| www.unesa.ac.id | pdpt.unesa.ac.id

KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231

KAMPUS LIDAH WETAN
Jl. Lidah Wetan, Surabaya
info@unesa.ac.id

Bahan Ajar Mata Kuliah Pendidikan IPS SD

E-Learning | Pendidikan IPS SD
http://elearning.unesa.ac.id/course/view.php?id=804
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah Pendidikan IPS SD ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang IPS sebagai program pendidikan. Mata kuliah ini meliputi hakekat dan karakteristik pendidikan IPS, kedudukan dan peranan ilmu-ilmu sosial dalam pembelajaran IPS, metodologi pembelajaran, media dan sumber pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran IPS SD. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI).
Silabus GBRP-Pendidikan IPS SD (148.5 KB)
KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : GBRP-64324231 GARIS-GARIS BESAR RENCANA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/SKS : Pendidikan IPS SD / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 64324231 Prasyarat : Deskripsi Mata Kuliah : Buku Wajib : Pertemuan Ke Kompetensi Materi Kegiatan Pembelajaran Indikator Kompetensi Rujukan 1-2 Mendeskripsikan pengertian, tujuan, karakteristik, ruang lingkup, serta kedudukan ilmu-ilmu sosial dalam IPS Hakekat dan Paradigma Pembelajaran IPS SD 1. Brainstorming 2. Pemberian Informasi 3. Strategi bertanya (questioning) 4. Tanya jawab 5. Penugasan 1. Mahasiswa mampu mengkonstruk kembali pengertian pendidikan IPS 2. Mahasiswa mampu merumuskan tujuan pendidikan IPS 3. Mahasiswa mampu mengorganisasikan kembali ruang lingkup pendidikan IPS 4. Mahasiswa mampu menyimpulkan kedudukan ilmu-ilmu sosial dalam IPS 3 Mendeskripsikan struktur kurikulum IPS SD, standar kompetensi bahan kajian IPS SD, dimensi materi IPS yang meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap/nilai. 1. Struktur kurikulum mata pelajaran IPS SD 2. Standar kompetensi (standar isi) bahan kajian social 3. Dimensi pembelajaran IPS Pemberian Informasi; Diskusi; Tanya jawab; Penugasan 1. Mahasiswa mampu mengungkapkan kembali struktur kurikulum IPS SD 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi SK bahan kajian IPS SD 3. Mahasiswa mampu mengorganisasikan kembali SK dan KD mata pelajaran IPS SD 4. Mahasiswa mampu merumuskan dimensi-dimensi pengembangan materi IPS SD 4 Mencakup uraian tentang karakteristik metodologi pembelajaran IPS SD dengan memperkenalkan berbagai model, pendekatan, strategi, metode yang relevan dengan usia dan kebutuhan jenjang pendidikan dasar. 1. Karakteristik model pembelajaran
SAP-Pendidikan IPS SD (399.5 KB)
KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324231 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Pendidikan IPS SD / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 64324231 Pertemuan Ke : 1 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mendeskripsikan pengertian, tujuan, karakteristik, ruang lingkup, serta kedudukan ilmu-ilmu sosial dalam IPS B. Indikator C. Mahasiswa mampu mengkonstruk kembali pengertian pendidikan IPS D. Mahasiswa mampu merumuskan tujuan pendidikan IPS E. Mahasiswa mampu mengorganisasikan kembali ruang lingkup pendidikan IPS F. Mahasiswa mampu menyimpulkan kedudukan ilmu-ilmu sosial dalam IPS G. Materi Hakekat dan Paradigma Pembelajaran IPS SD H. Pendekatan/Model/Metode I. Brainstorming J. Pemberian Informasi K. Strategi bertanya (questioning) L. Tanya jawab M. Penugasan N. Langkah-Langkah Pembelajaran Tahap Kegiatan: 1. Persiapan: a. Menyampaikan ucapan salam b. Menciptakan kondisi kelas c. Memperkenalkan diri dan berusaha mengenal mahasiswa d. Menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai e. Menjelaskan manfaat bahan pembelajaran f. Menghubungkan bahan kajian dengan materi sebelumnya g. Menggali pengalaman belajar dan pengetahuan awal berkenaan dengan lingkup materi yang akan dikaji h. Menyiapkan sarana yang diperlukan 2. Pelaksanaan/Penyajian a. Penyajian materi tentang hakikat pendidikan IPS dalam bentuk paparan, tanya jawab, pengembangan strategi bertanya, memberikan penguatan dan membangun pemahaman melalui proses eksploratif, elaboratif, dan konfirmatorik. 3. Penutup a. Menyimpulkan materi yang dibahas b. Melakukan assesment dan penilaian hasil belajar c. Penjelasan tugas pengayaan yang harus dilaksanakan d. Menyampaikan ucapan salam perpisahan O. Media/Sumber Belajar 1. Alat dan