| www.unesa.ac.id | pdpt.unesa.ac.id

KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231

KAMPUS LIDAH WETAN
Jl. Lidah Wetan, Surabaya
info@unesa.ac.id

SAP-Manajemen Keuangan II
FileName : SAP-Manajemen Keuangan II.doc
FileType : application/msword
FileSize : 345.5 KB
Download



Plain Text Preview

SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : S-1 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Manajemen Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58624302 Pertemuan Ke : 1 Alokasi Waktu : 3 x 50 menit A. Kompetensi Mahasiswa mampu merumuskan, menghitung, dan menganalisis kebijakan modal kerja/kebijakan kas di perusahaan. B. Indikator Kompetensi 1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengelolaan kas 2. Mahasiswa mampu menjelaskan dan menggunakan tehnik pengelolaan kas 3. Mahasiswa mampu menjelaskan keuntungan dan kerugian pengelolaan kas C. Materi Pengelolaan Kas dan Pembiayaan Jangka Pendek, yang terdiri dari: 1. Pengelolaan Kas. 2. Tehnik Pengelolaan Kas 3. Keuntungan dan kerugian pengelolaan kas D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: ceramah, diskusi dan latihan. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang pengelolaan kas 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang mengapa perusahaan membutuhkan pengelolaan kas. 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan 4. Dosen menjelaskan materi pengelolaan kas 5. Dosen menjelaskan Tehnik-tehnik Pengelolaan Kas 6. Dosen menjelaskan keuntungan dan kerugian pengelolaan kas 7. Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami. Penutup (10 menit) Kegiatan 8. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 9. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan tehnik-tehnik pengelolaan kas F. Media/Sumber Belajar a. Media - LCD - Power Point - White Board b. Sumber Belajar 1. Abdul Halim. 2001. Manajemen Keuangan Daerah (Bunga Rampai). Yogyakarta : UPP AMP YKPN. 2. Ahmad Yani. 2002. Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah Di Indonesia. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada. 3. Bringham, Eugene F and Gapenski, Louis C. 1994. Financial Management Theory and Practice. Seventh Edition. Orlando: The Dryden Press-Harcourt Brace College Publishes. 4. Bringham, Eugene F and Houston, Joel F. 1998. Fundamental of Financial Management. Eighth Edition. Orlado : The Dryden Press-Harcourt Brace College Publishes. 5. Hadi Setia Tunggal,SH. 2003. UU Keuangan Negara UURI no. 17 tahun 2003. Harvarindo. 6. Levy, Haim and Sarnat Marshall. 1990. Capital Investment and Financial Decisions. Fourth Edition. Singapore: Prentice-Hall. 7. Lukas Setia Atmaja. 2001. Manajemen Keuangan. Edisi Revisi. Yogyakarta : Penerbit ANDI. 8. Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : Penerbit Andi. 9. Syafaruddin Almwi. 1994. Alat-Alat Analisis dalam Pembelanjaan. Yogyakarta : Penerbit ANDI. 10. Van Home James C. 1985. Financial Management and Policy. Sixth edition. New Delhi: Prentice-Hall of India Private, Ltd. 11. Weston, Fred dan Copeland, Thomas e. 1991. Managerial Finance.8 edition. Review Edition. New York :The Dryden Press. G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : S-1 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Manajemen Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58624302 Pertemuan Ke : 2 Alokasi Waktu : 3 x 50 menit A. Kompetensi Mahasiswa mampu merumuskan, menghitung, dan menganalisis kebijakan modal kerja/kebijakan kas di perusahaan. B. Indikator Kompetensi 1. Mahasiswa mampu membedakan dan menjelaskan jenis-jenis surat berharga. 2. Mahasiswa mampu menjelaskan pembiayaan jangka pendek 3. Mahasiswa mampu menghitung hutang jangka pendek dan biaya bank 4. Mahasiswa mampu melakukan analisis dalam memilih bank. C. Materi Pengelolaan Kas dan Pembiayaan Jangka Pendek, yang terdiri dari: 1. Surat-surat berharga 2. Pembiayaan Jangka Pendek 3. Hutang Bank Jangka Pendek 4. Biaya Hutang Bank 5. Pemilihan Bank D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: ceramah, diskusi dan latihan. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang jenis-jenis surat berharga 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang bagaimana memenuhi kebutuhan pembiayaan perusahaan. 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan 4. Dosen menjelaskan Surat-surat berharga 5. Dosen menjelaskan Pembiayaan Jangka Pendek 6. Dosen menjelaskan Hutang Bank Jangka Pendek 7. Dosen menjelaskan Biaya Hutang Bank 8. Dosen menjelaskan pemilihan bank 9. Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami. Penutup (10 menit) Kegiatan 10. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 11. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan pembiayaan jangka pendek, biaya hutang bank dan pemilihan bank F. Media/Sumber Belajar a. Media - LCD - Power Point - White Board b. Sumber Belajar 1. Abdul Halim. 2001. Manajemen Keuangan Daerah (Bunga Rampai). Yogyakarta : UPP AMP YKPN. 2. Ahmad Yani. 2002. Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah Di Indonesia. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada. 3. Bringham, Eugene F and Gapenski, Louis C. 1994. Financial Management Theory and Practice. Seventh Edition. Orlando: The Dryden Press-Harcourt Brace College Publishes. 4. Bringham, Eugene F and Houston, Joel F. 1998. Fundamental of Financial Management. Eighth Edition. Orlado : The Dryden Press-Harcourt Brace College Publishes. 5. Hadi Setia Tunggal,SH. 2003. UU Keuangan Negara UURI no. 17 tahun 2003. Harvarindo. 6. Levy, Haim and Sarnat Marshall. 1990. Capital Investment and Financial Decisions. Fourth Edition. Singapore: Prentice-Hall. 7. Lukas Setia Atmaja. 2001. Manajemen Keuangan. Edisi Revisi. Yogyakarta : Penerbit ANDI. 8. Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : Penerbit Andi. 9. Syafaruddin Almwi. 1994. Alat-Alat Analisis dalam Pembelanjaan. Yogyakarta : Penerbit ANDI. 10. Van Home James C. 1985. Financial Management and Policy. Sixth edition. New Delhi: Prentice-Hall of India Private, Ltd. 11. Weston, Fred dan Copeland, Thomas e. 1991. Managerial Finance.8 edition. Review Edition. New York :The Dryden Press. G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : S-1 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Manajemen Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58624302 Pertemuan Ke : 3 Alokasi Waktu : 3 x 50 menit A. Kompetensi Mahasiswa mampu menghitung, menyusun, menganalisis, dan merumuskan pengelolaan piutang. B. Indikator Kompetensi 1. Mahasiswa mampu menyimpulkan dan menjelaskan pengelolaan piutang 2. Mahasiswa mampu menjelaskan kebijakan kredit C. Materi Kebijakan Piutang perusahaan, yang terdiri dari: 1. Pengelolaan piutang 2. Kebijakan kredit D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan latihan. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang pengelolaan piutang 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang perusahaan perlu melakukan pengelolaan piutang. 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan 4. Dosen menjelaskan pengelolaan piutang . 5. Dosen menjelaskan kebijakan kredit. 6. Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami. Penutup (10 menit) Kegiatan 7. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 8. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan pengelolaan piutang F. Media/Sumber Belajar a. Media - LCD - Power Point - White Board b. Sumber Belajar 1. Abdul Halim. 2001. Manajemen Keuangan Daerah (Bunga Rampai). Yogyakarta : UPP AMP YKPN. 2. Ahmad Yani. 2002. Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah Di Indonesia. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada. 3. Bringham, Eugene F and Gapenski, Louis C. 1994. Financial Management Theory and Practice. Seventh Edition. Orlando: The Dryden Press-Harcourt Brace College Publishes. 4. Bringham, Eugene F and Houston, Joel F. 1998. Fundamental of Financial Management. Eighth Edition. Orlado : The Dryden Press-Harcourt Brace College Publishes. 5. Hadi Setia Tunggal,SH. 2003. UU Keuangan Negara UURI no. 17 tahun 2003. Harvarindo. 6. Levy, Haim and Sarnat Marshall. 1990. Capital Investment and Financial Decisions. Fourth Edition. Singapore: Prentice-Hall. 7. Lukas Setia Atmaja. 2001. Manajemen Keuangan. Edisi Revisi. Yogyakarta : Penerbit ANDI. 8. Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : Penerbit Andi. 9. Syafaruddin Almwi. 1994. Alat-Alat Analisis dalam Pembelanjaan. Yogyakarta : Penerbit ANDI. 10. Van Home James C. 1985. Financial Management and Policy. Sixth edition. New Delhi: Prentice-Hall of India Private, Ltd. 11. Weston, Fred dan Copeland, Thomas e. 1991. Managerial Finance.8 edition. Review Edition. New York :The Dryden Press. G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : S-1 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Manajemen Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58624302 Pertemuan Ke : 4 Alokasi Waktu : 3 x 50 menit A. Kompetensi Mahasiswa mampu menghitung, menyusun, menganalisis, dan merumuskan pengelolaan piutang. B. Indikator Kompetensi Mahasiswa mampu menentukan periode kredit C. Materi Kebijakan Piutang perusahaan D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan latihan. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang bagaimana menentukan periode kredit 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang pentingnya menentukan periode kredit bagi perusahaan. 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan 4. Dosen menjelaskan proses penentuan periode kredit. 5. Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami. Penutup (10 menit) Kegiatan 6. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 7. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan penentuan periode kredit. F. Media/Sumber Belajar a. Media - LCD - Power Point - White Board b. Sumber Belajar 1. Abdul Halim. 2001. Manajemen Keuangan Daerah (Bunga Rampai). Yogyakarta : UPP AMP YKPN. 2. Ahmad Yani. 2002. Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah Di Indonesia. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada. 3. Bringham, Eugene F and Gapenski, Louis C. 1994. Financial Management Theory and Practice. Seventh Edition. Orlando: The Dryden Press-Harcourt Brace College Publishes. 4. Bringham, Eugene F and Houston, Joel F. 1998. Fundamental of Financial Management. Eighth Edition. Orlado : The Dryden Press-Harcourt Brace College Publishes. 5. Hadi Setia Tunggal,SH. 2003. UU Keuangan Negara UURI no. 17 tahun 2003. Harvarindo. 6. Levy, Haim and Sarnat Marshall. 1990. Capital Investment and Financial Decisions. Fourth Edition. Singapore: Prentice-Hall. 7. Lukas Setia Atmaja. 2001. Manajemen Keuangan. Edisi Revisi. Yogyakarta : Penerbit ANDI. 8. Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : Penerbit Andi. 9. Syafaruddin Almwi. 1994. Alat-Alat Analisis dalam Pembelanjaan. Yogyakarta : Penerbit ANDI. 10. Van Home James C. 1985. Financial Management and Policy. Sixth edition. New Delhi: Prentice-Hall of India Private, Ltd. 11. Weston, Fred dan Copeland, Thomas e. 1991. Managerial Finance.8 edition. Review Edition. New York :The Dryden Press. G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : S-1 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Manajemen Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58624302 Pertemuan Ke : 5 Alokasi Waktu : 3 x 50 menit A. Kompetensi Mahasiswa mampu menghitung, menyusun, menganalisis, dan merumuskan pengelolaan piutang. B. Indikator Kompetensi Menentukan kebijakan penagihan piutang C. Materi Penentuan kebijakan penagihan piutang D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan latihan. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang kebijakan penagihan piutang 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang pentingnya kebijakan penagihan piutang bagi perusahaan. 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan 4. Dosen menjelaskan cara menentukan kebijakan penagihan piutang. 5. Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami. Penutup (10 menit) Kegiatan 6. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 7. Pemberian tugas latihan yang berkaitan kebijakan penagihan piutang. F. Media/Sumber Belajar a. Media - LCD - Power Point - White Board b. Sumber Belajar 1. Abdul Halim. 2001. Manajemen Keuangan Daerah (Bunga Rampai). Yogyakarta : UPP AMP YKPN. 2. Ahmad Yani. 2002. Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah Di Indonesia. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada. 3. Bringham, Eugene F and Gapenski, Louis C. 1994. Financial Management Theory and Practice. Seventh Edition. Orlando: The Dryden Press-Harcourt Brace College Publishes. 4. Bringham, Eugene F and Houston, Joel F. 1998. Fundamental of Financial Management. Eighth Edition. Orlado : The Dryden Press-Harcourt Brace College Publishes. 5. Hadi Setia Tunggal,SH. 2003. UU Keuangan Negara UURI no. 17 tahun 2003. Harvarindo. 6. Levy, Haim and Sarnat Marshall. 1990. Capital Investment and Financial Decisions. Fourth Edition. Singapore: Prentice-Hall. 7. Lukas Setia Atmaja. 2001. Manajemen Keuangan. Edisi Revisi. Yogyakarta : Penerbit ANDI. 8. Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : Penerbit Andi. 9. Syafaruddin Almwi. 1994. Alat-Alat Analisis dalam Pembelanjaan. Yogyakarta : Penerbit ANDI. 10. Van Home James C. 1985. Financial Management and Policy. Sixth edition. New Delhi: Prentice-Hall of India Private, Ltd. 11. Weston, Fred dan Copeland, Thomas e. 1991. Managerial Finance.8 edition. Review Edition. New York :The Dryden Press. G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : S-1 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Manajemen Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58624302 Pertemuan Ke : 6 Alokasi Waktu : 3 x 50 menit A. Kompetensi Mahasiswa mampu menghitung, menyusun, menganalisis, dan merumuskan pengelolaan persediaan B. Indikator Kompetensi 1. Mahasiswa mampu menyimpulkan dan menjelaskan perngelolaan persediaan. 2. Mahasiswa mampu menghitung biaya persediaan C. Materi Kebijakan Persediaan Perusahaan, yang terdiri dari: 1. Pengelolaan Persediaan 2. Biaya persediaan D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan latihan. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang pengelolaan persediaan pada perusahaan 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang pentingnya pengelolaan persediaan bagi perusahaan. 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan 4. Dosen menjelaskan pengelolaan persediaan . 5. Dosen menjelaskan biaya persediaan. 6. Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami. Penutup (10 menit) Kegiatan 7. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 8. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan pengelolaan persediaan dan biaya persediaan. F. Media/Sumber Belajar a. Media - LCD - Power Point - White Board b. Sumber Belajar 1. Abdul Halim. 2001. Manajemen Keuangan Daerah (Bunga Rampai). Yogyakarta : UPP AMP YKPN. 2. Ahmad Yani. 2002. Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah Di Indonesia. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada. 3. Bringham, Eugene F and Gapenski, Louis C. 1994. Financial Management Theory and Practice. Seventh Edition. Orlando: The Dryden Press-Harcourt Brace College Publishes. 4. Bringham, Eugene F and Houston, Joel F. 1998. Fundamental of Financial Management. Eighth Edition. Orlado : The Dryden Press-Harcourt Brace College Publishes. 5. Hadi Setia Tunggal,SH. 2003. UU Keuangan Negara UURI no. 17 tahun 2003. Harvarindo. 6. Levy, Haim and Sarnat Marshall. 1990. Capital Investment and Financial Decisions. Fourth Edition. Singapore: Prentice-Hall. 7. Lukas Setia Atmaja. 2001. Manajemen Keuangan. Edisi Revisi. Yogyakarta : Penerbit ANDI. 8. Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : Penerbit Andi. 9. Syafaruddin Almwi. 1994. Alat-Alat Analisis dalam Pembelanjaan. Yogyakarta : Penerbit ANDI. 10. Van Home James C. 1985. Financial Management and Policy. Sixth edition. New Delhi: Prentice-Hall of India Private, Ltd. 11. Weston, Fred dan Copeland, Thomas e. 1991. Managerial Finance.8 edition. Review Edition. New York :The Dryden Press. G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : S-1 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Manajemen Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58624302 Pertemuan Ke : 7 Alokasi Waktu : 3 x 50 menit A. Kompetensi Mahasiswa mampu menghitung, menyusun, menganalisis, dan merumuskan pengelolaan persediaan B. Indikator Kompetensi 1. Mahasiswa mampu menghitung jumlah order yang paling ekonomis 2. Mahasiswa mampu menjelaskan sistem pengelolaan persediaan 3. Mahasiswa mampu menjelaskan cara menetapkan kebijakan pengelolaan persediaan perusahaan. C. Materi Kebijakan Persediaan Perusahaan, yang terdiri dari: 1. EOQ 2. Sistem pengeleloaan persediaan D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan latihan. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang bagaimana menghitung jumlah order yang paling ekonomis. 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang pentingnya menetapkan jumlah persediaan yang paling ekonomis bagi perusahaan. 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan 4. Dosen menjelaskan Economic Order Quantitu (EOQ). 5. Dosen menjelaskan sistem pengelolaan persediaan. 6. Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami. Penutup (10 menit) Kegiatan 7. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 8. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan menentukan jumlah order yang paling ekonomis. F. Media/Sumber Belajar a. Media - LCD - Power Point - White Board b. Sumber Belajar 1. Abdul Halim. 2001. Manajemen Keuangan Daerah (Bunga Rampai). Yogyakarta : UPP AMP YKPN. 2. Ahmad Yani. 2002. Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah Di Indonesia. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada. 3. Bringham, Eugene F and Gapenski, Louis C. 1994. Financial Management Theory and Practice. Seventh Edition. Orlando: The Dryden Press-Harcourt Brace College Publishes. 4. Bringham, Eugene F and Houston, Joel F. 1998. Fundamental of Financial Management. Eighth Edition. Orlado : The Dryden Press-Harcourt Brace College Publishes. 5. Hadi Setia Tunggal,SH. 2003. UU Keuangan Negara UURI no. 17 tahun 2003. Harvarindo. 6. Levy, Haim and Sarnat Marshall. 1990. Capital Investment and Financial Decisions. Fourth Edition. Singapore: Prentice-Hall. 7. Lukas Setia Atmaja. 2001. Manajemen Keuangan. Edisi Revisi. Yogyakarta : Penerbit ANDI. 8. Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : Penerbit Andi. 9. Syafaruddin Almwi. 1994. Alat-Alat Analisis dalam Pembelanjaan. Yogyakarta : Penerbit ANDI. 10. Van Home James C. 1985. Financial Management and Policy. Sixth edition. New Delhi: Prentice-Hall of India Private, Ltd. 11. Weston, Fred dan Copeland, Thomas e. 1991. Managerial Finance.8 edition. Review Edition. New York :The Dryden Press. G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : S-1 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Manajemen Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58624302 Pertemuan Ke : 8 Alokasi Waktu : 3 x 50 menit UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) Dengan Materi Ujian : 1. Pengelolaan kas dan pembiayaan jangka pendek 2. Kebijakan Piutang perusahaan 3. Kebijakan Persediaan Perusahaan SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : S-1 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Manajemen Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58624302 Pertemuan Ke : 9 Alokasi Waktu : 3 x 50 menit A. Kompetensi Mahasiswa mampu menghitung, menyusun, menganalisis, dan merumuskan pengelolaan pembiayaan jangka panjang. B. Indikator Kompetensi 1. Mahasiswa mampu menghitung dan menganalisis saham biasa, preferen dan investasi bank 2. Mahasiswa mampu menghitung dan menganalisis hutang jangka panjang C. Materi Pembiayaan jangka panjang, yang terdiri dari: 1. Saham biasa, preferen, dan 2. Investasi bank 3. Hutang jangka panjang D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan latihan. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang jenis-jenis pembiayaan jangka panjang 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang pentingnya pembiayaan jangka panjang bagi perusahaan. 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan E. Dosen menjelaskan saham biasa dan saham preferen. F. Dosen menjelaskan investasi bank G. Dosen menjelaskan hutang jangka panjang H. Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami. Penutup (10 menit) Kegiatan I. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. J. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan saham, investasi di bank, dan hutang jangka panjang. F. Media/Sumber Belajar a. Media - LCD - Power Point - White Board b. Sumber Belajar 1. Abdul Halim. 2001. Manajemen Keuangan Daerah (Bunga Rampai). Yogyakarta : UPP AMP YKPN. 2. Ahmad Yani. 2002. Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah Di Indonesia. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada. 3. Bringham, Eugene F and Gapenski, Louis C. 1994. Financial Management Theory and Practice. Seventh Edition. Orlando: The Dryden Press-Harcourt Brace College Publishes. 4. Bringham, Eugene F and Houston, Joel F. 1998. Fundamental of Financial Management. Eighth Edition. Orlado : The Dryden Press-Harcourt Brace College Publishes. 5. Hadi Setia Tunggal,SH. 2003. UU Keuangan Negara UURI no. 17 tahun 2003. Harvarindo. 6. Levy, Haim and Sarnat Marshall. 1990. Capital Investment and Financial Decisions. Fourth Edition. Singapore: Prentice-Hall. 7. Lukas Setia Atmaja. 2001. Manajemen Keuangan. Edisi Revisi. Yogyakarta : Penerbit ANDI. 8. Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : Penerbit Andi. 9. Syafaruddin Almwi. 1994. Alat-Alat Analisis dalam Pembelanjaan. Yogyakarta : Penerbit ANDI. 10. Van Home James C. 1985. Financial Management and Policy. Sixth edition. New Delhi: Prentice-Hall of India Private, Ltd. 11. Weston, Fred dan Copeland, Thomas e. 1991. Managerial Finance.8 edition. Review Edition. New York :The Dryden Press. G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : S-1 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Manajemen Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58624302 Pertemuan Ke : 10 Alokasi Waktu : 3 x 50 menit A. Kompetensi Mahasiswa mampu menghitung, menyusun, menganalisis, dan merumuskan pengelolaan pembiayaan jangka panjang. B. Indikator Kompetensi 1. Mahasiswa mampu menghitung dan manganalisis leasing 2. Mahasiswa mampu menghitung dan menganalisis option warrants, convertible bond dan future C. Materi Pembiayaan jangka panjang, yang terdiri dari: 1. Leasing 2. Option, warrants, convertible dan futures. D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan latihan. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang leasing 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang cirri-ciri transaksi leasing. 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan 4. Dosen menjelaskan tentang leasing 5. Dosen menjelaskan tentang Option, warrants, convertible dan futures. 6. Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami. Penutup (10 menit) Kegiatan 7. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 8. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan leasing, Option, warrants, convertible dan futures F. Media/Sumber Belajar a. Media - LCD - Power Point - White Board b. Sumber Belajar 1. Abdul Halim. 2001. Manajemen Keuangan Daerah (Bunga Rampai). Yogyakarta : UPP AMP YKPN. 2. Ahmad Yani. 2002. Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah Di Indonesia. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada. 3. Bringham, Eugene F and Gapenski, Louis C. 1994. Financial Management Theory and Practice. Seventh Edition. Orlando: The Dryden Press-Harcourt Brace College Publishes. 4. Bringham, Eugene F and Houston, Joel F. 1998. Fundamental of Financial Management. Eighth Edition. Orlado : The Dryden Press-Harcourt Brace College Publishes. 5. Hadi Setia Tunggal,SH. 2003. UU Keuangan Negara UURI no. 17 tahun 2003. Harvarindo. 6. Levy, Haim and Sarnat Marshall. 1990. Capital Investment and Financial Decisions. Fourth Edition. Singapore: Prentice-Hall. 7. Lukas Setia Atmaja. 2001. Manajemen Keuangan. Edisi Revisi. Yogyakarta : Penerbit ANDI. 8. Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : Penerbit Andi. 9. Syafaruddin Almwi. 1994. Alat-Alat Analisis dalam Pembelanjaan. Yogyakarta : Penerbit ANDI. 10. Van Home James C. 1985. Financial Management and Policy. Sixth edition. New Delhi: Prentice-Hall of India Private, Ltd. 11. Weston, Fred dan Copeland, Thomas e. 1991. Managerial Finance.8 edition. Review Edition. New York :The Dryden Press. G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : S-1 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Manajemen Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58624302 Pertemuan Ke : 11 Alokasi Waktu : 3 x 50 menit A. Kompetensi Mahasiswa mampu menghitung, menyusun, menganalisis, dan merumuskan struktur modal dan kebijakan deviden B. Indikator Kompetensi 1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian struktur modal perusahaan 2. Mahasiswa mampu menganalisis resiko bisnis dan keuangan perusahaan 3. Mahasiswa mampu menganalisis dan menjelaskan teori-teori struktur modal C. Materi Struktur Modal dan Kebijakan Deviden, yang terdiri dari: D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan latihan. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang struktur modal perusahaan 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang resiko bisnis dan keuangan yang dihadapi oleh perusahaan. 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan 4. Dosen menjelaskan struktur modal perusahaan 5. Dosen menjelaskan resiko bisnis dan keuangan perusahaan. 6. Dosen menjelaskan teori-teori struktur modal 7. Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami. Penutup (10 menit) Kegiatan 8. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 9. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengang struktur modal perusahaan, resiko bisnis dan keuangang perusahaan. F. Media/Sumber Belajar a. Media - LCD - Power Point - White Board b. Sumber Belajar 1. Abdul Halim. 2001. Manajemen Keuangan Daerah (Bunga Rampai). Yogyakarta : UPP AMP YKPN. 2. Ahmad Yani. 2002. Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah Di Indonesia. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada. 3. Bringham, Eugene F and Gapenski, Louis C. 1994. Financial Management Theory and Practice. Seventh Edition. Orlando: The Dryden Press-Harcourt Brace College Publishes. 4. Bringham, Eugene F and Houston, Joel F. 1998. Fundamental of Financial Management. Eighth Edition. Orlado : The Dryden Press-Harcourt Brace College Publishes. 5. Hadi Setia Tunggal,SH. 2003. UU Keuangan Negara UURI no. 17 tahun 2003. Harvarindo. 6. Levy, Haim and Sarnat Marshall. 1990. Capital Investment and Financial Decisions. Fourth Edition. Singapore: Prentice-Hall. 7. Lukas Setia Atmaja. 2001. Manajemen Keuangan. Edisi Revisi. Yogyakarta : Penerbit ANDI. 8. Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : Penerbit Andi. 9. Syafaruddin Almwi. 1994. Alat-Alat Analisis dalam Pembelanjaan. Yogyakarta : Penerbit ANDI. 10. Van Home James C. 1985. Financial Management and Policy. Sixth edition. New Delhi: Prentice-Hall of India Private, Ltd. 11. Weston, Fred dan Copeland, Thomas e. 1991. Managerial Finance.8 edition. Review Edition. New York :The Dryden Press. G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : S-1 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Manajemen Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58624302 Pertemuan Ke : 12 Alokasi Waktu : 3 x 50 menit A. Kompetensi Mahasiswa mampu menghitung, menyusun, menganalisis, dan merumuskan struktur modal dan kebijakan deviden B. Indikator Kompetensi 1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian kebijakan deviden 2. Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisis perbedaan deviden dengan capital gain 3. Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori deviden. C. Materi Struktur Modal dan Kebijakan Deviden, yang terdiri dari: 1. Pengertian kebijakan Dividen 2. Dividen versus Capital gain 3. Teori dividen D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan latihan. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang deviden 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang perbedaan deviden dengan capital gain. 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan 4. Dosen menjelaskan tentang pengertian kebijakan deviden. 5. Dosen menjelaskan perbedaan deviden dengan capital gain. 6. Dosen menjelaskan teori deviden. 7. Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami. Penutup (10 menit) Kegiatan 8. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 9. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan deviden dan capital gain. F. Media/Sumber Belajar a. Media - LCD - Power Point - White Board b. Sumber Belajar 1. Abdul Halim. 2001. Manajemen Keuangan Daerah (Bunga Rampai). Yogyakarta : UPP AMP YKPN. 2. Ahmad Yani. 2002. Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah Di Indonesia. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada. 3. Bringham, Eugene F and Gapenski, Louis C. 1994. Financial Management Theory and Practice. Seventh Edition. Orlando: The Dryden Press-Harcourt Brace College Publishes. 4. Bringham, Eugene F and Houston, Joel F. 1998. Fundamental of Financial Management. Eighth Edition. Orlado : The Dryden Press-Harcourt Brace College Publishes. 5. Hadi Setia Tunggal,SH. 2003. UU Keuangan Negara UURI no. 17 tahun 2003. Harvarindo. 6. Levy, Haim and Sarnat Marshall. 1990. Capital Investment and Financial Decisions. Fourth Edition. Singapore: Prentice-Hall. 7. Lukas Setia Atmaja. 2001. Manajemen Keuangan. Edisi Revisi. Yogyakarta : Penerbit ANDI. 8. Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : Penerbit Andi. 9. Syafaruddin Almwi. 1994. Alat-Alat Analisis dalam Pembelanjaan. Yogyakarta : Penerbit ANDI. 10. Van Home James C. 1985. Financial Management and Policy. Sixth edition. New Delhi: Prentice-Hall of India Private, Ltd. 11. Weston, Fred dan Copeland, Thomas e. 1991. Managerial Finance.8 edition. Review Edition. New York :The Dryden Press. G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : S-1 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Manajemen Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58624302 Pertemuan Ke : 13 Alokasi Waktu : 3 x 50 menit A. Kompetensi Mahasiswa mampu menghitung, menyusun, menganalisis, dan merumuskan merger dan akuisisi. B. Indikator Kompetensi 1. Mahasiswa mampu menjelaskan rumusan merger dan akuisisi. 2. Mahasiswa mampu mengklasifikasikan merger dan akuisisi. 3. Mahasiswa mampu menjelaskan rumusan motif merger dan akuisisi C. Materi Merger dan Akuisisi, yang terdiri dari: 1. Pengenalan merger dan akuisisi 2. Klasifikasi merger dan akuisisi 3. Motif merger dan akuisisi D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan latihan. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang merger. 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang perbedaan merger dan akuisisi. 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan 4. Dosen menjelaskan tentang merger dan akuisisi. 5. Dosen menjelaskan klasifikasi merger dan akuisisi. 6. Dosen menjelaskan motif perusahaan melakukan meger atau akuisisi 7. Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami. Penutup (10 menit) Kegiatan 8. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 9. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan merger dan akuisisi F. Media/Sumber Belajar a. Media - LCD - Power Point - White Board b. Sumber Belajar 1. Abdul Halim. 2001. Manajemen Keuangan Daerah (Bunga Rampai). Yogyakarta : UPP AMP YKPN. 2. Ahmad Yani. 2002. Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah Di Indonesia. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada. 3. Bringham, Eugene F and Gapenski, Louis C. 1994. Financial Management Theory and Practice. Seventh Edition. Orlando: The Dryden Press-Harcourt Brace College Publishes. 4. Bringham, Eugene F and Houston, Joel F. 1998. Fundamental of Financial Management. Eighth Edition. Orlado : The Dryden Press-Harcourt Brace College Publishes. 5. Hadi Setia Tunggal,SH. 2003. UU Keuangan Negara UURI no. 17 tahun 2003. Harvarindo. 6. Levy, Haim and Sarnat Marshall. 1990. Capital Investment and Financial Decisions. Fourth Edition. Singapore: Prentice-Hall. 7. Lukas Setia Atmaja. 2001. Manajemen Keuangan. Edisi Revisi. Yogyakarta : Penerbit ANDI. 8. Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : Penerbit Andi. 9. Syafaruddin Almwi. 1994. Alat-Alat Analisis dalam Pembelanjaan. Yogyakarta : Penerbit ANDI. 10. Van Home James C. 1985. Financial Management and Policy. Sixth edition. New Delhi: Prentice-Hall of India Private, Ltd. 11. Weston, Fred dan Copeland, Thomas e. 1991. Managerial Finance.8 edition. Review Edition. New York :The Dryden Press. G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : S-1 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Manajemen Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58624302 Pertemuan Ke : 14 Alokasi Waktu : 3 x 50 menit A. Kompetensi Mahasiswa mampu menghitung, menyusun, menganalisis, dan merumuskan merger dan akuisisi. B. Indikator Kompetensi 1. Mahasiswa mampu menjelaskan proses merger dan akuisisi 2. Mahasiswa mampu menghitung dan menilai perusahaan yang akan demerger dan akuisisi. C. Materi Merger dan Akuisisi, yang terdiri dari: 1. Proses merger dan akuisisi 2. Penilaian perusahaan D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan latihan. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang proses merger dan akuisisi. 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang perusahaan seperti apa yang akan dimerger atau diakuisisi. 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan 4. Dosen menjelaskan proses proses merger dan akuisisi. 5. Dosen menjelaskan cara menilai perusahaan yang akan dimerger atau diakuisisi. 6. Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami. Penutup (10 menit) Kegiatan 7. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 8. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan cara menilai perusahaan yang akan di merger atau diakuisisi F. Media/Sumber Belajar a. Media - LCD - Power Point - White Board b. Sumber Belajar 1. Abdul Halim. 2001. Manajemen Keuangan Daerah (Bunga Rampai). Yogyakarta : UPP AMP YKPN. 2. Ahmad Yani. 2002. Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah Di Indonesia. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada. 3. Bringham, Eugene F and Gapenski, Louis C. 1994. Financial Management Theory and Practice. Seventh Edition. Orlando: The Dryden Press-Harcourt Brace College Publishes. 4. Bringham, Eugene F and Houston, Joel F. 1998. Fundamental of Financial Management. Eighth Edition. Orlado : The Dryden Press-Harcourt Brace College Publishes. 5. Hadi Setia Tunggal,SH. 2003. UU Keuangan Negara UURI no. 17 tahun 2003. Harvarindo. 6. Levy, Haim and Sarnat Marshall. 1990. Capital Investment and Financial Decisions. Fourth Edition. Singapore: Prentice-Hall. 7. Lukas Setia Atmaja. 2001. Manajemen Keuangan. Edisi Revisi. Yogyakarta : Penerbit ANDI. 8. Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : Penerbit Andi. 9. Syafaruddin Almwi. 1994. Alat-Alat Analisis dalam Pembelanjaan. Yogyakarta : Penerbit ANDI. 10. Van Home James C. 1985. Financial Management and Policy. Sixth edition. New Delhi: Prentice-Hall of India Private, Ltd. 11. Weston, Fred dan Copeland, Thomas e. 1991. Managerial Finance.8 edition. Review Edition. New York :The Dryden Press. G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : S-1 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Manajemen Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58624302 Pertemuan Ke : 15 Alokasi Waktu : 3 x 50 menit A. Kompetensi Mahasiswa mampu menghitung, menyusun, menganalisis, dan merumuskan merger dan akuisisi. B. Indikator Kompetensi 1. Mahasiswa mampu menghitung dan menganalisis pembiayaan merger dan akuisisi. 2. Mahasiswa mampu menghitung dan mengukur keberhasilan merger dan akuisisi. C. Materi Merger dan Akuisisi, yang terdiri dari: 1. Pembiayaan akuisisi 2. Pengukuran keberhasilan merger dan akuisisi D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan latihan. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang pembiayaan akuisisi . 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan bertanya kepada mahasiswa tentang bagaimana mengukur keberhasilan merger dan akuisisi. 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (120 menit) Kegiatan 4. Dosen menjelaskan pembiayaan akuisisi. 5. Dosen menjelaskan cara mengukur keberhasilan merger dan akuisisi. 6. Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami. Penutup (10 menit) Kegiatan 7. Dosen dan mahasiswa melaksanakan refleksi kegiatan hari ini yaitu materi yang sudah dipahami dan materi yang belum dipahami. 8. Pemberian tugas latihan yang berkaitan dengan penilaian keberhasilan merger dan akuisisi. F. Media/Sumber Belajar a. Media - LCD - Power Point - White Board b. Sumber Belajar 1. Abdul Halim. 2001. Manajemen Keuangan Daerah (Bunga Rampai). Yogyakarta : UPP AMP YKPN. 2. Ahmad Yani. 2002. Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah Di Indonesia. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada. 3. Bringham, Eugene F and Gapenski, Louis C. 1994. Financial Management Theory and Practice. Seventh Edition. Orlando: The Dryden Press-Harcourt Brace College Publishes. 4. Bringham, Eugene F and Houston, Joel F. 1998. Fundamental of Financial Management. Eighth Edition. Orlado : The Dryden Press-Harcourt Brace College Publishes. 5. Hadi Setia Tunggal,SH. 2003. UU Keuangan Negara UURI no. 17 tahun 2003. Harvarindo. 6. Levy, Haim and Sarnat Marshall. 1990. Capital Investment and Financial Decisions. Fourth Edition. Singapore: Prentice-Hall. 7. Lukas Setia Atmaja. 2001. Manajemen Keuangan. Edisi Revisi. Yogyakarta : Penerbit ANDI. 8. Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : Penerbit Andi. 9. Syafaruddin Almwi. 1994. Alat-Alat Analisis dalam Pembelanjaan. Yogyakarta : Penerbit ANDI. 10. Van Home James C. 1985. Financial Management and Policy. Sixth edition. New Delhi: Prentice-Hall of India Private, Ltd. 11. Weston, Fred dan Copeland, Thomas e. 1991. Managerial Finance.8 edition. Review Edition. New York :The Dryden Press. G. Penilaian a. Teknik penilaian Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan diakhir proses pembelajaran b. Alat penilaian adalah tanya jawab, tes uraian/Esay dan pengamatan. SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : S-1 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Manajemen Keuangan II / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 58624302 Pertemuan Ke : 16 Alokasi Waktu : 3 x 50 menit UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) Dengan Materi Ujian : 1. Pembiayaan jangka panjang. 2. Struktur Modal dan Kebijakan Dividen 3. Merger dan Akuisisi KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58624302 PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR