| www.unesa.ac.id | pdpt.unesa.ac.id

KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231

KAMPUS LIDAH WETAN
Jl. Lidah Wetan, Surabaya
info@unesa.ac.id

Bahan Ajar Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen

Silabus GBRP-Sistem Informasi Manajemen (87.5 KB)
KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : GBRP-67424307 GARIS-GARIS BESAR RENCANA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/SKS : Sistem Informasi Manajemen / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67424307 Prasyarat : Deskripsi Mata Kuliah : Buku Wajib : Pertemuan Ke Kompetensi Materi Kegiatan Pembelajaran Indikator Kompetensi Rujukan Pertemuan Ke Kompetensi Materi Kegiatan Pembelajaan Indikator Kompetensi Buku Rujukan 1 Mahasiswa mengetahui konsep dasar sistem - Konsep dasar sistem - Dosen mengeksplorasi pengetahuan awal mahasiswa melalui proses tanya jawab. - Penjelasan singkat dari dosen. - Mahasiswa dapat mendefinisikan pengertian sistem. - Mahasiswa dapat menjelaskan ruang lingkup serta kategori sistem. - Mahasiswa dapat menjelaskan keterkaitan diantara satu sistem dengan sistem lain. - Mahasiswa dapat menjelaskan sistem deterninistik vs undeterministik, tertutup vs terbuka. - Mahasiswa dapat menjelaskan pentingnya pengelompokkan sistem serta menjelaskan prosedur pengelompokkan sistem. - Mahasiswa dapat menjelaskan organisasi sebagai sistem. 2 Kemampuan memahami penggunaan pendekatan sistem - Pendekatan Sistem - Ceramah singkat. - Diskusi kelompok - Mahasiswa dapat menggambarkan unsur-unsur pemecahan masalah dan keterkaitannya - Mahasiswa dapat menyebutkan urutan langkah pemecahan masalah. - Mahasiswa dapat menjelaskan setiap urutan langkah dengan sub-langkahnya secara terperinci. - Mahasiswa dapat memberikan contoh pemecaham masalah dengan pendekatan system. 3 Kemampuan memahami dan menjelaskan konsep informasi - Konsep Informasi - Ceramah singkat - Membuat pertanyaan dan menjawab pertanyaan dalam diskusi kelompok. - Refleksi dan penguatan hasil diskusi - Dapat mengidentifikasi konteks komunikasi - Dapat menjelaskan perbedaan konteks komunikasi 4 Kemampuan mengidentifikasi dan menjelaskan prinsip-prinsip dalam komunikasi. - Dasar Pemrosesan Komputer - Ceramah
KuliahSIMPengantar-1 (117 KB)
Sistem Informasi Manajemen Pengertian Sistem Informasi Manajemen merupakan sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen. Tujuan Umum * Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen. * Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan. * Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan. Pentingnya Akses Informasi * Ketiga tujuan tersebut menunjukkan bahwa manajer dan pengguna lainnya perlu memiliki akses ke informasi akuntansi manajemen dan mengetahui bagaimana cara menggunakannya. * Informasi akuntansi manajemen dapat membantu mereka mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan masalah, dan mengevaluasi kinerja (informasi akuntansi dibutuhkan dan dipergunakan dalam semua tahap manajemen, termasuk perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan). Proses Manajemen * Perencanaan, formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut. Proses Manajemen Cont'd * Pengendalian, perencanaan hanyalah setengah dari pertempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan, disebut pengendalian. Proses Manajemen
KuliahSIMPengantar-2 (309 KB)
Kuliah II Jenis-jenis Sistem Informasi Hubungan antara tingkatan SI dengan perangkat pendukungnya Tingkatan SI Jenis Keputusan
SIM & Pengambilan Keputusan (1.74 MB)
SIM & PENGAMBILAN KEPUTUSAN Pengertian Keputusan Jenis Keputusan Bersadarkan Struktur Organisasi (Kumorotomo & Isbandono, 2001) Metode Pengambilan Keputusan (Anwar & Oetojo, 2004) Metode Pengambilan Keputusan (Anwar & Oetojo, 2004) Metode Pengambilan Keputusan (Anwar & Oetojo, 2004) SIM & Pengambilan Keputusan Tipe Keputusan Manajemen (Frederick H. Wu, 1984) Tipe Keputusan Manajemen (Frederick H. Wu, 1984) Tipe Keputusan Manajemen (Frederick H. Wu, 1984) Konsep Pembuatan Keputusan dlm Kerangka SIM (Gorry & Morton dalam Kumorotomo, 2001) 1. Structured Decision System (SDS) Adalah serangkaian prosedur & mekanisme dlm rangka akumulasi data, penyimpanan, pengambilan, yg didesain untuk mengkonversi data organisasi menjadi informasi yg sesuai dlm pembuatan keputusan manajerial. *Data yg dimaksudkan meliputi data ttg klien, fasilitas2, pegawai, penggajian, penyediaan pelayanan, penyimpanan barang2, dll. * Data disimpan dlm database yg digunakan untul level manajemen operasional, menengah, dan atas, serta untuk staf. 2. Decision Support System (DSS) Merupakan sistem komputer yg interaktif yg memiliki posisi pd model keputusan analitis & dispesialisasikan ke dlm database manajemen yg bs langsung diakses oleh manajer/pimpinan. Dpt digunakan untuk membantu manajemen di dlm semua level organisasi dg jenis keputusan yg tdk terstruktur & permasalahan2 yg tdk rutin. The Iterative System Development Cycle/ISDC (Rubin, 1986) Adalah gabungan design sistem informasi yg menggabungkan model tradisional dg berbagai kelemahannya (SDS & DSS) dengan model baru yg
SIM untuk Organisasi Publik (1.59 MB)
Kerangka Sistem Informasi Manajemen Untuk Organisasi Publik Unsur Pembentuk SIM Pengertian Sistem (Lucas, 1987) * Suatu kumpulan atau himpunan dr unsur, komponen, atau variabel-variabel yg terorganisasi, saling berinteraksi, saling tergantung satu sama lain dan terpadu. Data & Informasi (Kumorotomo & Margono 2001) Proses Data menjadi Informasi Sumber: Davis (1995) Manajemen Manajemen merupakan proses atau kegiatan yang dilakukan oleh seorang pimpinan/manajer di dalam organisasi untuk mencapai tujuan bersama (Kumorotomo dan Margono, 2001) Pengertian SIM Tujuan Umum SIM Perbedaan Organisasi Publik & Swasta (Kumorotomo & Margono 2001) SIM Publik SIM dan Transparansi Publik Indikator Transparansi Indikator Transparansi SIM dan Akuntabilitas Publik * Asas akuntabilitas menetapkan bahwa setiap kegiatan dan hasil akhir dr kegiatan penyelenggaraan negara hrs dpt dipertanggungjawabkan kpd rakyat sbg pemegang kedaulatan tertinggi dlm suatu negara. Ciri-Ciri Pemerintahan yg Akuntabel * 1. Mampu menyajikan informasi penyelenggaraan pemerintahan yg terbuka, cepat dan tepat. * 2. Mampu memberikan pelayanan yg memuaskan bagi publik. * 3. Mampu menjelaskan dan mempertanggungjawabkan setiap kebijakan publik secara proporsional * 4. Mampu memberikan ruang bagi masyarakat untuk terlibat dlm proses pembengunan & pemerintahan * 5. Adanya sarana publik untuk menilai kinerja pemerintah * ALHAMDULILLAH * SEMOGA BERMANFAAT