| www.unesa.ac.id | pdpt.unesa.ac.id

KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231

KAMPUS LIDAH WETAN
Jl. Lidah Wetan, Surabaya
info@unesa.ac.id

SAP-Akuntansi Keuangan I
FileName : SAP-Akuntansi Keuangan I.doc
FileType : application/msword
FileSize : 431.5 KB
Download



Plain Text Preview

KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58323304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan I / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58323304 Pertemuan Ke : 1 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu mendeskripsikan konsep dasar penyusunan laporan keuangan, B. Indikator Kompetensi 1. Dapat Menjelaskan Laporan keuangan 2. Dapat Menjelaskan Pihak pihak yang terlibat dalam penetapan standar. 3. Dapat Menjelaskan Prinsip Akuntansi yang berlaku Umum 4. Dapat Menjelaskan Pengenalan Empat Pilar Akuntansi 5. Dapat Menjelaskan Pengenalan terhadap IFRS C. Materi 1. Laporan keuangan 2. Pihak pihak yang terlibat dalam penetapan standar. 3. Prinsip Akuntansi yang berlaku Umum 4. Pengenalan Empat Pilar Akuntansi 5. Pengenalan terhadap IFRS D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan permainan, Pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang ruang lingkup dan pentingnya informasi keuangan 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang mengapa inflasi bias terjadi mengemas cerita dalam kehidupan sehari-hari yang diamali mahasiswa. 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (60 menit) Kegiatan 4. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang ruang lingkup dan pentingnya informasi keuangan 5. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. (sesi 1) 6. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa 7. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. (Sesi 2) 8. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 9. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 10. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan Sektor Moneter, Perbankan, dan Pembiayaan. F. Media/Sumber Belajar a. Media - LCD - Power Point - White Board b. Sumber Belajar 1. IAI, 2010, Stndar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia. 2. Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2009, Accounting Principles. Edisi ke 13 3. Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA. G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58323304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan I / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58323304 Pertemuan Ke : 2 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu menjelaskan Sistem Informasi Akuntnsi dan Etika B. Indikator Kompetensi 1. Dapat Menjelaskan pentingnya Sistem Informasi Akuntansi 2. Dapat Mengaplikasikan Siklus Akuntansi 3. Dapat Menjelaskan perbedaan Akuntansi Cash Basis dan Akuntansi Accrual Basis 4. Dapat menjelaskan Etika C. Materi 1. Sistem Informasi Akuntansi 2. Siklus Akuntansi 3. Akuntansi Cash Basis dan Akuntansi Accrual Basis 4. Etika D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan permainan, pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang Sistem Informasi Akuntnsi dan Etika 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu akan pentingnya Sistem Informasi Akuntnsi dan Etika 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan 4. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang Sistem Informasi Akuntnsi dan Etika 5. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. (sesi 1) 6. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa 7. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. (Sesi 2) 8. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 9. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami dan model pembelajaran yang dilakukan. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan Sistem Informasi Akuntansi ,Siklus Akuntansi,Akuntansi Cash Basis dan Akuntansi Accrual Basis Etika F. Media/Sumber Belajar a. Media - LCD - Power Point - White Board b. Sumber Belajar 1. IAI, 2010, Stndar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia. 2. Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2009, Accounting Principles. Edisi ke 13 3. Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA. G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58323304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan I / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58323304 Pertemuan Ke : 3 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu menyusun Laporan Laba Rugi Komprehensif B. Indikator Kompetensi 1. Dapat Mengidentifikasi Elemen elemen Laporan Laba Rugi Komprehensif 2. Dapat Menyusun Laporan Laba Rugi Komprehensif dengan One Statement dan Two Statement C. Materi 1. Elemen elemen Laporan Laba Rugi Komprehensif 2. Menyusun Laporan Laba Rugi Komprehensif dengan One Statement 3. Menyusun Laporan Laba Rugi Komprehensif dengan Two Statement D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi, pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang elemen elemen Laporan Laba Rugi Komprehensif dan Laba Rugi Komprehensif dengan One Statement dan menyusun Laporan Laba Rugi Komprehensif dengan Two Statement 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang penyusunan Laporan Rugi Laba. 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan 1. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang penyusunan Laporan Rugi Laba. 2. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. (sesi 1) 3. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa 4. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. (Sesi 2) 5. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 9. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 10. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan Pengentasan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat. F. Media/Sumber Belajar Media 1. LCD 2. Power Point 3. White Board G. Sumber Belajar 1. IAI, 2010, Stndar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia. 2. Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2009, Accounting Principles. Edisi ke 13 3. Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA. H. Penilaian 1. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran 2. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58323304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan I / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58323304 Pertemuan Ke : 4 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu menjelaskan semua materi pada pertemuan ke 1 s/d ke 3 B. Indikator Kompetensi Mampu menjelaskan semua materi pada pertemuan ke 1 s/d ke 3 C. Materi Pertemuan ke 1 s/d ke 3 D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual 2. Metode: pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (5 menit) Kegiatan Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan Pengerjaan Soal Penutup (25 menit) Kegiatan Pembahasan soal F. Media/Sumber Belajar a. Media Kertas kerja b. Sumber Belajar Materi pertemuan 1 s/d 3 G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58323304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan I / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58323304 Pertemuan Ke : 5 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu menyusun Laporan Posisi Keuangan (Neraca) B. Indikator Kompetensi 1. Dapat menyebutkan Elemen dalam laporan keuangan 2. Dapat Menyusun Laporan Keuangan C. Materi 1. Elemen dalam laporan posisi keuangan 2. Menyusun Laporan Keuangan D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi, pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang Laporan Posisi Keuangan (Neraca) 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang Laporan Posisi Keuangan (Neraca) 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (130 menit) Kegiatan 1. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang Laporan Keuangan 2. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. (sesi 1) 3. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa 4. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. (Sesi 2) 5. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 1. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 2. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan Pengentasan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat. F. Media/Sumber Belajar Media 1. LCD 2. Power Point 3. White Board G. Sumber Belajar 1. IAI, 2010, Stndar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia. 2. Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2009, Accounting Principles. Edisi ke 13 3. Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA. H. Penilaian 1. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran 2. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58323304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan I / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58323304 Pertemuan Ke : 6 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyusun Laporan Arus Kas B. Indikator Kompetensi 1. Dapat Mengidentifikasi Elemen dalam Laporan Arus Kas 2. Dapat Menjelaskan Metode Langsung 3. Dapat Menjelaskan Metode tidak Langsung Dapat Menyususn Laporan Arus Kas C. Materi 1. Elemen dalam Laporan Arus Kas 2. Metode Langsung 3. Metode tidak Langsung 4. Menyususn Laporan Arus Kas D. Pendekatan/Model/Metode 3. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 4. Metode: presentasi, diskusi dan permainan, pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 4. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang Laporan Arus Kas 5. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu akan pentingnya Laporan Arus Kas 6. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (130 menit) Kegiatan 1. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang Laporan Arus Kas 2. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. (sesi 1) 3. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa 4. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. (Sesi 2) 5. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 1. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami dan model pembelajaran yang dilakukan. 2. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan Laporan Arus Kas F. Media/Sumber Belajar a. Media 1. LCD 2. Power Point 3. White Board b. Sumber Belajar 1. IAI, 2010, Stndar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia. 2. Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2009, Accounting Principles. Edisi ke 13 3. Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA. G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58323304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan I / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58323304 Pertemuan Ke : 7 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu menjelaskan Perlakuan Akuntansi atas Kas B. Indikator Kompetensi 1. Dapat Menjelaskan Perlakuan Akuntansi atas Kas di perusahaan 2. Dapat Menyusun Kas Kecil dengan sistem Imprest 3. Dapat Menyusun Kas Kecil dengan sistem Imprest 4. Dapat Menhitung dan menyususn Kas Kecil dengan sistem fluktuasi 5. Dapat Mengerti Perlakuan Akuntansi atas Kas di Bank 6. Dapat Menyusun Rekonsiliasi Kas Bank 7. Dapat Menyususn Laporan Arus Kas 8. Dapat Metode Penyususnan Laporan Arus Kas 9. Dapat menyajikan Kas di Laporan Posisi Keuangan C. Materi A. Perlakuan Akuntansi atas Kas di perusahaan B. Kas Kecil dengan sistem Imprest C. Kas Kecil dengan sistem Imprest D. Kas Kecil dengan sistem fluktuasi E. Perlakuan Akuntansi atas Kas di Bank F. Rekonsiliasi Kas Bank G. Laporan Arus Kas H. Metode Penyususnan Laporan Arus Kas I. Penyajian Kas di Laporan Posisi Keuangan D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi, pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang Perlakuan Akuntansi atas Kas 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa atas Perlakuan Akuntansi atas Kas 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. 4. Inti (120 menit) Kegiatan 1. 1. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang 2. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. (sesi 1) 3. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa 4. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. (Sesi 2) 5. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 1. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 2. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan Pengentasan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat. F. Media/Sumber Belajar Media 1. LCD 2. Power Point 3. White Board G. Sumber Belajar 1. IAI, 2010, Stndar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia. 2. Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2009, Accounting Principles. Edisi ke 13 3. Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA. H. Penilaian Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58323304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan I / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58323304 Pertemuan Ke : 8 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu menjelaskan materi pada pertemuan 1 s.d 7 B. Indikator Kompetensi Dapat Menjelaskan pentingnya materi pada pertemuan 1 s.d 7 C. Materi materi pada pertemuan 1 s.d 7 D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual 2. Metode: pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (5 menit) Kegiatan Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan Pengerjaan Soal Penutup (25 menit) Kegiatan Pembahasan soal F. Media/Sumber Belajar 1. Media Kertas kerja 2. Sumber Belajar Materi pertemuan 1 s/d 3 G. Penilaian 1. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran 2. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58323304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan I / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58323304 Pertemuan Ke : 9 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu menjelaskan Perlakuan Akuntansi atas Marketable Sekurities B. Indikator Kompetensi 1. Dapat Menjelaskan Pengertian Marketable Securities 2. Dapat mengidentifikasi Iddle Cash 3. Dapat Menjelaskan dan menghitung Investasi dalam bentuk saham 4. Dapat Menjelaskan dan menghitung Investasi dalam bentuk obligasi 5. Dapat Menjelaskan dan menghitung Investasi dalam bentuk Aktiva tetap 6. Dapat menyajikan Investasi Sementara dalam Laporan posisi Keuangan 7. Dapat mengungkapkan atas Investasi Sementara C. Materi 1. Pengertian Marketable Securities 2. Identifikasi Iddle Cash 3. Investasi dalam bentuk saham 4. Investasi dalam bentuk obligasi 5. Investasi dalam bentuk Aktiva tetap 6. Penyajian Investasi Sementara dalam Laporan posisi Keuangan 7. Pengungkapan atas Investasi Sementara D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi, pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang Perlakuan Akuntansi atas Marketable Sekurities 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang Perlakuan Akuntansi atas Marketable Sekurities 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan 1. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang 2. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. (sesi 1) 3. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa 4. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. (Sesi 2) 5. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 1. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 2. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan Perlakuan Akuntansi atas Marketable Sekurities F. Media/Sumber Belajar Media 1. LCD 2. Power Point 3. White Board G. Sumber Belajar 1. IAI, 2010, Stndar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia. 2. Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2009, Accounting Principles. Edisi ke 13 3. Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA. I. Penilaian 1. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran 2. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58323304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan I / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58323304 Pertemuan Ke : 10 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu menjelaskan Perlakuan Akuntansi atas Investasi Jangka Panjang, dan Properti Investasi B. Indikator Kompetensi 1. Dapat menjelaskan Investasi dalam bentuk saham 2. Dapat menjelaskan Investasi dalam bentuk obligasi 3. Dapat menjelaskan Investasi dalam bentuk Aktiva tetap 4. Dapat menyajikan Investasi Sementara dalam Laporan posisi Keuangan 5. Dapat mengungkapkan atas Ivestasi jangka panjang C. Materi 1. Investasi dalam bentuk saham 2. Investasi dalam bentuk obligasi 3. Investasi dalam bentuk Aktiva tetap 4. Penyajian Investasi Sementara dalam Laporan posisi Keuangan 5. Pengungkapan atas Ivestasi jangka panjang. D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan permainan, pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang Perlakuan Akuntansi atas Investasi Jangka Panjang, dan Properti Investasi 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu akan pentingnya Perlakuan Akuntansi atas Investasi Jangka Panjang, dan Properti Investasi 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (60 menit) Kegiatan 1. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang Perlakuan Akuntansi atas Investasi Jangka Panjang, dan Properti Investasi 2. 3. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. (sesi 1) 4. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa 5. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. (Sesi 2) 6. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 1. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami dan model pembelajaran yang dilakukan. 2. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan Perlakuan Akuntansi atas Investasi Jangka Panjang, dan Properti Investasi F. Media/Sumber Belajar b. Media 1. LCD 2. Power Point 3. White Board c. Sumber Belajar 1. IAI, 2010, Stndar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia. 2. Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2009, Accounting Principles. Edisi ke 13 3. Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA. G. Penilaian d. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran e. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58323304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan I / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58323304 Pertemuan Ke : 11 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu menjelaskan Perlakuan Akuntansi atas Piutang usaha B. Indikator Kompetensi 1. Dapat Menjelaskan Pengertian Piutang 2. Dapat Menjelaskan Klasifikasi Piutang 3. Dapat Menjelaskan Pencatatan Piutang 4. Dapat Menjelaskan dan menghitung Penghapusan piutang 5. Dapat Menjelaskan dan menghitung Cadangan penghapusan piutang 6. Dapat Menjelaskan dan menghitung Penggunaan piutang untuk pembiayaan kas 7. Dapat Menjelaskan Penyajian piutang di Neraca 8. Dapat Menjelaskan pengungkapkan Piutang di Neraca C. Materi 1. Pengertian Piutang 2. Klasifikasi Piutang 3. Pencatatan Piutang 4. Penghapusan piutang 5. Cadangan penghapusan piutang 6. Penggunaan piutang untuk pembiayaan kas 7. Penyajian piutang di Neraca 8. Pengungkapan piutang D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi, pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang Perlakuan Akuntansi atas Piutang usaha 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang Perlakuan Akuntansi atas Piutang usaha 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan 1. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang 2. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. (sesi 1) 3. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa 4. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. (Sesi 2) 5. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 1. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 2. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan Perlakuan Akuntansi atas Piutang usaha F. Media/Sumber Belajar Media 1. LCD 2. Power Point 3. White Board Sumber Belajar 1. IAI, 2010, Stndar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia. 2. Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2009, Accounting Principles. Edisi ke 13 3. Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA. G. Penilaian 1. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58323304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan I / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58323304 Pertemuan Ke : 12 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu menjelaskan materi pada pertemuan 9 s.d 11 B. Indikator Kompetensi Dapat Menjelaskan pentingnya materi pada pertemuan 9 s.d 11 C. Materi materi pada pertemuan 9 s.d 11 D. Pendekatan/Model/Metode 3. Pendekatan: kontekstual 4. Metode: pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (5 menit) Kegiatan Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan Pengerjaan Soal Penutup (25 menit) Kegiatan Pembahasan soal F. Media/Sumber Belajar Media Kertas kerja Sumber Belajar Materi pertemuan 9 s/d 11 G. Penilaian 1. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran 2. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58323304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan I / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58323304 Pertemuan Ke : 13 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu menjelaskan Perlakuan Akuntansi atas Piutang Wsel B. Indikator Kompetensi 1. Dapat Menjelaskan Pengertian Piutang Wesel 2. Dapat Menjelaskan Klasifikasi Piutang Wesel 3. Dapat Menjelaskan Pencatatan Piutang Wesel 4. Dapat Menjelaskan dan menghitung bunga piutang wesel 5. Dapat Menjelaskan dan menghitung Cadangan penghapusan piutang wesel 6. Dapat Menjelaskan dan menghitung Penggunaan piutang wesel untuk pembiayaan kas 7. Dapat Menjelaskan Penyajian piutang wesel di Neraca 8. Dapat Menjelaskan pengungkapkan Piutang wesel di Neraca C. Materi 1. Pengertian Piutang Wesel 2. Klasifikasi Piutang Wesel 3. Pencatatan Piutang Wesel 4. Perhitungan dan pencatatan bunga piutang Wesel 5. Cadangan penghapusan piutang Wesel 6. Penggunaan piutang untuk pembiayaan kas 7. Penyajian piutang Wesel di Neraca D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan permainan, pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang Perlakuan Akuntansi atas Piutang Wsel 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu akan pentingnya Perlakuan Akuntansi atas Piutang Wsel 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan 1. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang Perlakuan Akuntansi atas Piutang Wsel 2. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. (sesi 1) 3. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa 4. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. (Sesi 2) 5. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 1. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami dan model pembelajaran yang dilakukan. 2. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan Perlakuan Akuntansi atas Piutang Wsel F. Media/Sumber Belajar Media : 1. LCD 2. Power Point 3. White Board Sumber Belajar : 1. IAI, 2010, Stndar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia. 2. Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2009, Accounting Principles. Edisi ke 13 3. Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA. G. Penilaian 1. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran 2. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58323304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan I / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58323304 Pertemuan Ke : 14 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu menjelaskan Perlakuan Akuntansi atas Sediaan (PSAK 14 - 2010) B. Indikator Kompetensi 1. Dapat Menjelaskan Pengakuan Sediaan 2. Dapat Menjelaskan Pengukuran sediaan 3. Dapat Menjelaskan Penentuan kuantitas sediaan 4. Dapat Menjelaskan Harga perolehan sediaan 5. Dapat Menjelaskan Pencatatan sediaan dengan Phisical 6. Dapat Dapat Menjelaskan Pencatatan sediaan dengan Perpetual 7. Dapat Menjelaskan Metode harga perolehan 8. Dapat Menjelaskan dan membuat Kartu Sediaan C. Materi 1. Pengakuan Sediaan 2. Pengukuran sediaan 3. Penentuan kuantitas sediaan 4. Harga perolehan sediaan 5. Pencatatan sediaan dengan Phisical 6. Pencatatan sediaan dengan Perpetual 7. Metode harga perolehan 8. Kartu Sediaan D. Pendekatan/Model/Metode 3. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 4. Metode: presentasi, diskusi, pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang Perlakuan Akuntansi atas Sediaan (PSAK 14 - 2010) 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang Perlakuan Akuntansi atas Sediaan (PSAK 14 - 2010) 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan 1. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang Perlakuan Akuntansi atas Sediaan (PSAK 14 - 2010) 2. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. (sesi 1) 3. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa 4. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. (Sesi 2) 5. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 1. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 2. Pemberian tugas latihan yang berkaitan tentang Perlakuan Akuntansi atas Sediaan (PSAK 14 - 2010) F. Media/Sumber Belajar Media 1. LCD 2. Power Point 3. White Board Sumber Belajar 1. IAI, 2010, Stndar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia. 2. Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2009, Accounting Principles. Edisi ke 13 3. Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA. G. Penilaian 1. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran 2. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58323304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan I / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58323304 Pertemuan Ke : 15 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mahasiswa mampu menjelaskan Perlakuan Akuntansi atas Sediaan (lanjutan) B. Indikator Kompetensi 1. Menjelaskan At retail method 2. Menjelaskan Gross profit analysis 3. Menjelaskan Comwill 4. Menjelaskan Penyajiaan Sediaan di Neraca C. Materi 1. At retail 2. Gross profit analysis 3. Comwill 4. Penyajiaan Sediaan di Neraca D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan permainan, pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang Perlakuan Akuntansi atas Sediaan (lanjutan) 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu akan pentingnya Perlakuan Akuntansi atas Sediaan (lanjutan) 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan 1. Mahasiswa yang kelompoknya ditunjuk mempresentasikan tentang Perlakuan Akuntansi atas Sediaan (lanjutan) 2. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. Kelompok yang presentasi menjawab pertanyaan dari kelompok lain. (sesi 1) 3. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa 4. Mahasiswa yang tidak presentasi, diberi kesempatan bertanya, masing-masing kelompok 1 pertanyaan, atau penjelasan tambahan. (Sesi 2) 5. Dosen membantu memperjelas hal-hal yang belum dapat dipahami oleh mahasiswa Penutup (10 menit) Kegiatan 10. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami dan model pembelajaran yang dilakukan. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan Perlakuan Akuntansi atas Sediaan (lanjutan) F. Media/Sumber Belajar Media 1. LCD 2. Power Point 3. White Board Sumber Belajar 1. IAI, 2010, Stndar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia. 2. Jerry J. Weygant, Donald. D. Kieso, Paul D, Kimmel, 2009, Accounting Principles. Edisi ke 13 3. Rudianto. 2009 Pengantar Akuntansi. Edisi ke1 Jakarta : Penerbit ERLANGGA. G. Penilaian 1. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran 2. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58323304 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : D-3 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Akuntansi Keuangan I / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58323304 Pertemuan Ke : 16 Alokasi Waktu : UAS