| www.unesa.ac.id | pdpt.unesa.ac.id

KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231

KAMPUS LIDAH WETAN
Jl. Lidah Wetan, Surabaya
info@unesa.ac.id

SAP-Akuntansi Keuangan II
FileName : SAP-Akuntansi Keuangan II.doc
FileType : application/msword
FileSize : 422.5 KB
Download



Plain Text Preview

KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58423304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58423304 Pertemuan Ke : 1 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu mendeskripsikan Perlakuan Akuntansi atas Aset tetap dan Depresiasi (PSAK 16 - 2010) B. Indikator Kompetensi 1. Dapat Menjelaskan Penentuan harga perolehan aktiva tetap 2. Dapat Menjelaskan dan mnghitung Penentuan harga perolehan 3. Dapat Menjelaskan dan menghitung Metode depresiasi 4. Dapat Menjelaskan dan membedakan Cost Model dan revaluasi C. Materi 1. Penentuan harga perolehan aktiva tetap 2. Penentuan harga perolehan 3. Metode depresiasi Aktiva 4. Cost Model dan revaluasi model D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan permainan, Pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang Perlakuan Akuntansi atas Aset tetap dan Depresiasi (PSAK 16 - 2010) 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang mengapa inflasi bias terjadi mengemas cerita dalam kehidupan sehari-hari yang diamali mahasiswa. 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan 1. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang Perlakuan Akuntansi atas Aset tetap dan Depresiasi 2. (PSAK 16 - 2010) 3. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. (sesi 1) 4. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa 5. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. (Sesi 2) 6. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 1. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 2. Pemberian tugas latihan yang berkaitan Perlakuan Akuntansi atas Aset tetap dan Depresiasi (PSAK 16 - 2010) F. Media/Sumber Belajar a. Media - LCD - Power Point - White Board b. Sumber Belajar 1. IAI, 2010, Stndar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia. 2. Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2009, Accounting Principles. Edisi ke 13 3. Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA. G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58423304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58423304 Pertemuan Ke : 2 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu menjelaskan Perlakuan Akuntansi atas Aset tetap dan Depresiasi (lanjutan) B. Indikator Kompetensi 1. Dapat Menjelaskan, menghitung dan mencatat Pengeluaran selama kepemilikan aset tetap 2. Dapat Menjelaskan, menghitung dan mencatat Penghentian aset tetap 3. Dapat Menjelaskan, menghitung dan mencatat Pertukaran aset tetap dengan aset tetap yang sejenis 4. Dapat Menjelaskan, menghitung dan mencatat Pertukaran aset tetap dengan aset tetap yang tidak sejenis 5. Dapat Menjelaskan, menghitung dan mencatat Pertukaran aset tetap dengan surat berharga 6. Dapat Penyajian aset tetap di neraca C. Materi 1. Pengeluaran selama kepemilikan aset tetap 2. Penghentian aset tetap 3. Pertukaran aset tetap dengan aset tetap yang sejenis 4. Pertukaran aset tetap dengan aset tetap yang tidak sejenis 5. Pertukaran aset tetap dengan surat berharga 6. Penyajian aset tetap di neraca D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan permainan, pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang Perlakuan Akuntansi atas Aset tetap dan Depresiasi (lanjutan) 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu akan pentingnya Perlakuan Akuntansi atas Aset tetap dan Depresiasi (lanjutan) 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan 1. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang Perlakuan Akuntansi atas Aset tetap dan Depresiasi (lanjutan) 2. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. (sesi 1) 3. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa 4. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. (Sesi 2) 5. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 1. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami dan model pembelajaran yang dilakukan. 2. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan Perlakuan Akuntansi atas Aset tetap dan Depresiasi (lanjutan) F. Media/Sumber Belajar a. Media - LCD - Power Point - White Board b. Sumber Belajar 1. IAI, 2010, Stndar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia. 2. Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2009, Accounting Principles. Edisi ke 13 3. Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA. G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58423304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58423304 Pertemuan Ke : 3 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu menjelaskan Perlakuan Akuntansi atas Aset tidak berwujud dan Amortisasi B. Indikator Kompetensi 1. Dapat Menjelaskan Definisi Aset Tidak Berwujud 2. Dapat Menjelaskan Pengakuan dan Pengukuran Aset Tidak Berwujud 3. Dapat Menjelaskan Goodwill 4. Dapat Menjelaskan dan menghitung Amortisasi Aktiva Tidak Berwujud 5. Dapat Menjelaskan Pengungkapan Aktiva Tidak Berwujud dalam Laporan Keuangan C. Materi 1. Definisi Aset Tidak Berwujud 2. Pengakuan dan Pengukuran Aset Tidak Berwujud 3. Goodwill 4. Amortisasi Aktiva Tidak Berwujud 5. Pengungkapan Aktiva Tidak Berwujud dalam Laporan Keuangan D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi, pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang Perlakuan Akuntansi atas Aset tidak berwujud dan Amortisasi 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang Perlakuan Akuntansi atas Aset tidak berwujud dan Amortisasi 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan 1. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang Perlakuan Akuntansi atas Aset tidak berwujud dan Amortisasi 2. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. (sesi 1) 3. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa 4. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. (Sesi 2) 5. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 1. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 2. Pemberian tugas latihan yang berkaitan Perlakuan Akuntansi atas Aset tidak berwujud dan Amortisasi . F. Media/Sumber Belajar Media 1. LCD 2. Power Point 3. White Board G. Sumber Belajar 1. IAI, 2010, Stndar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia. 2. Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2009, Accounting Principles. Edisi ke 13 3. Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA. H. Penilaian 1. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran 2. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58423304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58423304 Pertemuan Ke : 4 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu menjelaskan semua materi pada pertemuan ke 1 s/d ke 3 B. Indikator Kompetensi Mampu menjelaskan semua materi pada pertemuan ke 1 s/d ke 3 C. Materi Pertemuan ke 1 s/d ke 3 D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual 2. Metode: pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (5 menit) Kegiatan Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan Pengerjaan Soal Penutup (25 menit) Kegiatan Pembahasan soal F. Media/Sumber Belajar a. Media Kertas kerja b. Sumber Belajar Materi pertemuan 1 s/d 3 G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58423304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58423304 Pertemuan Ke : 5 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengerjakan perlakuan akuntansi Property Investasi B. Indikator Kompetensi 1. Dapat Menjelaskan Definisi Property Investasi 2. Dapat Menjelaskan Pengakuan Property Investasi 3. Dapat Menjelaskan Pengukuran dan pencatatan Property Investasi 4. Dapat Menjelaskan, menghitung dan mencatat Transaksi yang terkait dengan Property Investasi 5. Dapat Menjelaskan Penyajian Property Investasi C. Materi 1. Definisi Property Investasi 2. Pengakuan Property Investasi 3. Pengukuran Property Investasi 4. Transaksi yang terkait dengan Property Investasi 5. Penyajian Property Investasi D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi, pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang menjelaskan dan mengerjakan perlakuan akuntansi Property Investasi 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang Laporan Posisi Keuangan (Neraca) 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (130 menit) Kegiatan 1. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan menjelaskan dan mengerjakan perlakuan akuntansi Property Investasi 2. 3. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. (sesi 1) 4. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa 5. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. (Sesi 2) 6. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 1. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 2. Pemberian tugas latihan yang berkaitan menjelaskan dan mengerjakan perlakuan akuntansi Property Investasi. F. Media/Sumber Belajar Media 1. LCD 2. Power Point 3. White Board G. Sumber Belajar 1. IAI, 2010, Stndar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia. 2. Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2009, Accounting Principles. Edisi ke 13 3. Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA. H. Penilaian 1. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran 2. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58423304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58423304 Pertemuan Ke : 6 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu menjelaskan perlakuan Akuntansi Tanah B. Indikator Kompetensi 1. Dapat Menjelaskan Definisi Tanah 2. Dapat Menjelaskan Pengakuan Tanah 3. Dapat Menjelaskan Penilaian dan Pengukuran Tanah 4. Dapat Menjelaskan Penyajian Tanah C. Materi 1. Definisi Tanah 2. Pengakuan Tanah 3. Penilaian dan Pengukuran Tanah 4. Penyajian Tanah D. Pendekatan/Model/Metode 3. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 4. Metode: presentasi, diskusi dan permainan, pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang perlakuan Akuntansi Tanah 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu akan pentingnya perlakuan Akuntansi Tanah 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (130 menit) Kegiatan 1. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan perlakuan Akuntansi Tanah 2. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. (sesi 1) 3. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa 4. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. (Sesi 2) 5. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 1. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami dan model pembelajaran yang dilakukan. 2. Pemberian tugas latihan yang berkaitan perlakuan Akuntansi Tanah F. Media/Sumber Belajar a. Media 1. LCD 2. Power Point 3. White Board b. Sumber Belajar 1. IAI, 2010, Stndar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia. 2. Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2009, Accounting Principles. Edisi ke 13 3. Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA. G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58423304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58423304 Pertemuan Ke : 7 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu menjelaskan Perlakuan Akuntansi atas Laibilitas JangkaPendek B. Indikator Kompetensi 1. Dapat Menjelaskan Definisi Laibilitas Jk Pendek 2. Dapat Menjelaskan Transaksi Laibilitas Jangka Pendek 3. Menjelaskan Penyajian Laibilitas Jangka Pendek C. Materi 1. Definisi Laibilitas Jk Pendek 2. Transaksi Laibilitas Jangka Pendek 3. Penyajian Laibilitas Jangka Pendek D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi, pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang Perlakuan Akuntansi atas Laibilitas JangkaPendek 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa atas Perlakuan Akuntansi atas Laibilitas JangkaPendek 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (130 menit) Kegiatan 1. 1. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang Perlakuan Akuntansi atas Laibilitas JangkaPendek 2. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. (sesi 1) 3. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa 4. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. (Sesi 2) 5. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 1. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 2. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan Perlakuan Akuntansi atas Laibilitas JangkaPendek F. Media/Sumber Belajar Media 1. LCD 2. Power Point 3. White Board G. Sumber Belajar 1. IAI, 2010, Stndar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia. 2. Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2009, Accounting Principles. Edisi ke 13 3. Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA. H. Penilaian Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58423304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58423304 Pertemuan Ke : 8 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu menjelaskan materi pada pertemuan 1 s.d 7 B. Indikator Kompetensi Dapat Menjelaskan pentingnya materi pada pertemuan 1 s.d 7 C. Materi materi pada pertemuan 1 s.d 7 D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual 2. Metode: pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (5 menit) Kegiatan Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan Pengerjaan Soal Penutup (25 menit) Kegiatan Pembahasan soal F. Media/Sumber Belajar 1. Media Kertas kerja 2. Sumber Belajar Materi pertemuan 1 s/d 3 G. Penilaian 1. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran 2. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58423304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58423304 Pertemuan Ke : 9 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu menjelaskan Perlakuan Akuntansi atas Laibilitas Jangka Panjang B. Indikator Kompetensi 1. Dapat Menjelaskan Definisi Laibilitas Jk Panjang 2. Dapat Menjelaskan Transaksi Laibilitas Jangka Panjang 3. Menjelaskan Penyajian Laibilitas Jangka Panjang C. Materi 1. Definisi Laibilitas Jk Panjang 2. Transaksi Laibilitas Jangka Panjang 3. Penyajian Laibilitas Jangka Panjang D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi, pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang Perlakuan Akuntansi atas Laibilitas Jangka Panjang 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang Perlakuan Akuntansi atas Laibilitas Jangka Panjang 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan 1. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang Perlakuan Akuntansi atas Laibilitas Jangka Panjang 2. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. (sesi 1) 3. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa 4. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. (Sesi 2) 5. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 1. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 2. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan Perlakuan Akuntansi atas Laibilitas Jangka Panjang F. Media/Sumber Belajar Media 1. LCD 2. Power Point 3. White Board G. Sumber Belajar 1. IAI, 2010, Stndar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia. 2. Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2009, Accounting Principles. Edisi ke 13 3. Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA. I. Penilaian 1. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran 2. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58423304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58423304 Pertemuan Ke : 10 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu menjelaskan Perlakuan Akuntansi atas Hutang Jangka Panjang Obligasi B. Indikator Kompetensi 1. Dapat Menjelaskan Definisi Hutang Obligasi 2. Dapat Menjelaskan Pengakuan Hutang Obligasi 3. Dapat Menjelaskan Premium Hutang Obligasi 4. Dapat Menjelaskan Diskonto Hutang Obligasi 5. Dapat Menjelaskan Bunga Hutang Obligasi 6. Dapat Menjelaskan dan mencatat Pelunasan Hutang Obligasi C. Materi 1. Definisi Hutang Obligasi 2. Pengakuan Hutang Obligasi 3. Premium Hutang Obligasi 4. Diskonto Hutang Obligasi 5. Bunga Hutang Obligasi 6. Pelunasan Hutang Obligasi D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan permainan, pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang Perlakuan Akuntansi atas Hutang Jangka Panjang Obligasi 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu akan pentingnya Perlakuan Akuntansi atas Hutang Jangka Panjang Obligasi 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (130 menit) Kegiatan 1. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang Perlakuan Akuntansi atas Hutang Jangka Panjang Obligasi 2. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. (sesi 1) 3. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa 4. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. (Sesi 2) 5. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 1. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami dan model pembelajaran yang dilakukan. 2. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan Perlakuan Akuntansi atas Hutang Jangka Panjang Obligasi F. Media/Sumber Belajar b. Media 1. LCD 2. Power Point 3. White Board c. Sumber Belajar 1. IAI, 2010, Stndar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia. 2. Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2009, Accounting Principles. Edisi ke 13 3. Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA. G. Penilaian d. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran e. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58423304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58423304 Pertemuan Ke : 11 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu menjelaskan Perlakuan Akuntansi atas Modal Perseorangan, Fa danCV B. Indikator Kompetensi 1. Dapat Menjelaskan Pengertian Ekuitas 2. Dapat Menjelaskan Pencatatan Ekuitas 3. Dapat Menjelaskan Penyajian Ekuitas di Neraca 4. Dapat Menjelaskan Pembagian Laba C. Materi 1. Pengertian Ekuitas 2. Pencatatan Ekuitas 3. Penyajian Ekuitas di Neraca 4. Pembagian Laba D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi, pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang Perlakuan Akuntansi atas Modal Perseorangan, Fa danCV Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang Perlakuan Akuntansi atas Modal Perseorangan, Fa danCV 1. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan 1. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang 2. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. (sesi 1) 3. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa 4. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. (Sesi 2) 5. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 1. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan Perlakuan Akuntansi atas Modal Perseorangan, Fa danCV F. Media/Sumber Belajar Media 1. LCD 2. Power Point 3. White Board Sumber Belajar 1. IAI, 2010, Stndar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia. 2. Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2009, Accounting Principles. Edisi ke 13 3. Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA. G. Penilaian 1. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran 2. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58423304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58423304 Pertemuan Ke : 12 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu menjelaskan materi pada pertemuan 9 s.d 11 B. Indikator Kompetensi Dapat Menjelaskan pentingnya materi pada pertemuan 9 s.d 11 C. Materi materi pada pertemuan 9 s.d 11 D. Pendekatan/Model/Metode 3. Pendekatan: kontekstual 4. Metode: pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (5 menit) Kegiatan Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan Pengerjaan Soal Penutup (25 menit) Kegiatan Pembahasan soal F. Media/Sumber Belajar Media Kertas kerja Sumber Belajar Materi pertemuan 9 s/d 11 G. Penilaian 1. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran 2. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58423304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58423304 Pertemuan Ke : 13 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu menjelaskan Perlakuan Akuntansi atas Modal Perseroan Terbatas (Go Publik) B. Indikator Kompetensi 1. Dapat Menjelaskan Pengertian Modal Saham 2. Dapat Menjelaskan transaksi yang terkait dengan Saham Biasa 3. Dapat Menjelaskan transaksi yang terkait Saham Preferen C. Materi 1. Pengertian Modal Saham 2. Saham Biasa 3. Saham Preferen D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan permainan, pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang Perlakuan Akuntansi atas Modal Perseroan Terbatas (Go Publik) 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu akan pentingnya Perlakuan Akuntansi atas Piutang Wsel 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan 1. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang Perlakuan Akuntansi atas Modal Perseroan Terbatas (Go Publik) 2. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. (sesi 1) 3. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa 4. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. (Sesi 2) 5. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 1. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami dan model pembelajaran yang dilakukan. 2. Pemberian tugas latihan yang berkaitan Perlakuan Akuntansi atas Modal Perseroan Terbatas (Go Publik) F. Media/Sumber Belajar Media : 1. LCD 2. Power Point 3. White Board Sumber Belajar : 1. IAI, 2010, Stndar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia. 2. Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2009, Accounting Principles. Edisi ke 13 3. Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA. G. Penilaian 1. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran 2. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58423304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58423304 Pertemuan Ke : 14 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu menjelaskan Perlakuan Akuntansi Deviden, Laba ditahan dan Paid In Capital B. Indikator Kompetensi 1. Dapat Menjelaskan Pengertian, Jenis Deviden dan pencatatan 2. Dapat Menjelaskan Pengertian, Transaksi dan pencatatan Laba ditahan 3. Dapat Menjelaskan Pengertian, Transaksi dan pencatatan Paid in capital C. Materi 1. Pengertian, Jenis Deviden dan pencatatan 2. Pengertian, Transaksi dan pencatatan Laba ditahan 3. Pengertian, Transaksi dan pencatatan Paid in capital D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi, pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang Perlakuan Akuntansi Deviden, Laba ditahan dan Paid In Capital 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang Perlakuan Akuntansi Deviden, Laba ditahan dan Paid In Capital 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan 1. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang Perlakuan Akuntansi Deviden, Laba ditahan dan Paid In Capital 2. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. (sesi 1) 3. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa 4. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. (Sesi 2) 5. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 1. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 2. Pemberian tugas latihan yang berkaitan Perlakuan Akuntansi Deviden, Laba ditahan dan Paid In Capital F. Media/Sumber Belajar Media 1. LCD 2. Power Point 3. White Board Sumber Belajar 1. IAI, 2010, Stndar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia. 2. Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2009, Accounting Principles. Edisi ke 13 3. Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA. G. Penilaian 1. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran 2. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58423304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58423304 Pertemuan Ke : 15 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu menjelaskan Penyajian Modal Saham B. Indikator Kompetensi Dapat menjelaskan Penyajian Modal Saham C. Materi Penyajian Modal Saham D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan permainan, pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang Penyajian Modal Saham 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu akan pentingnya Penyajian Modal Saham 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan 1. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang Penyajian Modal Saham 2. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. (sesi 1) 3. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa 4. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. (Sesi 2) 5. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 4. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami dan model pembelajaran yang dilakukan. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan Penyajian Modal Saham F. Media/Sumber Belajar Media 1. LCD 2. Power Point 3. White Board Sumber Belajar 1. IAI, 2010, Stndar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia. 2. Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2009, Accounting Principles. Edisi ke 13 3. Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA. G. Penilaian 1. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran 2. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58423304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58423304 Pertemuan Ke : 16 Alokasi Waktu : UAS