| www.unesa.ac.id | pdpt.unesa.ac.id

KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231

KAMPUS LIDAH WETAN
Jl. Lidah Wetan, Surabaya
info@unesa.ac.id

Bahan Ajar Mata Kuliah Manajemen Konflik

Silabus GBRP-Manajemen Konflik (81 KB)
KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : GBRP-67424212 GARIS-GARIS BESAR RENCANA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/SKS : Manajemen Konflik / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 67424212 Prasyarat : Deskripsi Mata Kuliah : Buku Wajib : Pertemuan Ke Kompetensi Materi Kegiatan Pembelajaran Indikator Kompetensi Rujukan Pertemuan Tanggal Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan I Pengantar Organisasi sbg Suatu Sistem Konflik sbg Bagian Perilaku Organisasi Konsepsi-konsepsi tentang Konflik II Konflik Organisasi Hakekat Konflik Proses Terjadinya Konflik Eksistensi Konfik Jenis-Jenis Konflik III Model Konseptual Manajemen Konflik Model Integratif Model Stimulasi Model Pengurangan Model Inovatif IV Manajemen Konflik Pendekatan Manajemen Konflik Prosedur Implementasi Model Manajemen Konflik V Performansi Kerja dan Produktivitas Organisasi Hakekat Performansi Kerja Penialaian Performansi Kerja Manfaat Penialaian Performansi Kerja Hakekat Produktivitas Usaha-Usaha Peningkatan Produktivitas VI Dampak Konflik thd Performansi Kerja dan Produktivitas Organisasi Hubungan konflik dg performansi kerja Hubungan konflik dg efektivitas kerja Pengaruh Manajemen Konflik thd Performansi Kerja dan Produktivitas Organisasi VII
SAP-Manajemen Konflik (228 KB)
KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67424212 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Manajemen Konflik / 2 SKS Kode Mata Kuliah : 67424212 Pertemuan Ke : 1 Alokasi Waktu : A. Kompetensi ...... B. Indikator ...... C. Materi ...... D. Pendekatan/Model/Metode ..... E. Langkah-Langkah Pembelajaran ...... F. Media/Sumber Belajar ...... G. Penilaian ...... KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-70524202 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Manajemen Konflik / 2 SKS Kode Mata Kuliah : Pertemuan Ke : 1 Alokasi Waktu : 2 x 50 menit H. Kompetensi Memahami dan menjelaskan tentang hakekat konflik, transisi pemikiran tentang konflik serta sumber-sumber konflik. I. Indikator Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami hakekat hakekat konflik, transisi pemikiran tentang konflik serta sumber-sumber J. Materi Hakekat konflik, transisi pemikiran tentang konflik serta sumber-sumber konflik. K. Pendekatan/Model/Metode Ceramah, tanya jawab L. Langkah-Langkah Pembelajaran 1. Ceramah 50 menit 2. Tanya Jawab 50 menit M. Media/Sumber Belajar Power Point/Buku Wajib N. Penilaian Responsi KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-70524202 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Manajemen Konflik / 2 SKS Kode Mata Kuliah : Pertemuan Ke : 2 Alokasi Waktu : 2 x 50 menit A. Kompetensi Memahami dan menjelaskan proses pengendalian dan pendekatan manajemen konflik. B. Indikator Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan proses pengendalian dan pendekatan manajemen konflik. C. Materi Sumber proses pengendalian dan pendekatan manajemen konflik. D. Pendekatan/Model/Metode Ceramah, Diskusi E. Langkah-Langkah Pembelajaran 1. Ceramah 50 menit 2. Diskusi 50 menit F. Media/Sumber Belajar Power Point/Buku Wajib G. Penilaian
Mediasi & Arbitrase (1.59 MB)
MEDIASI & ARBITRASE Pengertian Mediasi Jenis-Jenis Mediator (Wirawan, 2010) Jenis-Jenis Mediator (Wirawan, 2010) Pengertian Arbitrase Jenis-Jenis Arbitrase Jenis-Jenis Arbitrase Arbitrase Syariah Sifat Putusan Arbitrase Proses Arbitrase (Wirawan, 2010) Proses Arbitrase (Sambungan) Alhamdulillah Semoga Bermanfaat
Model Konseptual Manajemen Konflik Organisasi (480 KB)
MODEL KONSEPTUAL MANAJEMEN KONFLIK ORGANISASI
Pendahuluan Konflik (1.59 MB)
MANAJEMEN KONFLIK Pendahuluan Hakekat Konflik Ciri-Ciri Organisasi yg Mengalami Konflik (Wahyudi, 2008) Transisi Pemikiran ttg Konflik (Aldag & Stearns, 1987; Robbins, 1990) Transisi Pemikiran ttg Konflik (Aldag & Stearns, 1987; Robbins, 1990) Transisi Pemikiran ttg Konflik (Aldag & Stearns, 1987; Robbins, 1990) Transisi Pemikiran ttg Konflik (Aldag & Stearns, 1987; Robbins, 1990) Sumber Konflik Organisasi (DuBrin, 1984) Alhamdulillah Semoga Bermanfaat
Pengendalian & Pendekatan Manajemen Konflik (1.29 MB)
PENGENDALIAN KONFLIK Komponen Konflik Proses Pengendalian Konflik (Rivai & Mulyadi, 2009) Pendekatan Manajemen Konflik (Leavitt, 1986) 1. Teknik Konfrontasi * Pemecahan masalah untuk mengurangi ketegangan melalui pertemuan tatap muka antar kelompok yg sedang berkonflik. * Kedua belah kelompok diberi kesempatan berdebat secara terbuka ttg masalah yg relevan hinggga keputusan tercapai. 2. Teknik Negosiasi & Tawar Menawar (Bargaining) Merupakan perundingan mempertemukan dua pihak dg kepentingan yg berbeda untuk mencapai persetujuan. Adanya proses tawar menawar Masing2 pihak menurunkan tuntutan optimalnya shg mencapai titik temu Tidak ada yg dikalahkan, bahkan semua pihak menghindarkan perasaan telah memenangkan tuntutan 3. Teknik Penyerapan (Absorption) Adalah cara mengelola konflik organisasi antara kelompok besar dg kelompok kecil. Kelompok kecil mendapatkan sebagian yg diinginkannya tetapi sbg konsekuensinya hrs ikut bertanggung jawab thd pelaksanaannya. Dasar Pertimbangan dlm Memilih Pendekatan Manajemen Konflik (Wahyudi, 2008) Dasar Pertimbangan dlm Memilih Pendekatan Manajemen Konflik (Wahyudi, 2008) Dasar Pertimbangan dlm Memilih Pendekatan Manajemen Konflik (Wahyudi, 2008) Dasar Pertimbangan dlm Memilih Pendekatan Manajemen Konflik (Wahyudi, 2008) Dasar Pertimbangan dlm Memilih Pendekatan Manajemen Konflik (Wahyudi, 2008) Dasar Pertimbangan dlm Memilih Pendekatan Manajemen Konflik (Wahyudi, 2008) ALHAMDULILLAH SEMOGA BERMANFAAT
Performansi, Produktivitas & Hub. Konflik (1.55 MB)
PERFORMANSI KERJA, PRODUKTIVITAS ORGANISASI & HUBUNGANNYA TERHADAP KONFLIK Pengertian Performansi Kerja Langkah-langkah dlm Mengukur Performansi Kerja (Stooner & Freeman, 1992) Hal-hal yg Harus Diperhatikan Agar Penilaian Kerja Akurat (Handoko & Siagian, 1992) Manfaat Penilaian Kerja Produktivitas Organisasi Pengertian Produktivitas Faktor-Faktor yg Dapat Meningkatkan Produktivitas (Lipsey, 1986) Hubungan Konflik dg Performansi (Aldag, 1987) Hubungan Konflik dg Efektivitas Organisasi (Robbins, 1996) Pengaruh Manajemen Konflik thd Performansi Kerja & Produktivitas Organisasi (Wahyudi, 2008) ALHAMDULILLAH SEMOGA BERMANFAAT
Resolusi Konflik Via Proses Administrasi (217.31 KB)
RESOLUSI KONFLIK MELALUI PROSES ADMINISTRASI Latar Belakang Lahirnya KPPU Wewenang KPPU (UU No. 5/1999, ps. 36) Wewenang KPPU (UU No. 5/1999, ps. 36) Latar Belakang Lahirnya BPSK Wewenang BPSK (UU No. 8/1999, ps.32) Wewenang BPSK (UU No. 8/1999, ps.32) Sejarah Istilah Ombudsman Perkembangan Penggunaan Ombudsman Definisi Ombudsman Jenis-Jenis Ombudsman Contoh Kasus Pengaduan yg Diselesaikan oleh Ombudsman Negara Bagian Hawai, USA (Wirawan, 2010) Alhamdulillah Semoga Bermanfaat