| www.unesa.ac.id | pdpt.unesa.ac.id

KAMPUS KETINTANG
Jl. Ketintang, Surabaya 60231

KAMPUS LIDAH WETAN
Jl. Lidah Wetan, Surabaya
info@unesa.ac.id

Bahan Ajar Mata Kuliah Mikrobiologi Dasar

E-Learning | Mikrobiologi Dasar
http://elearning.unesa.ac.id/course/view.php?id=312
Mempelajari ruang lingkup dan perkembangan mikrobiologi, dasar-dasar kimia, teknik laboratorium, klasifikasi mikrobia, struktur sel prokariot (bakteri dan alga biru) dan eukariot (jamur dan protozoa), virus, struktur dan fungsi mikroorganisme meliputi: pengendalian, nutrisi dan kultivasi, metabolisme dan pengaturannya, pertumbuhan dan reproduksi, genetika, aplikasi mikroba pada bidang kesehatan, industri, pangan, dan lingkungan.
HANDOUT MIKROBIOLOGI (4.73 MB)
1 HANDOUT MIKROBIOLOGI DASAR Disusun oleh: Guntur Trimulyono, S. Si., M. Sc. UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM JURUSAN BIOLOGI 2011 2 BAB I. PENDAHULUAN A. PENGERTIAN MIKROBIA Mikrobia atau mikroorganisme merupakan tema sentral ( unifying focus ) dalam mikrobiologi. Mikrobia adalah jasad hidup yang memiliki ukuran sangat kecil sehingga pada umumnya memerlukan perbesaran untuk mengamatinya. Ukuran mikrobia biasanya dinyatakan dalam satuan mikron (  ) , 1 mikron = 0,001 mm. Mikrobia memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga sukar dilihat dengan mata biasa disamping itu pengaturan kehidupannya juga lebih sederhana dibandingkan organism tingkat tinggi namun demikian, ada mikrobia yang dapat dilihat tanpa bantuan alat pembesar karena memiliki ukuran yang
LKM MIKROBIOLOGI (312.5 KB)
1 LEMBAR KERJA MAHASISWA MIKROBIOLOGI DASAR Disusun oleh: Guntur Trimulyono, S. Si., M. Sc. UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM JURUSAN BIOLOGI 2011 2 LEMBAR KERJA MAHASISWA MATAKULIAH : MIKROBIOLOGI MATERI : PERTUMBUHAN DAN REPRODUKSI MIKROBIA WAKTU : 50 MENIT Tujuan: 1. Mahasiswa dapat menjelaskan mengenai pertumbuhan dan reproduksi pada mikrobia. 2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan faktor- faktor yang mempengaruhi pertumbuhan. 3. Mahasiswa dapat menghitung waktu generasi pada suatu mikrobia. 4. Mahasiswa dapat menjelaskan mengenai metode dalam mengukur pertumbuhan bakteri. 5. Mahasiswa dapat menerapkan konsep pertumbuhan mikrobia pada kehidupan sehari- hari. A. Pertumbuhan Mikrobia Pertumbuhan mungkin secara umum didefinisikan sebagai kenaikan semua komponen kimia dari organisme dan biasanya menghasilkan pertambahan ukuran
nutrisi dan kultivasi (3.7 MB)
NUTRISI DAN KULTIVASI Exoenzymes Dikelurakan ke lingkungan Untuk katabolisme makanan Protease, DNAase, Amylase, Lipase What does it take to keep a microbe alive? Lots of variation in environmental and nutritional condition requirements Nutrisi yang dibutuhkan mikrobia AIR - Air sebagai pelarut untuk membawa nutrien ke dalam sel dan membuang sisa metabolisme keluar. - Salah satu metode menyimpan kultur mikrobia adalah dengan pengeringan (desiccation). Energy Sources Phototroph- energi dari sinar matahari Chemotroph- energi dari senyawa kimia - Chemoorganotroph [organotroph]- mendapatkan energi dari senyawa organik - Chemolithotrophs [lithotrophs]- mendapatkan enegi dari senyawa inorganik Sumber Karbon Autotroph- Karbon berasal dari karbon dioksida (CO2) - Inorganik karbon Heterotroph- Karbon dari karbon organik - Contoh: Karbohidrate, lipid, protein Essential Elements Nitrogen - In amino acids, proteins - Most bacteria decompose proteins - Some bacteria use NH4+ or NO3? - A few bacteria use N2 in nitrogen fixation Sulfur - In amino acids, thiamine, biotin - Most bacteria decompose proteins - Some bacteria use SO42? or H2S Phosphorus - In DNA, RNA, ATP, and membranes - PO43? is a source of phosphorus Also - "Extra" Growth Factors Fastidious Microorganisms - microbes which need special organic chemicals added to the medium for growth to occur - Ex. Vitamins, amino acids Streak-plate method Environmental Requirements for Growth Temperature pH Oxygen Carbon Dioxide Osmotic Pressure Hydrostatic Pressure Temperature Psychrophiles - low
pengendalian mikrobia (4.45 MB)
Quiz 2 jawablah Mengapa bentuk tubuh euglena berubah-ubah ? Manakah yang lebih mirip Chara jambu biji atau Caulerpa ? Jelaskan ! Tuliskan minimal 2 ciri euglena yg mudah anda amati !
pertumbuhan mikrobia (4.12 MB)
Tujuan: Bagaimanakah pengaruh kondisi lingkungan terhadap pertumbuhan sel? ? Temperature ? pH ? Oksigen ? Karbon Dioksida ? Tekanan Osmosis ? Tekanan Hidrostatik ? Water activity (Aw) Reproduksi Pembelahan biner Budding Fragmentasi - Sebagian besar fungi Pembelahan Biner Pembelahan Biner ? Langkah-langkah pada pembelahan biner: ? 1. Sel memanjang, dan DNA bereplikasi. ? 2. Dinding sel dan membran plasma bertambah ukuran dan membentuk septum. ? 3. Terbentuk dinding sel menyelubungi DNA. ? 4. Sel memisah. Temperature temp meningkat Temperature ? Psychrophiles - low temperature range ? kurang dari15C ? Chlamydomonas nivalis ? Listeria monocytogenes ? Mesophiles - mid temperature range ? 10-45C >> patogen pada manusia (Escherichia) ? Thermophiles - high temperature range ? Sekitar 60C (Thermus) ? Hyperthermophiles - extremely high temperatures ? Di atas 80C (Thermococcus) Mikrobia berdasarkan temperatur Pengaruh Temperature Terhadap Pertumbuhan Bakteri pH ? Acidophiles- optimum di bawah pH 5.5 ? Neutrophiles- optimum pada pH 6-8 ? Alkalophiles- optimum di atas pH 8 Tekanan Osmosis dan Hidrostatik ? Halophiles >> hingga 30% kadar garam di lingkungan ? Mikrobia laut hidup pada 16.000 psi, tapi mati ketika di permukaan, 14.7 psi >> barophiles Oksigen (O2) ? Kepekaan mikrobia terhadap O2 bervariasi ? Aerobe- mikrobia yang memerlukan O2 (Bacillus) ? Anaerobe- mikrobia yang tidak menggunakan O2 (mati jika ada O2) (Clostridium) ? Mikrobia Fakultatif - Mikrobia yang dapat tumbuh baik ada maupun tidak ada O2 ? Mikroaerofilik- membutuhkan 3-15% O2 (Treponema palladium) Waktu Generasi Waktu Generasi Populasi Sel Selama Fase Eksponensial Nt = No
Struktur Sel Prokariot dan Eukariot (10.11 MB)
Scale Procaryotes (Bacteria) vs. Eucaryotes Bacteria vs. Eucaryotes Three Domain Comparison of the three domains The Cell: What do we know so far? * Smallest unit of life * Is highly organized for metabolism * Senses and responds to environment * Has potential to reproduce CELL The cellular level of organization: 1. Living things are constructed of cells 2. Living things my be unicellular or multicellular 3. Cell structure is diverse but cells share common characteristics Structure of Cells Common structures: * Plasma membrane * DNA * Ribosomes * Cytosol Prokaryotic vs. Eukaryotic Cell Size * Eukaryotic cells are generally much bigger than prokaryotic cells. * Most bacteria are 1-10 microns in diameter. * Eukaryotic cells are typically 10-100 microns in diameter. * So why are cells small instead of big???? * It has to do with the surface area to volume ratio. Prokaryote * Prokaryotic cells are much simpler than eukaryotic cells * carry out all cellular functions as individual units * do not have a nuclear membrane * lack internal membrane bound compartements (organelles) * includes species from the kingdoms Bacteria and Archae Microbial Cell Without Organelle: Bacteria and Archaea (Prokaryotic) Structures of cell: * Cytoplasmic membrane * Cell wall * Flagella and cilia * Capsul and slime layer * Nucleoid * Chromosome * Ribosome (70S) * Endospore Eukaryote * an organism with a complex cell or cells * genetic material is organized into a membrane-bound
virus (13.17 MB)
Speciation FIGURE 9.1 Defining Species (a) Morphospecies. Viewed today, at one moment in time, species A, C, and E are clearly distinct, demarcated by current natural discontinuities between them. (b) Paleospecies (chronospecies). Viewed historically, through time, discovered fossil intermediates (B and D) fill in the missing gaps above, giving us a more or less continuous series with no obvious discontinuities between them. Four steps leading to speciation. First, a single species is an interbreeding reproductive community. Second, a barrier develops, dividing the species. Third, separated into different habitats, the divided populations become differentiated through the accumulation of differences. Fourth, so different have the separate populations become, that is when the barrier disappears and they overlap again. Interbreeding does not occur. Allopatric speciation The populations of Tamarin monkeys are separated on the sides of the Amazon River. Where the river tributary is wide and individuals on opposite banks do not interbreed, the populations are diverging toward separate species. Where the river tributary is narrow, the individuals still interbreed. In 1949, Moore fertilized leopard frog eggs from females in the north with sperm from males progressively farther to the south. The degree