| www.unesa.ac.id | pdpt.unesa.ac.id

KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231

KAMPUS LIDAH WETAN
Jl. Lidah Wetan, Surabaya
info@unesa.ac.id

Bahan Ajar Mata Kuliah Dasar-Dasar Animasi

dasar animasi (3.19 MB)
SEMINAR BERKREASI DENGAN ANIMASI :: EKO PURWANTO :: Biografi dan Profil Eko Purwanto. lahir di Medan 10 Nopember 1976, menyelesaikan SMU di SMA Negeri 1 Binjai (1994), kemudian melanjutkan studi di D3 Komputer FMIPA USU, kemudian menyelesaikan studi di Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknik Harapan, aktifitas lebih banyak sebagai praktisi dan konsultan IT. Mantan pegawai BUMN, yang mengambil pensiun muda dari PT (Persero) Pelabuhan Indonesia I di tahun 2002 dan saat ini aktif bekerja pada Webmedia Training Center di Medan (www.webmediacenter.com). Berminat untuk membagi ilmu dan berdiskusi dalam bidang WebDesign/programming dan networking. Informasi lebih lanjut tentang penulis ini bisa didapat melalui: Email: epurwanto@webmediacenter.com 01 APA ITU ANIMASI? 02 Sejarah Animasi Ditemukannya berbagai artefak dan lukisan gua pada peradaban Mesir Kuno 2000 tahun sebelum masehi, manusia sudah mencoba membuat ilustrasi gerakan yang akhirnya berkembang menjadi animasi. 02 Sejarah Animasi 02 Sejarah Animasi persistance of vision (pola penglihatan yang teratur) 03 Prinsip Dasar Animasi Untuk membuat animasi dibutuhkan sejumlah gambar yang pengerjaannya dilakukan dengan pergerakan gambar (frame) satu per satu. Satuan yang digunakan adalah frame per second/fps(gambar per detik) yang menunjukkan kualitas animasi yang akan dibuat. Jumlah fps bisa 15, 16, 20, 24 atau berapa saja. 03 Prinsip Dasar Animasi Semakin tinggi nilai fps maka akan semakin