| www.unesa.ac.id | pdpt.unesa.ac.id

KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231

KAMPUS LIDAH WETAN
Jl. Lidah Wetan, Surabaya
info@unesa.ac.id

Bahan Ajar Mata Kuliah SBM Penjas

Silabus GBRP-SBM Penjas (3.23 MB)
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRAGA Kampus Unesa Lidah Wetan Surabaya 60213 fax. 7532759 Tlp : 7532571 GARIS GARIS BESAR RENCANA PERKULIAHAN 1. Jurusan : Pendidikan Olahraga 2. Program Studi : S1 Penjaskesrek 3. Mata Kuliah : Strategi Belajar Mengajar 4. Kode Mata Kuliah : 46424209 5. SKS : 2 SKS 5. Dosen : Heryanto Nur M, S.Pd. M.Pd. 6. Prasyarat :Telah mengikuti mata kuliah dasar- dasar pendidikan jasmani. 7. Diskripsi Matakuliah : Mata Kuliah Strategi Belajar mengajar memberikan bekal pada mahasiswa tentang pengetahuan umum Dedaktik Metodik dalam PBM, menguasai Interaksi Belajar Mengajar, terampil mengunakan media dan metode pembelajaran dan menguasai pengelolaan kelas. 8. Buku Sumber : a. A.M., Sardiman, 1994, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, PT Rajawali Grafindo persada. b. Bucher, Charles A. dan A. Wuest, Deborah, 1995, Foundations of Physical Education and Sport ,twelefth edition, New York, Mosby. c. Ewell, Peter T., dan Lisensky Robert P.,1988 Assessing Institutional Effectiveness, Redirecting the Self-Study Proses.
PENGERTIAN SBM (Pert 1) (666.73 KB)
PENGERTIAN STRATEGI BELAJAR MENGAJAR Heryanto Nur Muhammad Strategi Belajar Mengajar Pola-pola umum kegiatan guru dan anak didik yang meliputi : * mengidentifikasi serta menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku dan kepribadian anak didik sebagaimana diharapkan. Strategi Belajar Mengajar * Memilih sistem pendekatan belajar mengajar berdasarkan aspirasi dan pandangan hidup masyarakat. Strategi Belajar Mengajar * Memilih dan menetapkan prosedur, metode, dan teknik belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan oleh guru dalam menunaikan kegiatan mengajarnya. Strategi Belajar Mengajar * Menetapkan norma-norma dan batas minimal keberhasilan atau kriteria serta standar keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam melakukan evaluasi. Komponen SBM Ranah Hukum dan Kebijakan. UUD 1945 dan Pancasila UU Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional UU No. 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional Komponen SBM 2. Kurikulum Kurikulum 1975 Kurikulum 1984 (CBSA) kurikulum 1994 kurikulum Berbasis Kompetensi (Suplemen) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Komponen SBM 3. Dokumen Dalam Pembelajaran a. Kalender Pendidikan. b. Silabus c. RPP Lengkap (LKS, Lb. Penilaian, Lb. Pengamatan). d. Daftar Presensi. e. Media Pembelajaran. Komponen SBM 4. Pendekatan Dalam Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Modifikasi Olahraga Komponen SBM 5. MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION (MODEL PEMBELAJARAN Langsung). KOOPERATIF LEARNING (MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF) PROBLEM BASED INSTRUCTION (PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH). INOVASI UNESA 2007-1 Komponen SBM 6. GAYA MENGAJAR GURU (TEACHING STYLE) Command, Practice, Reciprocal, Self-check, Inclusion, Discovery, Divergent, Individual, Learner's Initiated, Self-teaching. Komponen SBM 7. METODE-METODE MENGAJAR ceramah, proyek,
STRATEGI BELAJAR MENGAJAR Pert 1 (handout) (10.95 KB)
STRATEGI BELAJAR MENGAJAR PERTEMUAN : 1 KOMPETENSI DASAR : Pengantar dan pengertian Strategi Belajar Mengajar Penjasorkes. Untuk memahami dan mengerti tentang definisi Strategi Belajar Mengajar, yang perlu dikupas terlebih dahulu adalah tentang makna dari kata-kata strategi, belajar, dan mengajar. Budiono (2009) menyatakan bahwa strategi berarti siasat, taktik, atau cara. Sedangkan definisi belajar memiliki banyak pengertian menurut banyak ahli dan dapat disimpulkan bahwa belajar adalah proses yang dilakukan secara sadar dan terus menerus untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang relatif menetap pada diri seseorang. Sedangkan pengertian mengajar adalah proses pengalihan atau transfer yang meliputi transfer of knowledge, transfer of skills, dan transfer of value. Dari uraian tersebut dapat dikatakan bahwa Strategi Belajar Mengajar (SBM) dapat didefinisikan sebagai suatu cara atau siasat dan taktik untuk melakukan transfer pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang dilakukan secara sengaja agar mendapatkan hasil yang relatif menetap. Dalam Penjasorkes, SBM tentunya berkaitan dengan mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di sekolah, utamanya pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang meliputi perolehan materi secara kognitif, afektif, dan, tentu saja, psikomotor.
cover SBM PERT VI (39 KB)
SILABUS DAN SAP PENGANTAR DAN PENGERTIAN STRATEGI BELAJAR MENGAJAR PENJASORKES MATAKULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR Oleh : Heryanto Nur Muhammad Hasil Workshop Implementasi Pendidikan Karakter Universitas Negeri Surabaya Tanggal 5-6 Oktober 2011 JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRAGA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2011 SILABUS DAN SAP MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS DALAM PENJASORKES MATAKULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR Oleh : Heryanto Nur Muhammad Hasil Workshop Implementasi Pendidikan Karakter Universitas Negeri Surabaya Tanggal 5-6 Oktober 2011 JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRAGA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2011 SILABUS DAN SAP BERBAGAI PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN MATAKULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR Oleh : Heryanto Nur Muhammad Hasil Workshop Implementasi Pendidikan Karakter Universitas Negeri Surabaya Tanggal 5-6 Oktober 2011 JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRAGA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2011 SILABUS DAN SAP GAYA BELAJAR SISWA MATAKULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR Oleh : Heryanto Nur Muhammad Hasil Workshop Implementasi Pendidikan Karakter Universitas Negeri Surabaya Tanggal 5-6 Oktober 2011 JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRAGA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2011 SILABUS DAN SAP KETERAMPILAN MEMBUKA PELAJARAN DALAM PENJASORKES MATAKULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR Oleh : Heryanto Nur Muhammad Hasil Workshop Implementasi Pendidikan Karakter Universitas Negeri Surabaya Tanggal 5-6 Oktober 2011 JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRAGA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2011 SILABUS DAN SAP GAYA MENGAJAR DALAM PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN MATAKULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR Oleh : Heryanto Nur Muhammad Hasil Workshop Implementasi Pendidikan Karakter Universitas Negeri Surabaya Tanggal 5-6 Oktober 2011 JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRAGA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2011 SILABUS DAN SAP MODEL-MODEL PEMBELAJARAN MATAKULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR Oleh : Heryanto Nur Muhammad Hasil Workshop Implementasi Pendidikan Karakter Universitas Negeri Surabaya Tanggal 5-6 Oktober 2011 JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRAGA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2011 SILABUS DAN SAP METODE PENGAJARAN MATAKULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR Oleh : Heryanto Nur Muhammad Hasil Workshop Implementasi Pendidikan Karakter Universitas Negeri Surabaya Tanggal 5-6 Oktober 2011 JURUSAN PENDIDIKAN
silabus dan SAP Workshop Implementasi Pendidikan Karakter UNESA (104 KB)
Format Silabus Mata Kuliah Unesa-2011 SILABUS Jurusan/Program Studi: Pendidikan Olahraga/S1 PENJASKESREK Mata Kuliah : Strategi Belajar Mengajar Penjasor Kode Mata Kuliah : Bobot : 2 SKS Semester : 5 (Gasal) Mata Kuliah Prasyarat : Mahasiswa telah menempuh matakuliah Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Deskripsi Mata Kuliah : Mata Kuliah Strategi Belajar mengajar memberikan bekal pada mahasiswa tentang pengetahuan umum Didaktik Metodik dalam PBM, menguasai Model-Model Pembelajaran, metode pengajaran, menguasai pengelolaan kelas yang humanis, dan berkarakter baik didalam ruangan maupun diluar ruangan. Standar Kompetensi : Mahasiswa menguasai pemahaman dan pengertian SBM, mampu membuka dan menutup pelajaran, menerapkan pendekatan belajar, model, metode, dan gaya mengajar yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa dalam pendidikan jasmani, dan olahraga yang humanis dan berkarakter. Pert. Ke Kompetensi Dasar Indikator Pengalaman Belajar Materi Pokok Alokasi Waktu Sumber Belajar Penilaian 1 Pengantar dan pengertian Strategi Belajar Mengajar Penjasor. - Menyimpulkan pengertian SBM secara umum. - Mendefinisikan pengertian SBM dalam PENJASOR. - Mengajukan pertanyaan terkait SBM PENJASOR - Membuat bagan sederhana tentang definisi dan pengertian SBM PENJASOR. - Mengikuti perkuliahan tepat waktu. - Menghargai pendapat orang lain. - Diberikan buku teks dan membaca. - Diberikan slide tentang SBM. - Melakukan Tanya jawab tentang SBM dalam Penjasor. Definisi dan pengertian tentang Strategi Belajar Mengajar dari berbagai sumber. 2 x 50' Syaiful Bahri dan Aswan Z. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta - Tanpa melihat buku, mahasiswa dapat menyimpulkan pengertian SBM secara umum. -