diproses dengan menggunakan rumus sbb.: Nilai Akhir (NA) = 1. Nilai Partisipasi a. Nilai partisipasi dibuat berdasarkan nilai kehadiran mahasiswa selama mengikuti perkuliahan. Dengan ketentuan 1x tatap muka, nilainya sebagai berikut: * Nilai 0 untuk mahasiswa yang tidak hadir, * Nilai 1 untuk mahasiswa yang tidak hadir karena sakit (dengan menunjukkan surat dokter) dan mahasiswa yang hadir terlambat melebihi waktu toleransi. * Nilai 3 untuk mahasiswa yang tidak hadir karena menjalankan tugas dari kampus/dispensasi (Universitas, Fakultas, Jurusan) * Nilai 4 untuk mahasiswa yang hadir. b. Nilai keaktifan dalam bertanya dan atau menjawab pertanyaan, maksimal adalah 36. Rumus untuk nilai partisipasi adalah sbb.: Nilai Partisipasi = 36 + (Nilai Total Kehadiran) 2. Nilai Tugas Nilai tugas didasarkan pada kebenaran data (orisinilitas), kesesuaian tugas dan kerapian. Rentang nilai adalah 0 - 90. Rumus untuk nilai tugas adalah Total nilai tugas dibagi banyaknya tugas yang diberikan dosen. 3. Nilai Ujian Tengah Semester (UTS) UTS dilaksanakan 1 kali (pertemuan ke-8) dan ujian susulan hanya dapat dilakukan pada minggu berikutnya (pertemuan ke-9). 4. Nilai Ujian Akhir Semester (UAS) Nilai UAS adalah hasil UAS teori yang diadakan sesuai jadwal dari jurusan. Acara Perkuliahan Pert. Ke Acara Perkuliahan Aktivitas Pustaka 1 Pengantar Pertumbuhan dan perkembangan Teori 2,6,7,8 2 Perkembangan Gerak : - Prinsip-prinsip, ciri-ciri, periodisasi) Teori 1,3,4,6 3 Faktor-Faktor pendukung perkembangan gerak dan fase perkembangan gerak pada anak. Teori 1,6,8 4 Perilaku Gerak - periode bayi sampai remaja Teori 1,3,4,8 5 Keterampilan Gerak : - lokomotor, non lokomotor, manipulatif - diskrit, serial, kontinu Teori dan Praktek 3,4,7 6 Keterampilan Gerak : - Open skills and Closed Skills - Self Paced and Externally Paced Teori dan Praktek 3,4,7 7 Domain Psikomotor dalam Belajar Gerak Teori 3,4,6,7 8 Ujian Tengah Semester Teori 1,2,3,4,5,6,7 9 Belajar Gerak : - pengertian - ciri-ciri Teori 3,4 10 Tahap-tahap belajar gerak Teori 1,3,4 11 Sistem Penginderaan dalam Belajar Gerak Teori 3,4 12 Perhatian, dan memory dalam belajar gerak Teori 3,4,7,10 13 Feedback dan reinforcement Teori 3,4,7 14 Transfer of Learning Teori 1,3,7 15 Pengenalan tentang beberapa tes keterampilan gerak Praktek 9,10 16 Penyusunan Program Pembelajaran Gerak sesuai tahapan perkembangan anak. Diskusi 4,5,9,10 .