| www.unesa.ac.id | pdpt.unesa.ac.id

KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231

KAMPUS LIDAH WETAN
Jl. Lidah Wetan, Surabaya
info@unesa.ac.id

SAP-Auditing I
FileName : SAP-Auditing I.doc
FileType : application/msword
FileSize : 351.5 KB
Download



Plain Text Preview

KURIKULUM Tanggal Revisi : 13 Oktober 2011 Kode Dokumen : SAP-58424314 SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP) Jurusan/Program Studi : Akuntansi/S-1 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Auditing I Kode Mata Kuliah : 58424314 Bobot : 3 SKS Jumlah Tatap Muka (TM) : 14 ( TM ke 1 s.d. TM ke 1) Deskripisi Mata Kuliah : pemahaman profesi akuntan publik, kode etik profesi, sistem pengawasan intern, bukti pemeriksaan, kertas kerja pemeriksaan, prosedur audit, pemeriksaan terhadap kas, piutang, dan persediaan. 1. Standar Kompetensi Mengidentifikasi dampak konsep dasar pelaksanaan audit atas laporan keuangan 2. Kompetensi Dasar Mengidentifikasi pelaksanaan audit untuk jasa assurance 3. Indikator Menguraikan pelaksanaan audit atas laporan keuangan 4. Tujuan Pembelajaran A: Mahasiswa Akuntansi B : Menjelaskan perbedaan audit dengan akuntansi C : Diuraikan gambaran umum audit laporan keuangan D: Mahasiswa mampu menjelaskan pelaksanaan audit atsa laporan. 5. Substansi Kajian (Materi Pembelajaran) Pengantar audit a. Perbedaan proses audit dan akuntansi b. Perusahaan perdagangan dan pekerjaan perdagangan c. Pekerjaan dan pekerja 6. Langkah- Langkah Pembelajaran Model Pembelajaran: Langsung Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang auditing dan akuntansi. 2. Memotivasi: motivasi dengan menyampaikan manfaat mempelajari materi yang akan dibahas, keterkaitan dengan mata kuliah selanjutnya. 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (80 menit) Kegiatan 1. Mahasiswa memperhatikan penjelasan mengenai perbedaan auditing dengan akuntansi. 2. Mahasiswa membaca dan menggarisbawahi materi di buku sumber. 3. Mahasiswa mendiskusikan masing-masing sub pokok bahasan materi. 4. Mahasiswa diberi pertanyaan dan diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang tidak dimengerti dalam auditing. 5. Mahasiswa memperhatikan penjelasan mengenai jasa assurance, jenis audit. Penutup (10 menit) Kegiatan 1. Mahasiswa diminta untuk memberikan kesimpulan secara sistematis mengenai audit . 2. Mahasiswa diminta untuk membentuk kelompok diskusi. 3. Mahasiswa diberi penjelasan bahwa metode pengajaran untuk pertemuan-pertemuan selanjutnya adalah diskusi per kelompok. Setiap minggu ada kelompok yang bertugas menjadi penyaji dan kelompok yang lain tetap membuat makalah untuk dikumpulkan. 7. Media/Sumber Belajar a. Media - LCD - Power Point - White Board b. Sumber Belajar 1. Arens, Elder, dan Beasley. 2008. Auditing and Assurance Service. 12th Edition,New Jerseay: Pearson Education 2. Boynton dan Kell. 2006. Modern Auditing. Eight Edition, United States: John Wiley& Sons Inc. 3. Guy, Alderman, dan Winters. 2003. Auditing. Buku satu. Edisi Lima. Jakarta: Erlangga 4. Messier, Glover, dan Prawitt. 2005. Jasa Audit & Assurance: Pendekatan Sistematis. Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat. 5. Jusup, Haryono. 2001. Auditing (Pengauditan), Buku 1. Yogyakarta : YKPN 6. Prihadi, Tjukria. 1999. Audit Intern Bank, Buku 1. Jakarta: Salemba Empat 7. Pedoman Standar Akuntasi Keuangan, IAI, 2009. 8. Standar Profesional Akuntan Publik, IAI. 2001. 8. Penilaian 1. Penilaian proses: keaktifan individu dalam berdiskusi dan menjawab pertanyaan audit atas laporan keuangan. 2. Penilaian produk: hasil dari tugas mahasiswa, yaitu kesimpulan secara sistematis audit atas laporan keuangan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58424314 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Jurusan/Program Studi : Akuntansi/S-1 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Auditing I Kode Mata Kuliah : 58424314 Bobot : 3 SKS Jumlah Tatap Muka (TM) : 14 ( TM ke 2 s.d. TM ke 2) Deskripisi Mata Kuliah : pemahaman profesi akuntan publik, kode etik profesi, sistem pengawasan intern, bukti pemeriksaan, kertas kerja pemeriksaan, prosedur audit, pemeriksaan terhadap kas, piutang, dan persediaan. 1. Standar Kompetensi Mengidentifikasi lingkup laporan audit 2. Kompetensi Dasar Mendeskripsikan sepuluh standar auditing 3. Indikator Mahasiswa mampu menyebutkan sepuluh standar auditing. 4. Tujuan Pembelajaran A: Mahasiswa Akuntansi B : Menjelaskan sepuluh standar auditing C : menjelaskan jenis-jenis pelaporan audit, dan menjelaskan bagaimana materialitas mempengaruhi keputusan pelaporan audit D: Mahasiswa mampu menjelaskan lingkup laporan audit. 5. Materi Lingkup Laporan Audit: * Konteks audit laporan keuangan * Standar auditing * laporanaudit * materialitas 6. Langkah Pembelaran a. Pendekatan/Model/Metode Model pembelajaran kooperatif; 7. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang Lingkup Laporan Audit dan memberi pertanyaan secara lisan tentang materi pertemuan sebelumnya 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan memberikan contoh laporan audit independen. 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (80 menit) Kegiatan 1. Kelompok penyaji menyerahkan makalah/materi yang akan dipresentasikan kepada dosen untuk penilaian. 2. Kelompok mahasiswa yang bertugas sebagai penyaji menyampaikan presentasi hasil diskusi mereka mengenai materi Lingkup Laporan Audit, mahasiswa yang lain memperhatikan. 3. Setelah presentasi kelompok penyaji selesai, mahasiswa yang lain diberi kesempatan untuk memberikan pertanyaan atau tanggapan atas presentasi kelompok penyaji. Dosen mencatat dan menilai mahasiswa yang berpartisipasi. 4. Anggota kelompok penyaji memberikan jawaban atas pertanyaan dan tanggapan yang diajukan. Dosen melakukan penilaian untuk masing-masing anggota kelompok penyaji yang aktif. 5. Kelompok penyaji memberikan kesimpulan hasil diskusi dan menutup kegiatan diskusi hari ini. Penutup (10 menit) Kegiatan 1. Dosen memberikan kesimpulan mengenai materi Lingkup Laporan Audit dan memberikan tanggapan/meluruskan pertanyaan - pertanyaan yang diajukan saat kegiatan diskusi. 2. Kelompok mahasiswa non penyaji diminta untuk mengumpulkan makalah resume mengenai materi Lingkup Laporan Audit yang telah mereka buat di rumah. 3. Dosen mengingatkan kelompok penyaji selanjutnya untuk bersiap pada pertemuan selanjutnya. 8. Media/Sumber Belajar a. Media - LCD - Power Point - White Board b. Sumber Belajar 1. Arens, Elder, dan Beasley. 2008. Auditing and Assurance Service. 12th Edition,New Jerseay: Pearson Education 2. Boynton dan Kell. 2006. Modern Auditing. Eight Edition, United States: John Wiley& Sons Inc. 3. Guy, Alderman, dan Winters. 2003. Auditing. Buku satu. Edisi Lima. Jakarta: Erlangga 4. Messier, Glover, dan Prawitt. 2005. Jasa Audit & Assurance: Pendekatan Sistematis. Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat. 5. Jusup, Haryono. 2001. Auditing (Pengauditan), Buku 1. Yogyakarta : YKPN 6. Prihadi, Tjukria. 1999. Audit Intern Bank, Buku 1. Jakarta: Salemba Empat 7. Pedoman Standar Akuntasi Keuangan, IAI, 2009. 8. Standar Profesional Akuntan Publik, IAI. 2001. 9. Penilaian 1. Penilaian proses: keaktifan masing-masing individu anggota kelompok penyaji dalam berdiskusi dan menjawab pertanyaan, keaktifan mahasiswa lain non kelompok penyaji dalam memberikan pertanyaan dan tanggapan pada diskusi kelas. 2. Penilaian produk: makalah mahasiswa yang berisi resume, dan contoh-contoh aktual dari berbagai sumber mengenai materi Bentuk Hukum Perusahaan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58424314 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Jurusan/Program Studi : Akuntansi/S-1 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Auditing I Kode Mata Kuliah : 58424314 Bobot : 3 SKS Jumlah Tatap Muka (TM) : 14 ( TM ke 1 s.d. TM ke 1) Deskripisi Mata Kuliah : pemahaman profesi akuntan publik, kode etik profesi, sistem pengawasan intern, bukti pemeriksaan, kertas kerja pemeriksaan, prosedur audit, pemeriksaan terhadap kas, piutang, dan persediaan. 1. Standar Kompetensi Memahami Etika Profesional, tanggung jawab dan tujuan audit 2. Kompetensi Dasar Menguraikan tujuan dan isi Kode Perilaku Profesional AICPA 3. Indikator Menguraikan peraturan dan interpretasi kode etik AICPA atas indepensi 4. Tujuan Pembelajaran A: Mahasiswa Akuntansi B : Menjelaskan tujuan da isi Kode Etik Profesional AICPA C : Menguraikan tanggungjawab manajemen dan auditor D: Mahasiswa mampu menjelaskan kode etik profesional AICPA dan tanggung jawab auditor. 5. Substansi Kajian (Materi Pembelajaran) Kode Etik Profesional a. Tujuan dan is kode etik profesional AICPA b. Perbedaan tanggung jawab auditor dengan manajemen c. Tiga tujuan audit d. Asersi manajemen 6. Langkah- Langkah Pembelajaran Model Pembelajaran: Langsung Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1 Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang Etika Profesional AICPA. 2 Memotivasi: motivasi dengan menyampaikan manfaat mempelajari materi yang akan dibahas, keterkaitan dengan mata kuliah selanjutnya. 3 Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (80 menit) Kegiatan 4. Mahasiswa memperhatikan penjelasan mengenai Kode Etik Profesional AICPA. 5. Mahasiswa membaca dan menggarisbawahi materi di buku sumber. 6. Mahasiswa mendiskusikan masing-masing sub pokok bahasan materi. 7. Mahasiswa diberi pertanyaan dan diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang tidak dimengerti dalam kode etik profesional. 8. Mahasiswa memperhatikan penjelasan mengenai perbedaan tanggung jawab auditor dan manajemen. Penutup (10 menit) Kegiatan 9. Mahasiswa diminta untuk memberikan kesimpulan secara sistematis mengenai audit . 10. Mahasiswa diminta untuk membentuk kelompok diskusi. 11. Mahasiswa diberi penjelasan bahwa metode pengajaran untuk pertemuan-pertemuan selanjutnya adalah diskusi per kelompok. Setiap minggu ada kelompok yang bertugas menjadi penyaji dan kelompok yang lain tetap membuat makalah untuk dikumpulkan. 7. Media/Sumber Belajar a. Media i. LCD ii. Power Point iii. White Board b. Sumber Belajar 9. Arens, Elder, dan Beasley. 2008. Auditing and Assurance Service. 12th Edition,New Jerseay: Pearson Education 10. Boynton dan Kell. 2006. Modern Auditing. Eight Edition, United States: John Wiley& Sons Inc. 11. Guy, Alderman, dan Winters. 2003. Auditing. Buku satu. Edisi Lima. Jakarta: Erlangga 12. Messier, Glover, dan Prawitt. 2005. Jasa Audit & Assurance: Pendekatan Sistematis. Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat. 13. Jusup, Haryono. 2001. Auditing (Pengauditan), Buku 1. Yogyakarta : YKPN 14. Prihadi, Tjukria. 1999. Audit Intern Bank, Buku 1. Jakarta: Salemba Empat 15. Pedoman Standar Akuntasi Keuangan, IAI, 2009. 16. Standar Profesional Akuntan Publik, IAI. 2001. 8. Penilaian 1. Penilaian proses: keaktifan individu dalam berdiskusi dan menjawab pertanyaan audit atas laporan keuangan. 2. Penilaian produk: hasil dari tugas mahasiswa, yaitu kesimpulan secara sistematis audit atas laporan keuangan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58424314 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Jurusan/Program Studi : Akuntansi/S-1 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Auditing I Kode Mata Kuliah : 58424314 Bobot : 3 SKS Jumlah Tatap Muka (TM) : 4 ( TM ke 4 s.d. TM ke 14) Deskripisi Mata Kuliah : pemahaman profesi akuntan publik, kode etik profesi, sistem pengawasan intern, bukti pemeriksaan, kertas kerja pemeriksaan, prosedur audit, pemeriksaan terhadap kas, piutang, dan persediaan. 1. Standar Kompetensi Memahami Bukti Audit, perencanaan audit dan prosedur analitis 2. Kompetensi Dasar Menguraikan tujuan dari bukti audit, perencanaan audit dan prosedur analitis 3. Indikator Menguraikan bukti audit yang diperlukan dalam menyusun program audit 4. Tujuan Pembelajaran A: Mahasiswa Akuntansi B : Menjelaskan bukti audit C : Menguraikan delapan bukti audit D: Mahasiswa mampu menjelaskan perencanaan audit yang memadai sangat penting 5. Substansi Kajian (Materi Pembelajaran) Bukti audit, perencanaan dan prosedur analitis a. Menyususn program audit b. Mengidentifikasi bukti audit c. Perncanaan audit d. Tujuan prosedur analitis 6. Langkah- Langkah Pembelajaran Model Pembelajaran: Langsung Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Persepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang bukti audit. 2. Memotivasi: motivasi dengan menyampaikan manfaat mempelajari materi yang akan dibahas, keterkaitan dengan mata kuliah selanjutnya. 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (80 menit) Kegiatan 4. Mahasiswa memperhatikan penjelasan mengenai Bukti audit. 5. Mahasiswa membaca dan menggarisbawahi materi di buku sumber. 6. Mahasiswa mendiskusikan masing-masing sub pokok bahasan materi. 7. Mahasiswa diberi pertanyaan dan diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang tidak dimengerti dalam bukti audit. 8. Mahasiswa memperhatikan penjelasan mengenai perencanaan audit dan prosedur analitis Penutup (10 menit) Kegiatan 9. Mahasiswa diminta untuk memberikan kesimpulan secara sistematis mengenai bukti audit . 10. Mahasiswa diminta untuk membentuk kelompok diskusi. 11. Mahasiswa diberi penjelasan bahwa metode pengajaran untuk pertemuan-pertemuan selanjutnya adalah diskusi per kelompok. Setiap minggu ada kelompok yang bertugas menjadi penyaji dan kelompok yang lain tetap membuat makalah untuk dikumpulkan. 7. Media/Sumber Belajar a. Media i. LCD ii. Power Point iii. White Board b. Sumber Belajar 1. Arens, Elder, dan Beasley. 2008. Auditing and Assurance Service. 12th Edition,New Jerseay: Pearson Education 2. Boynton dan Kell. 2006. Modern Auditing. Eight Edition, United States: John Wiley& Sons Inc. 3. Guy, Alderman, dan Winters. 2003. Auditing. Buku satu. Edisi Lima. Jakarta: Erlangga 4. Messier, Glover, dan Prawitt. 2005. Jasa Audit & Assurance: Pendekatan Sistematis. Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat. 5. Jusup, Haryono. 2001. Auditing (Pengauditan), Buku 1. Yogyakarta : YKPN 6. Prihadi, Tjukria. 1999. Audit Intern Bank, Buku 1. Jakarta: Salemba Empat 7. Pedoman Standar Akuntasi Keuangan, IAI, 2009. 8. Standar Profesional Akuntan Publik, IAI. 2001. 8. Penilaian 1. Penilaian proses: keaktifan individu dalam berdiskusi dan menjawab pertanyaan audit atas laporan keuangan. 2. Penilaian produk: hasil dari tugas mahasiswa, yaitu kesimpulan secara sistematis audit atas laporan keuangan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-58424314 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Jurusan/Program Studi : Akuntansi/S-1 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Auditing I Kode Mata Kuliah : 58424314 Bobot : 3 SKS Jumlah Tatap Muka (TM) : 5 ( TM ke 5 s.d. TM ke 14) Deskripisi Mata Kuliah : pemahaman profesi akuntan publik, kode etik profesi, sistem pengawasan intern, bukti pemeriksaan, kertas kerja pemeriksaan, prosedur audit, pemeriksaan terhadap kas, piutang, dan persediaan. 1. Standar Kompetensi Memahami materialitas dan risiko audit 2. Kompetensi Dasar Menguraikan tujuan dari konsep materialitas 3. Indikator Menguraikan konsep materialitas dan risiko audit 4. Tujuan Pembelajaran A: Mahasiswa Akuntansi B : Menjelaskan materialitas C : Menguraikan risiko audit D: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar materialiatas dalam audit 5. Substansi Kajian (Materi Pembelajaran) Materialitas dan resiko audit a. Konsep materialitas b. Konsep risiko audit 6. Langkah- Langkah Pembelajaran Model Pembelajaran: Langsung Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 12. Persepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang materialitas. 13. Memotivasi: motivasi dengan menyampaikan manfaat mempelajari materi yang akan dibahas, keterkaitan dengan mata kuliah selanjutnya. 14. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (80 menit) Kegiatan 15. Mahasiswa memperhatikan penjelasan mengenai konsep materialitas . 16. Mahasiswa membaca dan menggarisbawahi materi di buku sumber. 17. Mahasiswa mendiskusikan masing-masing sub pokok bahasan materi. 18. Mahasiswa diberi pertanyaan dan diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang tidak dimengerti dalam konsep materialitas . 19. Mahasiswa memperhatikan penjelasan mengenai konsep materialitas dan ririso audit Penutup (10 menit) Kegiatan 20. Mahasiswa diminta untuk memberikan kesimpulan secara sistematis mengenai materialitas 21. Mahasiswa diminta untuk membentuk kelompok diskusi. 22. Mahasiswa diberi penjelasan bahwa metode pengajaran untuk pertemuan-pertemuan selanjutnya adalah diskusi per kelompok. Setiap minggu ada kelompok yang bertugas menjadi penyaji dan kelompok yang lain tetap membuat makalah untuk dikumpulkan. 7. Media/Sumber Belajar a. Media i. LCD ii. Power Point iii. White Board b. Sumber Belajar 1. Arens, Elder, dan Beasley. 2008. Auditing and Assurance Service. 12th Edition,New Jerseay: Pearson Education 2. Boynton dan Kell. 2006. Modern Auditing. Eight Edition, United States: John Wiley& Sons Inc. 3. Guy, Alderman, dan Winters. 2003. Auditing. Buku satu. Edisi Lima. Jakarta: Erlangga 4. Messier, Glover, dan Prawitt. 2005. Jasa Audit & Assurance: Pendekatan Sistematis. Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat. 5. Jusup, Haryono. 2001. Auditing (Pengauditan), Buku 1. Yogyakarta : YKPN 6. Prihadi, Tjukria. 1999. Audit Intern Bank, Buku 1. Jakarta: Salemba Empat 7. Pedoman Standar Akuntasi Keuangan, IAI, 2009. 8. Standar Profesional Akuntan Publik, IAI. 2001. 9. Penilaian 1. Penilaian proses: keaktifan individu dalam berdiskusi dan menjawab pertanyaan tingkat materialitas. 2. Penilaian produk: hasil dari tugas mahasiswa, yaitu kesimpulan secara sistematis materialitas dan risiko audit. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-69624201 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Jurusan/Program Studi : Akuntansi/S-1 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Auditing I Kode Mata Kuliah : 58424314 Bobot : 3 SKS Jumlah Tatap Muka (TM) : 5 ( TM ke 5 s.d. TM ke 14) Deskripisi Mata Kuliah : pemahaman profesi akuntan publik, kode etik profesi, sistem pengawasan intern, bukti pemeriksaan, kertas kerja pemeriksaan, prosedur audit, pemeriksaan terhadap kas, piutang, dan persediaan. 1. Standar Kompetensi Memahami pengendalian internal dalam audit laporan keuangan 2. Kompetensi Dasar Menguraikan perntingnya pengendalian internal 3. Indikator Menguraikan konsep pengendalian internal 4. Tujuan Pembelajaran A: Mahasiswa Akuntansi B : Menjelaskan komponen pengendalian internal C : Menguraikan perencanaan strategi audit D: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar pengendalian internal 5. Substansi Kajian (Materi Pembelajaran) Pengendalian internal a. Komponen pengendalian internal b. Mengidentifikasi perencanaan strategi audit 6. Langkah- Langkah Pembelajaran Model Pembelajaran: Langsung Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Persepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang pengendalian internal. 2. Memotivasi: motivasi dengan menyampaikan manfaat mempelajari materi yang akan dibahas, keterkaitan dengan mata kuliah selanjutnya. 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (80 menit) Kegiatan 4. Mahasiswa memperhatikan penjelasan mengenai komponen pengendalian internal . 5. Mahasiswa membaca dan menggarisbawahi materi di buku sumber. 6. Mahasiswa mendiskusikan masing-masing sub pokok bahasan materi. 7. Mahasiswa diberi pertanyaan dan diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang tidak dimengerti dalam konsep pengendalia internal. 8. Mahasiswa memperhatikan penjelasan mengenai komponen pengendalian internal Penutup (10 menit) Kegiatan 9. Mahasiswa diminta untuk memberikan kesimpulan secara sistematis mengenai pengendalia internal 10. Mahasiswa diminta untuk membentuk kelompok diskusi. 11. Mahasiswa diberi penjelasan bahwa metode pengajaran untuk pertemuan-pertemuan selanjutnya adalah diskusi per kelompok. Setiap minggu ada kelompok yang bertugas menjadi penyaji dan kelompok yang lain tetap membuat makalah untuk dikumpulkan. 7. Media/Sumber Belajar a. Media i. LCD ii. Power Point iii. White Board b. Sumber Belajar a. Arens, Elder, dan Beasley. 2008. Auditing and Assurance Service. 12th Edition,New Jerseay: Pearson Education b. Boynton dan Kell. 2006. Modern Auditing. Eight Edition, United States: John Wiley& Sons Inc. c. Guy, Alderman, dan Winters. 2003. Auditing. Buku satu. Edisi Lima. Jakarta: Erlangga d. Messier, Glover, dan Prawitt. 2005. Jasa Audit & Assurance: Pendekatan Sistematis. Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat. e. Jusup, Haryono. 2001. Auditing (Pengauditan), Buku 1. Yogyakarta : YKPN f. Prihadi, Tjukria. 1999. Audit Intern Bank, Buku 1. Jakarta: Salemba Empat g. Pedoman Standar Akuntasi Keuangan, IAI, 2009. h. Standar Profesional Akuntan Publik, IAI. 2001. 10. Penilaian 1. Penilaian proses: keaktifan individu dalam berdiskusi dan menjawab pertanyaan pengendalianinternal. 2. Penilaian produk: hasil dari tugas mahasiswa, yaitu kesimpulan secara sistematis pengendalian internal KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-69624201 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Jurusan/Program Studi : Akuntansi/S-1 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Auditing I Kode Mata Kuliah : 58424314 Bobot : 3 SKS Jumlah Tatap Muka (TM) : 5 ( TM ke 5 s.d. TM ke 14) Deskripisi Mata Kuliah : pemahaman profesi akuntan publik, kode etik profesi, sistem pengawasan intern, bukti pemeriksaan, kertas kerja pemeriksaan, prosedur audit, pemeriksaan terhadap kas, piutang, dan persediaan. 8. Standar Kompetensi Memahami pengendalian internal dalam audit laporan keuangan 9. Kompetensi Dasar Menguraikan perntingnya pengendalian internal 10. Indikator Menguraikan konsep pengendalian internal 11. Tujuan Pembelajaran A: Mahasiswa Akuntansi B : Menjelaskan komponen pengendalian internal C : Menguraikan perencanaan strategi audit D: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar pengendalian internal 12. Substansi Kajian (Materi Pembelajaran) Pengendalian internal a. Komponen pengendalian internal b. Mengidentifikasi perencanaan strategi audit 13. Langkah- Langkah Pembelajaran Model Pembelajaran: Langsung Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 12. Persepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang pengendalian internal. 13. Memotivasi: motivasi dengan menyampaikan manfaat mempelajari materi yang akan dibahas, keterkaitan dengan mata kuliah selanjutnya. 14. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (80 menit) Kegiatan 15. Mahasiswa memperhatikan penjelasan mengenai komponen pengendalian internal . 16. Mahasiswa membaca dan menggarisbawahi materi di buku sumber. 17. Mahasiswa mendiskusikan masing-masing sub pokok bahasan materi. 18. Mahasiswa diberi pertanyaan dan diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang tidak dimengerti dalam konsep pengendalia internal. 19. Mahasiswa memperhatikan penjelasan mengenai komponen pengendalian internal Penutup (10 menit) Kegiatan 20. Mahasiswa diminta untuk memberikan kesimpulan secara sistematis mengenai pengendalia internal 21. Mahasiswa diminta untuk membentuk kelompok diskusi. 22. Mahasiswa diberi penjelasan bahwa metode pengajaran untuk pertemuan-pertemuan selanjutnya adalah diskusi per kelompok. Setiap minggu ada kelompok yang bertugas menjadi penyaji dan kelompok yang lain tetap membuat makalah untuk dikumpulkan. 14. Media/Sumber Belajar a. Media i. LCD ii. Power Point iii. White Board b. Sumber Belajar i. Arens, Elder, dan Beasley. 2008. Auditing and Assurance Service. 12th Edition,New Jerseay: Pearson Education j. Boynton dan Kell. 2006. Modern Auditing. Eight Edition, United States: John Wiley& Sons Inc. k. Guy, Alderman, dan Winters. 2003. Auditing. Buku satu. Edisi Lima. Jakarta: Erlangga l. Messier, Glover, dan Prawitt. 2005. Jasa Audit & Assurance: Pendekatan Sistematis. Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat. m. Jusup, Haryono. 2001. Auditing (Pengauditan), Buku 1. Yogyakarta : YKPN n. Prihadi, Tjukria. 1999. Audit Intern Bank, Buku 1. Jakarta: Salemba Empat o. Pedoman Standar Akuntasi Keuangan, IAI, 2009. p. Standar Profesional Akuntan Publik, IAI. 2001. 11. Penilaian 3. Penilaian proses: keaktifan individu dalam berdiskusi dan menjawab pertanyaan pengendalianinternal. 4. Penilaian produk: hasil dari tugas mahasiswa, yaitu kesimpulan secara sistematis pengendalian internal KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-69624201 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Jurusan/Program Studi : Akuntansi/S-1 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Auditing I Kode Mata Kuliah : 58424314 Bobot : 3 SKS Jumlah Tatap Muka (TM) : 13 dan 14 ( TM ke 13 s.d. TM ke 14) Deskripisi Mata Kuliah : pemahaman profesi akuntan publik, kode etik profesi, sistem pengawasan intern, bukti pemeriksaan, kertas kerja pemeriksaan, prosedur audit, pemeriksaan terhadap kas, piutang, dan persediaan. 1. Standar Kompetensi Memahami rencana audit dan program audit secara keseluruhan 2. Kompetensi Dasar Menguraikan perntingnya rencana audit dan program audit 3. Indikator Menguraikan rencana audit dan program audit 4. Tujuan Pembelajaran A: Mahasiswa Akuntansi B : Menjelaskan rencana audit dan program audit C : Menguraikan program audit D: Mahasiswa mampu menjelaskan rencana audit 5. Substansi Kajian (Materi Pembelajaran) Rencana audit dan program audit a. Jenis pengujian disajiaka secara wajar b. Merencanakan program audit 6. Langkah- Langkah Pembelajaran Model Pembelajaran: Langsung Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Persepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang rencanan audit. 2. Memotivasi: motivasi dengan menyampaikan manfaat mempelajari materi yang akan dibahas, keterkaitan dengan mata kuliah selanjutnya. 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (80 menit) Kegiatan 4. Mahasiswa memperhatikan penjelasan mengenai rencana audit . 5. Mahasiswa membaca dan menggarisbawahi materi di buku sumber. 6. Mahasiswa mendiskusikan masing-masing sub pokok bahasan materi. 7. Mahasiswa diberi pertanyaan dan diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang tidak dimengerti dalam rencana audit. 8. Mahasiswa memperhatikan penjelasan mengenai rencana audit san program audit Penutup (10 menit) Kegiatan 9. Mahasiswa diminta untuk memberikan kesimpulan secara sistematis mengenai rencana audit 10. Mahasiswa diminta untuk membentuk kelompok diskusi. 11. Mahasiswa diberi penjelasan bahwa metode pengajaran untuk pertemuan-pertemuan selanjutnya adalah diskusi per kelompok. Setiap minggu ada kelompok yang bertugas menjadi penyaji dan kelompok yang lain tetap membuat makalah untuk dikumpulkan. 12. Media/Sumber Belajar a. Media i. LCD ii. Power Point iii. White Board b. Sumber Belajar q. Arens, Elder, dan Beasley. 2008. Auditing and Assurance Service. 12th Edition,New Jerseay: Pearson Education r. Boynton dan Kell. 2006. Modern Auditing. Eight Edition, United States: John Wiley& Sons Inc. s. Guy, Alderman, dan Winters. 2003. Auditing. Buku satu. Edisi Lima. Jakarta: Erlangga t. Messier, Glover, dan Prawitt. 2005. Jasa Audit & Assurance: Pendekatan Sistematis. Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat. u. Jusup, Haryono. 2001. Auditing (Pengauditan), Buku 1. Yogyakarta : YKPN v. Prihadi, Tjukria. 1999. Audit Intern Bank, Buku 1. Jakarta: Salemba Empat w. Pedoman Standar Akuntasi Keuangan, IAI, 2009. x. Standar Profesional Akuntan Publik, IAI. 2001. 8. Penilaian 1. Penilaian proses: keaktifan individu dalam berdiskusi dan menjawab pertanyaan rencana audit. 2. Penilaian produk: hasil dari tugas mahasiswa, yaitu kesimpulan secara sistematis rencana audit SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : S-1 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Aspek Hukum Bisnis / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 69624201 Pertemuan Ke : 10 Alokasi Waktu : 2 x 50 menit A. Kompetensi Mendeskripsikan ketentuan keselamatan kerja di perusahaan B. Indikator Kompetensi 1. Mahasiswa mampu menguraikan ketentuan keselamatan kerja di perusahaan 2. Mahasiswa mampu menjelaskan sanksi hukum dibidang keselamatan kerja. C. Materi Peraturan keselamatan kerja * Peraturan keselamatan kerja * Hak/kewajiban naker & pengusaha D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan tanya jawab, pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang Peraturan keselamatan kerja kondisi saat ini di Indonesia dan memberi pertanyaan secara lisan tentang materi pertemuan sebelumnya 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan memberikan salah satu contoh aplikasi nyata Peraturan keselamatan kerja. 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (80 menit) Kegiatan 1. Kelompok penyaji menyerahkan makalah/materi yang akan dipresentasikan kepada dosen untuk penilaian. 2. Kelompok mahasiswa yang bertugas sebagai penyaji menyampaikan presentasi hasil diskusi mereka mengenai Peraturan keselamatan kerja, mahasiswa yang lain memperhatikan. 3. Setelah presentasi kelompok penyaji selesai, mahasiswa yang lain diberi kesempatan untuk memberikan pertanyaan atau tanggapan atas presentasi kelompok penyaji. Dosen mencatat dan menilai mahasiswa yang berpartisipasi. 4. Anggota kelompok penyaji memberikan jawaban atas pertanyaan dan tanggapan yang diajukan. Dosen melakukan penilaian untuk masing-masing anggota kelompok penyaji yang aktif. 5. Kelompok penyaji memberikan kesimpulan hasil diskusi dan menutup kegiatan diskusi hari ini. Penutup (10 menit) Kegiatan 1. Dosen memberikan kesimpulan mengenai Peraturan keselamatan kerja dan memberikan tanggapan/meluruskan pertanyaan - pertanyaan yang telah diajukan saat kegiatan diskusi. 2. Kelompok mahasiswa non penyaji diminta untuk mengumpulkan makalah resume mengenai materi Peraturan keselamatan kerja yang telah mereka buat di rumah. 3. Dosen mengingatkan kelompok penyaji selanjutnya untuk bersiap pada pertemuan selanjutnya. F. Media/Sumber Belajar a. Media - LCD - Power Point - White Board b. Sumber Belajar 1. C.S.T. Kansil dan Christine ST. Kansil, 2001. "Hukum Perusahaan Indonesia" (Aspek Hukum Dalam Ekonomi) Jilid 1 dan 2. 2. HMN. Purwosutjipto, 2001. "Pengertian Pokok Hukum Dagang Indonesia". Jilid 1 dan 2. 3. Soedjono Dirjosiswono, 2001. "Hukum Perusahaan Mengenai Bentuk - Bentuk Perusahaan di Indonesia". 4. Abdul Kadir Muhammad, 1999. "Hukum Perusahaan Indonesia". 5. R. Setiawan, 2001. "Pokok - Pokok Hukum Perikatan". 6. Referensi lain yang relevan. G. Penilaian 1. Penilaian proses: keaktifan masing-masing individu anggota kelompok penyaji dalam berdiskusi dan menjawab pertanyaan, keaktifan mahasiswa lain non kelompok penyaji dalam memberikan pertanyaan dan tanggapan pada diskusi kelas. 2. Penilaian produk: makalah mahasiswa yang berisi resume, dan contoh-contoh aktual dari berbagai sumber mengenai materi Peraturan keselamatan kerja. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-69624201 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : S-1 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Aspek Hukum Bisnis / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 69624201 Pertemuan Ke : 11 Alokasi Waktu : 2 x 50 menit A. Kompetensi Mendeskripsikan ketentuan jaminan sosial tenaga kerja B. Indikator Kompetensi 1. Menjelaskan program Jamsostek 2. Menguraikan ketentuan Jamsostek 3. Menjelaskan sanksi hukum terhadap pelanggaran Jamsostek C. Materi Jaminan sosial tenaga kerja D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan tanya jawab, pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang ketentuan jaminan sosial tenaga kerja kondisi saat ini di Indonesia dan memberi pertanyaan secara lisan tentang materi pertemuan sebelumnya 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan memberikan salah satu contoh aplikasi nyata ketentuan jaminan sosial tenaga kerja. 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (80 menit) Kegiatan 1. Kelompok penyaji menyerahkan makalah/materi yang akan dipresentasikan kepada dosen untuk penilaian. 2. Kelompok mahasiswa yang bertugas sebagai penyaji menyampaikan presentasi hasil diskusi mereka mengenai ketentuan jaminan sosial tenaga kerja, mahasiswa yang lain memperhatikan. 3. Setelah presentasi kelompok penyaji selesai, mahasiswa yang lain diberi kesempatan untuk memberikan pertanyaan atau tanggapan atas presentasi kelompok penyaji. Dosen mencatat dan menilai mahasiswa yang berpartisipasi. 4. Anggota kelompok penyaji memberikan jawaban atas pertanyaan dan tanggapan yang diajukan. Dosen melakukan penilaian untuk masing-masing anggota kelompok penyaji yang aktif. 5. Kelompok penyaji memberikan kesimpulan hasil diskusi dan menutup kegiatan diskusi hari ini. Penutup (10 menit) Kegiatan 1. Dosen memberikan kesimpulan mengenai ketentuan jaminan sosial tenaga kerja ketentuan jaminan sosial tenaga kerja dan memberikan tanggapan/meluruskan pertanyaan - pertanyaan yang telah diajukan saat kegiatan diskusi. 2. Kelompok mahasiswa non penyaji diminta untuk mengumpulkan makalah resume mengenai materi ketentuan jaminan sosial tenaga kerja yang telah mereka buat di rumah. 3. Dosen mengingatkan kelompok penyaji selanjutnya untuk bersiap pada pertemuan selanjutnya. F. Media/Sumber Belajar a. Media - LCD - Power Point - White Board b. Sumber Belajar 1. C.S.T. Kansil dan Christine ST. Kansil, 2001. "Hukum Perusahaan Indonesia" (Aspek Hukum Dalam Ekonomi) Jilid 1 dan 2. 2. HMN. Purwosutjipto, 2001. "Pengertian Pokok Hukum Dagang Indonesia". Jilid 1 dan 2. 3. Soedjono Dirjosiswono, 2001. "Hukum Perusahaan Mengenai Bentuk - Bentuk Perusahaan di Indonesia". 4. Abdul Kadir Muhammad, 1999. "Hukum Perusahaan Indonesia". 5. R. Setiawan, 2001. "Pokok - Pokok Hukum Perikatan". 6. Referensi lain yang relevan. G. Penilaian 1. Penilaian proses: keaktifan masing-masing individu anggota kelompok penyaji dalam berdiskusi dan menjawab pertanyaan, keaktifan mahasiswa lain non kelompok penyaji dalam memberikan pertanyaan dan tanggapan pada diskusi kelas. 2. Penilaian produk: makalah mahasiswa yang berisi resume, dan contoh-contoh aktual dari berbagai sumber mengenai materi ketentuan jaminan sosial tenaga kerja. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-69624201 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : S-1 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Aspek Hukum Bisnis / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 69624201 Pertemuan Ke : 12 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mendeskripsikan ketentuan Hukum Kepailitan di perusahaan. B. Indikator Kompetensi Mahasiswa mampu menguraikan ketentuan pelaksanaan Hukum Pailit C. Materi Hukum Kepailitan D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan tanya jawab, pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang ketentuan Hukum Kepailitan di Indonesia dan memberi pertanyaan secara lisan tentang materi pertemuan sebelumnya 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan memberikan salah satu contoh aplikasi nyata ketentuan Hukum Kepailitan di Indonesia. 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (80 menit) Kegiatan 1. Kelompok penyaji menyerahkan makalah/materi yang akan dipresentasikan kepada dosen untuk penilaian. 2. Kelompok mahasiswa yang bertugas sebagai penyaji menyampaikan presentasi hasil diskusi mereka mengenai ketentuan Hukum Kepailitan, mahasiswa yang lain memperhatikan. 3. Setelah presentasi kelompok penyaji selesai, mahasiswa yang lain diberi kesempatan untuk memberikan pertanyaan atau tanggapan atas presentasi kelompok penyaji. Dosen mencatat dan menilai mahasiswa yang berpartisipasi. 4. Anggota kelompok penyaji memberikan jawaban atas pertanyaan dan tanggapan yang diajukan. Dosen melakukan penilaian untuk masing-masing anggota kelompok penyaji yang aktif. 5. Kelompok penyaji memberikan kesimpulan hasil diskusi dan menutup kegiatan diskusi hari ini. Penutup (10 menit) Kegiatan 1. Dosen memberikan kesimpulan mengenai ketentuan Hukum Kepailitan dan memberikan tanggapan/meluruskan pertanyaan - pertanyaan yang telah diajukan saat kegiatan diskusi. 2. Kelompok mahasiswa non penyaji diminta untuk mengumpulkan makalah resume mengenai materi ketentuan Hukum Kepailitan yang telah mereka buat di rumah. 3. Dosen mengingatkan kelompok penyaji selanjutnya untuk bersiap pada pertemuan selanjutnya. F. Media/Sumber Belajar a. Media - LCD - Power Point - White Board b. Sumber Belajar 1. C.S.T. Kansil dan Christine ST. Kansil, 2001. "Hukum Perusahaan Indonesia" (Aspek Hukum Dalam Ekonomi) Jilid 1 dan 2. 2. HMN. Purwosutjipto, 2001. "Pengertian Pokok Hukum Dagang Indonesia". Jilid 1 dan 2. 3. Soedjono Dirjosiswono, 2001. "Hukum Perusahaan Mengenai Bentuk - Bentuk Perusahaan di Indonesia". 4. Abdul Kadir Muhammad, 1999. "Hukum Perusahaan Indonesia". 5. R. Setiawan, 2001. "Pokok - Pokok Hukum Perikatan". 6. Referensi lain yang relevan. G. Penilaian 1. Penilaian proses: keaktifan masing-masing individu anggota kelompok penyaji dalam berdiskusi dan menjawab pertanyaan, keaktifan mahasiswa lain non kelompok penyaji dalam memberikan pertanyaan dan tanggapan pada diskusi kelas. 2. Penilaian produk: makalah mahasiswa yang berisi resume, dan contoh-contoh aktual dari berbagai sumber mengenai materi ketentuan Hukum Kepailitan. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-69624201 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : S-1 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Aspek Hukum Bisnis / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 69624201 Pertemuan Ke : 13 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mendeskripskan ketentuan perlindungan konsumen. B. Indikator Kompetensi 1. Mahasiswa mampu menjelaskan lembaga perlindungan konsumen 2. Mahasiswa mampu menguraikan hak & kewajiban konsumen dan pengusaha 3. Mahasiswa mampu menjelaskan sanksi hukum terhadap pelanggaran perlindungan konsumen C. Materi Perlindungan konsumen * Lembaga perlindungan konsumen * Hak & kewajiban konsumen & pengusaha D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan tanya jawab, pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang ketentuan perlindungan konsumen saat ini di Indonesia dan memberi pertanyaan secara lisan tentang materi pertemuan sebelumnya 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan memberikan salah satu contoh aplikasi nyata ketentuan perlindungan konsumen di Indonesia. 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (80 menit) Kegiatan 1. Kelompok penyaji menyerahkan makalah/materi yang akan dipresentasikan kepada dosen untuk penilaian. 2. Kelompok mahasiswa yang bertugas sebagai penyaji menyampaikan presentasi hasil diskusi mereka mengenai ketentuan perlindungan konsumen, mahasiswa yang lain memperhatikan. 3. Setelah presentasi kelompok penyaji selesai, mahasiswa yang lain diberi kesempatan untuk memberikan pertanyaan atau tanggapan atas presentasi kelompok penyaji. Dosen mencatat dan menilai mahasiswa yang berpartisipasi. 4. Anggota kelompok penyaji memberikan jawaban atas pertanyaan dan tanggapan yang diajukan. Dosen melakukan penilaian untuk masing-masing anggota kelompok penyaji yang aktif. 5. Kelompok penyaji memberikan kesimpulan hasil diskusi dan menutup kegiatan diskusi hari ini. Penutup (10 menit) Kegiatan 1. Dosen memberikan kesimpulan mengenai ketentuan perlindungan konsumen dan memberikan tanggapan/meluruskan pertanyaan - pertanyaan yang telah diajukan saat kegiatan diskusi. 2. Kelompok mahasiswa non penyaji diminta untuk mengumpulkan makalah resume mengenai materi ketentuan perlindungan konsumen yang telah mereka buat di rumah. 3. Dosen mengingatkan kelompok penyaji selanjutnya untuk bersiap pada pertemuan selanjutnya. F. Media/Sumber Belajar a. Media - LCD - Power Point - White Board b. Sumber Belajar 1. C.S.T. Kansil dan Christine ST. Kansil, 2001. "Hukum Perusahaan Indonesia" (Aspek Hukum Dalam Ekonomi) Jilid 1 dan 2. 2. HMN. Purwosutjipto, 2001. "Pengertian Pokok Hukum Dagang Indonesia". Jilid 1 dan 2. 3. Soedjono Dirjosiswono, 2001. "Hukum Perusahaan Mengenai Bentuk - Bentuk Perusahaan di Indonesia". 4. Abdul Kadir Muhammad, 1999. "Hukum Perusahaan Indonesia". 5. R. Setiawan, 2001. "Pokok - Pokok Hukum Perikatan". 6. Referensi lain yang relevan. G. Penilaian 1. Penilaian proses: keaktifan masing-masing individu anggota kelompok penyaji dalam berdiskusi dan menjawab pertanyaan, keaktifan mahasiswa lain non kelompok penyaji dalam memberikan pertanyaan dan tanggapan pada diskusi kelas. 2. Penilaian produk: makalah mahasiswa yang berisi resume, dan contoh-contoh aktual dari berbagai sumber mengenai materi ketentuan perlindungan konsumen. KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-69624201 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : S-1 Akuntansi Mata Kuliah/ SKS : Aspek Hukum Bisnis / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 69624201 Pertemuan Ke : 14 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mendeskripsikan ketentuan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat di Indonesia. B. Indikator Kompetensi 1. Mahasiswa mampu menyebutkan kegiatan - kegiatan & perjanjian yang dilarang 2. Mahasiswa mampu menjelaskan peran lembaga pengawas persaingan 3. Mahasiswa mampu menjelaskan sanksi hukum terhadap pelanggaran praktek monopoli C. Materi Praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat * Kegiatan & perijinan yang dilarang * Pengawas persaingan * Sanksi hukum D. Pendekatan/Model/Metode 1. Pendekatan: kontekstual, model pembelajaran kooperatif; 2. Metode: presentasi, diskusi dan tanya jawab, pemberian tugas. E. Langkah- Langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Kegiatan 1. Apersepsi: dosen menggali dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang ketentuan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat saat ini di Indonesia dan memberi pertanyaan secara lisan tentang materi pertemuan sebelumnya 2. Memotivasi: menimbulkan rasa ingin tahu dengan memberikan salah satu contoh aplikasi nyata ketentuan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat di Indonesia. 3. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran pada pertemuan ini. Inti (80 menit) Kegiatan 1. Kelompok penyaji menyerahkan makalah/materi yang akan dipresentasikan kepada dosen untuk penilaian. 2. Kelompok mahasiswa yang bertugas sebagai penyaji menyampaikan presentasi hasil diskusi mereka mengenai ketentuan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat, mahasiswa yang lain memperhatikan. 3. Setelah presentasi kelompok penyaji selesai, mahasiswa yang lain diberi kesempatan untuk memberikan pertanyaan atau tanggapan atas presentasi kelompok penyaji. Dosen mencatat dan menilai mahasiswa yang berpartisipasi. 4. Anggota kelompok penyaji memberikan jawaban atas pertanyaan dan tanggapan yang diajukan. Dosen melakukan penilaian untuk masing-masing anggota kelompok penyaji yang aktif. 5. Kelompok penyaji memberikan kesimpulan hasil diskusi dan menutup kegiatan diskusi hari ini. Penutup (10 menit) Kegiatan 1. Dosen memberikan kesimpulan mengenai ketentuan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat dan memberikan tanggapan/meluruskan pertanyaan - pertanyaan yang telah diajukan saat kegiatan diskusi. 2. Kelompok mahasiswa non penyaji diminta untuk mengumpulkan makalah resume mengenai materi ketentuan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat yang telah mereka buat di rumah. 3. Dosen mengingatkan kelompok penyaji selanjutnya untuk bersiap pada pertemuan selanjutnya. F. Media/Sumber Belajar a. Media - LCD - Power Point - White Board b. Sumber Belajar 1. C.S.T. Kansil dan Christine ST. Kansil, 2001. "Hukum Perusahaan Indonesia" (Aspek Hukum Dalam Ekonomi) Jilid 1 dan 2. 2. HMN. Purwosutjipto, 2001. "Pengertian Pokok Hukum Dagang Indonesia". Jilid 1 dan 2. 3. Soedjono Dirjosiswono, 2001. "Hukum Perusahaan Mengenai Bentuk - Bentuk Perusahaan di Indonesia". 4. Abdul Kadir Muhammad, 1999. "Hukum Perusahaan Indonesia". 5. R. Setiawan, 2001. "Pokok - Pokok Hukum Perikatan". 6. Referensi lain yang relevan. G. Penilaian 1. Penilaian proses: keaktifan masing-masing individu anggota kelompok penyaji dalam berdiskusi dan menjawab pertanyaan, keaktifan mahasiswa lain non kelompok penyaji dalam memberikan pertanyaan dan tanggapan pada diskusi kelas. 2. Penilaian produk: makalah mahasiswa yang berisi resume, dan contoh-contoh aktual dari berbagai sumber mengenai materi ketentuan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat. SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP) Jurusan/Program Studi : Akuntansi/Akuntansi Mata Kuliah : Auditing 1 Kode Mata Kuliah : Bobot : 3 SKS Jumlah Tatap Muka (TM) : 16 (TM ke 1 s.d. TM ke 16) Deskripsi Mata Kuliah : 1. Kompetensi Dasar 2. Indikator Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan dasar pelaksanaan audit dan akuntansi, menjelaskan proses audit atas laporan keuangan. 3. Tujuan Pembelajaran Audience: Mahasiswa mampu melaksanakan konsep dasar audit dan akuntansi atas laporan keuangan. Behavior: Mahasiswa mampu menyusun konsep dasar audit dengan akuntansi Condition: Mahasiswa dapat menyelesaiakan konsep dasar auditing Degree Mahasiswa dapat menjelasakan jenis-jenis jasa assurance 4. Substansi Kajian (Materi Pembelajaran) Perbedaan audit dengan akuntansi Poin-poin Materi 1. Perbedaan dasar pelaksanaan auditing dan akuntansi 2. Audit laporan keuangan 3. Jenis-jenis jasa assurance 4. Konsep dasar pelaksanaan pelaksanaan audit atas pelaksanaan audit 5. Menjelaskan konsep dasar pelaksanaan audit atas laporan keuangan 6. Menjelaskan proses audit atas laporan keuangan 5. Langkah Pembelajaran a. Model dan Metode Pembelajaran b. Sumber Belajar/Media Sumber (bab atau sub bab dari buku yang sesuai meteri [ertemuan saja) bukan referensi umum c. Kegiatan Pembelajaran 1) Pendahuluan 2) Inti 3) Penutup 7. Penilaian Referensi Tulis semua referensi/sumber yang dijadikan rujukan dalam mata kuliah ini Surabaya, Ketua Jurusan/Prodi .................. Dosen Pengampu Mata Kuliah ___________________________ ___________________________