| www.unesa.ac.id | pdpt.unesa.ac.id

KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231

KAMPUS LIDAH WETAN
Jl. Lidah Wetan, Surabaya
info@unesa.ac.id

Bahan Ajar Mata Kuliah Pengantar Ilmu Adm. Negara

Silabus GBRP-Pengantar Ilmu Adm. Negara (114 KB)
KURIKULUM Tanggal Revisi : 28 Oktober 2011 Kode Dokumen : GBRP-67324301 GARIS-GARIS BESAR RENCANA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/SKS : Pengantar Ilmu Adm. Negara / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67324301 Prasyarat : Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini meliputi penjelasan makna Administrasi Negara(administrasi publik),penjelasan posisi, unsur dan alat administasi, Karasteristik Administrasi Negara dan perbedaannya yang utama dengan administrasi bisnis,pengembangan administrasi negara sebagai suatu disiplin, berbagai pendekatan klasik dan modern untuk memahami Administrasi Negara, Paradigma -Paradigma Administrasi Negara,Problema dan implikasi dari berbagai pendekatan tersebut terhadap substansi dan lingkup dari Administrasi Negara Buku Wajib : Pertemuan Ke Kompetensi Materi Kegiatan Pembelajaran Indikator Kompetensi Rujukan 1 Mahasiswa memahami ruang lingkup dan tujuan Pengantar Ilmu Administrasi Negara (PIAN) Ruang Lingkup,Tujuan dan Posisi 1. Menjelaskan garis besar dan tujuan lingkup mata kuliah PIAN sedemikian rupa sehingga standard kompetensi tercapai 2. Menjelaskan ruang lingkup dan perlunya mata kuliah PIAN 3. Mengadakan tanya jawab 4. Menugaskan mahasiswa untuk membaca materi berikut Mahasiswa dapat : 1. Menjelaskan ruang lingkup PIAN 2. Menjelaskan tujuan PIAN 3. Menguraikan tujuan PIAN 4. Menjelaskan posisi IAN dalam Ilmu Kenegaraan 5. Menjelaskan posisi IAN dalam Ilmu Non Kenegaraan 2 Mahasiswa menjelaskan pengertian-pengertian dasar dalam PIAN Konsep dan pengertian Unsur dan Alat 1. Review materi 2. Menjelaskan materi 3. Mengadakan tanya jawab 4. Menugaskan mahasiswa untuk membaca materi berikut Mahasiswa dapat : 1. Menjelaskan pengertian Pengantar 2. Menjelaskan pengertian Pengetahuan 3. Menjelaskan pengertian Ilmu 4. Menjelaskan pengertian
SAP-Pengantar Ilmu Adm. Negara (277.5 KB)
KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-67324301 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah/ SKS : Pengantar Ilmu Adm. Negara / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 67324301 Pertemuan Ke : 1 Alokasi Waktu : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Mata Kuliah : Pengantar Ilmu Administrasi Negara Kode Mata Kuliah : 67324301 Jumlah SKS : 3 SKS Waktu Pertemuan : 3 x 50 menit Dosen : Drs. I Made Arsana,M.Si Tjitjik Rahaju,S.Sos.M.Si Tauran, S.Sos.M.Soc.Sc Pertemuan Ke : 1 A. Kompetensi yang ingin dicapai 1. Kompetensi : Mahasiswa memahami ruang lingkup dan tujuan Pengantar Ilmu Administrasi Negara (PIAN) 2. Sub Kompetensi : Mahasiswa dapat : 1. Menjelaskan ruang lingkup PIAN 2. Menjelaskan tujuan PIAN 3. Menguraikan tujuan PIAN B. Pokok Bahasan : Pengantar dan Ruang Lingkup PIAN C. Sub Pokok Bahasan: 1. Pengantar 2. Ruang Lingkup Sistem Administrasi Negara 3. Tujuan Sistem Administrasi Negara D. Model Pembelajaran: Pembelajaran Langsung E. Kegiatan Belajar Mengajar Tahap Kegiatan Dosen Media dan alat bantu pembelajaran Pendahuluan Memotivasi mahasiswa dengan menyampaikan kegunaan mempelajari Pengantar Ilmu Administrasi Negara Penyajian 1. Menjelaskan Silabi sedemikian rupa sehingga standard kompetensi tercapai 2. Menjelaskan ruang lingkup PIAN 3. Menjelaskan tujuan PIAN 4. Mengadakan Tanya jawab seputar materi Lap Top LCD Transparansi dan OHP (Jika Listrik Mati) Penutup Mengulangi materi yang
BIROKRasi (180 KB)
Metode organisasi terbaik dengan spesialisasi tugas Birokrasi (Weber) 1. Berbagai aktivitas untuk mencapai tujuan didistribusikan dengan standard baku Karakteristik Pokok Birokrasi Akibatnya Pembagian kerja menjadi jelas , muncul spesialisasi -spesialisasi dalam posisi /jabatan 2. Organisasi kantor mengikuti prinsip hierarki Setiap kantor yang lebih rendah berada di bawah kontrol pengawasan knator yang lebih tinggi Tugas birokrasi akan memiliki rentang yang kompleks dari tugas yang paling rumit sampai yang paling sederhana 3. Aktivitas birokrasi diselenggarakan dalam sistem standard yang jelas dan konsisten 4. Pegawai dalam menjalankan tugasnya didasarkan impersonal formalistik 5. Rekrutmen didasarkan pada kecakapan dan keahlian teknis yang memang dibutuhkan 6. Organisasi birokratis dilakukan dengan dasar efisiensi
Karakteristik Gerald E. Caiden (41.5 KB)
Karakteristik Administrasi Negara menurut Gerald E. Caiden Caiden mengemukakan sejumlah ciri yang bisa dipakai untuk mengidentifikasi administrasi negara. Ciri-ciri yang dikemukakan Caiden di bawah lebih bersifat empiris, yaitu : 1. Administrasi Negara adalah kegiatan yang tidak bisa dihindari dan mutlak kehadirannya. Organisasi lain bisa dimungkinkan hancur , tetapi Administrasi Negara tidak. Dan bahwa eksistensi Administrasi Negara sama dengan eksistensi negara itu sendiri. Dalam artian selama negara itu ada, maka administrasi negara juga akan tetap ada. Sementara sebagai sebuah kegiatan yang unavoidable maka dari mulai manusia lahir sampai meninggal tidak bisa lepas dari aktivitas yang berkaitan dengan Administrasi Negara. Misal : Kelahiran seorang bayi, jika bayi tersebut lahir di puskesmas atau
KarakteristikEmpiris (212 KB)
Karakteristik Administrasi Negara menurut Gerald E. Caiden * Administrasi Negara adalah kegiatan yang tidak bisa dihindari dan mutlak kehadirannya. negara memiliki monopoli untuk menggunakan legitimasinya guna memaksakan setiap warga negara mematuhi peraturan Konsekuensi dari aktivitas Administrasi Negara yang beraneka tersebut, maka Administrasi Negara tentu saja tidak akan bisa secara serentak memenuhinya 4. Administrasi Negara mempunyai ukuran yang tidak terbatas Karakteristik ini berkaitan dengan ruang lingkup Administrasi Negara yang mencakup seluruh wilayah negara itu sendiri mulai darat, laut dan udara. Besarnya ruang lingkup tersebut yang mengakibatkan sulitnya untuk melakukan pengukuran terhadapnya Kebijakan pelaksanaan pemerintahan, kemampuannya tergantung pada pembuat keputusan yang tidak lain adalah pejabat-pejabat politik 6. Terlalu banyak yang diharapkan dari Administrasi Negara Di satu sisi masyarakat menghendaki Administrasi Negara bisa berbuat banyak untuk memenuhi kebutuhannya Di sisi lain Administrasi Negara punya keterbatasan sumber dana, sumber daya manusia dan sumber lainnya 7. Pelaksanaan Administrasi Negara sulit diukur Oleh karena sebagian besar kegiatan Administrasi Negara adalah kegiatan politis dan tujuannya untuk mencapai keadilan, kemakkuran. Dimana indicator-indikator inilah yang sulit untuk diukur
KarakteristikNormatif (267 KB)
Salah satu persoalan yang muncul dalam disiplin ilmu administrasi negara adalah adanya usaha untuk membedakan administrasi negara dengan disiplin ilmu lainnya terutama administrasi swasta Apa benar demikian? Pertanyaan ini bisa jadi akan terjawab, jika administrasi negara mengandung sejumlah ciri yang bisa memberikan identifikasi terhadap apakah yang dimaksud dengan administrasinegara Dan sekaligus bisa membedakan dengan administrasi lainnya. Dengan kata lain, administrasi negara harus punya karakteristik 1. Administrasi Negara memberikan pelayanan yang sifatnya lebih urgen dibanding jenis administrasi lainnya(swasta) Urgensi pelayanan tersebut sangat terkait dengan peran negara yang harus bisa memenuhi kepentingan seluruh lapisan masyarakat Transportasi, Negara memberikan pelayanannya melalui Departemen Perhubungan dengan menyediakan moda angkutan Bus DAMRI,Kapal PELNI, Kereta api Telekomunikasi , negara memberikan pelayanannya melalui Departemen Komunikasi dan Informasi dengan media TVRI,RRI. Keamanan, negara memberikan pelayanannya melalui jaminan keamanan dengan tersedianya jajaran kepolisian. Dan jenis pelayanan kepentingan masyarakat lainnya Pelayanan yang bersifat monopoli menyangkut pertahanan dan keamanan, peradilan, moneter dan fiscal, serta agama, politik luar negeri Pelayanan yang semi monopoli misalnya pendidikan, komunikasi,kesehatan dll Pelayanan yang diberikan didasari Undang-undang/peraturan Ciri ini memberikan azas legalitas yang harus dipenuhi dalam setiap aktivitas/tindakan administrasi negara Konsekuensi dalam pelaksanaan aktivitas administrasi negara nilai positif, karena semua kegiatan ada landasan/dasarnya nilai negatif dalam pengertian kecepatan pemberian pelayanan, terutama
PARADIGMA ADMINISTRASI NEGARA (31.5 KB)
PARADIGMA ADMINISTRASI NEGARA (GEORGE FREDERICKSON) 1. Birokrasi klasik 2. Birokrasi neo birokrasi 3. Institusi 4. Hubungan kemanusiaan 5. Pilihan publik 6. Adminitrasi negara baru PARADIGMA FOKUS LOKUS TOKOH BIROKRASI KLASIK Struktur (Desain) Organisasi dan atau fungsi prinsip-prinsip manajemen Berbagai jenis organisasi baik pemerintahan maupun bisnis Weber, 1922; Wilson,1987;Taylor,1912;Gullick dan Urwick, 1937 BIROKRASI NEO KLASIK Proses pengambilan Keputusan denganperhatian pada Penerapan Ilmu Perilaku,Ilmu Manajemen, Analisa Sistem dan Penelitian Operasi Keputusan yang dihasilkan oleh Birokrasi Pemerintahan Simon KELEMBAGAAN Perilaku Birokrasi yang kompleks Thompson, 1967;Mosher, 1968;Etzioni, 1961 HUBUNGAN KEMANUSIAAN Dimensi Kemanusiaan dan Aspek Sosial Psikologi dalam setiap jenis organisasi maupun birokrasi Rennis Likert, 1967; Daniel Katz dan Robert Kahn, 1966 PILIHAN PUBLIK Politik Pilihan untuk melayani kepentingan publik akan barang dan jasa yang diberikan oleh sejumlah organisasi Ostrom, 1973; Tullock, 1962 ADMINISTRASI NEGARA BARU Usaha untuk mengorganisasikan, menggambarkan , mendesain , membuat organisasi dapat berjalan kea rah dan dengan mewujudkan nilai-nilai kemanusiaan secara maksimal Frederickson,
paradigma henry (5.2 MB)
deskripsi Pemahaman tentang Ruang Lingkup ,Tujuan PIAN, Posisi PIAN dalam Ilmu Kenegaran dan Non Kenegaraan,Kedudukan Administrasi Negara dalam Ilmu Sosial, Konsep dan pengertian administrasi sebagai pengetahuan, ilmu dan art, Batasan Administrasi Negara, definisi, unsur dan aktivitas administrasi negara, Karakteristik normatif dan empiris administrasi negara, Pertumbuhan Ilmu Administrasi Negara, Paradigma Administrasi Negara Pendekatan Administrasi Negara, Birokrasi,Pendekatan dalam Manajemen Publik,NMP, NPS, Akuntabilitas dalam Manajemen Publik Pokok Bahasan ? Pengantar ? Ruang Lingkup ,Tujuan PIAN ? Posisi PIAN dalam Ilmu Kenegaran dan Non Kenegaraan ? Kedudukan Administrasi Negara dalam Ilmu Sosial ? Konsep dan pengertian administrasi sebagai pengetahuan, ilmu dan art ? Batasan Administrasi Negara, definisi, unsur dan aktivitas administrasi negara ? Karakteristik normatif dan empiris administrasi negara ? Pertumbuhan Ilmu Administrasi Negara ? Paradigma Administrasi Negara ? Pendekatan Administrasi Negara ? Birokrasi ? Pendekatan dalam Manajemen Publik,NMP, NPS ? Akuntabilitas dalam Manajemen Publik Referensi ? Fesler,James W.,Public Administration : Theory and Practise. ? Handayaningrat,S, Pengantar Studi Ilmu Adm. Negara ? Henry, Nicholas, Public Administration and Public Affairs. ? Pamudji, S. Ekologi Administrasi Negara ? Surie,HG, Ilmu Administrasi Negara : suatu Bacaan Pengantar ? Syafei,Inu Kencana, Ilmu Adm.Publik ? Thoha Miftah, Dimensi-Dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah ini dinamai Pengantar Ilmu Administrasi Negara Sebagai sebuah PENGANTAR , mata kuliah ini bertujuan : Memberi bekal awal/pengantar kepada mahasiswa untuk memasuki keILMUAN ADMINISTRASI NEGARA yang amat
Posisi Ilmu AN (199 KB)
Landasan Ilmu : 1. Landasan Ontologis Ada obyek yang diamati, yang terpisah dari subyek yang diamati. Obyek yang diamati AN , kegiatan-kegiatan dan dinamika kerja sama dalam suatu negara untk mencapai tujuan sebagai fenomena sosial 2. Landasan Epistemologis Ada metode pendekatan yang digunakan dalam mengamati obyek Dalam AN ada pendekatan konstitusional, pendekatan struktural, pendekatan perilaku 3. Landasan Aksiologis Ada tujuan/sasaran Bagaimana mencapai tujuan Adm.Neg yang juga menjadi tujuan negara Jenis kelompok Ilmu Sosial : Pertama, perhubungan sesama ilmu kenegaraan yang selama ini saling tumpang tindih (Ilmu Adm.Neg,Ilmu Pemerintahan, Ilmu Politik, Ilmu Hukum Tata Negara, Ilmu Negara) Kedua, perhubungan sesama ilmu non kenegaraan ( IAN dg Filsafat, IAN dg Sejarah,IAN dg Ekonomi,IAN dg Geografi,IAN dg Psikologi) OBYEK FORMA ILMU ADMINISTRASI NEGARA (Inu Kencana Syafei) Ruang Lingkup Administrasi Negara Bidang Hubungan Peristiwa dan Gejala Pemerintahan Adm. Pemerintahan Pusat Adm. Pemda Adm. Pem. Kec Adm. Pem. Kelurahan Adm. Pem. Desa Adm. Pem Kota Adm. Pemkab Adm. Pem Departemen Adm. Non Departemen Bidang Kekuasaan Adm. Politik LN Adm. Politik Dagri Adm. Kebijakan Pem Bidang Pemikiran Hakiki Etika Adm. Neg Estetika Adm. Neg Logika Adm. Neg Hakekat Adm. Nega Bidang Ketatalaksanaan Adm. Pembangunan Adm. Perkantoran Adm. Kepegawaian Adm Kemiliteran Adm. Kepolisian Adm. Perpajakan Adm. Pengadlan
RL &Pengantar Ilmu (306.5 KB)
deskripsi Pemahaman tentang Ruang Lingkup ,Tujuan PIAN, Posisi PIAN dalam Ilmu Kenegaran dan Non Kenegaraan,Kedudukan Administrasi Negara dalam Ilmu Sosial, Konsep dan pengertian administrasi sebagai pengetahuan, ilmu dan art, Batasan Administrasi Negara, definisi, unsur dan aktivitas administrasi negara, Karakteristik normatif dan empiris administrasi negara, Pertumbuhan Ilmu Administrasi Negara, Paradigma Administrasi Negara Pendekatan Administrasi Negara, Birokrasi,Pendekatan dalam Manajemen Publik,NMP, NPS, Akuntabilitas dalam Manajemen Publik Pokok Bahasan ? Pengantar ? Ruang Lingkup ,Tujuan PIAN ? Posisi PIAN dalam Ilmu Kenegaran dan Non Kenegaraan ? Kedudukan Administrasi Negara dalam Ilmu Sosial ? Konsep dan pengertian administrasi sebagai pengetahuan, ilmu dan art ? Batasan Administrasi Negara, definisi, unsur dan aktivitas administrasi negara ? Karakteristik normatif dan empiris administrasi negara ? Pertumbuhan Ilmu Administrasi Negara ? Paradigma Administrasi Negara ? Pendekatan Administrasi Negara ? Birokrasi ? Pendekatan dalam Manajemen Publik,NMP, NPS ? Akuntabilitas dalam Manajemen Publik Referensi Fesler,James W.,Public Administration : Theory and Practise. Handayaningrat,S, Pengantar Studi Ilmu Adm. Negara Henry, Nicholas, Public Administration and Public Affairs. Pamudji, S. Ekologi Administrasi Negara Surie,HG, Ilmu Administrasi Negara : suatu Bacaan Pengantar Syafei,Inu Kencana, Ilmu Adm.Publik Thoha Miftah, Dimensi-Dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara Mata Kuliah ini dinamai Pengantar Ilmu Administrasi Negara Sebagai sebuah PENGANTAR , mata kuliah ini bertujuan : Memberi bekal awal/pengantar kepada mahasiswa untuk memasuki keILMUAN ADMINISTRASI NEGARA yang amat
UNSUR Administrasi (242 KB)
PENGERTIAN ADMINISTRASI ARTI SEMPIT = TATA USAHA ARTI LUAS Kegiatan-kegiatan yang bersifat clerical = clerk, juru tulis, yang meliputi : 1. KORESPONDENSI, surat menyurat, pengiriman informasi secara tertulis mulai dari penyusunan, penulisan, pengiriman 2. EKSPEDISI Aktivitas mencatat setiap informasi yang diterima, dikirim baik untuk kepentingan intern maupun ekstern 3. PENGARSIPAN Pengaturan dan penyimpanan informasi secara cepat dan mudah Secara Etimologis Bahasa Inggris : Administration, to administer, berarti mengelola Bahasa Belanda : Administratie, yang mencakup tata usaha, manajemen dari kegiatan organisasi dan manajemen sumber daya ARTI LUAS Dwight Waldo : Suatu daya upaya manusia yang kooperatif, yang mempunyai tingkat rasionalitas tinggi Stephen P. Robbins : Kesekruhan proses dari aktivitas -aktivitas pencapain tujuan secara efisien dengan melalui orang lain Leonard D. White : Proses umum pada setiap usaha kelompok-kelompok baik pemerintah atau swasta, sipil, militer dalam ukuran besar atau kecil Sondang P. Siagian : Keseluruhan proses pelaksanaan kegiatan yang dilakukan dua orang /lebih yang terlibat dlam suatu bentuk usaha kerja sama demi tercapainya tujuan yang ditentukan sebelumnya UNSUR POKOK 1. DUA MANUSIA ATAU LEBIH 2. KERJA SAMA 3. TUJUAN 4. TUGAS/KEGIATAN 5. SARANA/ALAT KRITERIA POKOK 1. RASIONALITAS 2. EFEKTIVITAS,HASIL GUNA 3. EFISIENSI, DAYA GUNA ALAT ADMINISTRASI : 1. ORGANISASI 2. MANAJEMEN 3. KOMUNIKASI 4. KEPEGAWAIAN 5. KEUANGAN 6. PERBEKALAN 7. TATA