| www.unesa.ac.id | pdpt.unesa.ac.id

KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231

KAMPUS LIDAH WETAN
Jl. Lidah Wetan, Surabaya
info@unesa.ac.id

SAP-Kimia Terapan
FileName : SAP-Kimia Terapan.doc
FileType : application/msword
FileSize : 399 KB
Download



Plain Text Preview

KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-42323203 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Mata Kuliah/ SKS : Kimia Terapan / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 42323203 Pertemuan Ke : 1 Alokasi Waktu : Standar Kompetensi : Pemahaman tentang sifat materi dan energi, hukum - hukum materi dan energi, pengukuran dalam reaksi kimia, sifat-sifat larutan dan pernyataan konsentrasi suatu larutan, asam, basa dan garam, sifat-sifat karbohidrat, protein dan lemak, serta penerapannya dalam bidang Tata Boga, Tata Busana, dan Tata Rias. Pertemuan Ke- : 1 Alokasi Waktu : 100 menit A. Kompetensi Dasar Melaksanakan Kontrak perkuliahan Mata Kuliah Mikrobiologi Pangan melalui penyampaian Silabus Perkuliahan B. Tujuan Pembelajaran Mahasiswa dapat deskripsikan mata kuliah Kimia Terapan Mahasiswa dapat mengidentifikasi indikator-indikator KimiaTerapan Mahasiswa dapat mengidentifikasi materi-materi perkuliahan Mahasiswa dapat mengidentifikasi strategi belajar mata kuliah Mahasiswa dapat memilih buku sumber mata kuliah Kimia Terapan C. Materi Silabus (GBRP) Mata Kuliah Kimia Terapan Surabaya, 17 Januari 2011 Mengetahui Ketua Jurusan/Program Dosen Pengampu ............................... Dra. Siti Sulandjari, M.Si. NIP. NIP. 195903311985032001 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Teknik Jurusan : Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Program Angkatan/Kelas : S1 Pendidikan Tata Boga/Busana/Rias Mata Kuliah : Kimia Terapan Kode Mata Kuliah : Semester : Gasal Dosen Pengampu : Dra. Siti Sulandjari, M.Si. Standar Kompetensi : Pemahaman tentang sifat materi dan energi, hukum - hukum materi dan energi, pengukuran dalam reaksi kimia, sifat-sifat larutan dan pernyataan konsentrasi suatu larutan, asam, basa dan garam, sifat-sifat karbohidrat, protein dan lemak, serta penerapannya dalam bidang Tata Boga, Tata Busana, dan Tata Rias. Pertemuan Ke- : 2, 3, dan 4 Alokasi Waktu : 3 x 100 menit A. Kompetensi Dasar Menguasai konsep dan hukum Materi dan Energi B. Indikator Kognitif Produk 1. Menjelaskan konsep materi 2. Menjelaskan konsep energi 3. Menjelaskan sifat materi 4. Menjelaskan perbedaan perubahan kimia dengan perubahan fisika 5. Memberi contoh perubahan materi untuk bidang Boga/Busana/Rias 6. Menjelaskan hukum kekekalan massa 7. Menjelaskan hukum Avogadro Kognitif Proses 1. Mengidentifikasi perubahan materi yang terjadi di bidang Tata Boga/Busana/Rias 2. Menerapkan hukum kekekalan massa dalam suatu reaksi zat di bidang Tata Boga/Tata Busana/Tata Boga 3. Menghitung partikel zat dalam satuan berat materi yang diketahui. Afektif 1. Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi a. Jujur b. Peduli c. Tanggung Jawab 2. Mengembangkan ketrampilan sosial, meliputi a. Bertanya b. Menyumbang ide atau pendapat c. Menjadi pendengar yang baik d. Berkomunikasi C. Tujuan Pembelajaran Kognitif Produk 1. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep materi 2. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep energi 3. Mahasiswa dapat menjelaskan sifat materi 4. Mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan perubahan kimia dengan perubahan fisika 5. Mahasiswa dapat memberi contoh perubahan materi untuk bidang Boga/Busana/Rias 6. Mahasiswa dapat menjelaskan hukum kekekalan massa 7. Mahasiswa dapat menjelaskan hukum Avogadro Kognitif Proses 1. Mahasiswa dapat mengidentifikasi perubahan materi yang terjadi di bidang Tata Boga/Busana/Rias 2. Mahasiswa dapat menerapkan hukum kekekalan massa dalam suatu reaksi zat di bidang Tata Boga/Tata Busana/Tata Boga 3. Mahasiswa dapat menghitung partikel zat dalam satuan berat materi yang diketahui. Afektif 1. Karakter Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada mahasiswa, minimal mahasiswa menunjukkan membuat kemajuan dalam perilaku berkarakter, yang meliputi jujur, peduli, dan tanggung jawab sesuai LP Pengamatan perilaku berkarakter. 2. Ketrampilan sosial Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada mahasiswa, minimal mahasiswa menunjukkan kemajuan dalam ketrampilan sosial: bertanya, menyumbangkan ide atau pendapat, menjadi pendengan yang baik, dan berkomunikasi sesuai LP Pengamatan Ketrampilan Sosial. D. Materi Konsep Materi Konsep Energi Sifat Materi Perubahan Kimia Perubahan Fisika Hukum Kekekalan Massa Konsep Mol Hukum Avogadro E. Pendekatan/Model/Metode Model pembelajaran : Kooperatif Metode : Ceramah Diskusi Tanya-Jawab F. Langkah-Langkah Pembelajaran Minggu 2 No Langkah Pembelajaran Ket Media Keterlaksanaan Ya Tidak 1. Pendahuluan * Menggali kemampuan awal mahasiswa tentang konsep materi * Penjelasan tujuan pembelajaran Power point 2. Inti * Dijelaskan aturan diskusi * Dilakukan bimbingan diskusi kelompok sesuai topik * Konsep materi dan sifat Materi * Konsep Energi * Memberi kesempatan mahasiswa menyampaikan hasil diskusi * Merangkum hasil diskusi LKM 3. Penutup * Menguji pemahaman mahasiswa * Memberi tugas lanjutan mendata contoh materi bidang Boga/Busana/Rias Minggu 3 No Langkah Pembelajaran Ket. Keterlaksanaan Ya Tidak 1. Pendahuluan * Menngingatkan kembali pemahaman tentang materi dan energi * Penjelasan tujuan pembelajaran Media Tumbuh 2. Inti * Disampaikan tugas diskusi tentang perubahan kimia dan perubahan fisika materi * Dibentuk kelompok diskusi sesuai tugas * Perubahan kimia materi * Perubahan fisika materi * Hukum kekekalan massa * Dilakukan bimbingan diskusi * Memberi kesempatan mahasiswa menyampaikan laporan hasil diskusi LKM 3. Penutup * Merangkum materi pembelajaran * Menguji pemahaman mahasiswa * Memberi tugas lanjutan mengidentifikasi perubahan fisika dan kimia pada bidang T.Boga/Busana/Rias Minggu 4 No Langkah Pembelajaran Ket. Keterlaksanaan Ya Tidak 1. Pendahuluan * Mengingatkan kembali tentang perubahan materi * Penjelasan tujuan pembelajaran 2. Inti * Disampaikan tugas diskusi tentang hukum kekekalan massa dan * Dibentuk kelompok diskusi sesuai tugas * Konsep Mol dan contohnya * Hukum Avogadro dan contohnya * Dilakukan bimbingan diskusi * Memberi kesempatan mahasiswa menyampaikan laporan hasil diskusi LKM 3. Penutup * Merangkum materi pembelajaran * Menguji pemahaman mahasiswa * Memberi tugas lanjutan menghitung jumlah partikel materi dalam satuan reaksi pada bidang T.Boga/Busana/Rias G. Media/Sumber Belajar Media : OHT Power Point Sumber Belajar : Dorothy, S. 1982. Modern Textile. New York: John Willey& Sons. Hariyadi W.. Stoikhiometri. Jakarta : Gramedia. Hadyana Pudjaatmaka, A.. Ilmu Kimia Untuk Universitas Jilid 1. Jakarta : Erlangga. Ponis Tarigan.. Kimia Organik Bahan Makanan. Bandung: Alumni Syarif, M.W. 1997. Penuntun Ilmu Kosmetik Medik. Jakarta: UI-Press H. Penilaian LP 1: Kognitif Produk Instrumen Penilaian 1. Jelaskan konsep materi 2. Jelaskan konsep energi 3. Jelaskan sifat materi 4. Jelaskan perbedaan perubahan kimia dengan perubahan fisika 5. Berikan contoh perubahan materi untuk bidang Boga/Busana/Rias 6. Jelaskan hukum kekekalan massa 7. Jelaskan hukum Avogadro LP 2 : Kognitif Proses Instrumen Penilaian 1. Berikan 4 contoh perubahan materi yang terjadi di bidang anda 2. Apakah reaksi berikut sudah benar? Berikan alasannya! C6H12O6 + O2 CO2 + H2O 3. Manakah dari zat berikut yang jumlah partikelnya paling banyak? a. 90 gram C6H12O6 b. 36 gram H2O c. 58,5 gram NaCl LP 3 : Pengamatan Perilaku Berkarakter Petunjuk : Untuk setiap perilaku berkarakter berikut ini, penilaian atas perilaku berkarakter mahasiswa ditentukan dengan menggunakan skala berikut A = Sangat baik B = Memuaskan C = Menunjukkan kemajuan D = Memerlukan perbaikan No Rincian Tugas Kinerja (RTK) Memerlukan Perbaikan (D) Menunjukkan Kemajuan (C) Memuaskan (B) Sangat Baik (A) 1 Jujur 2 Peduli 3 Tanggung Jawab LP 4 : Format Pengamatan Keterampilan Sosial Petunjuk : Untuk setiap keterampilan sosial berikut ini, penilaian atas keterampilan sosial mahasiswa ditentukan dengan menggunakan skala berikut A = Sangat baik B = Memuaskan C = Menunjukkan kemajuan D = Memerlukan perbaikan Format Pengamatan Keterampilan Sosial No Rincian Tugas Kinerja (RTK) Memerlukan Perbaikan (D) Menunjukkan Kemajuan (C) Memuaskan (B) Sangat Baik (A) 1 Bertanya 2 Menyumbang Ide atau Pendapat 3 Menjadi Pendengar yang Baik 4 Berkomunikasi Surabaya, September 2011 Mengetahui Ketua Jurusan/Program Dosen Pengampu ............................... Dra. Siti Sulandjari, M.Si. NIP. NIP. 195903311985032001 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Teknik Jurusan : Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Program Angkatan/Kelas : S1 Pendidikan Tata Boga/Busana/Rias Mata Kuliah : Kimia Terapan Kode Mata Kuliah : Semester : Gasal Dosen Pengampu : Dra. Siti Sulandjari, M.Si. Standar Kompetensi : Pemahaman tentang sifat materi dan energi, hukum - hukum materi dan energi, pengukuran dalam reaksi kimia, sifat-sifat larutan dan pernyataan konsentrasi suatu larutan, asam, basa dan garam, sifat-sifat karbohidrat, protein dan lemak, serta penerapannya dalam bidang Tata Boga, Tata Busana, dan Tata Rias. Pertemuan Ke- : 5 dan 6 Alokasi Waktu : 2 x 100 menit A. Kompetensi Dasar Menerapkan konsep pereaksi pembatas B. Indikator Kognitif Produk 1. Menjelaskan satuan dalam reaksi 2. Menjelaskan konsep pereaksi pembatas Kognitif Proses 1. Menetapkan pereaksi pembatas terapan bidang boga/busana /tata rias 2. Menghitung berat zat yang diperlukan dalam suatu reaksi terapan bidang boga/busana /tata rias 3. Menentukan berat hasil reaksi terapan bidang boga/busana /tata rias Afektif 1.Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi a. Ujur b. Peduli c. Tanggung Jawab 2.Mengembangkan ketrampilan sosial, meliputi a. Bertanya b. Menyumbang ide atau pendapat c. Menjadi pendengar yang baik d. Berkomunikasi C. Tujuan Pembelajaran Kognitif Produk 1. Mahasiswa dapat menjelaskan satuan dalam reaksi 2. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep pereaksi pembatas Kognitif Proses 1. Menetapkan pereaksi pembatas terapan bidang boga/busana /tata rias 2. Menghitung berat zat yang diperlukan dalam suatu reaksi terapan bidang boga/busana /tata rias 3. Menentukan berat hasil reaksi terapan bidang boga/busana /tata rias Afektif 1. Karakter Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada mahasiswa, minimal mahasiswa menunjukkan membuat kemajuan dalam perilaku berkarakter, yang meliputi jujur, peduli, dan tanggung jawab sesuai LP Pengamatan perilaku berkarakter. 2. Ketrampilan sosial Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada mahasiswa, minimal mahasiswa menunjukkan kemajuan dalam ketrampilan sosial: bertanya, menyumbangkan ide atau pendapat, menjadi pendengan yang baik, dan berkomunikasi sesuai LP Pengamatan Ketrampilan Sosial. D. Materi 1. Satuan dalam reaksi 2. Pereaksi pembatas * Pereaksi pembatas * Pereaksi bersisa * Hasil reaksi E. Pendekatan/Model/Metode Model pembelajaran : Pembelajaran Langsung Metode : Ceramah Diskusi Tanya-Jawab F. Langkah-Langkah Pembelajaran No Langkah Pembelajaran Ket Media Keterlaksanaan Ya Tidak 1. Pendahuluan * Menggali kemampuan awal mahasiswa tentang satuan dalam reaksi, pereaksi, dan hasil reaksi * Penjelasan tujuan pembelajaran Power point 2. Inti * Dijelaskan konsep satuan dalam reaksi, pereaksi dan hasil reaksi * Didemonstrasikan langkah penentuan pereaksi pembatas dan hasil reaksi. * Dicek pemahaman mahasiswa cara menentukan pereaksi pembatas dari suatu contoh reaksi, * Dibimbing kegiatan mahasiswa untuk menentuakan pereaksi pembatas dan hasil dari suatu reaksi * Dilakukan cek hasil kerja mahasiswa LKM 3. Penutup * Dilakukan uji pencapaian tujuan pembelajaran * Mahasiswa diberi tugas lanjutan mendata mennentukan pereaksi pembatas dan hasil suatu contoh reaksi bidang Boga/Busana/Rias G. Media/Sumber Belajar Media : OHT Power Point Sumber Belajar : Dorothy, S. 1982. Modern Textile. New York: John Willey& Sons. Hariyadi W.. Stoikhiometri. Jakarta : Gramedia. Hadyana Pudjaatmaka, A.. Ilmu Kimia Untuk Universitas Jilid 1. Jakarta : Erlangga. Ponis Tarigan.. Kimia Organik Bahan Makanan. Bandung: Alumni Syarif, M.W. 1997. Penuntun Ilmu Kosmetik Medik. Jakarta: UI-Press G. Penilaian LP 1: Kognitif Produk Instrumen Penilaian 1. Sebutkan satuan dalam reaksi! Jelaskan mengapa menggunakan satuan tersebut? 2. Jelaskan konsep pereaksi pembatas! LP 2 : Kognitif Proses Instrumen Penilaian 1. Tetapkan pereaksi pembatas pada reaksi berikut Mg3N2 + H2O Mg(OH)2 + NH3 48 gram 36 gram 2. Dari reaksi no. 1 hitunglah berat H2O yang diperlukan untuk menghasilkan amoniak (NH3) 3. Dari reaksi no. 1 tentukan berat NH3 yang dihasilkan LP 3 : Pengamatan Perilaku Berkarakter Petunjuk : Untuk setiap perilaku berkarakter berikut ini, penilaian atas perilaku berkarakter mahasiswa ditentukan dengan menggunakan skala berikut A = Sangat baik B = Memuaskan C = Menunjukkan kemajuan D = Memerlukan perbaikan No Rincian Tugas Kinerja (RTK) Memerlukan Perbaikan (D) Menunjukkan Kemajuan (C) Memuaskan (B) Sangat Baik (A) 1 Jujur 2 Peduli 3 Tanggung Jawab LP 4 : Format Pengamatan Keterampilan Sosial Petunjuk : Untuk setiap keterampilan sosial berikut ini, penilaian atas keterampilan sosial mahasiswa ditentukan dengan menggunakan skala berikut A = Sangat baik B = Memuaskan C = Menunjukkan kemajuan D = Memerlukan perbaikan Format Pengamatan Keterampilan Sosial No Rincian Tugas Kinerja (RTK) Memerlukan Perbaikan (D) Menunjukkan Kemajuan (C) Memuaskan (B) Sangat Baik (A) 1 Bertanya 2 Menyumbang Ide atau Pendapat 3 Menjadi Pendengar yang Baik 4 Berkomunikasi Surabaya, September 2011 Mengetahui Ketua Jurusan/Program Dosen Pengampu ............................... Dra. Siti Sulandjari, M.Si. NIP. NIP. 195903311985032001 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Teknik Jurusan : Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Program Angkatan/Kelas : S1 Pendidikan Tata Boga/Busana/Rias Mata Kuliah : Kimia Terapan Kode Mata Kuliah : Semester : Gasal Dosen Pengampu : Dra. Siti Sulandjari, M.Si. Standar Kompetensi : Pemahaman tentang sifat materi dan energi, hukum - hukum materi dan energi, pengukuran dalam reaksi kimia, sifat-sifat larutan dan pernyataan konsentrasi suatu larutan, asam, basa dan garam, sifat-sifat karbohidrat, protein dan lemak, serta penerapannya dalam bidang Tata Boga, Tata Busana, dan Tata Rias. Pertemuan Ke- : 7 (USS) Alokasi Waktu : 100 menit A. Kompetensi Dasar Pertemuan 2 s/d 6 B. Indikator Indikator pertemuan 2 s/d 6 C. Tujuan Pembelajaran Tujuan pertemuan 2 s/d 6 D. Materi Materi pertemuan 2 s/d 6 K. Penilaian (instrumen terlampir) Surabaya, September 2011 Mengetahui Ketua Jurusan/Program Dosen Pengampu ............................... Dra. Siti Sulandjari, M.Si. NIP. NIP. 195903311985032001 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Teknik Jurusan : Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Program Angkatan/Kelas : S1 Pendidikan Tata Boga/Busana/Rias Mata Kuliah : Kimia Terapan Kode Mata Kuliah : Semester : Gasal Dosen Pengampu : Dra. Siti Sulandjari, M.Si. Standar Kompetensi : Pemahaman tentang sifat materi dan energi, hukum - hukum materi dan energi, pengukuran dalam reaksi kimia, sifat-sifat larutan dan pernyataan konsentrasi suatu larutan, asam, basa dan garam, sifat-sifat karbohidrat, protein dan lemak, serta penerapannya dalam bidang Tata Boga, Tata Busana, dan Tata Rias. Pertemuan Ke- : 8 dan 9 Alokasi Waktu : 2 x 100 menit A. Kompetensi Dasar Memahami pernyataan konsentrasi B. Indikator Kognitif Produk 1. Menjelaskan pernyataan persen suatu larutan 2. Menjelaskan pernyataan molaritas suatu larutan 3. Menentukan persen larutan 4. Menentukan molaritas larutan Kognitif Proses 1. Mengidentifikasi bermacam persen larutan pada contoh bidang boga/ busana/ tata rias 2. Mengidentifikasi bermacam molaritas larutan pada contoh bidang boga/ busana/ tata rias Afektif 1.Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi a. Ujur b. Peduli c. Tanggung Jawab 2.Mengembangkan ketrampilan sosial, meliputi a. Bertanya b. Menyumbang ide atau pendapat c. Menjadi pendengar yang baik d. Berkomunikasi C. Tujuan Pembelajaran Kognitif Produk 1. Mahasiswa dapat menjelaskan pernyataan persen suatu larutan 2. Mahasiswa dapat menjelaskan pernyataan molaritas suatu larutan 3. Mahasiswa dapat menentukan persen larutan 4. Mahasiswa dapat menentukan molaritas larutan Kognitif Proses 1. Mahasiswa dapat mengidentifikasi bermacam persen larutan pada contoh bidang boga/ busana/ tata rias 2. Mahasiswa dapat mengidentifikasi bermacam molaritas larutan pada contoh bidang boga/ busana/ tata rias Afektif 1. Karakter Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada mahasiswa, minimal mahasiswa menunjukkan membuat kemajuan dalam perilaku berkarakter, yang meliputi jujur, peduli, dan tanggung jawab sesuai LP Pengamatan perilaku berkarakter. 2. Ketrampilan sosial Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada mahasiswa, minimal mahasiswa menunjukkan kemajuan dalam ketrampilan sosial: bertanya, menyumbangkan ide atau pendapat, menjadi pendengan yang baik, dan berkomunikasi sesuai LP Pengamatan Ketrampilan Sosial. D. Materi Pernyataan Konsentrasi Larutan * Pernyataan persen Persen berat Persen volume Persen berat/volume * Pernyataan molaritas E. Pendekatan/Model/Metode Model pembelajaran : Kooperatif Metode : Ceramah Diskusi Tanya-Jawab F. Langkah-Langkah Pembelajaran No Langkah Pembelajaran Ket Media Keterlaksanaan Ya Tidak 1. Pendahuluan * Menggali kemampuan awal mahasiswa tentang konsep konsentrasi * Penjelasan tujuan pembelajaran Power point 2. Inti * Dijelaskan konsep konsentrasi larutan * Didemonstrasikan tentang langkah-langkah penghitungan konsentrasi larutan dalam persen dan dalam molar * Dilakukan cek pemahaman mahasiswa tentang konsep kosentrasi dan cara penghitungan konsentrasi larutan. * Dilakukan pembimbingan mahasiswa dalam menghitung konsentrasi larutan dalan persen dan molar. * Dilakukan cek hasil kerja mahasiswa LKM 3. Penutup * Dirangkum materi pembelajaran * Memberi tugas lanjutan menentukan konsentrasi beberapa larutan yang sering digunakan di bidang boga/busana/rias. G. Media/Sumber Belajar Media : OHT Power Point Sumber Belajar : Dorothy, S. 1982. Modern Textile. New York: John Willey& Sons. Hariyadi W.. Stoikhiometri. Jakarta : Gramedia. Hadyana Pudjaatmaka, A.. Ilmu Kimia Untuk Universitas Jilid 1. Jakarta : Erlangga. Ponis Tarigan.. Kimia Organik Bahan Makanan. Bandung: Alumni Syarif, M.W. 1997. Penuntun Ilmu Kosmetik Medik. Jakarta: UI-Press H. Penilaian LP 1: Kognitif Produk Instrumen Penilaian 1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pernyataan berikut! a. Larutan garam dapur 20 %-b/v b. Larutan alkohol 65%- v 2. Jelaskan pengertian pernyataan konsentrasi larutan berikut! a. Larutan 2M HCL b. Laruta H2SO4 0.5M 3. Berapa persenkah konsentrasi larutan yang dibuat dari 50 gram glukosa ditambah air (H2O) sambil diaduk, hingga mencapai volume 200 mlL? 4. Berapa Molarkah konsentrasi larutan yang dibuat dari 58,5 gram NaCl ditambah air hingga mencapai 500 mlL? LP 2 : Kognitif Proses Instrumen Penilaian 1. Buatlah daftar larutan dalam pernyataan persen yang sering digunakan di bidang anda minimal 4 macam larutan, disertai dengan penjelasan cara membuatnya! 2. Buatlah daftar larutan dalam pernyataan molar yang sering digunakan di bidang anda minimal 4 macam larutan, disertai dengan penjelasan cara membuatnya! LP 3 : Pengamatan Perilaku Berkarakter Petunjuk : Untuk setiap perilaku berkarakter berikut ini, penilaian atas perilaku berkarakter mahasiswa ditentukan dengan menggunakan skala berikut A = Sangat baik B = Memuaskan C = Menunjukkan kemajuan D = Memerlukan perbaikan No Rincian Tugas Kinerja (RTK) Memerlukan Perbaikan (D) Menunjukkan Kemajuan (C) Memuaskan (B) Sangat Baik (A) 1 Jujur 2 Peduli 3 Tanggung Jawab LP 4 : Format Pengamatan Keterampilan Sosial Petunjuk : Untuk setiap keterampilan sosial berikut ini, penilaian atas keterampilan sosial mahasiswa ditentukan dengan menggunakan skala berikut A = Sangat baik B = Memuaskan C = Menunjukkan kemajuan D = Memerlukan perbaikan Format Pengamatan Keterampilan Sosial No Rincian Tugas Kinerja (RTK) Memerlukan Perbaikan (D) Menunjukkan Kemajuan (C) Memuaskan (B) Sangat Baik (A) 1 Bertanya 2 Menyumbang Ide atau Pendapat 3 Menjadi Pendengar yang Baik 4 Berkomunikasi Surabaya, September 2011 Mengetahui Ketua Jurusan/Program Dosen Pengampu ............................... Dra. Siti Sulandjari, M.Si. NIP. NIP. 195903311985032001 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Teknik Jurusan : Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Program Angkatan/Kelas : S1 Pendidikan Tata Boga/Busana/Rias Mata Kuliah : Kimia Terapan Kode Mata Kuliah : Semester : Gasal Dosen Pengampu : Dra. Siti Sulandjari, M.Si. Standar Kompetensi : Pemahaman tentang sifat materi dan energi, hukum - hukum materi dan energi, pengukuran dalam reaksi kimia, sifat-sifat larutan dan pernyataan konsentrasi suatu larutan, asam, basa dan garam, sifat-sifat karbohidrat, protein dan lemak, serta penerapannya dalam bidang Tata Boga, Tata Busana, dan Tata Rias. Pertemuan Ke- : 10 Alokasi Waktu : 100 menit A. Kompetensi Dasar Melakukan pengenceran larutan B. Indikator Kognitif Produk 1. Menjelaskan konsep pengenceran larutan 2. Menjelaskan tujuan pengenceran Kognitif Proses 1. Melakukan pengenceran satu contoh larutan Afektif 1.Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi a. Ujur b. Peduli c. Tanggung Jawab 2.Mengembangkan ketrampilan sosial, meliputi a. Bertanya b. Menyumbang ide atau pendapat c. Menjadi pendengar yang baik d. Berkomunikasi C. Tujuan Pembelajaran Kognitif Produk 1. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep materi 2. Menjelaskan tujuan pengenceran Kognitif Proses 1. Mahasiswa dapat melakukan pengenceran satu contoh larutan Afektif 1. Karakter Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada mahasiswa, minimal mahasiswa menunjukkan membuat kemajuan dalam perilaku berkarakter, yang meliputi jujur, peduli, dan tanggung jawab sesuai LP Pengamatan perilaku berkarakter. 2. Ketrampilan sosial Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada mahasiswa, minimal mahasiswa menunjukkan kemajuan dalam ketrampilan sosial: bertanya, menyumbangkan ide atau pendapat, menjadi pendengan yang baik, dan berkomunikasi sesuai LP Pengamatan Ketrampilan Sosial. D. Materi 1. Pengertian pengenceran 2. Tujuan pengenceran 3. Cara pengenceran E. Pendekatan/Model/Metode Model pembelajaran : Pembelajaran Langsung Metode : Ceramah Demonstrasi Praktek Tanya-jawab F. Langkah-Langkah Pembelajaran No Langkah Pembelajaran Ket Media Keterlaksanaan Ya Tidak 1. Pendahuluan * Mengingatkan kembali pemahaman tentang konsentrasi larutan. * Penjelasan tujuan pembelajaran Power point 2. Inti * Dijelaskan konsep pengenceran larutan * Didemonstrasikan langkah-langkah pengenceran larutan dalam persen maupun dalam molar * Menguji pemahaman mahasiswa * Dilakukan bimbingan pada mahasiswa dalam menentukan langkah pengenceran larutan sesuai satuannya * Dilakukan cek hasil pengenceran konsentrasi larutan yang dilakukan mahasiswa LKM 3. Penutup * Merangkum materi pembelajaran * Memberi tugas lanjutan mengidentifikasi larutan konsentrasi tinggi yang digumakan di bidangnya dan cara mengencerkannya. G. Media/Sumber Belajar Media : OHT Power Point Sumber Belajar : Dorothy, S. 1982. Modern Textile. New York: John Willey& Sons. Hariyadi W.. Stoikhiometri. Jakarta : Gramedia. Hadyana Pudjaatmaka, A.. Ilmu Kimia Untuk Universitas Jilid 1. Jakarta : Erlangga. Ponis Tarigan.. Kimia Organik Bahan Makanan. Bandung: Alumni Syarif, M.W. 1997. Penuntun Ilmu Kosmetik Medik. Jakarta: UI-Press H. Penilaian LP 1: Kognitif Produk Instrumen Penilaian 1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengenceran larutan? 2. Jelaskan apa tujuan dilakukan pengenceran larutan? LP 2 : Kognitif Proses Instrumen Penilaian 1. Jika di dapur anda tersedia larutan gula (sukrosa) garam dapur 40% -b/v sejumlah 200 mlL, sedangkan untuk membuat asinan diperlukan larutan garam dapur 20%- b/v, bagaimanakah cara memperoleh larutan garam tersebut ? LP 3 : Pengamatan Perilaku Berkarakter Petunjuk : Untuk setiap perilaku berkarakter berikut ini, penilaian atas perilaku berkarakter mahasiswa ditentukan dengan menggunakan skala berikut A = Sangat baik B = Memuaskan C = Menunjukkan kemajuan D = Memerlukan perbaikan No Rincian Tugas Kinerja (RTK) Memerlukan Perbaikan (D) Menunjukkan Kemajuan (C) Memuaskan (B) Sangat Baik (A) 1 Jujur 2 Peduli 3 Tanggung Jawab LP 4 : Format Pengamatan Keterampilan Sosial Petunjuk : Untuk setiap keterampilan sosial berikut ini, penilaian atas keterampilan sosial mahasiswa ditentukan dengan menggunakan skala berikut A = Sangat baik B = Memuaskan C = Menunjukkan kemajuan D = Memerlukan perbaikan Format Pengamatan Keterampilan Sosial No Rincian Tugas Kinerja (RTK) Memerlukan Perbaikan (D) Menunjukkan Kemajuan (C) Memuaskan (B) Sangat Baik (A) 1 Bertanya 2 Menyumbang Ide atau Pendapat 3 Menjadi Pendengar yang Baik 4 Berkomunikasi Surabaya, September 2011 Mengetahui Ketua Jurusan/Program Dosen Pengampu ............................... Dra. Siti Sulandjari, M.Si. NIP. NIP. 195903311985032001 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Teknik Jurusan : Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Program Angkatan/Kelas : S1 Pendidikan Tata Boga/Busana/Rias Mata Kuliah : Kimia Terapan Kode Mata Kuliah : Semester : Gasal Dosen Pengampu : Dra. Siti Sulandjari, M.Si. Standar Kompetensi : Pemahaman tentang sifat materi dan energi, hukum - hukum materi dan energi, pengukuran dalam reaksi kimia, sifat-sifat larutan dan pernyataan konsentrasi suatu larutan, asam, basa dan garam, sifat-sifat karbohidrat, protein dan lemak, serta penerapannya dalam bidang Tata Boga, Tata Busana, dan Tata Rias. Pertemuan Ke- : 11 dan 12 Alokasi Waktu : 2 x 100 menit A. Kompetensi Dasar Memahami konsep dan sifat-sifat asam, basa, garam, dan sabun, serta pengaruhnya terhadap pangan/tubuh/tekstil B. Indikator Kognitif Produk 1. Menjelaskan pengertian kekuatan asam 2. Menjelaskan sifat asam 3. Menjelaskan pengertian kekuatan basa. 4. Menjelaskan sifat basa 5. Menjelaskan ciri garam. 6. Menjelaskan pengertian sabun Kognitif Proses 1. Mengidentifikasi pengaruh asam pada tubuh/bahan pangan/ tekstil 2. Mengidentifikasi pengaruh basa pada tubuh/pangan/tekstil. 3. Mengidentifikasi pengaruh garam terhadap tubuh/pangan/tekstil 4. Menjelaskan mekanisme kerja sabun terapan boga/busana/rias Afektif 1.Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi a. Jujur b. Peduli c. Tanggung Jawab 2.Mengembangkan ketrampilan sosial, meliputi a.Bertanya b. Menyumbang ide atau pendapat c. Menjadi pendengar yang baik d. Berkomunikasi C. Tujuan Pembelajaran Kognitif Produk 1. Mahasiswa dapat menjelaskan yang dimaksud dengan kekuatan asam. 2. Mahasiswa dapat menjelaskan sifat zat asam. 3. Mahasiswa dapat menjelaskan yang dimaksud dengan kekuatan basa. 4. Mahasiswa dapat menjelaskan sifat zat basa. 5. Mahasiswa dapat menjelaskan yang dimaksud garam. 6. Mahasiswa dapat menjelaskan mekanisme proses penyabunan! Kognitif Proses 1. Mahasiswea dapat mengidentifikasi pengaruh asam terhadap kulit/bahan pangan/ tekstil 2. Mahasiswa dapat mengidentifikasi pengaruh basa pada kulit/pangan/tekstil. 3. Mahasiswa dapat mengidentifikasi pengaruh garam terhadap kulit/pangan/tekstil Afektif 1. Karakter Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada mahasiswa, minimal mahasiswa menunjukkan membuat kemajuan dalam perilaku berkarakter, yang meliputi jujur, peduli, dan tanggung jawab sesuai LP Pengamatan perilaku berkarakter. 2. Ketrampilan sosial Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada mahasiswa, minimal mahasiswa menunjukkan kemajuan dalam ketrampilan sosial: bertanya, menyumbangkan ide atau pendapat, menjadi pendengan yang baik, dan berkomunikasi sesuai LP Pengamatan Ketrampilan Sosial. D. Materi 1. Asam Pengertian, sifat, dan kekuatannya 2. Basa Pengertian, sifat, dan kekuatannya 3. Garam Pengertian, sifat, dan kekuatannya 4. Sabun Pengertian dan mekanisme kerjanya. E. Pendekatan/Model/Metode Model pembelajaran : Kooperatif Metode : Ceramah Diskusi Tanya-Jawab F. Langkah-Langkah Pembelajaran No Langkah Pembelajaran Ket Media Keterlaksanaan Ya Tidak 1. Pendahuluan * Menggali kemampuan awal mahasiswa tentang asam, basa, garam dan sabun. * Penjelasan tujuan pembelajaran Power point 2. Inti * Dijelaskan konsep asam, basa, dan garam * Diberikan permasalahan untuk menguji pengaruh asam/basa/garam/ * Dilakukan bimbingan membuat rencana langkah uji pengaruh asam/basa/garam terhadap jaringan kulit/pangan/kain * Dilakukan bimbingan melakukan langkah uji pengaruh asam/basa/garam terhadap jaringan kulit/pangan/kain * Dilakukan bimbingan mencatat data hasil uji pengaruh asam/basa/garam terhadap jaringan kulit/pangan/kain * Dilakukan bimbingan menganalisis data hasil uji pengaruh asam/basa/garam terhadap jaringan kulit/pangan/kain * Dilakukan cek laporan hasil kerja mahasiswa LKM 3. Penutup * Dilakukan merangkum materi pembelajaran * Diberikan tugas pada mahasiswa untuk identifikasi terapan asam, basa, garam dalam praktek bidang Boga/Busana/Rias G. Media/Sumber Belajar Media : OHT Power Point Sumber Belajar : Dorothy, S. 1982. Modern Textile. New York: John Willey& Sons. Hariyadi W.. Stoikhiometri. Jakarta : Gramedia. Hadyana Pudjaatmaka, A.. Ilmu Kimia Untuk Universitas Jilid 1. Jakarta : Erlangga. Ponis Tarigan.. Kimia Organik Bahan Makanan. Bandung: Alumni Syarif, M.W. 1997. Penuntun Ilmu Kosmetik Medik. Jakarta: UI-Press H. Penilaian LP 1: Kognitif Produk Instrumen Penilaian 1. Jelaskan yang dimaksud dengan kekuatan asam!. 2. Jelaskan sifat zat asam! 3. Jelaskan yang dimaksud dengan kekuatan basa! 4. Jelaskan sifat zat basa! 5. Jelaskan yang dimaksud garam! 6. Jelaskan mekanisme proses penyabunan! LP 2 : Kognitif Proses Instrumen Penilaian 1. Identifikasi pengaruh asam terhadap kulit/bahan pangan/ tekstil 2. Identifikasi pengaruh basa pada kulit/pangan/tekstil. 3. Identifikasi pengaruh garam terhadap kulit/pangan/tekstil LP 3 : Pengamatan Perilaku Berkarakter Petunjuk : Untuk setiap perilaku berkarakter berikut ini, penilaian atas perilaku berkarakter mahasiswa ditentukan dengan menggunakan skala berikut A = Sangat baik B = Memuaskan C = Menunjukkan kemajuan D = Memerlukan perbaikan No Rincian Tugas Kinerja (RTK) Memerlukan Perbaikan (D) Menunjukkan Kemajuan (C) Memuaskan (B) Sangat Baik (A) 1 Jujur 2 Peduli 3 Tanggung Jawab LP 4 : Format Pengamatan Keterampilan Sosial Petunjuk : Untuk setiap keterampilan sosial berikut ini, penilaian atas keterampilan sosial mahasiswa ditentukan dengan menggunakan skala berikut A = Sangat baik B = Memuaskan C = Menunjukkan kemajuan D = Memerlukan perbaikan Format Pengamatan Keterampilan Sosial No Rincian Tugas Kinerja (RTK) Memerlukan Perbaikan (D) Menunjukkan Kemajuan (C) Memuaskan (B) Sangat Baik (A) 1 Bertanya 2 Menyumbang Ide atau Pendapat 3 Menjadi Pendengar yang Baik 4 Berkomunikasi Surabaya, September 2011 Mengetahui Ketua Jurusan/Program Dosen Pengampu ............................... Dra. Siti Sulandjari, M.Si. NIP. NIP. 195903311985032001 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Teknik Jurusan : Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Program Angkatan/Kelas : S1 Pendidikan Tata Boga/Busana/Rias Mata Kuliah : Kimia Terapan Kode Mata Kuliah : Semester : Gasal Dosen Pengampu : Dra. Siti Sulandjari, M.Si. Standar Kompetensi : Pemahaman tentang sifat materi dan energi, hukum - hukum materi dan energi, pengukuran dalam reaksi kimia, sifat-sifat larutan dan pernyataan konsentrasi suatu larutan, asam, basa dan garam, sifat-sifat karbohidrat, protein dan lemak, serta penerapannya dalam bidang Tata Boga, Tata Busana, dan Tata Rias. Pertemuan Ke- : 13, 14 dan 15 Alokasi Waktu : 3 x 100 menit A. Kompetensi Dasar Memahami struktur kimia, sifat dan fungsi karbohidrat, lemak dan protein B. Indikator Kognitif Produk 1. Menjelaskan struktur kimia karbohidrat 2. Menjelaskan sifat dan perubahan karbohidrat 3. Menjelaskan struktur kimia protein 4. Menjelaskan sifat dan perubahan protein 5. Menjelaskan struktur kimia lemak 6. Menjelaskan sifat dan perubahan lemak . Kognitif Proses 1. Mengidentifikasi jenis dan jumlah kandungan karbohidrat pada pangan/ tekstil/kosmetika, beserta fungsinya 2. Mengidentifikasi jenis dan jumlah kandungan protein pada pangan/ tekstil/kosmetika, beserta fungsinya 3. Mengidentifikasi jenis dan jumlah kandungan lemak pada contoh pangan/ tekstil/kosmetika, beserta fungsinya Afektif 1.Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi a. Ujur b. Peduli c. Tanggung Jawab 2.Mengembangkan ketrampilan sosial, meliputi a. Bertanya b. Menyumbang ide atau pendapat c. Menjadi pendengar yang baik d. Berkomunikasi C. Tujuan Pembelajaran Kognitif Produk 1. Mahasiswa dapat menjelaskan struktur kimia karbohidrat 2. Mahasiswa dapat menjelaskan sifat dan perubahan karbohidrat 3. Mahasiswa dapat menjelaskan struktur kimia 4. Mahasiswa dapat menjelaskan sifat dan perubahan protein 5. Mahasiswa dapat menjelaskan struktur kimia lemak 6. Mahasiswa dapat menjelaskan sifat dan perubahan lemak Kognitif Proses 1. Mahasiswa dapat mengidentifikasi karbohidrat pada pangan/tekstil/kosmetik beserta fungsinya. 2. Mahasiswa dapat mengidentifikasi protein pada pangan/tekstil/kosmetik, beserta fungsinya 3. Mahasiswa dapat mengidentifikasi lemak pada pangan/tekstil/kosmetik, beserta fungsinya Afektif 1. Karakter Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada mahasiswa, minimal mahasiswa menunjukkan membuat kemajuan dalam perilaku berkarakter, yang meliputi jujur, peduli, dan tanggung jawab sesuai LP Pengamatan perilaku berkarakter. 2. Ketrampilan sosial Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada mahasiswa, minimal mahasiswa menunjukkan kemajuan dalam ketrampilan sosial: bertanya, menyumbangkan ide atau pendapat, menjadi pendengan yang baik, dan berkomunikasi sesuai LP Pengamatan Ketrampilan Sosial. D. Materi Struktur kimia, sifat, dan penggunaan Karbohidrat Struktur kimia, sifat, dan penggunaan Protein Struktur kimia, sifat, dan penggunaan Lemak E. Pendekatan/Model/Metode Model pembelajaran : Kooperatif Metode : Ceramah Diskusi Tanya-Jawab F. Langkah-Langkah Pembelajaran No Langkah Pembelajaran Ket Media Keterlaksanaan Ya Tidak 1. Pendahuluan * Menggali kemampuan awal mahasiswa tentang karbohidrat, protein, dan lemak * Penjelasan tujuan pembelajaran Power point 2. Inti * Dijelaskan konsep karbohidrat, protein dan lemak. * Dilakukan bimbingan diskusi kelompok sesuai topik * Struktur kimia, sifat dan fungsi karbohidrat (pertemuan 13) * Struktur kimia, sifat, dan fungsi protein (pertemuan 14) * Struktur kimia, sifat dan fungsi lemak (pertemuan 15) * Memberi kesempatan mahasiswa menyampaikan hasil diskusi LKM 3. Penutup * Menguji ketercapaian tujuan pembrelajaran * Memberi tugas lanjutan mengidentifikasi jenis dan fungsi karbohidrat.protein/lemak yang berada pada tubuh manusia/pangan/tekstil, beserta fungsinya G. Media/Sumber Belajar Media : OHT Power Point Sumber Belajar : Dorothy, S. 1982. Modern Textile. New York: John Willey& Sons. Hariyadi W.. Stoikhiometri. Jakarta : Gramedia. Hadyana Pudjaatmaka, A.. Ilmu Kimia Untuk Universitas Jilid 1. Jakarta : Erlangga. Ponis Tarigan.. Kimia Organik Bahan Makanan. Bandung: Alumni Syarif, M.W. 1997. Penuntun Ilmu Kosmetik Medik. Jakarta: UI-Press H. Penilaian LP 1: Kognitif Produk Instrumen Penilaian 1. Jelaskan struktur kimia karbohidrat 2. Jelaskan sifat dan perubahan karbohidrat 3. Jelaskan struktur kimia protein! 4. Jelaskan sifat dan perubahan protein! 5. Jelaskan struktur kimia lemak 6. Jelaskan sifat dan perubahan lemak LP 2 : Kognitif Proses Instrumen Penilaian 1. Berikan contoh karbohidrat pada pangan/tekstil/kosmetik, beserta fungsinya! 2. Berikan contoh protein pada pangan/tekstil/kosmetik, beserta fungsinya 3. Berikan contoh lemak pada pangan/ tekstil/kosmetik, beserta fungsinya! LP 3 : Pengamatan Perilaku Berkarakter Petunjuk : Untuk setiap perilaku berkarakter berikut ini, penilaian atas perilaku berkarakter mahasiswa ditentukan dengan menggunakan skala berikut A = Sangat baik B = Memuaskan C = Menunjukkan kemajuan D = Memerlukan perbaikan No Rincian Tugas Kinerja (RTK) Memerlukan Perbaikan (D) Menunjukkan Kemajuan (C) Memuaskan (B) Sangat Baik (A) 1 Jujur 2 Peduli 3 Tanggung Jawab LP 4 : Format Pengamatan Keterampilan Sosial Petunjuk : Untuk setiap keterampilan sosial berikut ini, penilaian atas keterampilan sosial mahasiswa ditentukan dengan menggunakan skala berikut A = Sangat baik B = Memuaskan C = Menunjukkan kemajuan D = Memerlukan perbaikan Format Pengamatan Keterampilan Sosial No Rincian Tugas Kinerja (RTK) Memerlukan Perbaikan (D) Menunjukkan Kemajuan (C) Memuaskan (B) Sangat Baik (A) 1 Bertanya 2 Menyumbang Ide atau Pendapat 3 Menjadi Pendengar yang Baik 4 Berkomunikasi Surabaya, September 2011 Mengetahui Ketua Jurusan/Program Dosen Pengampu ............................... Dra. Siti Sulandjari, M.Si. NIP. NIP. 195903311985032001 KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-42323203 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Mata Kuliah/ SKS : Kimia Terapan / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 42323203 Pertemuan Ke : 2 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-42323203 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Mata Kuliah/ SKS : Kimia Terapan / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 42323203 Pertemuan Ke : 3 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-42323203 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Mata Kuliah/ SKS : Kimia Terapan / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 42323203 Pertemuan Ke : 4 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-42323203 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Mata Kuliah/ SKS : Kimia Terapan / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 42323203 Pertemuan Ke : 5 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-42323203 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Mata Kuliah/ SKS : Kimia Terapan / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 42323203 Pertemuan Ke : 6 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-42323203 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Mata Kuliah/ SKS : Kimia Terapan / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 42323203 Pertemuan Ke : 7 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-42323203 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Mata Kuliah/ SKS : Kimia Terapan / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 42323203 Pertemuan Ke : 8 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-42323203 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Mata Kuliah/ SKS : Kimia Terapan / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 42323203 Pertemuan Ke : 9 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-42323203 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Mata Kuliah/ SKS : Kimia Terapan / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 42323203 Pertemuan Ke : 10 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-42323203 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Mata Kuliah/ SKS : Kimia Terapan / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 42323203 Pertemuan Ke : 11 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-42323203 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Mata Kuliah/ SKS : Kimia Terapan / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 42323203 Pertemuan Ke : 12 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-42323203 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Mata Kuliah/ SKS : Kimia Terapan / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 42323203 Pertemuan Ke : 13 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-42323203 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Mata Kuliah/ SKS : Kimia Terapan / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 42323203 Pertemuan Ke : 14 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-42323203 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Mata Kuliah/ SKS : Kimia Terapan / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 42323203 Pertemuan Ke : 15 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-42323203 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Teknik Program Studi : S-1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Mata Kuliah/ SKS : Kimia Terapan / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 42323203 Pertemuan Ke : 16 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ......