| www.unesa.ac.id | pdpt.unesa.ac.id

KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231

KAMPUS LIDAH WETAN
Jl. Lidah Wetan, Surabaya
info@unesa.ac.id

Bahan Ajar Mata Kuliah Manajemen Pemasaran

Silabus GBRP-Manajemen Pemasaran (89 KB)
KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : GBRP-57324320 GARIS-GARIS BESAR RENCANA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : S-1 Manajemen Mata Kuliah/SKS : Manajemen Pemasaran / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 57324320 Prasyarat : Deskripsi Mata Kuliah : Buku Wajib : Pertemuan Ke Kompetensi Materi Kegiatan Pembelajaran Indikator Kompetensi Rujukan Mendefinisikan Pemasaran Abad 21 Mendefinisikan Pemasaran Abad 21 a. Pentingnya Pemasaran b. Lingkup Pemasaran c. Konsep Inti Pemasaran d. Falsafah Pemasaran e. Tugas Pemasar f. Bauran Pemasaran Produk dan Jasa Philip Kotler and Kevin Lane Keller Mendeskripsikan Pentingnya Mempertahankan pelanggan Mempertahankan Pelanggan a. Nilai dan Kepuasan Pelanggan b. Kunci Mencapai Kepuasan Pelanggan c. CRM dan CSR Mendiskripsikan Proses Pemasaran dan Perencanaan Pemasaran Proses Pemasaran dan Perencanaan Pemasaran a. Segmentasi (S) b. Memilih Pasar Sasaran (T) c. Menetapkan Posisi di Pasar (P) Mendiskripsikan Sistem Informasi Pemasaran Sistem Informasi Pemasaran a. Komponen Sistem Informasi Pemasaran b. Pencatatan Internal dan Intelijen Pemasaran c. Lingkungan Pemasaran d. Analisis Peluang Pemasaran Menganalisis Pasar dan Perilaku Pasar Pasar dan Perilaku Pasar a. Macam-macam Pasar b. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian c. Proses Keputusan Pembelian Mendiskripsikan Pengembangan Produk Pengembangan Produk Baru a. Proses Pengembangan Produk Baru b. Proses Penerimaan Konsumen Menganalisis Strategi Produk Strategi Produk a. Karakteristik dan Klasifikasi Produk b. Diferensiasi c. Bauran Produk d. Merek, Kemasan, Label dan Garansi Menganalisis Strategi Harga Strategi Harga a. Pentingnya Penetapan Harga b. Langkah-langkah Penetapan Harga c. Menyesuaikan Harga d. Memulai dan Menanggapi Perubahan Harga Menganalisis Strategi Harga Saluran Strategi Strategi Saluran Distribusi a. Pentingnya Saluran Distribusi b. Peran Saluran Pemasaran c. Keputusan Rancangan Saluran d. Mengelola Saluran e. Sistem dan Integrasi Saluran f. Pemasaran E - Commerce Menganalisis Strategi Komunikasi Pemasaran Komunikasi Pemasaran a. Pentingnya Komunikasi Pemasaran b. Mengembangkan Komunikasi Pemasaran Efektif c. Karakteristik Bauran Komunikasi d. Memutuskan Bauran Komunikasi Pemasaran Menganalisis Teori Siklus Hidup Produk dan Evolusi Pasar Teori Siklus Hidup Produk dan Evolusi Pasar a. Tahapan SHP dan Strategi Pemasaran b. Evolusi Pasar Mendiskripsikan Pemasaran Eceran Pemasaran Eceran a. Jenis-jenis Pengecer b. Strategi
Ch 1 Pemasaran Abad 1.PPT (4.13 MB)
Chapter 1 Defining Marketing for the 21st Century by PowerPoint by Milton M. Pressley University of New Orleans TOPIK HARI INI * Mengapa Pemasaran Penting? * Bagaimana Ruang Lingkup Pemasaran? * Apa Saja Yang Merupakan Konsep Pemasaran Fundamental? * Bagaimana Cara Manajemen Pemasaran Berubah? * Apa Saja Tugas-Tugas Yang Perlu Dilakukan Demi Berhasilnya Manajemen Pemasaran? Pentingnya Pemasaran Operasi keuangan, akunting, dan fungsi bisnis lainnya sesungguhnya tidak berarti kalau tidak ada permintaan akan produk dan jasa sehingga perusahaan dapat menghasilkan laba Tugas Pemasar The Scope of Marketing * Marketing: secara khusus sbg tugas menciptakan, mempromosikan dan mengirimkan barang dan jasa kepada konsumen dan perush * Marketing Management: seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan mendapatkan, menjaga, serta menumbuhkan pelanggan dg menciptakan, menyerahkan dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yg unggul The Scope of Marketing * Pertukaran dan Transaksi * Pertukaran Perolehan produk yg diinginkan dr seseorang dg menawarkan sesuatu sbg gantinya. * Transaksi Perdagangan nilai antara dua pihak atau lebih * Transfer Hadiah, subsidi, dan kontribusi amal (pihak pemberi berharap akan menerima sesuatu sbg ganti pemberiannya) The Scope of Marketing * Tempat * Properti * Organisasi * Informasi * Gagasan * Barang * Jasa * Pengalaman * Acara Khusus * Orang The Scope of marketing * Siapa yang Memasarkan? * Pemasar dan Prospek * Pemasar Seseorang yg mencari tanggapan (perhatian, pembelian, suara, donasi) dari pihak lain * Prospek Calon pembeli potensial The Scope of marketing Figure 1-1: Structure of Flows in a
Ch 10 PEMASARAN GLOBAL (89.9 KB)
PEMASARAN GLOBAL BY ANIK LESTARI A BERSAING SECARA GLOBAL INDUSTRI GLOBAL adalah INDUSTRI DIMANA POSISI STRATEGIS PESAING DALAM PASAR GEOGRAFIS ATAU NASIONAL UTAMA PADA DASARNYA DIPENGARUHI OLEH POSISI GLOBAL MEREKA SECARA KESELURUHAN PERUSAHAAN GLOBAL adalah PERUSAHAAN YANG BEROPERASI DI LEBIH DARI SATU NEGARA DAN MEMILIKI KEUNGGULAN LITBANG, PRODUK, LOGISTIK, PEMASARAN, DAN KEUANGAN DALAM BIAYA DAN REPUTASI PERUSAHAAN YANG TIDAK DIMILIKI PESAING DOMESTIK MURNI KEPUTUSAN UTAMA DALAM PEMASARAN INTERNASIONAL MEMUTUSKAN APAKAH AKAN BERGERAK KE LUAR NEGERI MENENTUKAN PASAR YANG AKAN DIMASUKI MENENTUKAN CARA MEMASUKI PASAR MENENTUKAN PROGRAM PEMASARAN MENENTUKAN ORGANISASI PEMASARAN I. MEMUTUSKAN APAKAH AKAN BERGERAK KE LUAR NEGERI @. FAKTOR-FAKTOR YANGMENDORONG: 1.MENEMUKAN BEBERAPA PASAR ASING MENAWARKAN PELUANG LABA YANG LEBIH TINGGI DARIPADA PASAR DALAM NEGERI 2. MEMBUTUHKAN BASIS PELANGGAN YANG LEBIH BESAR UNTUK MENCAPAI SKALA EKONOMI 3. DISERANG OLEH PERUSAHAAN GLOBAL YANG MAMPU MENAWARKAN PRODUK LEBIH BERKUALITAS ATAU HARGA LEBIH MURAH DAN PERUSAHAAN INGIN MENYERANG BALIK DI NEGARA MEREKA 4. INGIN MENGURANGI KETERGANTUNGAN PADA SUATU PASAR GUNA MENGURANGI RESIKO 5. PELANGGAN KE LUAR NEGERI DAN MEMBUTUHKAN PELAYANAN INTERNASIONAL BEBERAPA RESIKO YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN TIDAK MENGERTI PREFERENSI PELANGGAN LUAR NEGERI DAN GAGAL MENAWARKAN PRODUK YANG MENARIK DAN MAMPU BERSAING TIDAK MENGERTI BUDAYA BISNIS NEGARA ASING DAN TIDAK MENGETAHUI CARA BERTRANSAKSI SECARA EFEKTIF DENGAN
Ch 5 STRATEGI PRODUK (94.46 KB)
KOMPONEN TAWARAN PASAR By : Anik Lestari A PRODUK ADALAH SEGALA SESUATU YANG DAPAT DITAWARKAN KE PASAR UNTUK MEMUASAKAN KEBUTUHAN DAN KEINGINAN BARANG JASA TINGKAT PRODUK: HIERARKI NILAI PELANGGAN TINGKAT DASAR : MANFAAT INTI (CORE BENEFIT), MANFAAT MENDASAR YANG SESUNGGUHNYA DIBELI KONSUMEN. TINGKAT KEDUA: PRODUK DASAR/W UJUD PRODUK ( BASIC PRODUCT) TINGKAT KETIGA: PRODUK YANG DIHARAPKAN (EXPECTED PRODUCT) TINGKAT KEEMPAT: PRODUK YANG DITINGKATKAN (AUGMENTED PRODUCT) TINGKAT KELIMA: CALON PRODUK (POTENSIAL PRODUCT) KLASIFIKASI PRODUK DAYA TAHAN DAN WUJUD: BARANG YANG TIDAK TAHAN LAMA BARANG TAHAN LAMA JASA PENGGUNAAN: BARANG KONSUMEN BARANG INDUSTRI BARANG KONSUMEN CONVENIENCE GOODS (BARANG SEHARI-HARI): KEBUTUHAN POKOK (STAPLES) BARANG DARURAT (EMERGENCY GOODS) SHOPPING GOODS (BARANG TOKO): BARANG TOKO HOMOGEN BARANG TOKO HETEROGEN) SPECIALTY GOODS (BARANG KHUSUS) UNSOUGHT GOODS BARANG INDUSTRI BAHAN BAKU DAN SUKU CADANG: BAHAN MENTAH : PRODUK PERTANIAN DAN PRODUK ALAM BAHAN BAKU DAN SUKU CADANG YANG DIPRODUKSI: BAHAN BAKU KOMPONEN DAN SUKU CADANG KOMPONEN BARANG MODAL: INSTALASI PERALATAN PERLENGKAPAN DAN LAYANAN BISNIS: PERLENGKAPAN: BARANG PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN PERLENGKAPAN OPERASIONAL LAYANAN BISNIS: 1. LAYANAN PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN 2. LAYANAN KONSULTASI BISNIS DIFERENSIASI PRODUK BENTUK: UKURAN, MODEL, STRUKTUR FISIK PRODUK FITUR: MELENGKAPI FUNGSI DASAR PRODUK MUTU KINERJA: 4 LEVEL (RENDAH, RATA-RATA,TINGGI DAN UNGGUL) MUTU KESESUAIAN (CONFORMANCE) : KESESUAIAN MUTU DENGAN STANDAR DAYA TAHAN (DURABILITY) KEANDALAN (REALIBILITY) MUDAH DIPERBAIKI GAYA (STYLE) DIFERENSIASI JASA KEMUDAHAN PEMESANAN
Ch 6 strategi harga (104.72 KB)
PENETAPAN HARGA MENETAPKAN HARGA PERTAMA KALI PROSEDUR PENETAPAN HARGA PENETAPAN HARGA ? PENETAPAN HARGA DAN PSIKOLOGI KONSUMEN: ? 3 TOPIK KUNCI: HARGA RUJUKAN: Konsumen bisa merasakan harga lebih murah dari yang ditetapkan KESIMPULAN HARGA - MUTU: Konsumen menggunakan harga sbg indikator kualitas (penetapan harga berdasarkan citra, harga berfungsi sbg isyarat kualitas) PETUNJUK HARGA: Harga yang berahkir dalam satu angka ganjil. Efektif bila: ? a. pelanggan jarang membeli ? b. pelanggan baru ? c. rancangan produk terus bervariasi ? d. harga berubah sesuai musim ? e. mutu dan ukuran bervariasi di toko-toko PROSEDUR 6 LANGKAH ? PENETAPAN HARGA UNTUK PERTAMAKALI ? KEBANYAKAN PASAR MEMILIKI 3 SAMPAI 5 LAPISAN HARGA. ? PROSEDUR 6 LANGKAH: ? 1. MEMILIH TUJUAN PENETAPAN HARGA ? 2. MENENTUKAN PERMINTAAN ? 3. MEMPERKIRAKAN BIAYA ? 4. MENGANALISA BIAYA, HARGA DAN TAWARAN PESAING ? 5. MEMILIH METODE PENETAPAN HARGA ? 6. MEMILIH HARGA AHKIR I. MEMILIH TUJUAN PENETAPAN HARGA ? POSISI TAWARAN PASAR ? 5 tujuan utama penetapan harga: ? 1. Kelangsungan hidup. Terjadi kelebihan kapasitas, persaingan tajam, selera konsumen berubah-ubah ? 2. Laba maksimum sekarang ? 3. Pangsa pasar maksimum. Volume penjualan yang tinggi ? 4. Menguasai pasar secara maksimum. Tehnologi baru. ? 5. Kepemimpinan mutu produk. Kualitas, selera dan status. Citra merek eksklusif. 2. MENENTUKAN PERMINTAAN ? HARGA AKAN MENENTUKAN PERMINTAAN ? HARGA.DAN PERMINTAAN BERBANDING TERBALIK. TIDAK BERLAKU DALAM KASUS BARANG MEWAH. ? KEPEKAAN HARGA
Ch 7 SALURAN DISTRIBUSI (1.53 MB)
SALURAN DISTRIBUSI By. ANIK LESTARI A PENTINGNYA SALURAN PEMASARAN MENGUBAH PEMBELI POTENSIAL MENJADI PESANAN YANG MENGHASILKN LABA. MENCIPTAKAN PASAR DAN MELAYANI PASAR STRATEGI DORONG (PUSH STRATEGY): Loyalitas rendah Konsumen memilih merek di toko Impulse buying Manfaat produk benar-benar dipahami. STRATEGI TARIK (PULL STRATEGY): Loyalitas merek tinggi dan keterlibatan tinggi Konsumen memahami perbedaan merek Konsumen memilih merek sebelum datang ke toko PENGEMBANGAN SALURAN ? PERUSAHAAN BARU MEMULAI BISNIS ? PERUSAHAAN SUDAH SUKSES MENGGUNAKAN SALURAN HIBRIDA PERAN SALURAN PEMASARAN KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SALURAN : Banyak produsen tidak memiliki sumber daya keuangan untuk melakukan pemasaran langsung. Para produsen yang memang mendirikan saluran sendiri sering dapat memperoleh laba yang lebih besar dengan meningkatnya investasi dalam bisnis utamanya. Dalam beberapa kasus, pemasaran langsung sama sekali tidak dapat dilakukan FUNGSI DAN ARUS ALIRAN TUGAS: MEMINDAHKAN PRODUK DARI PRODUSEN KE KONSUMEN MENGATASI KESENJANGAN WAKTU, TEMPAT DAN KEPEMILIKAN. ALIRAN MAJU: ALIRAN FISIK, KEPEMILIKAN DAN PROMOSI ALIRAN MUNDUR: ALIRAN PEMESANAN DAN PEMBAYARAN. ALIRAN DUA ARAH: INFORMASI, NEGOSIASI, PEMBIAYAAN DAN RESIKO TINGKAT SALURAN SALURAN NOL TINGKAT disebut SALURAN PEMASARAN LANGSUNG, Misal: Telemarketing, e-bussines/ e-Commerce dll. SALURAN SATU TINGKAT dengan SATU PERANTARA SALURAN DUA TINGKAT dengan DUA PERANTARA SALURAN TIGA TINGKAT dengan TIGA PERANTARA 2 MACAM KEPUTUSAN UTAMA ? KEPUTUSAN RANCANGAN SALURAN ? KEPUTUSAN MANAJEMEN SALURAN KEPUTUSAN RANCANGAN SALURAN MEMERLUKAN: ANALISIS
Ch 8 KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU (220.44 KB)
KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU BY. ANIK LESTARI A PERAN KOMUNIKASI PEMASARAN * KOMUNIKASI PEMASARAN adalah SARANA YANG DIGUNAKAN PERUSAHAAN DALAM UPAYA UNTUK MENGINFORMASIKAN, MEMBUJUK, DAN MENGINGATKAN KONSUMEN BAIK LANGSUNG MAUPUN TAK LANGSUNG TENTANG PRODUK ATAU MEREK YANG MEREKA JUAL. * BERDAMPAK PADA EKUITAS MEREK, DENGAN MEMBANGUN MEREK DALAM INGATAN DAN MENCIPTAKAN CITRA MEREK BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN * IKLAN * PROMOSI PENJUALAN * ACARA KHUSUS DAN PENGALAMAN * HUBUNGAN MASYARAKAT DAN PEMBERITAAN * PEMASARAN LANGSUNG * PENJUALAN PRIBADI BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN * IKLAN adalah setiap bentuk presentasi yang bukan dilakukan orang dan berupa promosi gagasan, barang atau jasa oleh sponsor yang telah ditentukan * PROMOSI PENJUALAN adalah berbagai jenis insentif jangka pendek untukmendorong orang mencoba atau membeli produk. BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN * ACARA KHUSUS DAN PENGALAMAN adalah perusahaan mensponsori kegiatan dan program-program yang dirancang untuk menciptakan interaksi setiap hari atau interaksi yang berkaitan dengan merek. * HUBUNGAN MASYARAKAT DAN PEMBERITAAN merupakan berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan atau melindungi citra perusahaan atau masing-masing produknya BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN * PEMASARAN LANGSUNG merupakan penggunaan surat, telepon, faksimili, e-mail, atau internet untuk berkomunikasi langsung atau minta tanggapan atau berdialog dengan pelanggan tertentu dan calon pelanggan * PENJUALAN PRIBADI merupakan interaksi tatapmuka dengan satu atau beberapa calon pembeli dengan maksud untuk melakukan presentasi, menjawab pertanyaan dan memperoleh pemesanan MENGEMBANGKAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF * MENGIDENTIFIKASI AUDIENS SASARAN * MENENTUKAN
Ch 9 ECERAN, PEDAGANG BESAR DAN LOGISTIK PASAR (91.76 KB)
ECERAN, PEDAGANG BESAR DAN LOGISTIK PASAR BY. ANIK LESTARI A E C E R A N ? ECERAN (RETAILING) meliputi semua kegiatan yang tercakup dalam penjualan produk langsung ke konsumen ahkir untuk penggunaan pribadi dan non bisnis. ? PENGECER (RETAILER)/TOKO ECERAN (RETAIL STORE) adalah setiap usaha bisnis yang volume penjualannya berasal dari eceran. JENIS - JENIS PENGECER UTAMA ? TOKO BARANG KHUSUS (SPECIALTY STORE) ? TOKO SERBA ADA (DEPARTEMENT STORE) ? PASAR SWALAYAN (SUPERMARKET) ? TOKO KENYAMANAN (CONVINIENCE STORE) ? TOKO DISKON (DISCOUNT STORE) ? PENGECER POTONGAN HARGA (OFF-PRICE RETAILER): - Toko Pabrik(Factory outlets) - Pengecer Potongan Harga Independen - Klub Gudang/Klub Grosir ? TOKO BESAR (SUPERSTORE): - Toko Kombinasi (Combination Store) - Pasar Hiper (Hypermarkets) ? RUANG PAMERAN KATALOG BENTUK-BENTUK BARU ? PENGECER TOKO (STORE RETAIL) ? PENJUALAN ECERAN TANPA TOKO (NON STORE RETAIL) ? ORGANISASI ECERAN (RETAIL ORGANIZATION) ? 4 TINGKATAN LAYANAN: ? SWALAYAN (SELF-SERVICE) ? SWAPILIH (SELF-SELECTION) ? PELAYANAN TERBATAS (LIMITED-SERVICE) ? PELAYANAN PENUH (FULL-SERVICE) KEPUTUSAN PEMASARAN ? PASAR SASARAN
Ch3 Proses Pemasaran & Perenc. Pmsrn (1.11 MB)
PROSES PEMASARAN DAN PERENCANAAN PEMASARAN NINDRIA UNTARINI, SE, MSI Latar Belakang * Pasar sangat beragam * Pasar sangat luas * Pelanggan sangat banyak dengan tuntutan yang bermacam-macam * Kemampuan perusahaan terbatas * Perusahaan menginginkan profit TIGA LANGKAH UTAMA Mengidentifikasi dan memilah kelompok pembeli yang berbeda --> segmenting Memilih salah satu atau lebih segmen pasar yang dimasuki -->targeting Membentuk dan mengkomunikasikan manfaat utama yang membedakan dengan produk lain --> positioning SEGMENTASI PASAR Suatu proses membagi pasar ke dalam sekelompok pelangan yang memiliki perilaku yang sama atau memiliki kebutuhan yang serupa. Dasar segmentasi yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi tuntutan atau respon pelanggan yang berbeda TINGKAT SEGMENTASI * Pemasaran Segmen * Pemasaran Relung * Pemasaran lokal * Pemasaran individual * Segmen : Kelompok besar calon pembeli potensial dlm suatu pasar yang memiliki karakteristik yang homogen * Karakteristik : keinginan, daya beli, lokasi geografis, perilaku pembelian dan kebiasaan pembelian. * Titik tengah antara pemasaran individual - pemasaran massal * Rekomendasi : pemasaran yang luwes --> solusi terbuka dan pilihan * Pemilihan saluran distribusi dan komunikasi yang lebih mudah * Berpeluang menghadapi lebih sedikit pesaing dalam suatu segmen POLA SEGMENTASI PASAR DASAR SEGMENTASI PASAR KONSUMEN * Geografis * Demografis * Psikografis * perilaku * Wilayah * Ukuran kota * Kepadatan penduduk * Iklim * Topografis * dll Contoh segmentasi menurut manfaat di
Ch4 Sistem Informasi Pemasaran ppt (715.5 KB)
SISTEM INFORMASI PEMASARAN NINDRIA UNTARINI, SE, MSI SISTEM INFORMASI PEMASARAN * Latar Belakang ? Kebutuhan akan informasi yang cepat dan rinci ? Perusahaan ingin mengetahui keinginan, preferensi (kesukaan), dan perilaku pelanggan SISTEM INFORMASI PEMASARAN * Manfaat ? Perusahaan dapat memilih pasar dengan lebih baik ? Mengembangkan tawaran yang lebih baik ? Melaksanakan rencana pemasaran dengan lebih baik SISTEM INFORMASI PEMASARAN * Definisi ? Terdiri dari orang, peralatan, dan prosedur untuk mengumpulkan, menyortir, menganalisis, mengevaluasi, dan mendistribusikan informasi sesuai dengan kebutuhan, tepat waktu, dan akurat kepada para pembuat keputusan pemasaran. SISTEM INFORMASI PEMASARAN * Komponen ? Pencatatan Internal Perusahaan ? Kegiatan Intelijensi Pemasaran ? Riset Pemasaran KOMPONEN SISTEM INFORMASI PEMASARAN * Pencatatan Internal Perusahaan * Kegiatan Intelijensi Pemasaran * Riset Pemasaran * Siklus Pesanan sampai dengan pembayaran * Sistem Informasi Penjualan * Basis Data, Gudang Data, dan Penggalian Data KOMPONEN SISTEM INFORMASI PEMASARAN * Pencatatan Internal Perusahaan * Sistem Intelijensi Pemasaran * Riset Pemasaran * Seperangkat prosedur dan sumber yang digunakan oleh para manajer untuk memperoleh informasi harian ttg perkembangan di lingkungan pemasaran KOMPONEN SISTEM INFORMASI PEMASARAN * Pencatatan Internal Perusahaan * Kegiatan Intelijensi Pemasaran * Riset Pemasaran * Menyusun prakiraan rutin * Analisis penjualan * Survei kejadian tertentu MENGANALISIS LINGKUNGAN MAKRO * Kebutuhan * Tren * Fad * Mega Tren MENGANALISIS LINGKUNGAN MAKRO * Kebutuhan * Tren * Fad * Mega Tren * Arah atau urutan peristiwa khusus yg memiliki beberapa momentum dan mampu bertahan lama * Tren dapat diramalkan, bertahan lama, mengungkapkan masa
Ch5 Menganalisis Pasar & Perilaku Psr (1.07 MB)
MENGANALIS PASAR DAN PERILAKU PASAR NINDRIA UNTARINI, SE, MSI Perilaku Konsumen tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan menyusuli tindakan ini (Engel, Blackwell, dan Miniard ,1994). Perilaku konsumen perilaku yang ditunjukkan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan menentukan produk, pelayanan, maupun ide-ide (Schiffman dan Kanuk, 1997) Perilaku Pembelian Perilaku pembelian mengandung dua pengertian, (1) bila diterapkan pada perilaku konsumen lebih menunjukkan kegiatan-kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam proses pengambilan keputusan yang menentukan kegiatan pertukaran itu. (2), mempunyai arti lebih khusus, yaitu perilaku langganan yang sering digunakan sebagai sebutan yang lebih inklusif dibandingkan perilaku konsumen (Swasta, 1994). Faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian pada * Pasar konsumen * Pasar Bisnis * Budaya * Sosial * Pribadi * Psikologis Faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian pada * Pasar Konsumen * Pasar Bisnis * Ciri-Ciri Pasar Bisnis * Situasi Pembelian * Peserta Proses Pembelian * Proses Pembelian ? Orientasi ? Jenis ? Organisasi & Adm. * Tahapan Proses Pembelian Model perilaku konsumen (assael, 1997) * Faktor yg Mempengaruhi Pengambilan keputusan konsumen (Assael, 1997) Faktor Individual Consumer, dalam pemilihan produk/merek, seorang konsumen dipengaruhi oleh kebutuhannya, persepsinya terhadap karakteristik produk/merek dan sikapnya pada berbagai alternatif yang ada. Faktor demografi, gaya hidup (lifestyle) dan karakteristik kepribadian konsumen (personality) juga ikut berperan dalam keputusan pembelian konsumen. Faktor Environmental Influences, lingkungan yang
Ch 1 Pemasaran Abad 1.PPT (4.13 MB)
Chapter 1 Defining Marketing for the 21st Century by PowerPoint by Milton M. Pressley University of New Orleans TOPIK HARI INI * Mengapa Pemasaran Penting? * Bagaimana Ruang Lingkup Pemasaran? * Apa Saja Yang Merupakan Konsep Pemasaran Fundamental? * Bagaimana Cara Manajemen Pemasaran Berubah? * Apa Saja Tugas-Tugas Yang Perlu Dilakukan Demi Berhasilnya Manajemen Pemasaran? Pentingnya Pemasaran Operasi keuangan, akunting, dan fungsi bisnis lainnya sesungguhnya tidak berarti kalau tidak ada permintaan akan produk dan jasa sehingga perusahaan dapat menghasilkan laba Tugas Pemasar The Scope of Marketing * Marketing: secara khusus sbg tugas menciptakan, mempromosikan dan mengirimkan barang dan jasa kepada konsumen dan perush * Marketing Management: seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan mendapatkan, menjaga, serta menumbuhkan pelanggan dg menciptakan, menyerahkan dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yg unggul The Scope of Marketing * Pertukaran dan Transaksi * Pertukaran Perolehan produk yg diinginkan dr seseorang dg menawarkan sesuatu sbg gantinya. * Transaksi Perdagangan nilai antara dua pihak atau lebih * Transfer Hadiah, subsidi, dan kontribusi amal (pihak pemberi berharap akan menerima sesuatu sbg ganti pemberiannya) The Scope of Marketing * Tempat * Properti * Organisasi * Informasi * Gagasan * Barang * Jasa * Pengalaman * Acara Khusus * Orang The Scope of marketing * Siapa yang Memasarkan? * Pemasar dan Prospek * Pemasar Seseorang yg mencari tanggapan (perhatian, pembelian, suara, donasi) dari pihak lain * Prospek Calon pembeli potensial The Scope of marketing Figure 1-1: Structure of Flows in a
Ch 10 PEMASARAN GLOBAL (89.9 KB)
PEMASARAN GLOBAL BY ANIK LESTARI A BERSAING SECARA GLOBAL INDUSTRI GLOBAL adalah INDUSTRI DIMANA POSISI STRATEGIS PESAING DALAM PASAR GEOGRAFIS ATAU NASIONAL UTAMA PADA DASARNYA DIPENGARUHI OLEH POSISI GLOBAL MEREKA SECARA KESELURUHAN PERUSAHAAN GLOBAL adalah PERUSAHAAN YANG BEROPERASI DI LEBIH DARI SATU NEGARA DAN MEMILIKI KEUNGGULAN LITBANG, PRODUK, LOGISTIK, PEMASARAN, DAN KEUANGAN DALAM BIAYA DAN REPUTASI PERUSAHAAN YANG TIDAK DIMILIKI PESAING DOMESTIK MURNI KEPUTUSAN UTAMA DALAM PEMASARAN INTERNASIONAL MEMUTUSKAN APAKAH AKAN BERGERAK KE LUAR NEGERI MENENTUKAN PASAR YANG AKAN DIMASUKI MENENTUKAN CARA MEMASUKI PASAR MENENTUKAN PROGRAM PEMASARAN MENENTUKAN ORGANISASI PEMASARAN I. MEMUTUSKAN APAKAH AKAN BERGERAK KE LUAR NEGERI @. FAKTOR-FAKTOR YANGMENDORONG: 1.MENEMUKAN BEBERAPA PASAR ASING MENAWARKAN PELUANG LABA YANG LEBIH TINGGI DARIPADA PASAR DALAM NEGERI 2. MEMBUTUHKAN BASIS PELANGGAN YANG LEBIH BESAR UNTUK MENCAPAI SKALA EKONOMI 3. DISERANG OLEH PERUSAHAAN GLOBAL YANG MAMPU MENAWARKAN PRODUK LEBIH BERKUALITAS ATAU HARGA LEBIH MURAH DAN PERUSAHAAN INGIN MENYERANG BALIK DI NEGARA MEREKA 4. INGIN MENGURANGI KETERGANTUNGAN PADA SUATU PASAR GUNA MENGURANGI RESIKO 5. PELANGGAN KE LUAR NEGERI DAN MEMBUTUHKAN PELAYANAN INTERNASIONAL BEBERAPA RESIKO YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN TIDAK MENGERTI PREFERENSI PELANGGAN LUAR NEGERI DAN GAGAL MENAWARKAN PRODUK YANG MENARIK DAN MAMPU BERSAING TIDAK MENGERTI BUDAYA BISNIS NEGARA ASING DAN TIDAK MENGETAHUI CARA BERTRANSAKSI SECARA EFEKTIF DENGAN
Ch 5 STRATEGI PRODUK (94.46 KB)
KOMPONEN TAWARAN PASAR By : Anik Lestari A PRODUK ADALAH SEGALA SESUATU YANG DAPAT DITAWARKAN KE PASAR UNTUK MEMUASAKAN KEBUTUHAN DAN KEINGINAN BARANG JASA TINGKAT PRODUK: HIERARKI NILAI PELANGGAN TINGKAT DASAR : MANFAAT INTI (CORE BENEFIT), MANFAAT MENDASAR YANG SESUNGGUHNYA DIBELI KONSUMEN. TINGKAT KEDUA: PRODUK DASAR/W UJUD PRODUK ( BASIC PRODUCT) TINGKAT KETIGA: PRODUK YANG DIHARAPKAN (EXPECTED PRODUCT) TINGKAT KEEMPAT: PRODUK YANG DITINGKATKAN (AUGMENTED PRODUCT) TINGKAT KELIMA: CALON PRODUK (POTENSIAL PRODUCT) KLASIFIKASI PRODUK DAYA TAHAN DAN WUJUD: BARANG YANG TIDAK TAHAN LAMA BARANG TAHAN LAMA JASA PENGGUNAAN: BARANG KONSUMEN BARANG INDUSTRI BARANG KONSUMEN CONVENIENCE GOODS (BARANG SEHARI-HARI): KEBUTUHAN POKOK (STAPLES) BARANG DARURAT (EMERGENCY GOODS) SHOPPING GOODS (BARANG TOKO): BARANG TOKO HOMOGEN BARANG TOKO HETEROGEN) SPECIALTY GOODS (BARANG KHUSUS) UNSOUGHT GOODS BARANG INDUSTRI BAHAN BAKU DAN SUKU CADANG: BAHAN MENTAH : PRODUK PERTANIAN DAN PRODUK ALAM BAHAN BAKU DAN SUKU CADANG YANG DIPRODUKSI: BAHAN BAKU KOMPONEN DAN SUKU CADANG KOMPONEN BARANG MODAL: INSTALASI PERALATAN PERLENGKAPAN DAN LAYANAN BISNIS: PERLENGKAPAN: BARANG PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN PERLENGKAPAN OPERASIONAL LAYANAN BISNIS: 1. LAYANAN PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN 2. LAYANAN KONSULTASI BISNIS DIFERENSIASI PRODUK BENTUK: UKURAN, MODEL, STRUKTUR FISIK PRODUK FITUR: MELENGKAPI FUNGSI DASAR PRODUK MUTU KINERJA: 4 LEVEL (RENDAH, RATA-RATA,TINGGI DAN UNGGUL) MUTU KESESUAIAN (CONFORMANCE) : KESESUAIAN MUTU DENGAN STANDAR DAYA TAHAN (DURABILITY) KEANDALAN (REALIBILITY) MUDAH DIPERBAIKI GAYA (STYLE) DIFERENSIASI JASA KEMUDAHAN PEMESANAN
Ch 6 strategi harga (104.72 KB)
PENETAPAN HARGA MENETAPKAN HARGA PERTAMA KALI PROSEDUR PENETAPAN HARGA PENETAPAN HARGA ? PENETAPAN HARGA DAN PSIKOLOGI KONSUMEN: ? 3 TOPIK KUNCI: HARGA RUJUKAN: Konsumen bisa merasakan harga lebih murah dari yang ditetapkan KESIMPULAN HARGA - MUTU: Konsumen menggunakan harga sbg indikator kualitas (penetapan harga berdasarkan citra, harga berfungsi sbg isyarat kualitas) PETUNJUK HARGA: Harga yang berahkir dalam satu angka ganjil. Efektif bila: ? a. pelanggan jarang membeli ? b. pelanggan baru ? c. rancangan produk terus bervariasi ? d. harga berubah sesuai musim ? e. mutu dan ukuran bervariasi di toko-toko PROSEDUR 6 LANGKAH ? PENETAPAN HARGA UNTUK PERTAMAKALI ? KEBANYAKAN PASAR MEMILIKI 3 SAMPAI 5 LAPISAN HARGA. ? PROSEDUR 6 LANGKAH: ? 1. MEMILIH TUJUAN PENETAPAN HARGA ? 2. MENENTUKAN PERMINTAAN ? 3. MEMPERKIRAKAN BIAYA ? 4. MENGANALISA BIAYA, HARGA DAN TAWARAN PESAING ? 5. MEMILIH METODE PENETAPAN HARGA ? 6. MEMILIH HARGA AHKIR I. MEMILIH TUJUAN PENETAPAN HARGA ? POSISI TAWARAN PASAR ? 5 tujuan utama penetapan harga: ? 1. Kelangsungan hidup. Terjadi kelebihan kapasitas, persaingan tajam, selera konsumen berubah-ubah ? 2. Laba maksimum sekarang ? 3. Pangsa pasar maksimum. Volume penjualan yang tinggi ? 4. Menguasai pasar secara maksimum. Tehnologi baru. ? 5. Kepemimpinan mutu produk. Kualitas, selera dan status. Citra merek eksklusif. 2. MENENTUKAN PERMINTAAN ? HARGA AKAN MENENTUKAN PERMINTAAN ? HARGA.DAN PERMINTAAN BERBANDING TERBALIK. TIDAK BERLAKU DALAM KASUS BARANG MEWAH. ? KEPEKAAN HARGA
Ch 7 SALURAN DISTRIBUSI (1.53 MB)
SALURAN DISTRIBUSI By. ANIK LESTARI A PENTINGNYA SALURAN PEMASARAN MENGUBAH PEMBELI POTENSIAL MENJADI PESANAN YANG MENGHASILKN LABA. MENCIPTAKAN PASAR DAN MELAYANI PASAR STRATEGI DORONG (PUSH STRATEGY): Loyalitas rendah Konsumen memilih merek di toko Impulse buying Manfaat produk benar-benar dipahami. STRATEGI TARIK (PULL STRATEGY): Loyalitas merek tinggi dan keterlibatan tinggi Konsumen memahami perbedaan merek Konsumen memilih merek sebelum datang ke toko PENGEMBANGAN SALURAN ? PERUSAHAAN BARU MEMULAI BISNIS ? PERUSAHAAN SUDAH SUKSES MENGGUNAKAN SALURAN HIBRIDA PERAN SALURAN PEMASARAN KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SALURAN : Banyak produsen tidak memiliki sumber daya keuangan untuk melakukan pemasaran langsung. Para produsen yang memang mendirikan saluran sendiri sering dapat memperoleh laba yang lebih besar dengan meningkatnya investasi dalam bisnis utamanya. Dalam beberapa kasus, pemasaran langsung sama sekali tidak dapat dilakukan FUNGSI DAN ARUS ALIRAN TUGAS: MEMINDAHKAN PRODUK DARI PRODUSEN KE KONSUMEN MENGATASI KESENJANGAN WAKTU, TEMPAT DAN KEPEMILIKAN. ALIRAN MAJU: ALIRAN FISIK, KEPEMILIKAN DAN PROMOSI ALIRAN MUNDUR: ALIRAN PEMESANAN DAN PEMBAYARAN. ALIRAN DUA ARAH: INFORMASI, NEGOSIASI, PEMBIAYAAN DAN RESIKO TINGKAT SALURAN SALURAN NOL TINGKAT disebut SALURAN PEMASARAN LANGSUNG, Misal: Telemarketing, e-bussines/ e-Commerce dll. SALURAN SATU TINGKAT dengan SATU PERANTARA SALURAN DUA TINGKAT dengan DUA PERANTARA SALURAN TIGA TINGKAT dengan TIGA PERANTARA 2 MACAM KEPUTUSAN UTAMA ? KEPUTUSAN RANCANGAN SALURAN ? KEPUTUSAN MANAJEMEN SALURAN KEPUTUSAN RANCANGAN SALURAN MEMERLUKAN: ANALISIS
Ch 8 KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU (220.44 KB)
KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU BY. ANIK LESTARI A PERAN KOMUNIKASI PEMASARAN * KOMUNIKASI PEMASARAN adalah SARANA YANG DIGUNAKAN PERUSAHAAN DALAM UPAYA UNTUK MENGINFORMASIKAN, MEMBUJUK, DAN MENGINGATKAN KONSUMEN BAIK LANGSUNG MAUPUN TAK LANGSUNG TENTANG PRODUK ATAU MEREK YANG MEREKA JUAL. * BERDAMPAK PADA EKUITAS MEREK, DENGAN MEMBANGUN MEREK DALAM INGATAN DAN MENCIPTAKAN CITRA MEREK BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN * IKLAN * PROMOSI PENJUALAN * ACARA KHUSUS DAN PENGALAMAN * HUBUNGAN MASYARAKAT DAN PEMBERITAAN * PEMASARAN LANGSUNG * PENJUALAN PRIBADI BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN * IKLAN adalah setiap bentuk presentasi yang bukan dilakukan orang dan berupa promosi gagasan, barang atau jasa oleh sponsor yang telah ditentukan * PROMOSI PENJUALAN adalah berbagai jenis insentif jangka pendek untukmendorong orang mencoba atau membeli produk. BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN * ACARA KHUSUS DAN PENGALAMAN adalah perusahaan mensponsori kegiatan dan program-program yang dirancang untuk menciptakan interaksi setiap hari atau interaksi yang berkaitan dengan merek. * HUBUNGAN MASYARAKAT DAN PEMBERITAAN merupakan berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan atau melindungi citra perusahaan atau masing-masing produknya BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN * PEMASARAN LANGSUNG merupakan penggunaan surat, telepon, faksimili, e-mail, atau internet untuk berkomunikasi langsung atau minta tanggapan atau berdialog dengan pelanggan tertentu dan calon pelanggan * PENJUALAN PRIBADI merupakan interaksi tatapmuka dengan satu atau beberapa calon pembeli dengan maksud untuk melakukan presentasi, menjawab pertanyaan dan memperoleh pemesanan MENGEMBANGKAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF * MENGIDENTIFIKASI AUDIENS SASARAN * MENENTUKAN
Ch 9 ECERAN, PEDAGANG BESAR DAN LOGISTIK PASAR (91.76 KB)
ECERAN, PEDAGANG BESAR DAN LOGISTIK PASAR BY. ANIK LESTARI A E C E R A N ? ECERAN (RETAILING) meliputi semua kegiatan yang tercakup dalam penjualan produk langsung ke konsumen ahkir untuk penggunaan pribadi dan non bisnis. ? PENGECER (RETAILER)/TOKO ECERAN (RETAIL STORE) adalah setiap usaha bisnis yang volume penjualannya berasal dari eceran. JENIS - JENIS PENGECER UTAMA ? TOKO BARANG KHUSUS (SPECIALTY STORE) ? TOKO SERBA ADA (DEPARTEMENT STORE) ? PASAR SWALAYAN (SUPERMARKET) ? TOKO KENYAMANAN (CONVINIENCE STORE) ? TOKO DISKON (DISCOUNT STORE) ? PENGECER POTONGAN HARGA (OFF-PRICE RETAILER): - Toko Pabrik(Factory outlets) - Pengecer Potongan Harga Independen - Klub Gudang/Klub Grosir ? TOKO BESAR (SUPERSTORE): - Toko Kombinasi (Combination Store) - Pasar Hiper (Hypermarkets) ? RUANG PAMERAN KATALOG BENTUK-BENTUK BARU ? PENGECER TOKO (STORE RETAIL) ? PENJUALAN ECERAN TANPA TOKO (NON STORE RETAIL) ? ORGANISASI ECERAN (RETAIL ORGANIZATION) ? 4 TINGKATAN LAYANAN: ? SWALAYAN (SELF-SERVICE) ? SWAPILIH (SELF-SELECTION) ? PELAYANAN TERBATAS (LIMITED-SERVICE) ? PELAYANAN PENUH (FULL-SERVICE) KEPUTUSAN PEMASARAN ? PASAR SASARAN
Ch3 Proses Pemasaran & Perenc. Pmsrn (1.11 MB)
PROSES PEMASARAN DAN PERENCANAAN PEMASARAN NINDRIA UNTARINI, SE, MSI Latar Belakang * Pasar sangat beragam * Pasar sangat luas * Pelanggan sangat banyak dengan tuntutan yang bermacam-macam * Kemampuan perusahaan terbatas * Perusahaan menginginkan profit TIGA LANGKAH UTAMA Mengidentifikasi dan memilah kelompok pembeli yang berbeda --> segmenting Memilih salah satu atau lebih segmen pasar yang dimasuki -->targeting Membentuk dan mengkomunikasikan manfaat utama yang membedakan dengan produk lain --> positioning SEGMENTASI PASAR Suatu proses membagi pasar ke dalam sekelompok pelangan yang memiliki perilaku yang sama atau memiliki kebutuhan yang serupa. Dasar segmentasi yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi tuntutan atau respon pelanggan yang berbeda TINGKAT SEGMENTASI * Pemasaran Segmen * Pemasaran Relung * Pemasaran lokal * Pemasaran individual * Segmen : Kelompok besar calon pembeli potensial dlm suatu pasar yang memiliki karakteristik yang homogen * Karakteristik : keinginan, daya beli, lokasi geografis, perilaku pembelian dan kebiasaan pembelian. * Titik tengah antara pemasaran individual - pemasaran massal * Rekomendasi : pemasaran yang luwes --> solusi terbuka dan pilihan * Pemilihan saluran distribusi dan komunikasi yang lebih mudah * Berpeluang menghadapi lebih sedikit pesaing dalam suatu segmen POLA SEGMENTASI PASAR DASAR SEGMENTASI PASAR KONSUMEN * Geografis * Demografis * Psikografis * perilaku * Wilayah * Ukuran kota * Kepadatan penduduk * Iklim * Topografis * dll Contoh segmentasi menurut manfaat di
Ch4 Sistem Informasi Pemasaran ppt (715.5 KB)
SISTEM INFORMASI PEMASARAN NINDRIA UNTARINI, SE, MSI SISTEM INFORMASI PEMASARAN * Latar Belakang ? Kebutuhan akan informasi yang cepat dan rinci ? Perusahaan ingin mengetahui keinginan, preferensi (kesukaan), dan perilaku pelanggan SISTEM INFORMASI PEMASARAN * Manfaat ? Perusahaan dapat memilih pasar dengan lebih baik ? Mengembangkan tawaran yang lebih baik ? Melaksanakan rencana pemasaran dengan lebih baik SISTEM INFORMASI PEMASARAN * Definisi ? Terdiri dari orang, peralatan, dan prosedur untuk mengumpulkan, menyortir, menganalisis, mengevaluasi, dan mendistribusikan informasi sesuai dengan kebutuhan, tepat waktu, dan akurat kepada para pembuat keputusan pemasaran. SISTEM INFORMASI PEMASARAN * Komponen ? Pencatatan Internal Perusahaan ? Kegiatan Intelijensi Pemasaran ? Riset Pemasaran KOMPONEN SISTEM INFORMASI PEMASARAN * Pencatatan Internal Perusahaan * Kegiatan Intelijensi Pemasaran * Riset Pemasaran * Siklus Pesanan sampai dengan pembayaran * Sistem Informasi Penjualan * Basis Data, Gudang Data, dan Penggalian Data KOMPONEN SISTEM INFORMASI PEMASARAN * Pencatatan Internal Perusahaan * Sistem Intelijensi Pemasaran * Riset Pemasaran * Seperangkat prosedur dan sumber yang digunakan oleh para manajer untuk memperoleh informasi harian ttg perkembangan di lingkungan pemasaran KOMPONEN SISTEM INFORMASI PEMASARAN * Pencatatan Internal Perusahaan * Kegiatan Intelijensi Pemasaran * Riset Pemasaran * Menyusun prakiraan rutin * Analisis penjualan * Survei kejadian tertentu MENGANALISIS LINGKUNGAN MAKRO * Kebutuhan * Tren * Fad * Mega Tren MENGANALISIS LINGKUNGAN MAKRO * Kebutuhan * Tren * Fad * Mega Tren * Arah atau urutan peristiwa khusus yg memiliki beberapa momentum dan mampu bertahan lama * Tren dapat diramalkan, bertahan lama, mengungkapkan masa
Ch5 Menganalisis Pasar & Perilaku Psr (1.07 MB)
MENGANALIS PASAR DAN PERILAKU PASAR NINDRIA UNTARINI, SE, MSI Perilaku Konsumen tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan menyusuli tindakan ini (Engel, Blackwell, dan Miniard ,1994). Perilaku konsumen perilaku yang ditunjukkan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan menentukan produk, pelayanan, maupun ide-ide (Schiffman dan Kanuk, 1997) Perilaku Pembelian Perilaku pembelian mengandung dua pengertian, (1) bila diterapkan pada perilaku konsumen lebih menunjukkan kegiatan-kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam proses pengambilan keputusan yang menentukan kegiatan pertukaran itu. (2), mempunyai arti lebih khusus, yaitu perilaku langganan yang sering digunakan sebagai sebutan yang lebih inklusif dibandingkan perilaku konsumen (Swasta, 1994). Faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian pada * Pasar konsumen * Pasar Bisnis * Budaya * Sosial * Pribadi * Psikologis Faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian pada * Pasar Konsumen * Pasar Bisnis * Ciri-Ciri Pasar Bisnis * Situasi Pembelian * Peserta Proses Pembelian * Proses Pembelian ? Orientasi ? Jenis ? Organisasi & Adm. * Tahapan Proses Pembelian Model perilaku konsumen (assael, 1997) * Faktor yg Mempengaruhi Pengambilan keputusan konsumen (Assael, 1997) Faktor Individual Consumer, dalam pemilihan produk/merek, seorang konsumen dipengaruhi oleh kebutuhannya, persepsinya terhadap karakteristik produk/merek dan sikapnya pada berbagai alternatif yang ada. Faktor demografi, gaya hidup (lifestyle) dan karakteristik kepribadian konsumen (personality) juga ikut berperan dalam keputusan pembelian konsumen. Faktor Environmental Influences, lingkungan yang
SAP-Manajemen Pemasaran (89 KB)
KURIKULUM Tanggal Revisi : Kode Dokumen : GBRP-57324320 GARIS-GARIS BESAR RENCANA PERKULIAHAN Fakultas : Fakultas Ekonomi Program Studi : S-1 Manajemen Mata Kuliah/SKS : Manajemen Pemasaran / 3 SKS Kode Mata Kuliah : 57324320 Prasyarat : Deskripsi Mata Kuliah : Buku Wajib : Pertemuan Ke Kompetensi Materi Kegiatan Pembelajaran Indikator Kompetensi Rujukan Mendefinisikan Pemasaran Abad 21 Mendefinisikan Pemasaran Abad 21 a. Pentingnya Pemasaran b. Lingkup Pemasaran c. Konsep Inti Pemasaran d. Falsafah Pemasaran e. Tugas Pemasar f. Bauran Pemasaran Produk dan Jasa Philip Kotler and Kevin Lane Keller Mendeskripsikan Pentingnya Mempertahankan pelanggan Mempertahankan Pelanggan a. Nilai dan Kepuasan Pelanggan b. Kunci Mencapai Kepuasan Pelanggan c. CRM dan CSR Mendiskripsikan Proses Pemasaran dan Perencanaan Pemasaran Proses Pemasaran dan Perencanaan Pemasaran a. Segmentasi (S) b. Memilih Pasar Sasaran (T) c. Menetapkan Posisi di Pasar (P) Mendiskripsikan Sistem Informasi Pemasaran Sistem Informasi Pemasaran a. Komponen Sistem Informasi Pemasaran b. Pencatatan Internal dan Intelijen Pemasaran c. Lingkungan Pemasaran d. Analisis Peluang Pemasaran Menganalisis Pasar dan Perilaku Pasar Pasar dan Perilaku Pasar a. Macam-macam Pasar b. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian c. Proses Keputusan Pembelian Mendiskripsikan Pengembangan Produk Pengembangan Produk Baru a. Proses Pengembangan Produk Baru b. Proses Penerimaan Konsumen Menganalisis Strategi Produk Strategi Produk a. Karakteristik dan Klasifikasi Produk b. Diferensiasi c. Bauran Produk d. Merek, Kemasan, Label dan Garansi Menganalisis Strategi Harga Strategi Harga a. Pentingnya Penetapan Harga b. Langkah-langkah Penetapan Harga c. Menyesuaikan Harga d. Memulai dan Menanggapi Perubahan Harga Menganalisis Strategi Harga Saluran Strategi Strategi Saluran Distribusi a. Pentingnya Saluran Distribusi b. Peran Saluran Pemasaran c. Keputusan Rancangan Saluran d. Mengelola Saluran e. Sistem dan Integrasi Saluran f. Pemasaran E - Commerce Menganalisis Strategi Komunikasi Pemasaran Komunikasi Pemasaran a. Pentingnya Komunikasi Pemasaran b. Mengembangkan Komunikasi Pemasaran Efektif c. Karakteristik Bauran Komunikasi d. Memutuskan Bauran Komunikasi Pemasaran Menganalisis Teori Siklus Hidup Produk dan Evolusi Pasar Teori Siklus Hidup Produk dan Evolusi Pasar a. Tahapan SHP dan Strategi Pemasaran b. Evolusi Pasar Mendiskripsikan Pemasaran Eceran Pemasaran Eceran a. Jenis-jenis Pengecer b. Strategi
Ch 1 Pemasaran Abad 1.PPT (4.13 MB)
Chapter 1 Defining Marketing for the 21st Century by PowerPoint by Milton M. Pressley University of New Orleans TOPIK HARI INI * Mengapa Pemasaran Penting? * Bagaimana Ruang Lingkup Pemasaran? * Apa Saja Yang Merupakan Konsep Pemasaran Fundamental? * Bagaimana Cara Manajemen Pemasaran Berubah? * Apa Saja Tugas-Tugas Yang Perlu Dilakukan Demi Berhasilnya Manajemen Pemasaran? Pentingnya Pemasaran Operasi keuangan, akunting, dan fungsi bisnis lainnya sesungguhnya tidak berarti kalau tidak ada permintaan akan produk dan jasa sehingga perusahaan dapat menghasilkan laba Tugas Pemasar The Scope of Marketing * Marketing: secara khusus sbg tugas menciptakan, mempromosikan dan mengirimkan barang dan jasa kepada konsumen dan perush * Marketing Management: seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan mendapatkan, menjaga, serta menumbuhkan pelanggan dg menciptakan, menyerahkan dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yg unggul The Scope of Marketing * Pertukaran dan Transaksi * Pertukaran Perolehan produk yg diinginkan dr seseorang dg menawarkan sesuatu sbg gantinya. * Transaksi Perdagangan nilai antara dua pihak atau lebih * Transfer Hadiah, subsidi, dan kontribusi amal (pihak pemberi berharap akan menerima sesuatu sbg ganti pemberiannya) The Scope of Marketing * Tempat * Properti * Organisasi * Informasi * Gagasan * Barang * Jasa * Pengalaman * Acara Khusus * Orang The Scope of marketing * Siapa yang Memasarkan? * Pemasar dan Prospek * Pemasar Seseorang yg mencari tanggapan (perhatian, pembelian, suara, donasi) dari pihak lain * Prospek Calon pembeli potensial The Scope of marketing Figure 1-1: Structure of Flows in a
Ch 10 PEMASARAN GLOBAL (89.9 KB)
PEMASARAN GLOBAL BY ANIK LESTARI A BERSAING SECARA GLOBAL INDUSTRI GLOBAL adalah INDUSTRI DIMANA POSISI STRATEGIS PESAING DALAM PASAR GEOGRAFIS ATAU NASIONAL UTAMA PADA DASARNYA DIPENGARUHI OLEH POSISI GLOBAL MEREKA SECARA KESELURUHAN PERUSAHAAN GLOBAL adalah PERUSAHAAN YANG BEROPERASI DI LEBIH DARI SATU NEGARA DAN MEMILIKI KEUNGGULAN LITBANG, PRODUK, LOGISTIK, PEMASARAN, DAN KEUANGAN DALAM BIAYA DAN REPUTASI PERUSAHAAN YANG TIDAK DIMILIKI PESAING DOMESTIK MURNI KEPUTUSAN UTAMA DALAM PEMASARAN INTERNASIONAL MEMUTUSKAN APAKAH AKAN BERGERAK KE LUAR NEGERI MENENTUKAN PASAR YANG AKAN DIMASUKI MENENTUKAN CARA MEMASUKI PASAR MENENTUKAN PROGRAM PEMASARAN MENENTUKAN ORGANISASI PEMASARAN I. MEMUTUSKAN APAKAH AKAN BERGERAK KE LUAR NEGERI @. FAKTOR-FAKTOR YANGMENDORONG: 1.MENEMUKAN BEBERAPA PASAR ASING MENAWARKAN PELUANG LABA YANG LEBIH TINGGI DARIPADA PASAR DALAM NEGERI 2. MEMBUTUHKAN BASIS PELANGGAN YANG LEBIH BESAR UNTUK MENCAPAI SKALA EKONOMI 3. DISERANG OLEH PERUSAHAAN GLOBAL YANG MAMPU MENAWARKAN PRODUK LEBIH BERKUALITAS ATAU HARGA LEBIH MURAH DAN PERUSAHAAN INGIN MENYERANG BALIK DI NEGARA MEREKA 4. INGIN MENGURANGI KETERGANTUNGAN PADA SUATU PASAR GUNA MENGURANGI RESIKO 5. PELANGGAN KE LUAR NEGERI DAN MEMBUTUHKAN PELAYANAN INTERNASIONAL BEBERAPA RESIKO YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN TIDAK MENGERTI PREFERENSI PELANGGAN LUAR NEGERI DAN GAGAL MENAWARKAN PRODUK YANG MENARIK DAN MAMPU BERSAING TIDAK MENGERTI BUDAYA BISNIS NEGARA ASING DAN TIDAK MENGETAHUI CARA BERTRANSAKSI SECARA EFEKTIF DENGAN
Ch 5 STRATEGI PRODUK (94.46 KB)
KOMPONEN TAWARAN PASAR By : Anik Lestari A PRODUK ADALAH SEGALA SESUATU YANG DAPAT DITAWARKAN KE PASAR UNTUK MEMUASAKAN KEBUTUHAN DAN KEINGINAN BARANG JASA TINGKAT PRODUK: HIERARKI NILAI PELANGGAN TINGKAT DASAR : MANFAAT INTI (CORE BENEFIT), MANFAAT MENDASAR YANG SESUNGGUHNYA DIBELI KONSUMEN. TINGKAT KEDUA: PRODUK DASAR/W UJUD PRODUK ( BASIC PRODUCT) TINGKAT KETIGA: PRODUK YANG DIHARAPKAN (EXPECTED PRODUCT) TINGKAT KEEMPAT: PRODUK YANG DITINGKATKAN (AUGMENTED PRODUCT) TINGKAT KELIMA: CALON PRODUK (POTENSIAL PRODUCT) KLASIFIKASI PRODUK DAYA TAHAN DAN WUJUD: BARANG YANG TIDAK TAHAN LAMA BARANG TAHAN LAMA JASA PENGGUNAAN: BARANG KONSUMEN BARANG INDUSTRI BARANG KONSUMEN CONVENIENCE GOODS (BARANG SEHARI-HARI): KEBUTUHAN POKOK (STAPLES) BARANG DARURAT (EMERGENCY GOODS) SHOPPING GOODS (BARANG TOKO): BARANG TOKO HOMOGEN BARANG TOKO HETEROGEN) SPECIALTY GOODS (BARANG KHUSUS) UNSOUGHT GOODS BARANG INDUSTRI BAHAN BAKU DAN SUKU CADANG: BAHAN MENTAH : PRODUK PERTANIAN DAN PRODUK ALAM BAHAN BAKU DAN SUKU CADANG YANG DIPRODUKSI: BAHAN BAKU KOMPONEN DAN SUKU CADANG KOMPONEN BARANG MODAL: INSTALASI PERALATAN PERLENGKAPAN DAN LAYANAN BISNIS: PERLENGKAPAN: BARANG PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN PERLENGKAPAN OPERASIONAL LAYANAN BISNIS: 1. LAYANAN PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN 2. LAYANAN KONSULTASI BISNIS DIFERENSIASI PRODUK BENTUK: UKURAN, MODEL, STRUKTUR FISIK PRODUK FITUR: MELENGKAPI FUNGSI DASAR PRODUK MUTU KINERJA: 4 LEVEL (RENDAH, RATA-RATA,TINGGI DAN UNGGUL) MUTU KESESUAIAN (CONFORMANCE) : KESESUAIAN MUTU DENGAN STANDAR DAYA TAHAN (DURABILITY) KEANDALAN (REALIBILITY) MUDAH DIPERBAIKI GAYA (STYLE) DIFERENSIASI JASA KEMUDAHAN PEMESANAN
Ch 6 strategi harga (104.72 KB)
PENETAPAN HARGA MENETAPKAN HARGA PERTAMA KALI PROSEDUR PENETAPAN HARGA PENETAPAN HARGA ? PENETAPAN HARGA DAN PSIKOLOGI KONSUMEN: ? 3 TOPIK KUNCI: HARGA RUJUKAN: Konsumen bisa merasakan harga lebih murah dari yang ditetapkan KESIMPULAN HARGA - MUTU: Konsumen menggunakan harga sbg indikator kualitas (penetapan harga berdasarkan citra, harga berfungsi sbg isyarat kualitas) PETUNJUK HARGA: Harga yang berahkir dalam satu angka ganjil. Efektif bila: ? a. pelanggan jarang membeli ? b. pelanggan baru ? c. rancangan produk terus bervariasi ? d. harga berubah sesuai musim ? e. mutu dan ukuran bervariasi di toko-toko PROSEDUR 6 LANGKAH ? PENETAPAN HARGA UNTUK PERTAMAKALI ? KEBANYAKAN PASAR MEMILIKI 3 SAMPAI 5 LAPISAN HARGA. ? PROSEDUR 6 LANGKAH: ? 1. MEMILIH TUJUAN PENETAPAN HARGA ? 2. MENENTUKAN PERMINTAAN ? 3. MEMPERKIRAKAN BIAYA ? 4. MENGANALISA BIAYA, HARGA DAN TAWARAN PESAING ? 5. MEMILIH METODE PENETAPAN HARGA ? 6. MEMILIH HARGA AHKIR I. MEMILIH TUJUAN PENETAPAN HARGA ? POSISI TAWARAN PASAR ? 5 tujuan utama penetapan harga: ? 1. Kelangsungan hidup. Terjadi kelebihan kapasitas, persaingan tajam, selera konsumen berubah-ubah ? 2. Laba maksimum sekarang ? 3. Pangsa pasar maksimum. Volume penjualan yang tinggi ? 4. Menguasai pasar secara maksimum. Tehnologi baru. ? 5. Kepemimpinan mutu produk. Kualitas, selera dan status. Citra merek eksklusif. 2. MENENTUKAN PERMINTAAN ? HARGA AKAN MENENTUKAN PERMINTAAN ? HARGA.DAN PERMINTAAN BERBANDING TERBALIK. TIDAK BERLAKU DALAM KASUS BARANG MEWAH. ? KEPEKAAN HARGA
Ch 7 SALURAN DISTRIBUSI (1.53 MB)
SALURAN DISTRIBUSI By. ANIK LESTARI A PENTINGNYA SALURAN PEMASARAN MENGUBAH PEMBELI POTENSIAL MENJADI PESANAN YANG MENGHASILKN LABA. MENCIPTAKAN PASAR DAN MELAYANI PASAR STRATEGI DORONG (PUSH STRATEGY): Loyalitas rendah Konsumen memilih merek di toko Impulse buying Manfaat produk benar-benar dipahami. STRATEGI TARIK (PULL STRATEGY): Loyalitas merek tinggi dan keterlibatan tinggi Konsumen memahami perbedaan merek Konsumen memilih merek sebelum datang ke toko PENGEMBANGAN SALURAN ? PERUSAHAAN BARU MEMULAI BISNIS ? PERUSAHAAN SUDAH SUKSES MENGGUNAKAN SALURAN HIBRIDA PERAN SALURAN PEMASARAN KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SALURAN : Banyak produsen tidak memiliki sumber daya keuangan untuk melakukan pemasaran langsung. Para produsen yang memang mendirikan saluran sendiri sering dapat memperoleh laba yang lebih besar dengan meningkatnya investasi dalam bisnis utamanya. Dalam beberapa kasus, pemasaran langsung sama sekali tidak dapat dilakukan FUNGSI DAN ARUS ALIRAN TUGAS: MEMINDAHKAN PRODUK DARI PRODUSEN KE KONSUMEN MENGATASI KESENJANGAN WAKTU, TEMPAT DAN KEPEMILIKAN. ALIRAN MAJU: ALIRAN FISIK, KEPEMILIKAN DAN PROMOSI ALIRAN MUNDUR: ALIRAN PEMESANAN DAN PEMBAYARAN. ALIRAN DUA ARAH: INFORMASI, NEGOSIASI, PEMBIAYAAN DAN RESIKO TINGKAT SALURAN SALURAN NOL TINGKAT disebut SALURAN PEMASARAN LANGSUNG, Misal: Telemarketing, e-bussines/ e-Commerce dll. SALURAN SATU TINGKAT dengan SATU PERANTARA SALURAN DUA TINGKAT dengan DUA PERANTARA SALURAN TIGA TINGKAT dengan TIGA PERANTARA 2 MACAM KEPUTUSAN UTAMA ? KEPUTUSAN RANCANGAN SALURAN ? KEPUTUSAN MANAJEMEN SALURAN KEPUTUSAN RANCANGAN SALURAN MEMERLUKAN: ANALISIS
Ch 8 KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU (220.44 KB)
KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU BY. ANIK LESTARI A PERAN KOMUNIKASI PEMASARAN * KOMUNIKASI PEMASARAN adalah SARANA YANG DIGUNAKAN PERUSAHAAN DALAM UPAYA UNTUK MENGINFORMASIKAN, MEMBUJUK, DAN MENGINGATKAN KONSUMEN BAIK LANGSUNG MAUPUN TAK LANGSUNG TENTANG PRODUK ATAU MEREK YANG MEREKA JUAL. * BERDAMPAK PADA EKUITAS MEREK, DENGAN MEMBANGUN MEREK DALAM INGATAN DAN MENCIPTAKAN CITRA MEREK BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN * IKLAN * PROMOSI PENJUALAN * ACARA KHUSUS DAN PENGALAMAN * HUBUNGAN MASYARAKAT DAN PEMBERITAAN * PEMASARAN LANGSUNG * PENJUALAN PRIBADI BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN * IKLAN adalah setiap bentuk presentasi yang bukan dilakukan orang dan berupa promosi gagasan, barang atau jasa oleh sponsor yang telah ditentukan * PROMOSI PENJUALAN adalah berbagai jenis insentif jangka pendek untukmendorong orang mencoba atau membeli produk. BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN * ACARA KHUSUS DAN PENGALAMAN adalah perusahaan mensponsori kegiatan dan program-program yang dirancang untuk menciptakan interaksi setiap hari atau interaksi yang berkaitan dengan merek. * HUBUNGAN MASYARAKAT DAN PEMBERITAAN merupakan berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan atau melindungi citra perusahaan atau masing-masing produknya BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN * PEMASARAN LANGSUNG merupakan penggunaan surat, telepon, faksimili, e-mail, atau internet untuk berkomunikasi langsung atau minta tanggapan atau berdialog dengan pelanggan tertentu dan calon pelanggan * PENJUALAN PRIBADI merupakan interaksi tatapmuka dengan satu atau beberapa calon pembeli dengan maksud untuk melakukan presentasi, menjawab pertanyaan dan memperoleh pemesanan MENGEMBANGKAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF * MENGIDENTIFIKASI AUDIENS SASARAN * MENENTUKAN
Ch 9 ECERAN, PEDAGANG BESAR DAN LOGISTIK PASAR (91.76 KB)
ECERAN, PEDAGANG BESAR DAN LOGISTIK PASAR BY. ANIK LESTARI A E C E R A N ? ECERAN (RETAILING) meliputi semua kegiatan yang tercakup dalam penjualan produk langsung ke konsumen ahkir untuk penggunaan pribadi dan non bisnis. ? PENGECER (RETAILER)/TOKO ECERAN (RETAIL STORE) adalah setiap usaha bisnis yang volume penjualannya berasal dari eceran. JENIS - JENIS PENGECER UTAMA ? TOKO BARANG KHUSUS (SPECIALTY STORE) ? TOKO SERBA ADA (DEPARTEMENT STORE) ? PASAR SWALAYAN (SUPERMARKET) ? TOKO KENYAMANAN (CONVINIENCE STORE) ? TOKO DISKON (DISCOUNT STORE) ? PENGECER POTONGAN HARGA (OFF-PRICE RETAILER): - Toko Pabrik(Factory outlets) - Pengecer Potongan Harga Independen - Klub Gudang/Klub Grosir ? TOKO BESAR (SUPERSTORE): - Toko Kombinasi (Combination Store) - Pasar Hiper (Hypermarkets) ? RUANG PAMERAN KATALOG BENTUK-BENTUK BARU ? PENGECER TOKO (STORE RETAIL) ? PENJUALAN ECERAN TANPA TOKO (NON STORE RETAIL) ? ORGANISASI ECERAN (RETAIL ORGANIZATION) ? 4 TINGKATAN LAYANAN: ? SWALAYAN (SELF-SERVICE) ? SWAPILIH (SELF-SELECTION) ? PELAYANAN TERBATAS (LIMITED-SERVICE) ? PELAYANAN PENUH (FULL-SERVICE) KEPUTUSAN PEMASARAN ? PASAR SASARAN
Ch3 Proses Pemasaran & Perenc. Pmsrn (1.11 MB)
PROSES PEMASARAN DAN PERENCANAAN PEMASARAN NINDRIA UNTARINI, SE, MSI Latar Belakang * Pasar sangat beragam * Pasar sangat luas * Pelanggan sangat banyak dengan tuntutan yang bermacam-macam * Kemampuan perusahaan terbatas * Perusahaan menginginkan profit TIGA LANGKAH UTAMA Mengidentifikasi dan memilah kelompok pembeli yang berbeda --> segmenting Memilih salah satu atau lebih segmen pasar yang dimasuki -->targeting Membentuk dan mengkomunikasikan manfaat utama yang membedakan dengan produk lain --> positioning SEGMENTASI PASAR Suatu proses membagi pasar ke dalam sekelompok pelangan yang memiliki perilaku yang sama atau memiliki kebutuhan yang serupa. Dasar segmentasi yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi tuntutan atau respon pelanggan yang berbeda TINGKAT SEGMENTASI * Pemasaran Segmen * Pemasaran Relung * Pemasaran lokal * Pemasaran individual * Segmen : Kelompok besar calon pembeli potensial dlm suatu pasar yang memiliki karakteristik yang homogen * Karakteristik : keinginan, daya beli, lokasi geografis, perilaku pembelian dan kebiasaan pembelian. * Titik tengah antara pemasaran individual - pemasaran massal * Rekomendasi : pemasaran yang luwes --> solusi terbuka dan pilihan * Pemilihan saluran distribusi dan komunikasi yang lebih mudah * Berpeluang menghadapi lebih sedikit pesaing dalam suatu segmen POLA SEGMENTASI PASAR DASAR SEGMENTASI PASAR KONSUMEN * Geografis * Demografis * Psikografis * perilaku * Wilayah * Ukuran kota * Kepadatan penduduk * Iklim * Topografis * dll Contoh segmentasi menurut manfaat di
Ch4 Sistem Informasi Pemasaran ppt (715.5 KB)
SISTEM INFORMASI PEMASARAN NINDRIA UNTARINI, SE, MSI SISTEM INFORMASI PEMASARAN * Latar Belakang ? Kebutuhan akan informasi yang cepat dan rinci ? Perusahaan ingin mengetahui keinginan, preferensi (kesukaan), dan perilaku pelanggan SISTEM INFORMASI PEMASARAN * Manfaat ? Perusahaan dapat memilih pasar dengan lebih baik ? Mengembangkan tawaran yang lebih baik ? Melaksanakan rencana pemasaran dengan lebih baik SISTEM INFORMASI PEMASARAN * Definisi ? Terdiri dari orang, peralatan, dan prosedur untuk mengumpulkan, menyortir, menganalisis, mengevaluasi, dan mendistribusikan informasi sesuai dengan kebutuhan, tepat waktu, dan akurat kepada para pembuat keputusan pemasaran. SISTEM INFORMASI PEMASARAN * Komponen ? Pencatatan Internal Perusahaan ? Kegiatan Intelijensi Pemasaran ? Riset Pemasaran KOMPONEN SISTEM INFORMASI PEMASARAN * Pencatatan Internal Perusahaan * Kegiatan Intelijensi Pemasaran * Riset Pemasaran * Siklus Pesanan sampai dengan pembayaran * Sistem Informasi Penjualan * Basis Data, Gudang Data, dan Penggalian Data KOMPONEN SISTEM INFORMASI PEMASARAN * Pencatatan Internal Perusahaan * Sistem Intelijensi Pemasaran * Riset Pemasaran * Seperangkat prosedur dan sumber yang digunakan oleh para manajer untuk memperoleh informasi harian ttg perkembangan di lingkungan pemasaran KOMPONEN SISTEM INFORMASI PEMASARAN * Pencatatan Internal Perusahaan * Kegiatan Intelijensi Pemasaran * Riset Pemasaran * Menyusun prakiraan rutin * Analisis penjualan * Survei kejadian tertentu MENGANALISIS LINGKUNGAN MAKRO * Kebutuhan * Tren * Fad * Mega Tren MENGANALISIS LINGKUNGAN MAKRO * Kebutuhan * Tren * Fad * Mega Tren * Arah atau urutan peristiwa khusus yg memiliki beberapa momentum dan mampu bertahan lama * Tren dapat diramalkan, bertahan lama, mengungkapkan masa
Ch5 Menganalisis Pasar & Perilaku Psr (1.07 MB)
MENGANALIS PASAR DAN PERILAKU PASAR NINDRIA UNTARINI, SE, MSI Perilaku Konsumen tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan menyusuli tindakan ini (Engel, Blackwell, dan Miniard ,1994). Perilaku konsumen perilaku yang ditunjukkan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan menentukan produk, pelayanan, maupun ide-ide (Schiffman dan Kanuk, 1997) Perilaku Pembelian Perilaku pembelian mengandung dua pengertian, (1) bila diterapkan pada perilaku konsumen lebih menunjukkan kegiatan-kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam proses pengambilan keputusan yang menentukan kegiatan pertukaran itu. (2), mempunyai arti lebih khusus, yaitu perilaku langganan yang sering digunakan sebagai sebutan yang lebih inklusif dibandingkan perilaku konsumen (Swasta, 1994). Faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian pada * Pasar konsumen * Pasar Bisnis * Budaya * Sosial * Pribadi * Psikologis Faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian pada * Pasar Konsumen * Pasar Bisnis * Ciri-Ciri Pasar Bisnis * Situasi Pembelian * Peserta Proses Pembelian * Proses Pembelian ? Orientasi ? Jenis ? Organisasi & Adm. * Tahapan Proses Pembelian Model perilaku konsumen (assael, 1997) * Faktor yg Mempengaruhi Pengambilan keputusan konsumen (Assael, 1997) Faktor Individual Consumer, dalam pemilihan produk/merek, seorang konsumen dipengaruhi oleh kebutuhannya, persepsinya terhadap karakteristik produk/merek dan sikapnya pada berbagai alternatif yang ada. Faktor demografi, gaya hidup (lifestyle) dan karakteristik kepribadian konsumen (personality) juga ikut berperan dalam keputusan pembelian konsumen. Faktor Environmental Influences, lingkungan yang
E-Learning | Manajemen Pemasaran
http://elearning.unesa.ac.id/course/view.php?id=513
Mata Kuliah Manajemen Pemasaran ini mengajarkan ruang lingkup pemasaran, konsep inti pemasaran, falsafah pemasaran, tugas-tugas seorang pemasar, serta menjelaskan komponen-komponen dari Bauran Pemasaran serta keterkaitannya dengan faktor lain