| www.unesa.ac.id | pdpt.unesa.ac.id

KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231

KAMPUS LIDAH WETAN
Jl. Lidah Wetan, Surabaya
info@unesa.ac.id

Bahan Ajar Mata Kuliah Pendidikan IPS Kelas Awal

E-Learning | Pengembangan Pendidikan IPS SD
http://elearning.unesa.ac.id/course/view.php?id=554
Deskripsi Matakuliah: perkuliahan ini mengkaji dan menganalisis teori-teori belajar, strategi pembelajaran IPS SD yang meliputi: pendekatan-pendekatan pembelajaran IPS, model-model pembelajaran IPS, metode dan media pembelajaran IPS serta evaluasi hasil belajar IPS. Selain itu matakuliah ini juga mengembangkan perangkat pembelajaran IPS SD, yang meliputi: silabus, RPP, buku siswa, Lembar Kegiatan Siswa berikut kuncinya, lembar penilaian berikut kuncinya, tabel spesifikasi LKS dan LP serta media pembelajaran IPS SD.
Silabus GBRP-Pendidikan IPS Kelas Awal (120.5 KB)
KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : GBRP-64324314 GARIS-GARIS BESAR RENCANA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/SKS : Pendidikan IPS Kelas Awal / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324314 Prasyarat : Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah Pendidikan IPS kelas awal ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas awal. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas awal (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing. Buku Wajib : 1. Azmi. (2004). Reposisi Pelajaran Ilmu Sosial di Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 2. Badan Penelitian dan pengembangan Pusat kurikulum. (2007). Naskah akademik Kajian kebijakan kurikulum Mata pelajaran Ilmu pengetahuan sosial (IPS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional 3. Depdiknas. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan
SAP-Pendidikan IPS Kelas Awal (450 KB)
KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : SAP-64324314 SATUAN ACARA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Mata Kuliah/ SKS : Pendidikan IPS Kelas Awal / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 64324314 Pertemuan Ke : 1-2 Alokasi Waktu : A. Kompetensi Mencakup uraian tentang struktur kurikulum dan standar kompetensi bahan kajian IPS SD kelas 1 s/d 3, dimensi dan jenis materi materi IPS yang meliputi pengetahuan (fakta, konsep, prinsip dan generalisasi), keterampilan dan sikap/nilai serta pembelajaran tematik yang berorientasi pada model pembelajaran kontekstual dengan penilaian berbasis polio. B. Indikator 1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi struktur kurikulum dan standar kompetensi bahan kajian IPS SD kelas awal 2. Mahasiswa mampu mengkonstruk dimensi dan jenis materi IPS 3. Mahasiswa mampu merumuskan dimensi pengetahuan, keterampilan dan sikap/nilai pembelajaran IPS 4. Mahasiswa mampu menyimpulkan pembelajaran tematik yang berorientasi pada model prinsip-prinsip pembelajaran kontekstual dengan penilaian berbasis polio C. Materi 1. Struktur kurikulum dan standar kompetensi bahan kajian IPS SD Kelas Awal 2. Dimensi pembelajaran dan jenis materi IPS 3. Prinsip-prinsip pembelajaran tematik D. Pendekatan/Model/Metode 1. Brainstorming 2. Pemberian Informasi 3. Strategi bertanya (questioning) 4. Tanya jawab 5. Penugasan E. Langkah-Langkah Pembelajaran Tahap Kegiatan: 1. Persiapan: a. Menyampaikan ucapan salam b. Menciptakan kondisi kelas c. Memperkenalkan diri dan berusaha mengenal mahasiswa d. Menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai e. Menjelaskan manfaat bahan pembelajaran f. Menggali pengalaman belajar dan pengetahuan awal berkenaan dengan lingkup materi yang akan dikaji g. Menyiapkan sarana yang diperlukan 2.