| www.unesa.ac.id | pdpt.unesa.ac.id

KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231

KAMPUS LIDAH WETAN
Jl. Lidah Wetan, Surabaya
info@unesa.ac.id

Bahan Ajar Mata Kuliah Hukum dan HAM

Silabus GBRP-Hukum dan HAM (109 KB)
KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : GBRP-70424201 GARIS-GARIS BESAR RENCANA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Hukum Mata Kuliah/SKS : Hukum dan HAM / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 70424201 Prasyarat : Hukum Internasional Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini menjelaskan Hukum dan HAM sebagai ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang batasan pengertian HAM, perkembangan pemikiran, Teori dan prinsip HAM, instrumen internasional tentang HAM, pengaturan HAM dalam peraturan perundang-undangan nasional serta mekanisme dan penegakan HAM di Indonesia Buku Wajib : 1. Davidson Scott. 1994. Hak Asasi Manusia: Sejarah, Teori, dan Praktek Dalam pergaulan Internasional. Jakarta: Grafiti 2. Knut D. Asplund, Suparman Marzuki, Eko Riyadi (Penyunting/Editor). 2008. Hukum Hak Asasi Manusia. Yogjakarta: PUSHAM UII 3. Kasim, Ifshal (ed). 2001. Hak Sipil, Politik: Essai Pilihan, Buku 1. Jakarta: Elsam 4. ............................. 2001. Hak Sipil, Politik: Essai Pilihan, Buku 2. Jakarta: Elsam 5. P Van Dijk (at all) (ed). 2002. International Law Human Rights, Fourth Revised Edition, Koninklijke Vermande 6. Jack Donely. 2003. Universal Human Rights in Theory and Practice. Ithaca and London: Cornell University Press Pertemuan Ke Kompetensi Materi Kegiatan Pembelajaran Indikator Kompetensi Rujukan 1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami konsep dasar HAM Konsep Dasar HAM 1. Istilah HAM, Hak Dasar, Hak Konstitusional, Kebutuhan Dasar 2. Universalitas vs Partikularitas 3. Kedaulatan vs Universalitas 4. Melekat/Inhern vs Pemberiam Ceramah, Diskusi Kelompok 1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian Istilah: Human Rights,Fundamental Rights, Basic Rights, Pendapat Para
Hukum dan ham (560 KB)
Hukum dan ham S1 Ilmu Hukum Tesis Abad xviii * Hak-hak adalah pemberian Allah sebagai konsekuensi dari manusia adalah ciptaan Allah. Hak kodrati bersifat kodrati dalam arti : * - Kodratlah yang menciptakan dan mengilhami akal budi dan pendapat manusia; * - Setiap orang dilahirkan dengan hak-hak tersebut; * - Hak-hak itu dimiliki manusia dalam keadaan alamiah dan kemudian dibawanya dalam hidup bermasyarakat. Antitesis abad xx * Pertama, masuknya dukungan etik dan Utilitarian * Kedua, pengaruh sosialisme yang lebih mengutamakan masyarakat atau kelompok daripada individu, bahwa dalam keselamatan individu hanya dimungkinkan dalam keselamatan kelompok atau masyarakat. Sintesis abad xx * Pertama, abad XX menjembatani hukum kodrat dan hukum positif,yaitu dengan menjadikan hak-hak kodrat sebagai hak-hak hukum positif. * Kedua,mengawinkan penekanan pada individu dengan penekanan pada kelompok serta penekanan pada kesejahteraan sosial dan ekonomi untuk semua. * Salah satu aspek daripada sintesis ini ialah:pandangan tentang hak atas kebebasan dan persamaan :kalau abad XVIII lebih mengedepankan hak atas kebebasan dan abad XIX lebih mengedepankan hak atas persamaan sehingga hak atas persamaan berada di atas hak kebebasan, maka abad XX menerima keduanya. Konsepsi hak asasi manusia * Pemikiran Barat * Pemikiran Sosialis * Pemikiran Dunia Ketiga Pemikiran barat * Hak asasi yg individualistik sifatnya Pemikiran sosialisme * Menekankan kewajiban terhadap masyarakat Pemikiran dunia ketiga * Tidak terikat terhadap suatu ideologi tertentu Perumusan Ham Dalam UUD 1945 Ada