| www.unesa.ac.id | pdpt.unesa.ac.id

KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231

KAMPUS LIDAH WETAN
Jl. Lidah Wetan, Surabaya
info@unesa.ac.id

SAP-Akuntansi Manajemen
FileName : SAP-Akuntansi Manajemen.doc
FileType : application/msword
FileSize : 400 KB
Download



Plain Text Preview

KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-57424305 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Manajemen / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 57424305 Pertemuan Ke : 1 Alokasi Waktu : A. Kompetensi B. Indikator C. Materi Kontrak Belajar - Kesepakatan tentang model pembelajaran - Kesepakatan tentang referensi yang digunakan dan wajib ada - Kesepakatan tentang penugasan dan waktu penyelesaian tugas - Kesepakatan tentang tes/kuis yang akan dilaksanakan untuk mengetahui pemahaman mahasiswa serta nantinya untuk mengatrol nilai akhir ujian mahasiswa jika nilainya kurang - Kesepakatan tentang ujian semester D. Pendekatan/Model/Metode E. Langkah-Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Dosen memperkenalkan diri dan menjelaskan tentang dosen pengampu matakuliah akuntansi manajemen serta pembagian waktu dan materi kuliah 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang pentingnya mempelajarai akuntansi manajemen Inti (60 menit) Kegiatan 4. Dosen menyampaikan hal-hal yang perlu disepakati selama perkuliahan akuntansi manajemen sebagai kontrak belajar Penutup (10 menit) Kegiatan 5. Dosen meminta mahasiswa membentuk kelompok untuk persiapan presentasi materi pertama pada pertemuan berikutnya 6. Dosen menentukan materi yang harus dipresentasikan masing-masing kelompok F. Media/Sumber Belajar White Board, OHP, Buku Referernsi G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-57424305 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Manajemen / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 57424305 Pertemuan Ke : 2 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa dapat mendeskripsikan perspektif akuntansi manajemen B. Indikator Kompetensi 1. Dapat menjelaskan pekerjaan manajemen serta informasi akuntansi yang dibutuhkan manajemen 2. Dapat membandingkan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen 3. Dapat mendeksripsikan peran akuntansi manajerial dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis dan kompetisi global C. Materi Perspektif Akuntansi Manajemen 1. Pekerjaan Manajemen & Kebutuhan Informasi Akuntansi Manajerial 2. Perbandingan Akuntansi Keuangan dan akuntansi manajerial 3. Perkembangan Peran Akuntansi Manajerial 4. Perubahan Lingkungan Bisnis 5. Kompetisi Global D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang pekerjaan manajemen serta perkembangan akuntansi 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang hubungan pekerjaan manajemen dan akuntansi 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (60 menit) Kegiatan 4. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang Perspektif Akuntansi Manajemen 5. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. 6. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 7. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 8. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan perubahan lingkungan bisnis yang menyebabkan perbaikan manajemen terus-menerus dilakukan meliputi: JIT, TQM, serta TOC F. Media dan Sumber Belajar a. Media - LCD - Power Point - White Board b. Sumber Belajar 1. Garrison, Noreen (2006), Akuntansi Manajerial, Terjemahan : A. Totok Budisantosa. Buku 1, Salemba Empat - Mc Graw Hill Companies, Inc, Jakarta 2. Garrison, Noreen (2006), Akuntansi Manajerial, Terjemahan : A. Totok Budisantosa. Buku 2, Salemba Empat - Mc Graw Hill Companies, Inc, Jakarta 3. Hansen & Mowen (2004), Management Accounting, Edisi 7, Buku 1, Salemba Empat - South-Western College Publishing, Cincinnati, Ohio 4. Hansen & Mowen (2005), Management Accounting, Edisi 7, Buku 2, Salemba Empat - South-Western College Publishing, Cincinnati, Ohio G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-57424305 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Manajemen / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 57424305 Pertemuan Ke : 3 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa dapat menyusun laporan laba rugi dengan pendekatan variable costing B. Indikator Kompetensi 1. Dapat menyusun biaya produksi Absorption dan variable costing 2. Dapat menyusun laporan laba rugi Absorption dan variable costing 3. Dapat mendeskripsikan penyebab perbedaan laba/rugi Absorption dan variable costing 4. Dapat mendeskripsikan dampak perubahan jumlah produksi terhadap laba bersih Absorption dan variable costing C. Materi Variable Costing 1. Perbandingan Biaya produksi Absorption dengan Variable costing 2. Perbandingan Laporan laba rugi Absorption dengan Variable costing 3. Rekonsiliasi Laba/rugi variable costing terhadap laba/rugi full costing 4. Dampak Perubahan produksi terhadap Laba bersih D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang menentukan biaya produksi 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang menghitung biaya produksi dan laporan laba rugi 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (60 menit) Kegiatan 4. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang Variable Costing 5. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. 6. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 7. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 8. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan variable dan absorption costing F. Media dan Sumber Belajar Media 1. LCD 2. Power Point 3. White Board Sumber Belajar 1. Garrison, Noreen (2006), Akuntansi Manajerial, Terjemahan : A. Totok Budisantosa. Buku 1, Salemba Empat - Mc Graw Hill Companies, Inc, Jakarta 2. Garrison, Noreen (2006), Akuntansi Manajerial, Terjemahan : A. Totok Budisantosa. Buku 2, Salemba Empat - Mc Graw Hill Companies, Inc, Jakarta 3. Hansen & Mowen (2004), Management Accounting, Edisi 7, Buku 1, Salemba Empat - South-Western College Publishing, Cincinnati, Ohio 4. Hansen & Mowen (2005), Management Accounting, Edisi 7, Buku 2, Salemba Empat - South-Western College Publishing, Cincinnati, Ohio G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-57424305 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Manajemen / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 57424305 Pertemuan Ke : 4 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa dapat menganalisis biaya, volume penjualan dan laba B. Indikator Kompetensi 1. Dapat menjelaskan tujuan analisis biaya, volume dan laba 2. Dapat menghitung titik impas (BEP) 3. Dapat menganalisis biaya, volume dan laba 4. Dapat menggambar grafik biaya, volume dan laba 5. Dapat menjelaskan resiko dan ketidakpastian dalam analisis biaya, volume dan laba C. Materi Analisis Biaya, Volume dan Laba (Cost Volume Profit Analysis) 1. Tujuan analisis biaya, volume dan laba 2. Titik Impas dalam analisis biaya, volume dan laba untuk berbagai jenis produk 3. Grafik analisis biaya, volume dan laba serta asumsi yang mendasarinya 4. Resiko dan ketidakpastian dalam analisis biaya, volume dan laba D. Pendekatan/Model/Metode 1. Model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang hubungan biaya, volume dan laba 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang pentingnya analisis biaya, volume, dan laba 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (60 menit) Kegiatan 4. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang Analisis biaya, volume, dan laba 5. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. 6. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 7. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dibahas 8. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan anlisis biaya, volumen, dan laba F. Media dan Sumber Belajar a. Media 1. LCD 2. Power Point 3. White Board b. Sumber Belajar 1. Garrison, Noreen (2006), Akuntansi Manajerial, Terjemahan : A. Totok Budisantosa. Buku 1, Salemba Empat - Mc Graw Hill Companies, Inc, Jakarta 2. Garrison, Noreen (2006), Akuntansi Manajerial, Terjemahan : A. Totok Budisantosa. Buku 2, Salemba Empat - Mc Graw Hill Companies, Inc, Jakarta 3. Hansen & Mowen (2004), Management Accounting, Edisi 7, Buku 1, Salemba Empat - South-Western College Publishing, Cincinnati, Ohio 4. Hansen & Mowen (2005), Management Accounting, Edisi 7, Buku 2, Salemba Empat - South-Western College Publishing, Cincinnati, Ohio KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-57424305 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Manajemen / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 57424305 Pertemuan Ke : 5 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa dapat menyusun laporan keuangan dengan pendekatan standard costing B. Indikator Kompetensi 1. Dapat mendeskripsikan biaya standar 2. Dapat menghitung biaya menggunakan pendekatan biaya standar 3. Dapat menganalisis selisih biaya C. Materi Standard Costing 1. Biaya Standar 2. Penentuan Standard Costing 3. Analisis Selisih Biaya D. Pendekatan/Model/Metode 1. Model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang menentukan biaya produksi 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang menghitung biaya produksi dan laporan laba rugi 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (60 menit) Kegiatan 4. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang Variable Coting 5. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. 6. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 7. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 8. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan variable dan absorption costing F. Media dan Sumber Belajar Media 1. LCD 2. Power Point 3. White Board Sumber Belajar 1. Garrison, Noreen (2006), Akuntansi Manajerial, Terjemahan : A. Totok Budisantosa. Buku 1, Salemba Empat - Mc Graw Hill Companies, Inc, Jakarta 2. Garrison, Noreen (2006), Akuntansi Manajerial, Terjemahan : A. Totok Budisantosa. Buku 2, Salemba Empat - Mc Graw Hill Companies, Inc, Jakarta 3. Hansen & Mowen (2004), Management Accounting, Edisi 7, Buku 1, Salemba Empat - South-Western College Publishing, Cincinnati, Ohio 4. Hansen & Mowen (2005), Management Accounting, Edisi 7, Buku 2, Salemba Empat - South-Western College Publishing, Cincinnati, Ohio G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-57424305 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Manajemen / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 57424305 Pertemuan Ke : 6 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa dapat Menganalisis biaya relevan B. Indikator Kompetensi 1. Dapat menjelaskan konsep biaya relevan 2. Dapat menggunakan biaya relevan dalam pengambilan keputusan 3. Dapat menyusun laporan keuangan laba rugi menggunakan pendekatan biaya relevan untuk mendukung proses pengambilan keputusan 4. Dapat menganalisis laporan keuangan laba rugi yang disusun menggunakan pendekatan biaya relevan C. Materi Analisis Biaya Relevan 1. Konsep Biaya Relevan 2. Penggunaan biaya relevan dalam pengambilan keputusan khusus D. Pendekatan/Model/Metode 1. Model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang klasifikasi biaya terkait pengambilan keputusan 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang biaya relevan 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (60 menit) Kegiatan 4. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang analisis biaya relevan 5. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. 6. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 7. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dibahas 8. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan anlisis biaya relevan F. Media dan Sumber Belajar Media 1. LCD 2. Power Point 3. White Board Sumber Belajar 1. Garrison, Noreen (2006), Akuntansi Manajerial, Terjemahan : A. Totok Budisantosa. Buku 1, Salemba Empat - Mc Graw Hill Companies, Inc, Jakarta 2. Garrison, Noreen (2006), Akuntansi Manajerial, Terjemahan : A. Totok Budisantosa. Buku 2, Salemba Empat - Mc Graw Hill Companies, Inc, Jakarta 3. Hansen & Mowen (2004), Management Accounting, Edisi 7, Buku 1, Salemba Empat - South-Western College Publishing, Cincinnati, Ohio 4. Hansen & Mowen (2005), Management Accounting, Edisi 7, Buku 2, Salemba Empat - South-Western College Publishing, Cincinnati, Ohio G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-57424305 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Manajemen / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 57424305 Pertemuan Ke : 7 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa dapat menentukan harga jual dengan berbagai pendekatan B. Indikator Kompetensi 1. Dapat menjelaskan berbagai pendekatan dalam menentukan harga jual 2. Dapat menghitung harga jual menggunakan pendekatan ekonomi 3. Dapat menghitung harga jual menggunakan pendekatan cost plus pricing 4. Dapat menghitung harga jual menggunakan pendekatan time and material pricing C. Materi Pendekatan Harga Jual 1. Pendekatan Ekonomi 2. Pendekatan Cost Plus Pricing 3. Pendekatan Time and material pricing D. Pendekatan/Model/Metode 1. Model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang harga jual 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang komponen pembentuk harga jual 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (60 menit) Kegiatan 4. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang Penentuan harga jual 5. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. 6. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 7. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini atas materi yang sudah dibahas 8. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan harga jual F. Media dan Sumber Belajar Media 1. LCD 2. Power Point 3. White Board Sumber Belajar 1. Garrison, Noreen (2006), Akuntansi Manajerial, Terjemahan : A. Totok Budisantosa. Buku 1, Salemba Empat - Mc Graw Hill Companies, Inc, Jakarta 2. Garrison, Noreen (2006), Akuntansi Manajerial, Terjemahan : A. Totok Budisantosa. Buku 2, Salemba Empat - Mc Graw Hill Companies, Inc, Jakarta 3. Hansen & Mowen (2004), Management Accounting, Edisi 7, Buku 1, Salemba Empat - South-Western College Publishing, Cincinnati, Ohio 4. Hansen & Mowen (2005), Management Accounting, Edisi 7, Buku 2, Salemba Empat - South-Western College Publishing, Cincinnati, Ohio G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-57424305 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Manajemen / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 57424305 Pertemuan Ke : 8 Alokasi Waktu : Ujian Tengah Semester KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-57424305 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Manajemen / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 57424305 Pertemuan Ke : 9 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa dapat mendeskripsikan Activity Based Management B. Indikator Kompetensi 1. Dapat mendeskripsikan perubahan lingkungan produksi 2. Dapat mendeskripsikan munculnya konsep ABM 3. Dapat mendeskripsikan dimensi model ABM 4. Dapat mendeskripsikan pengukuran kinerja berdasatkan model ABM C. Materi Activity Based Management (ABM) 1. Perubahan dalam lingkungan produksi 2. Munculnya konsep ABM 3. Dimensi model ABM 4. Pengukuran kinerja D. Pendekatan/Model/Metode 1. Model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang manajemen berbasis aktivitas 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang pentingnya manajemen berbasis aktivitas 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (60 menit) Kegiatan 4. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang activity based management 5. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. 6. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 7. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 8. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan manajemen berbasis aktivitas F. Media dan Sumber Belajar Media 1. LCD 2. Power Point 3. White Board Sumber Belajar 1. Garrison, Noreen (2006), Akuntansi Manajerial, Terjemahan : A. Totok Budisantosa. Buku 1, Salemba Empat - Mc Graw Hill Companies, Inc, Jakarta 2. Garrison, Noreen (2006), Akuntansi Manajerial, Terjemahan : A. Totok Budisantosa. Buku 2, Salemba Empat - Mc Graw Hill Companies, Inc, Jakarta 3. Hansen & Mowen (2004), Management Accounting, Edisi 7, Buku 1, Salemba Empat - South-Western College Publishing, Cincinnati, Ohio 4. Hansen & Mowen (2005), Management Accounting, Edisi 7, Buku 2, Salemba Empat - South-Western College Publishing, Cincinnati, Ohio G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-57424305 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Manajemen / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 57424305 Pertemuan Ke : 10 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa dapat menghitung harga pokok produk menggunakan pendekatan Activity based costing B. Indikator Kompetensi 1. Dapat menghitung harga pokok produk menggunakan pendekatan tradisional 2. Dapat menjelaskan keterbatasan sistem akuntansi biaya tradisional 3. Dapat menghitung harga pokok produk menggunakan ABC 4. Dapat membandingkan perhitungan harga pokok produk dengan pendekatan tradisional dan ABC 5. Dapat menghitung harga pokok produk dengan pendekatan JIT dan ABC C. Materi Activity Based Costing (ABC) 1. Perhitungan harga pokok produk dengan pendekatan tradisional 2. Keterbatasan sistem akuntansi biaya tradisional 3. Perhitungan harga pokok produk dengan pendekatan ABC 4. Perbandingan harga pokok produk menggunakan sistem biaya tradisional dan ABC 5. Perhitungan harga pokok produk menggunakan pendekatan Just In Time (JIT) dan ABC D. Pendekatan/Model/Metode 1. Model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 4. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang menentukan biaya dengan sistem tradisional 5. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang menghitung biaya produksi dengan metode kontemporer 6. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (60 menit) Kegiatan 9. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang activity based costing 10. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. 11. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 12. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dibahas 13. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan activity based costing F. Media dan Sumber Belajar Media 1. LCD 2. Power Point 3. White Board Sumber Belajar 1. Garrison, Noreen (2006), Akuntansi Manajerial, Terjemahan : A. Totok Budisantosa. Buku 1, Salemba Empat - Mc Graw Hill Companies, Inc, Jakarta 2. Garrison, Noreen (2006), Akuntansi Manajerial, Terjemahan : A. Totok Budisantosa. Buku 2, Salemba Empat - Mc Graw Hill Companies, Inc, Jakarta 3. Hansen & Mowen (2004), Management Accounting, Edisi 7, Buku 1, Salemba Empat - South-Western College Publishing, Cincinnati, Ohio 4. Hansen & Mowen (2005), Management Accounting, Edisi 7, Buku 2, Salemba Empat - South-Western College Publishing, Cincinnati, Ohio G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-57424305 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Manajemen / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 57424305 Pertemuan Ke : 11 Alokasi Waktu : H. Kompetensi Mahasiswa dapat menghitung harga pokok produk menggunakan pendekatan Activity based costing I. Indikator Kompetensi 1. Dapat menghitung harga pokok produk menggunakan pendekatan tradisional 2. Dapat menjelaskan keterbatasan sistem akuntansi biaya tradisional 3. Dapat menghitung harga pokok produk menggunakan ABC 4. Dapat membandingkan perhitungan harga pokok produk dengan pendekatan tradisional dan ABC 5. Dapat menghitung harga pokok produk dengan pendekatan JIT dan ABC J. Materi Activity Based Costing (ABC) 1. Perhitungan harga pokok produk dengan pendekatan tradisional 2. Keterbatasan sistem akuntansi biaya tradisional 3. Perhitungan harga pokok produk dengan pendekatan ABC 4. Perbandingan harga pokok produk menggunakan sistem biaya tradisional dan ABC 5. Perhitungan harga pokok produk menggunakan pendekatan Just In Time (JIT) dan ABC K. Pendekatan/Model/Metode 3. Model pembelajaran kooperatif; 4. Metode: presentasi, diskusi dan pemberian tugas. L. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 7. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang menentukan biaya dengan sistem tradisional 8. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang menghitung biaya produksi dengan metode kontemporer 9. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (60 menit) Kegiatan 14. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang activity based costing 15. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. 16. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 17. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dibahas 18. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan activity based costing M. Media dan Sumber Belajar Media 4. LCD 5. Power Point 6. White Board Sumber Belajar 5. Garrison, Noreen (2006), Akuntansi Manajerial, Terjemahan : A. Totok Budisantosa. Buku 1, Salemba Empat - Mc Graw Hill Companies, Inc, Jakarta 6. Garrison, Noreen (2006), Akuntansi Manajerial, Terjemahan : A. Totok Budisantosa. Buku 2, Salemba Empat - Mc Graw Hill Companies, Inc, Jakarta 7. Hansen & Mowen (2004), Management Accounting, Edisi 7, Buku 1, Salemba Empat - South-Western College Publishing, Cincinnati, Ohio 8. Hansen & Mowen (2005), Management Accounting, Edisi 7, Buku 2, Salemba Empat - South-Western College Publishing, Cincinnati, Ohio N. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-57424305 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Manajemen / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 57424305 Pertemuan Ke : 12 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa dapat menentukan harga pokok produk menggunakan pendekatan Time Driven Activity based Costing B. Indikator Kompetensi 1. Dapat menjelaskan konsep TDABC 2. Dapat mendeskripsikan perhitungan harga pokok produk menggunakan pendekatan TDABC 3. Dapat mendeskripsikan perbandingan harga pokok produk menggunakan pendekatan ABC dan TDABC C. Materi Konsep TDABC 1. Konsep TDABC 2. Perhitungan harga pokok produk menggunakan pendekatan TDABC 3. Perbandingan harga pokok produk menggunakan pendekatan ABC dan TDABC D. Pendekatan/Model/Metode 1. Model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang sistem ABC modern 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang sistem ABC modern 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (60 menit) Kegiatan 9. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang time driven activity based costing 10. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. 11. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 12. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dibahas 13. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan time driven activity based costing system F. Media dan Sumber Belajar Media 1. LCD 2. Power Point 3. White Board Sumber Belajar 1. Garrison, Noreen (2006), Akuntansi Manajerial, Terjemahan : A. Totok Budisantosa. Buku 1, Salemba Empat - Mc Graw Hill Companies, Inc, Jakarta 2. Garrison, Noreen (2006), Akuntansi Manajerial, Terjemahan : A. Totok Budisantosa. Buku 2, Salemba Empat - Mc Graw Hill Companies, Inc, Jakarta 3. Hansen & Mowen (2004), Management Accounting, Edisi 7, Buku 1, Salemba Empat - South-Western College Publishing, Cincinnati, Ohio 4. Hansen & Mowen (2005), Management Accounting, Edisi 7, Buku 2, Salemba Empat - South-Western College Publishing, Cincinnati, Ohio G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-57424305 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Manajemen / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 57424305 Pertemuan Ke : 13 Alokasi Waktu : H. Kompetensi Mahasiswa dapat menentukan harga pokok produk menggunakan pendekatan Time Driven Activity based Costing I. Indikator Kompetensi 4. Dapat menjelaskan konsep TDABC 5. Dapat mendeskripsikan perhitungan harga pokok produk menggunakan pendekatan TDABC 6. Dapat mendeskripsikan perbandingan harga pokok produk menggunakan pendekatan ABC dan TDABC J. Materi Konsep TDABC 4. Konsep TDABC 5. Perhitungan harga pokok produk menggunakan pendekatan TDABC 6. Perbandingan harga pokok produk menggunakan pendekatan ABC dan TDABC K. Pendekatan/Model/Metode 3. Model pembelajaran kooperatif; 4. Metode: presentasi, diskusi dan pemberian tugas. L. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 4. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang sistem ABC modern 5. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang sistem ABC modern 6. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (60 menit) Kegiatan 14. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang time driven activity based costing 15. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. 16. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 17. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dibahas 18. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan time driven activity based costing system M. Media dan Sumber Belajar Media 4. LCD 5. Power Point 6. White Board Sumber Belajar 5. Garrison, Noreen (2006), Akuntansi Manajerial, Terjemahan : A. Totok Budisantosa. Buku 1, Salemba Empat - Mc Graw Hill Companies, Inc, Jakarta 6. Garrison, Noreen (2006), Akuntansi Manajerial, Terjemahan : A. Totok Budisantosa. Buku 2, Salemba Empat - Mc Graw Hill Companies, Inc, Jakarta 7. Hansen & Mowen (2004), Management Accounting, Edisi 7, Buku 1, Salemba Empat - South-Western College Publishing, Cincinnati, Ohio 8. Hansen & Mowen (2005), Management Accounting, Edisi 7, Buku 2, Salemba Empat - South-Western College Publishing, Cincinnati, Ohio N. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-57424305 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Manajemen / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 57424305 Pertemuan Ke : 14 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa dapat menghitung harga transfer dan mengevaluasi kinerja perusahaan B. Indikator Kompetensi 1. Dapat mendeskripsikan akuntansi pertanggungjawaban dan pengukuran kinerja 2. Dapat menghitung harga transfer menggunakan berbagai metode 3. Dapat mengevaluasi kinerja perusahaan ditinjau dari berbagai sudut pandang C. Materi Akuntansi pertanggungjawaban, Evaluasi kinerja, dan harga transfer 1. Mendeskripsikan akuntansi pertanggungjawaban dan pengukuran kinerja 2. Menghitung harga transfer menggunakan berbagai metode 3. Mengevaluasi kinerja perusahaan ditinjau dari berbagai sudut pandang D. Pendekatan/Model/Metode 1. Model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang akuntansi pertanggungjawaban 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang akuntansi pertanggungjawaban 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (60 menit) Kegiatan 4. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang akuntansi pertanggungjawaban 5. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. 6. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 7. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 8. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan akuntansi pertanggungjawaban F. Media dan Sumber Belajar Media 1. LCD 2. Power Point 3. White Board Sumber Belajar 1. Garrison, Noreen (2006), Akuntansi Manajerial, Terjemahan : A. Totok Budisantosa. Buku 1, Salemba Empat - Mc Graw Hill Companies, Inc, Jakarta 2. Garrison, Noreen (2006), Akuntansi Manajerial, Terjemahan : A. Totok Budisantosa. Buku 2, Salemba Empat - Mc Graw Hill Companies, Inc, Jakarta 3. Hansen & Mowen (2004), Management Accounting, Edisi 7, Buku 1, Salemba Empat - South-Western College Publishing, Cincinnati, Ohio 4. Hansen & Mowen (2005), Management Accounting, Edisi 7, Buku 2, Salemba Empat - South-Western College Publishing, Cincinnati, Ohio G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-57424305 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Manajemen / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 57424305 Pertemuan Ke : 15 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa dapat menjelaskan konsep pelaporan corporate social reporting B. Indikator Kompetensi 1. Dapat menjelaskan konsep CSR 2. Dapat mendeskripsikan pelaporan aktivitas CSR bagi perusahaan C. Materi Konsep pelaporan corporate social responsibility 1. Menjelaskan konsep CSR 2. Menjelaskan pelaporan aktivitas CSR bagi perusahaan D. Pendekatan/Model/Metode 1. Model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang tanggung jawab sosial perusahaan 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang pentingnya tanggung jawab sosial perusahaan 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (60 menit) Kegiatan 4. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang Konsep Corporate Social Responsibility 5. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. 6. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 7. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 8. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan aktivitas sosial perusahaan F. Media dan Sumber Belajar Media 1. LCD 2. Power Point 3. White Board Sumber Belajar 1. Garrison, Noreen (2006), Akuntansi Manajerial, Terjemahan : A. Totok Budisantosa. Buku 1, Salemba Empat - Mc Graw Hill Companies, Inc, Jakarta 2. Garrison, Noreen (2006), Akuntansi Manajerial, Terjemahan : A. Totok Budisantosa. Buku 2, Salemba Empat - Mc Graw Hill Companies, Inc, Jakarta 3. Hansen & Mowen (2004), Management Accounting, Edisi 7, Buku 1, Salemba Empat - South-Western College Publishing, Cincinnati, Ohio 4. Hansen & Mowen (2005), Management Accounting, Edisi 7, Buku 2, Salemba Empat - South-Western College Publishing, Cincinnati, Ohio G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-57424305 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Manajemen / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 57424305 Pertemuan Ke : 16 Alokasi Waktu : Ujian Akhir Semester